Untuk menandai akhir dari konser tur dunianya, Junsu JYJ mengadakan konser terakhir di Jerman dan pada kesempatan tersebut ia berbagi pemikirannya mengenai berakhirnya persiteruan JYJ dengan SM Entertainment.

Junsu memulai dengan berkata, Persiteruan hukum ini berlangsung selama 3 tahun 4 bulan. Sejujurnya, hal ini baru saja berakhir. Tapi pada saat yang sama, aku juga merasa bahwa hasilnya begitu tiba-tiba. Setelah mengalami masa sulit selama 3 tahun 4 bulan, aku merasa waktu tersebut tidaklah sia-sia. Aku mendengar berita ini ketika akan berangkat ke Jerman, jadi aku benar-benar tidak mengetahui semua rincian dari penyelesaian kasus ini.

Kembali melanjutkan, member JYJ ini berbagi, “Oleh karena itu, sulit bagiku mengungkapkan lebih banyak mengenai hal ini. Sekarang yang terpenting adalah bahwa kami dapat memperoleh hasil yang baik. aku belum berbicara dengan member lainnya, tapi aku akan membicarakannya ketika nanti kembali ke Korea.

Kemudian, ketika ditanya mengenai hal apa yang JYJ dapatkan dari penyelesaian kasus hukum ini, Junsu menjawab, “Aku senang bukan karena kami akhirnya memperoleh apa yang JYJ harapkan, tetapi karena mungkin lewat jalan seperti ini kami dapat membantu hoobae (junior) kami. Aku rasa kami membantu dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi mereka. Kontrak selama 13 tahun, 10 tahun telah berubah menjadi kontrak dasar, sedangkan sisanya menjadi penghiburan kami selama persiteruan hukum itu sendiri. Hingga hal itulah yang membuat kami terus berjuang selama ini.

Menanggapi isu tampilnya mereka (JYJ) di variety show, dengan berhati-hati pelantun lagu Talantalegra ini mengungkapkan bahwa, “Jika hasil dari keputusan ini mengijinkan kami tampil dalam siaran TV, maka seharusnya kemungkinan hal tersebut bisa terjadi sejak tiga tahun yang lalu ketika kami pertama kali mengajukan permohonan independen (berdiri sendiri). Aku sendiri belum tahu apakah hal tersebut akan memungkin bagi kami untuk tampil di berbagai acara melalui hasil keputusan ini. Kami juga selalu bermimpi mengenai hal ini, tapi lebih dulu aku ingin bertanya kepada kalian semua para wartawan, apakah menurut kalian kami bisa tampil di acara TV?”

Dari hasil akhir persiteruan ini, satu hal yang disayangkan banyak pihak adalah kemungkinan tidak akan pernah lagi TVXQ beranggotakan 5 orang. Untuk hal itu, Junsu berkata, “Waktu terus berlalu, namun satu fakta yang disayangkan adalah bahwa kami tidak bisa lagi memiliki kegiatan bersama di bawah nama TVXQ. Dari awal, kami hanya ingin melawan ketidakadilan perusahaan, bukan ingin meninggalkan TVXQ. Bubarnya kami merupakan sesuatu yang memang harus terjadi. Ini benar-benar menyesakkan dan menyedihkan. Aku merasa kasihan kepada para penggemar kami, namun nama TVXQ akan tetap ada selamanya. Tapi secara realistis, akan sulit bagi kami untuk kembali berpromosi musik sebagai bagian dari TVXQ

 
IndoTrans: Mentari @koreanindo
Source: Allkpop