FTC Memberikan Sanksi Kepada SM Entertainment dan KFPCAI Karena Mengganggu Kegiatan JYJ

JYJ_1374638105_af_org

Seperti yang kebanyakan penggemar KPop tahu, untuk beberapa waktu ini, JYJ tidak dapat berpromosi dengan bebas karena masalah masa lalu mereka dengan SM Entertainment. Stasiun penyiaran dan distributor musik tidak pernah memberikan penjelasan jelas kenapa hal ini terjadi, namun fans menduga selama ini bahwa SM Entertainment telah memberikan tekanan melalui pintu belakang.

Fair Trade Commission atau FTC telah melihat masalah ini dan akhirnya menegaskan bahwa pihak yang bertanggung jawab akan kurangnya aktivitas siaran JYJ adalah SM Entertainment dan ‘Korean Federation of Pop Culture and Art Industry (KFPCAI)‘.

Setelah mengkonfirmasi peran keduanya dalam menghalangi aktivitas JYJ, FTC mengeluarkan sanksi yang meminta SM Entertainment dan KFPCAI untuk berhenti mengganggu kegiatan kelompok ini.

Menurut FTC, SM dan KFPCAI mengeluarkan sebuah pernyataan yang meminta orang dalam dunia penyiaran dan musik di Korea untuk membatasi kegiatan siaran JYJ dan penampilan mereka saat JYJ mengeluarkan album pertama mereka di 2010.

Seorang perwakilan berkomentar, “Meskipun penjualan album JYJ tinggi, kegiatan mereka sebagai penyanyi dibatasi di Korea, dan harus berpromosi melalui area dimana pengaruh SM tidak terlalu kuat seperti drama, musikal, dan iklan.”

SM juga meminta Warner Music Korea, distributor album pertama JYJ pada tahun 2010, untuk menghentikan distribusi album grup ini.

KFPCAI juga membantu SM dengan mengeluarkan pernyataan kepada Warner Music Korea, juga kepada 3 stasiun siaran utama dan 6 musik juga stasiun kabel, dan 11 album retailer juga 5 online music servies, meminta mereka untuk membatasi penampilan siaran JYJ dan distribusi musik mereka.

Dalam pernyataannya, KFPCAI hanya menggunakan sisi cerita SM dan memperingatkan stasiun penyiaran dan situs musik bahwa mereka akan terlibat dalam masalah JYJ dan juga mendorong Hallyu dan kultur pop mundur, jika mereka tidak membatasi kegiatan JYJ.

FTC berkomentar, “SM, salah satu dari 3 agensi besar, dan KFPCAI, yang terdiri dari berbagai macam organisasi yang terlibat dalam industri entertainment, menerapkan tekanan yang luar biasa kepada perusahaan-perusahaan dan sebagai hasilnya, JYJ mengalami pembatalan dalam program musik dan program variety, perubahan dalam peringkat musik, dan juga pembatalan dokumenter dan pemutaran teater.”

FTC telah menemukan bahwa SM dan KFPCAI melanggar beberapa kebijakan dan telah memerintahkan sanksi dan tindakan korektif sehingga kegiatan JYJ  tidak akan dibatasi lebih lanjut karena masa lalu mereka dengan SM Entertainment.

Sebagai bagian dari tindakan korektif, KFPCAI juga harus mengeluarkan pernyataan kepada 12 organisasi dan perusahaan-perusahaan yang membentuk KFPCAI dan juga 26 perusahaan, termasuk stasiun siaran dan juga situs distribusi musik, selain itu juga mereka telah dikenai sanksi oleh FTC.

Seorang perwakilan FTC berkomentar, “Ini adalah kasus dimana kami melarang agensi skala besar dari menggunakan pengaruh mereka untuk menekan bisnis, untuk campur tangan dalam aktivitas promosi dari selebriti yang memiliki perselisihan dengan mereka.”

Dengan adanya sanksi ini, mudah-mudahan kita akan segera melihat JYJ dengan bebas berpromosi di musik dan program variety!

Source: Allkpop
Transindo: imnyez@koreanindo.net

About these ads

166 thoughts on “FTC Memberikan Sanksi Kepada SM Entertainment dan KFPCAI Karena Mengganggu Kegiatan JYJ

  1. najmah fayruz says:

    jyj main runningman donk… :( jebal…

    *root

    semoga jyj makin jaya……. #smangat…!!!

      • Ga usah mulai-mulai fanwar.

        EXO best rookie karena mereka emang pantes dapetinnya. Kalau dilihat dari konsep, lagu, penjualan album, polling, bagian mana lagi yang ngeraguin kekuatan EXO. Tanpa kekuatan SM mereka juga udah bisa berhasil.

        Mungkin kalau masalah B.A.P berkali-kali comeback ga bisa menang-menang ya karena mereka masih ga layak dan fans mereka cuma bisa ngajak fanwar dan sok heboh dan ga bisa ngasih dukungan yang real semacam beli album, digital, voting, dsb.

        Ini masalah SM sama JYJ, ga usah ngebahas hal yang lain kali.

    • gak juga ahh.. Teen top, B1A4, dan lain lain pernah kok ching.. ga cuma big 3 plus Cube and FNC doank..

      perubahan peringkat musik diatas itu mungkin terkait sama JYJ doank..

      Lagian kan skrg masalah JYJ dan SM udah clear.. Udah ada penyelesaian lewat lembaga yg berwenang.. Kalo dulu sebelom penyelesaian itu agak wajar SM membatasi JYJ, karena mnrt mrk JYJ masih bagian SM kali yah :D

      Pokoke congratz buat JYJ oppadeul.. Welcome back to Korean Entertainment INdustry

    • Jung Saera says:

      Perubahan peringkat musik disini bukannya cuma buat geser JYJ? jadi kalo JYJ masuk chart sebenernya itu digeser, gak dimasukin. jadi kalo JYJ no 2. itu digeser dan yang no. 3 jadi no. 2? bukannya begitu ya? bukannya ini masalah JYJ? kenapa jadi bahas agensi kecil dan group lain? =..=

      tapi ya maaf kalo salah. pendapatku sih begitu.

  2. Love TaeNySic (@JaeSiYuFanXiTae) says:

    OH GOD, JYJ JJANG

    Aku bisa melihatmu Lagi nantinya dad

    SM gw gak nyangka pengaruhmu begitu besar di Kore /geleng-geleng/

    / Bawa spanduk / TURUNKAN KIM YOUNG MIN, GANTI CEO BARU

    • dari zaman bahoelak pun udah banyak kok artis yg keluar dri SM, macam H.O.T , Shinhwa, dll~ dan penyebabnya yah gara2 gak pernah adil sma artis2nya

  3. SM ent emang perusahaan yg seraaam -.- wajar aja artis dari agensi lain terkadang menyinggung SM .. #kekuasaan yg besar mampu menghancurkan orang yg lema

  4. Nah kan ketauan akhirnya… huihu..
    Smoga ada akhir yg baik buat jyj..
    Nah lo nah lo.. SM ketahuan.. nah lo nah loh ketahua.. heheh..

    • Cuma pengen liat JyJ aatau Junsu dapet tropi IMMORTAL SONGS 2.. sayang bgt suara sebagus itu blm pnah dpt tropi IS2.. smoga bis ini KBS ngijinin mereka tampil..

  5. Alhamdulillah ya Allah, ENGKAU memang maha Kuasa, manusia yg baik akan mendapatkan imbalan yg baik meskipun cepat atau lambat dan begitu sebaliknya.. aku percaya suatu hr akan tiba wktunya yg benar ya akan keliatan benar biarpun itu ditutupi pake cara dalih apapun… skrang SM yah tinggal panen apa yg SM tanam sejak awal benihnya baik apa busuk, yuk mari monggo d liat samasama tdk hnya warga korea tp dunia keren ngak tuh… oke semua mata tertuju pada SM dan kt liat hasilnya… terima kasih d bulan ramdhan ini penuh kebaikan..

  6. Ooooo….Terjawab sudah -,-
    Pantes,,,nunggu comeback JYJ kok gak muncul2, padahal katanya urusan yg kemaren udah beres))))Ternyata,,,,
    Salut buat member2 JYJ yg tetap bersinar ma kegiatan masing2)))Salut juga buat para fans yg tetep dukung mereka ^,^
    JYJ Fighting!!!!

Comments are closed.