Persiteruan JYJ & SM Ent. Berakhir, Inilah Tanggapan Junsu

Untuk menandai akhir dari konser tur dunianya, Junsu JYJ mengadakan konser terakhir di Jerman dan pada kesempatan tersebut ia berbagi pemikirannya mengenai berakhirnya persiteruan JYJ dengan SM Entertainment.

Junsu memulai dengan berkata, Persiteruan hukum ini berlangsung selama 3 tahun 4 bulan. Sejujurnya, hal ini baru saja berakhir. Tapi pada saat yang sama, aku juga merasa bahwa hasilnya begitu tiba-tiba. Setelah mengalami masa sulit selama 3 tahun 4 bulan, aku merasa waktu tersebut tidaklah sia-sia. Aku mendengar berita ini ketika akan berangkat ke Jerman, jadi aku benar-benar tidak mengetahui semua rincian dari penyelesaian kasus ini.

Kembali melanjutkan, member JYJ ini berbagi, “Oleh karena itu, sulit bagiku mengungkapkan lebih banyak mengenai hal ini. Sekarang yang terpenting adalah bahwa kami dapat memperoleh hasil yang baik. aku belum berbicara dengan member lainnya, tapi aku akan membicarakannya ketika nanti kembali ke Korea.

Kemudian, ketika ditanya mengenai hal apa yang JYJ dapatkan dari penyelesaian kasus hukum ini, Junsu menjawab, “Aku senang bukan karena kami akhirnya memperoleh apa yang JYJ harapkan, tetapi karena mungkin lewat jalan seperti ini kami dapat membantu hoobae (junior) kami. Aku rasa kami membantu dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi mereka. Kontrak selama 13 tahun, 10 tahun telah berubah menjadi kontrak dasar, sedangkan sisanya menjadi penghiburan kami selama persiteruan hukum itu sendiri. Hingga hal itulah yang membuat kami terus berjuang selama ini.

Menanggapi isu tampilnya mereka (JYJ) di variety show, dengan berhati-hati pelantun lagu Talantalegra ini mengungkapkan bahwa, “Jika hasil dari keputusan ini mengijinkan kami tampil dalam siaran TV, maka seharusnya kemungkinan hal tersebut bisa terjadi sejak tiga tahun yang lalu ketika kami pertama kali mengajukan permohonan independen (berdiri sendiri). Aku sendiri belum tahu apakah hal tersebut akan memungkin bagi kami untuk tampil di berbagai acara melalui hasil keputusan ini. Kami juga selalu bermimpi mengenai hal ini, tapi lebih dulu aku ingin bertanya kepada kalian semua para wartawan, apakah menurut kalian kami bisa tampil di acara TV?”

Dari hasil akhir persiteruan ini, satu hal yang disayangkan banyak pihak adalah kemungkinan tidak akan pernah lagi TVXQ beranggotakan 5 orang. Untuk hal itu, Junsu berkata, “Waktu terus berlalu, namun satu fakta yang disayangkan adalah bahwa kami tidak bisa lagi memiliki kegiatan bersama di bawah nama TVXQ. Dari awal, kami hanya ingin melawan ketidakadilan perusahaan, bukan ingin meninggalkan TVXQ. Bubarnya kami merupakan sesuatu yang memang harus terjadi. Ini benar-benar menyesakkan dan menyedihkan. Aku merasa kasihan kepada para penggemar kami, namun nama TVXQ akan tetap ada selamanya. Tapi secara realistis, akan sulit bagi kami untuk kembali berpromosi musik sebagai bagian dari TVXQ

 
IndoTrans: Mentari @koreanindo
Source: Allkpop

About these ads

24 thoughts on “Persiteruan JYJ & SM Ent. Berakhir, Inilah Tanggapan Junsu

  1. gue sedih n seneng bacanya.. sedih karena tvxq ga bisa berlima lagi.. tapi juga seneng karena akhrnya JYJ kelar masalahnya sma SM.. udh cukup liat JYJ diperlakukan ga adil selama ini.

  2. TVXQ pasti bisa berlima lagi! walaupun butuh waktu lama tapi gue yakin pasti bisa! fighting oppadeul!! ^^

  3. “Tapi secara realistis, itu akan sulit untuk mempromosikan sebagai TVXQ lagi”,mungkin ini bisa ngejawab pertanyaan yg banyak ditanyakan orang2.
    TVXQ dulu kontrak 10 taon??apa semua artis SM kontraknya 10 taon??ato setelah kasus JYJ ini,kontrak d revisi n’ jadi brp??

  4. Always Keep The Faith ^^

  5. nangis sumpah :(
    Semoga ini jalan terbaik buat kedua grup (: dn semoga mereka ga lost contact^^
    Fighting buat tvxq n jyj :*

  6. menurutku bisa…hmm harus bisa!!g ada alasan lgikan buat dilarang tampil siaran…

  7. Hwaiting JYJ dan TVXQ!
    Terharu bacanya

  8. kalau emang sudah sama SM kelar, bisa ga SM ngasih izin untuk homin keep contact sama jyj??
    plissss, kalau emang udah ga bisa b5, tapi masih berkomunikasi boleh kan??
    gue bener2 pngen liat yunjae en soul fighter lagi..

  9. That’s!!! JYJ bukannya mau meninggalkan TVXQ, mereka hanya ingin memperbaiki sistem di perusahaan tapi sayang JYJ harus mengorbankan keinginan mereka untuk tetap menjadi TVXQ.
    So, intinya hati JYJ tetap TVXQ.
    Walaupun sekarang berbeda jalan, tujuan tetap sama. Dan Cassiopeia yang akan menerangi jalan tersebut. :)

  10. JYJ cuma lepas dr SMent nggak lepas dr TVXQ !!

  11. salutt sama junsu dan sama semua yg berani ngelawan ketidak adilan yg terjadi. ketika mrk memutuskan untung melawan perusahaan yg berpengaruh di industri hiburan korea past mrk tau bhwa setelah ini kecil kemungkinan mrk bs hidup dengan bhgia tnpa intervensi ato diskriminasi. untungnya hanggeng bkn dari korea jd ketika dia melawan perusahaan bsr tersebut dia gk gt dpt efek kekuasaan perusahaan itu kyk yg di rasain jyj.

    ini adalah part yg aku suka “Saya pikir kami membantu dalam membuat lingkungan yang lebih baik bagi hoobaes kami” krn JYJ ini jg mengispirasi hanggeng buat ikut nuntut ngelawan ketidak adilan itu kn, trus setelah kejadian yg menghebohkan itu perusahaan tersebut dpt tamparan yg keras dlm kurun wktu yg jrknya gk lm..
    “Kontrak 13, 10 tahun telah berubah” beruntunglah hoobae uda merasakan ini.krn SJ,SNSD kyknya msh sama y.

    dan dari semua isi artikel itu yg paling keren adalah ” Kami ingin melawan ketidakadilan perusahaan (di situ rasanya JYJ mau nunjukin ke dunia x ya klo perusahaan yg dikenal sbgai museumnya para artis2 hebat bernaung tidak senyaman,seenak seperti yg org2 bayangin,jd istilahnya mw ngasih perumpaan tw klo di ibaratkan surga tmpt itu bkn kyk surga yg dibayangin melainkn mirip neraka), itu bukan bahwa kami ingin meninggalkan TVXQ” (ini point yg jelas2 kyknya di tuju bgt bwt HOMIN ya,nunjukin bkn mrk ngelupain kenangan indah yg terjadi trus prg gt aja.ini nunjukkin klo batas kesabaran mrk sbgi manusia terhadap perlakuan perusahaan uda gk bs di toleransiin lagi).

    tp yg aku bingung dan heran cm 1 knp akses jyj ke homin aja yg di tutup mksudnya diluar itu mrk bnr2 gk blh ketemu ato skedar hangout bareng. tapi disisi lain junsu malah bisa dan sering maen bareng eunyuk SJ, trus jaejong yg kedapatan bareng heechul. dan klo artis2 lain biasa nyebut nama JYJ di cut tpi ketika eunhyuk crt tentang junsu,kisah pertemanan sampe cinta masa kecil yg distrong heart itu kyknya gk pernah jd masalah. ==”
    itu knp beda gt ya???

  12. “Banyak waktu berlalu, namun satu fakta disayangkan adalah bahwa kami tidak bisa lagi memiliki kegiatan di bawah nama TVXQ”
    yaah sangat sangat disayangkan oppa tp ya mw gimana lg
    walopun mgkn banyak yg ingin kalian brlima lg
    tp klo emang udah ini jalannya ya semua harus menerima dgn hati yg lapang
    walopun kalian trbagi mnjadi JYJ n HoMin
    tp saya yakin para cassie ttp menganggap kalian 1 sebagai TVXQ
    so keep spirit buat JYJ dan jg HoMin tentunya…

  13. menurut gw g perlu lah ber5 lg, Xan ber3 az dah keren bgt kok!!!
    mlah kok gw lbh suka xan sbagai JYJ d banding TVXQ…
    fightingggg!!! ratting acara tv prtama yg nampilin JYJ psti bkal tinggi bgt :)

  14. Komentar junsu daebak!
    Apapun hasilnya,JYJ terus semangat!!

  15. “Saya senang bukan karena kami mencapai apa yang JYJ atau kami ingin capai, tetapi karena kami mungkin telah membantu hoobaes kami. Saya pikir kami membantu dalam membuat lingkungan yang lebih baik bagi hoobaes kami. Kontrak 13, 10 tahun telah berubah menjadi dasar kontrak,”
    >>>>>>>krna mreka skrg hoobaenya bsa lepas dri kontrak 13 th,,,soalnya kmren member suju pada heboh soal mau lnjut kontrak ato ga,,yg brrti SM udh ngebolehin artis asuhannya untuk memilh,,,,trus jga kyaknya kontraknya bnyak yg d revisi soalnya terbukti suju memilih untuk tetap d sm dngan kontrak barunyaa……
    fighting jyj,,,:)

  16. diatas semua masalah antara JYJ sama TVXQ itu sebenernya ada satu yg masih ngeganjel buat semua termasuk sama fans diluar cassie soal komunikasi yg katanya sih susah banget alias di blockade satu sama lain tp herannya kok akses kaya junsu ke sunming junsu ke si mongkey sama heechul ke JJ kok aman2 aja tp gak suka denger deh klo tvxq salah satunya aja ngomong soal anak2 JYJ gitu.Cmn pernah sekali di denger tp itu pun bias banget soal ke kangenan YUnho waktu pada Sm town di NY tahun lalu klo gak salah sih ya yg dia tulis mll twitter itu doang sama koreo dance yg salah satu lagu TVXQ (lupa apa judulnya)itu ada formasi spt buat berlima tp lagi2 semua bias.Klo liat dari youtube sih ya lebih banyak JYJ deh yg aktif drpd si HOmin,disayangkan sih klo mereka berlima tadinya bener2 best friend forever akhirnya hrs spt friendenemy kaya gini.Apa emang ditutup sama sekali jadi gak pernah ngeliat mereka jalan hangout bareng gitu meski sebenernya ada fasilitator (anak2 SUJU) atau behind camera gak ada yg tau deh gimana sebenernya hub mereka berlima.Kasihan juga sih baik itu anak JYJ sama HOMIN sptnya mereka berkorban scr mental dan fisik cmn utk melawan yg namanya ketidak adilan perusahaan.

  17. Udah bisa ngedenger junsu bilang ‘TVXQ’ tanpa was was juga aku dah seneng banget

  18. perjuangan JYJ dibayar dengan ketidakadilan selama 3 tahun 4 bulan, di blokade sana sini ditambah lagi mereka harus merelakan nama besar mereka di DBSK sebagai taruhan. Sungguh jahat kalo misalnya hoobae2nya di SM ga bersikap hormat pada JYJ dan HoMin,,, berkat mereka berlima lah kontrak jadi lebih manusiawi,,, tapi karena untuk itu juga mereka harus pecah jadi 2 kubu.

    sampai kapanpun JYJ atau HoMin sama saja, buat gw mereka ttep DongBangShinKi…

  19. TVXQ TTTT_____________TTTT

Comments are closed.