FTC Memberikan Sanksi Kepada SM Entertainment dan KFPCAI Karena Mengganggu Kegiatan JYJ

JYJ_1374638105_af_org

Seperti yang kebanyakan penggemar KPop tahu, untuk beberapa waktu ini, JYJ tidak dapat berpromosi dengan bebas karena masalah masa lalu mereka dengan SM Entertainment. Stasiun penyiaran dan distributor musik tidak pernah memberikan penjelasan jelas kenapa hal ini terjadi, namun fans menduga selama ini bahwa SM Entertainment telah memberikan tekanan melalui pintu belakang.

Fair Trade Commission atau FTC telah melihat masalah ini dan akhirnya menegaskan bahwa pihak yang bertanggung jawab akan kurangnya aktivitas siaran JYJ adalah SM Entertainment dan ‘Korean Federation of Pop Culture and Art Industry (KFPCAI)‘.

Setelah mengkonfirmasi peran keduanya dalam menghalangi aktivitas JYJ, FTC mengeluarkan sanksi yang meminta SM Entertainment dan KFPCAI untuk berhenti mengganggu kegiatan kelompok ini.

Menurut FTC, SM dan KFPCAI mengeluarkan sebuah pernyataan yang meminta orang dalam dunia penyiaran dan musik di Korea untuk membatasi kegiatan siaran JYJ dan penampilan mereka saat JYJ mengeluarkan album pertama mereka di 2010.

Seorang perwakilan berkomentar, “Meskipun penjualan album JYJ tinggi, kegiatan mereka sebagai penyanyi dibatasi di Korea, dan harus berpromosi melalui area dimana pengaruh SM tidak terlalu kuat seperti drama, musikal, dan iklan.”

SM juga meminta Warner Music Korea, distributor album pertama JYJ pada tahun 2010, untuk menghentikan distribusi album grup ini.

KFPCAI juga membantu SM dengan mengeluarkan pernyataan kepada Warner Music Korea, juga kepada 3 stasiun siaran utama dan 6 musik juga stasiun kabel, dan 11 album retailer juga 5 online music servies, meminta mereka untuk membatasi penampilan siaran JYJ dan distribusi musik mereka.

Dalam pernyataannya, KFPCAI hanya menggunakan sisi cerita SM dan memperingatkan stasiun penyiaran dan situs musik bahwa mereka akan terlibat dalam masalah JYJ dan juga mendorong Hallyu dan kultur pop mundur, jika mereka tidak membatasi kegiatan JYJ.

FTC berkomentar, “SM, salah satu dari 3 agensi besar, dan KFPCAI, yang terdiri dari berbagai macam organisasi yang terlibat dalam industri entertainment, menerapkan tekanan yang luar biasa kepada perusahaan-perusahaan dan sebagai hasilnya, JYJ mengalami pembatalan dalam program musik dan program variety, perubahan dalam peringkat musik, dan juga pembatalan dokumenter dan pemutaran teater.”

FTC telah menemukan bahwa SM dan KFPCAI melanggar beberapa kebijakan dan telah memerintahkan sanksi dan tindakan korektif sehingga kegiatan JYJ  tidak akan dibatasi lebih lanjut karena masa lalu mereka dengan SM Entertainment.

Sebagai bagian dari tindakan korektif, KFPCAI juga harus mengeluarkan pernyataan kepada 12 organisasi dan perusahaan-perusahaan yang membentuk KFPCAI dan juga 26 perusahaan, termasuk stasiun siaran dan juga situs distribusi musik, selain itu juga mereka telah dikenai sanksi oleh FTC.

Seorang perwakilan FTC berkomentar, “Ini adalah kasus dimana kami melarang agensi skala besar dari menggunakan pengaruh mereka untuk menekan bisnis, untuk campur tangan dalam aktivitas promosi dari selebriti yang memiliki perselisihan dengan mereka.”

Dengan adanya sanksi ini, mudah-mudahan kita akan segera melihat JYJ dengan bebas berpromosi di musik dan program variety!

Source: Allkpop
Transindo: imnyez@koreanindo.net

166 thoughts on “FTC Memberikan Sanksi Kepada SM Entertainment dan KFPCAI Karena Mengganggu Kegiatan JYJ”

      1. Ga usah mulai-mulai fanwar.

        EXO best rookie karena mereka emang pantes dapetinnya. Kalau dilihat dari konsep, lagu, penjualan album, polling, bagian mana lagi yang ngeraguin kekuatan EXO. Tanpa kekuatan SM mereka juga udah bisa berhasil.

        Mungkin kalau masalah B.A.P berkali-kali comeback ga bisa menang-menang ya karena mereka masih ga layak dan fans mereka cuma bisa ngajak fanwar dan sok heboh dan ga bisa ngasih dukungan yang real semacam beli album, digital, voting, dsb.

        Ini masalah SM sama JYJ, ga usah ngebahas hal yang lain kali.

    1. gak juga ahh.. Teen top, B1A4, dan lain lain pernah kok ching.. ga cuma big 3 plus Cube and FNC doank..

      perubahan peringkat musik diatas itu mungkin terkait sama JYJ doank..

      Lagian kan skrg masalah JYJ dan SM udah clear.. Udah ada penyelesaian lewat lembaga yg berwenang.. Kalo dulu sebelom penyelesaian itu agak wajar SM membatasi JYJ, karena mnrt mrk JYJ masih bagian SM kali yah 😀

      Pokoke congratz buat JYJ oppadeul.. Welcome back to Korean Entertainment INdustry

    2. Perubahan peringkat musik disini bukannya cuma buat geser JYJ? jadi kalo JYJ masuk chart sebenernya itu digeser, gak dimasukin. jadi kalo JYJ no 2. itu digeser dan yang no. 3 jadi no. 2? bukannya begitu ya? bukannya ini masalah JYJ? kenapa jadi bahas agensi kecil dan group lain? =..=

      tapi ya maaf kalo salah. pendapatku sih begitu.

    1. Cuma pengen liat JyJ aatau Junsu dapet tropi IMMORTAL SONGS 2.. sayang bgt suara sebagus itu blm pnah dpt tropi IS2.. smoga bis ini KBS ngijinin mereka tampil..

  1. Alhamdulillah ya Allah, ENGKAU memang maha Kuasa, manusia yg baik akan mendapatkan imbalan yg baik meskipun cepat atau lambat dan begitu sebaliknya.. aku percaya suatu hr akan tiba wktunya yg benar ya akan keliatan benar biarpun itu ditutupi pake cara dalih apapun… skrang SM yah tinggal panen apa yg SM tanam sejak awal benihnya baik apa busuk, yuk mari monggo d liat samasama tdk hnya warga korea tp dunia keren ngak tuh… oke semua mata tertuju pada SM dan kt liat hasilnya… terima kasih d bulan ramdhan ini penuh kebaikan..

  2. Ooooo….Terjawab sudah -,-
    Pantes,,,nunggu comeback JYJ kok gak muncul2, padahal katanya urusan yg kemaren udah beres))))Ternyata,,,,
    Salut buat member2 JYJ yg tetap bersinar ma kegiatan masing2)))Salut juga buat para fans yg tetep dukung mereka ^,^
    JYJ Fighting!!!!

  3. jadi pengen denger tanggapan SM nih???
    Apakah SM masih mau membela diri mereka????
    ini bukan JYJ, perusahaan ato fans JYJ yg bikin pernyataan, tp salah satu Organisasi terbesar di korea yg mengungkapkan hasil penyelidikan mereka…

  4. astaga kok SM gitu banget yaaaaa…gak kebayang gimana perasaan JYJ dilarang tampil sana sini ._.
    kejem banget JYJ yg udh gak seagensi lg aja msh dibegituin gimana idol yg ada di agensi itu…pasti gerak geriknya gak bebas 🙁
    jangan begitula mereka kan jg mau berkarya…yg penting skrg JYJ udh gak terlalu dikekang lg, bkn cmn masalah popularitas tp perasaan dan kenyamanan la yg paling penting
    fighting JYJ ^^

  5. Hmm……SM sampe kpn lg kamu berbuat jahat n tdk adil ma JYJ,skrng da ketauan belangnya dirimu SM,smoga SM diberi pencerahan ma Tuhan agar tdk berbuat jahat lg ma JYJ……JYJ fighting….smoga ke depannya karir JYJ makin sukses……Love JYJ….^___^

  6. untuk fans yang punya bias dari agensi yang ngga segede SM (termasuk saya) dengan bacanya artikel ini cukup tau dan bisa menyimpulkan dengan sendiri nya gimana mereka ^^

    1. LOL jgn terlalu cinta sama SM(perusahaannya),, karena artisnya ga bkl selamanya ada disana… liat aja skrg yg bersisa dr gen 1 cuma kangta.. siapa lagi ya gatau deh boa plg… skrg kan mreka masi ada kontrak lagian~
      yang ada kalo emg pgn berseni ya hrs kluar dr SM,, karena SM belom kasi kebebasan artisnya buat bermusik.. tp ya itu, klo lu di SM uda ada jaminan pasti terkenal.

  7. ternyata cerita belum berakhir-.-
    kesimpulannya adalah SM punya pengaruh di dunia Music Korea. tapi pengaruhnya ga nyampe ke Drama, Iklan sm Musical. begitu bukan?? :[

    ya mudah cepet berakhir cerita dri 2009 – ??? -_-
    jng sampe fanwar deh. nnti bwa2 artis laen lgi!!!

  8. sebegitu ga relanya kah SM ngelepas JYJ???
    sebenarnya apa sih yg di takutin SM thdp JYJ?? sampe2 mereka gunain kekuasaan penuh mereka cm unt boikot JYJ di layar kaca.. *sorry g tllu update sm beritanya SM-JYJ*

    come on SM move on dong…

    1. http://ndoroganjenfesyen.blogspot.com/2012/11/who-is-kim-jaejoong-siapakah-kim_4255.html

      mungkin link ini bisa ngebantu, meskipun cuman dari sisi Jaejoong tp ini semua menggambarkan kenapa SM ga ngerelain JYJ.

      kl dari sisi junsu, kl kata aku perusahaan mana sih yang mau ngelepas Junsu, nari oke, nyanyi oke, akting oke, nyiptain lagu oke.

      yoochun juga, yoochun ama jaejoong itu mereka udh bukan idol lagi tapi udh termasuk musisi, dengerin ajjh lagu Get Out, In heaven, Boy’s Letter.

      bahkan Jaejoong udah nyiptain lagu wasurenaide, waktu masih di SM

  9. kalau korsel ingin menjadi pusat industri musik asia atau mgkn dunia tentu saja praktek2 seperti ini harus d hilangkan dan masalah ini sebenarnya sudah sangat jelas terpampang NYATA… memang cp yg di ladeni JYJ d persidangan?SM. hasilnya? JYJ menang. prakteknya?NOL. padhal itu scra hukum yg sah d negara tersbut sodara2, bs d telikung tp skrang smoga hmm bener2 berjalan keadilan dsana kalo tdk industri musik dsana hanya d pandang sblh mata cz masalah JYJ adalah batu sandungan yg tdk mungkin d lewati bgtu saja oleh hukum dsana terlebih d industri musik korsel.. btw semoga ada yg terbuka mata hatinya dsni dan klo bicara tdk asal jeplak atau NAIF..
    untuk JYJ, aku hanya seorang fans kalian dan percaya sama kalian.

  10. akhirnyaaaaaaa
    *masih ada yg mau tutup mata dan berpura-pura polos kah untuk membela perbuatan SM? 😆 😆 😆

    sebentar lagi kita bisa liat JYJ tampil di RM sodara-sodara #tebarconfetti

  11. PENGUMUMAN:
    BAGI YANG SUKA MEMBELA SAMIN ENTERTAINMENT DAN ANTEK2NYA,JILAT LIDAH KALIAN SEBANYAK YANG KALIAN KELUARKAN SEKARANG JUGA!! LIHAT DAN BUKA MATA KALIAN SELEBAR MUNGKIN BAHKAN KALAU PERLU SAMPAI JULING SEKALIAN!!
    KECURIGAAN JYJ STAND NYARIS SELALU BENAR,RASA SAKIT HATI KAMI KINI TERBAYAR SUDAH…..
    SEMOGA GANJARAN YANG SETIMPAL SEGERA DI BERIKAN PADA SAMIN DAN ANTEK2NYA…..AMINNN
    *maaf aku gagal menahan diri untuk tidak emosi*

    1. Jujur saja ya cingu, sebagian SM Stand itu bukan suka Sama agency-nya malah kebanyakan “KURANG SUKA SAMA MANAGEMEN”

      SM Stand Lebih suka Ke Semua artisnya, Karena disitu masih ada orang2 hebat, Dan syukurlah akhirnya Semua kelihatan mana yang benar dan yang salah, tapi semua itu juga berkat kerja keras dan kesabaran JYJY oppa juga.

      Semoga kedepanya Ada berita baik lagi, AMIN

      DAN SAYA SALUT SAMA ARTIS YANG MASIH DISITU /NangisBatin/

      1. @yoonaddictindonesia, tp sayang komentar kmu selama ini tdk mencerminkan “hanya seorang sone” tp lebih bahkan kmu bisa d bilang JurKam SM yg slalu sibuk sgt proaktif, pasti bangga SM punya anda.. 🙂

      2. @yoonaddictindonesia, tp sayang komentar kmu selama ini tdk mencerminkan “hanya seorang sone” tp lebih bahkan kmu bisa d bilang JurKam SM yg slalu sibuk sgt proaktif, pasti bangga SM punya anda… 🙂

      3. wow, saya komen selama ini terkait idola saya aja kok.. tolong bagian komen mana dari saya yg mencerminkan kalo saya itu “JURKAM SM” ? Kayaknya anda sakit hati sekali ya sama SM? Bikin salah apa SM sama anda sampe segitunya?

        Saya bukan membela SM, tapi terkadang setiap ngomenin SM, pasti artis2 SM juga kena “bash” or apapun itu.. Mau bukti? Baca aja artikel ini, pasti anda nemu komen yg menjatuhkan artis2 SM.. Itupun kalo belom didelete..

    2. wow… kwkwwkw.. aku SM stand lho, tapi aku suka karena artis2nya dan jenis musiknya… bukannya manamen.. kalau pun pernah komen ngebela, itu karena aku ngebela artis SM yang ikut mengkambing hitamkan.. kalo manjemennya, geleng2 kepala deh.. TURUNKAN KIM YOUNG MIN! wkwkwwkw.. 😀

  12. seneng banget ngedenger berita ini, finally.. Tuhan emang ga tidur dan Maha Adil.
    tapi penasaran jg sama sejauh mana kekuatan FTC bisa membawa keadilan buat JYJ, soalny sama SM mah keputusan pengadilan kmrn2 yg jelas menangin JYJ ga ngaruh apa2..
    tp mudah2an aja yg ini emang bener2 bikin JYJ ‘bebas’ promosi di rumah sendiri.. mudah2an secepatnya mereka bisa muncul di acara2 kpop.. kan kereeeen tiba2 mereka jadi guest di Running Man 😀

  13. Aku bener2 akan sujud syukur ke hadirat Allah SWT kalau sudah melihat dengan mata kepalaku sendiri JYJ bebas beraktivitas di TV Korea….muncul di banyak variety2 show dan semua acara TV di Korea…

  14. ternyata cerita SM sama JYJ 4 thn yg lalu pas gue klas 3 SMP blom berakhir ya smp saat ini gg tau detailnya
    gue bingung sendiri apa sich maunya SM
    smp2 bgtu teganya udh 4 thn ngelarang JYJ tampil dmn2
    mianhae gg ada mksd mancing fanwar gg
    SM emg pny pengaruh music di korea
    sygnya smp gg ngaruh ke drama musical ama iklan
    jgn smp gue di bash
    gue gg pny mksd mancing fanwar
    tp ttp JYJ biar dibatasin nampil di TV tampil diluar negeri pun jd
    please ya jebal jgn bash gue
    ini hanya opini

  15. sok banget SM
    “Dalam pernyataannya, KFPCAI hanya menggunakan sisi cerita SM dan memperingatkan stasiun penyiaran dan situs musik bahwa mereka akan terlibat dalam masalah JYJ dan juga mendorong Hallyu dan kultur pop mundur, jika mereka tidak membatasi kegiatan JYJ.”

    walo memang bnyk artis besutan SM yg buat hallyu dikenal luas bkn berarti begitu SM ngomong gitu hallyu lgsg merosot, begaya banget nih KIM YOUNG MIN!!!
    emank nya korea punya bapak lu kah sampai lu bisa buat kultur K-pop lgsg mundur kalo org ga mau dengerin omongan lu! anak cucu mu hidup juga dari meroketnya hallyu

    1. seakan2 presiden dan mentri2nya yg ada di korea selatan g dianggep sama sme, mentri kebudayaan (?) terutama… Korea Selatan bukan hanya SM, Hallyu bukan hanya SM, Kpop bukan hanya SM… 🙂

  16. emberr…
    klo bikin MV di BOX mulu -__-
    ga ada kebebasan buat artisnya. mudah2an pukulan yg pling kena dan sadar buat SM

    udh hrus mulai periode yg baru, CEO??konsep smuanya lah.

    Sukses buat JYJ, gw tuh klo liat mreka ber3 pasti slalu inget sma ……. ya u know lah :’)

    1. ya bener, semoga SM bisa sadar..
      untung artis2nya SM punya fans loyal yg sayang dan setia sama artisnya, coba klu nggak, bisa jadi gimana agensi SM itu
      kemarin sama Hangeng, lalu sama JYJ, dll
      seharusnya SM berterima kasih pada artis2 yg bernaung di bawahnya, karena merekalah SM bisa seperti sekarang
      😀

  17. intinya sh SM gak rela kehilangan JYJ… “kalau gak d bwah kekuasaan gw, lo gw bkin susah” gtu kali ya…

    Bukannya kemaren dah selesai ya… Damai Please dong

  18. gw suka artis2 SM tp g suka sama management SM. y mgkn artis2 SM berpikir selama mrk masih berkarya y jalanin aja, org korea tuh basicnya kerja keras dan berani bayar harga dan juga kesetiaan itu di perlukan disana.
    zzzzt …..akhrnya ke bongkar kelicikan SM
    semoga JYJ bisa aktif lagi di korea 🙂

  19. akhirnya ad yg turun tangan jg masalah ini…
    jdi inget omongan’a jaejoong waktu itu bilang gni “kami artis korea,tapi kami tidak bisa melakukan promosi dengan bebas di negara kami sendiri,bukankah itu aneh”
    smoga bner2 bsa ngeliat jyj tampil lagi di acara2 musik… 🙂

  20. hahaha ak seneng bgt bacanya,
    dah lama bgt g suka SM cz dari bnyknya artis yg keluar emg g beres nih manajemen.
    setelah hangeng berjaya bahkan maen di transformer 4, ntar JYJ jg bs tampil di acara2 musik.
    btw masalah peringkat musik ternyata bs jg dimanipulasi ma SM ckck g nyangka,

  21. http://allsment.wordpress.com/2012/12/12/the-secrets-of-kpop-idols/

    Baca link itu ya.
    Komentar ttg masalah ini si…
    SM kan termasuk big3 Agensi yg udah berpengaruh besar buat pasar industri Korsel, jd pas JYJ ajuin tuntutan yang bicara tentang “bulu kuduk”nya SM, SM gak terima dan bilang kalo itu suatu lecehan. Nah si Korean Federation of Pop Culture and Art Industry (KFPCAI) itu ng mikir kan kalo SM udah berpengaruh juga buat industri kpop, jdnya mereka ngebantu SM.

    Soal tuntutan JYJ yg gak pernah menang itu emang dibuat buat sama Korean Federation of Pop Culture and Art Industry (KFPCAI).

    Lebih jelasnya baca ke link yg gua ksh tau itu

  22. sm emang gak rela ngelepas jyj, gak dibebasin aja penjualan albumnya tinggi apalagi di bebasin plus promosi abis udah sm. SM tuh ketanggung malu sama omongan dan perbuatannya sebelumnya menang(?) krn jalur gak bener terus tiba-tiba ngaku salah? bisa kebayang apa yg terjadi..
    Gak kebayang gimana tekanan para artis sm selama ini, kita ngeliatnya sih baik-baik aja tp didalemnya, hati orang mana ada yg tau tinggal nunggu waktu buat ngeliat apa yang terjadi selanjutnya…

    btw aniwey buruan laaah balik ke layar kaca jgn liburan sama maen golf mulu yaaa…

  23. wah, sayang banget ya klu SM seperti ini, padahal artis2 SM itu aq akui, memang bernilai jual tinggi di ranah entertainment. coba klu perusahaan SM ini benar2 dikelola dengan baik dan menguntungkan banyak pihak, bukan hanya pihak perusahaan, namun pihak artisnya pula, pasti artisnya pada betah..
    klu artis betah, kinerjanya kan makin baik, klu kinerjanya makin baik, pastilah membawa dampak positif pada perusahaan..
    *hanya pendapat saja
    semoga JYJ bisa mendapat keadilan, dan semoga artis2 SM lainnya tidak bernasib sama
    😀

  24. pas bgt baca ini ada lagu keep your head down *flashback* -_- jyj terlalu bagus buat sm jadi agensi itu rela lakuin hal apa aja, termasuk hal selicik ini. sorry to say kalo mnurut aku artis sm belum memiliki kebebasan mengembangkan kemampuan mereka secara total, masih kayak ‘budak’ nya agensi gitu.

  25. kasian banget abang2 JYJ , kim young min emang bener2 deh ya ckckck -_- walaupun aku smstan tapi aku gasuka sama KYM, mendingan papa sooman deh ya 😐

  26. alhamdulillah~~~ berkah ramadhan… semoga JYJ oppas bisa mejeng di TV lagi pas promo2 album baru >,<

    tp ya dipikir2 lg, kenapa SM yg notabene perusahaan besar seolah-olah takut ama tiga orang ini (JYJ), ampe di block semuanya, sebegitu berharganya kah JYJ, kkkkk~ ibaratnya GAJAH vs SEMUT…..tp akhirnya semut yg menang…AMIN~~

    jadi tinggal nunggu statment dr SM nich, ya kan? Moga2 aja SM ikhlas nerima hal ini…^^/

    Walaupun udh g satu menej. tp alangkah baiknya tetep berhubungan baik kan di industri musik korea, bersaing yg wajar dengan karya masing2…

    ^__^

  27. intinya baik jyj atopun homin mereka adalah korban. yap, korban dari kekuasaan dan keegoisan agensi yg ingin mengambil keuntungan sebanyak-banyak nya. dan ini bukan satu-satunya kecurangan sm yg udah terlihat, yg lainnya juga udah bnyak.

  28. pantasan saja artis yang berada di naungan SM terjamin terkenal
    ternyata semuanya bisa diatur…chart musik aja bisa diubah pantasan saja rata2 idol yg comeback langsung bs msk posisi teratas padahal lagunya biasa aja
    teknik yg bagus sekali…biar orang2 kenal sm anak asuhanya ya dibuat seolah2 comebacknya sukses padahal agensinya main belakang…
    sukses lah buat JYJ !

    1. wah, memang ada kemungkinan jika SM bermain data agar anak asuhannya terlihat sukses, namun memang tidak bisa dipungkiri, klu anak2 SM itu memiliki nilai jual tinggi, jadi belum tentu keberhasilan mereka itu karena rekayasa
      baiklah, misalnya kemenangan mereka itu hanyalah rekayasa, berarti penjualan album, voting dll yg berdistribusi pada peringkat musik hanya rekayasa, sedangkan penjualan album voting dll sebagian besar berasal dari fans atau konsumen, dengan kata lain fans atau konsumen tersebut imajiner, jika artis2 SM punya konsumen yg imajiner, menurutku nggak mungkin mereka bisa sukses, biarpun mereka menang di acara musik, tapi nggak ada konsumen yg pengen menikmati kinerja mereka, nggak mungkinlah mereka bisa eksis..
      namun kenyataannya bisa kita lihat, kesuksesan mereka nyata, dengan konsumen yg nyata, dan akhirnya secara nyata menyumbang keterkenalan mereka
      ini salah satu sudut pandang yg perlu kita soroti juga
      😀
      menurutku kemungkinan SM bisa menurunkan kinerja JYJ dengan cara2 yg disebutkan di atas, yg dirugikan kan hanya dari pihak JYJ dan pihak2 terkait seperti fans, dll..
      sehingga masih dalam kemampuan SM
      namun jika menaikan pamor atau kinerja artisnya dengan cara memanipulasi data untuk peringkat musik dll, pasti akan sulit, karena lebih banyak pihak yg dirugikan, misalnya agensi lain berserta artis2 yg bernaung di dalamnya, dan jika ini memang terjadi, mustahil agensi dan artis2 lain tidak menggugat SM atas kecurangan tersebut
      😀
      namun memang dalam beberapa kasus, SM perlu membenahi dirinya

    2. g semuanya juga… aku suka angkatan jadul artis2 SMe (BoA & TVXQ5) mereka memang punya bakat,dan kemampuan…. trus untuk comeback langsung di posisi atas, mungkin terbantu fans yang jumlahnya udah banyak (untuk artis2 yang udah lama debut), untuk vote & beli albumnya… klo yg baru2 tau deeeeeh…..hahaha~

    3. Nah setuju bgt!! kedengarannya emang licik tapi itu kenyataan nya, yg paling keliatan itu kalo comeback di acara musik, memanipulasi digital single salah satu cara biar dapet crown buat artisnya. Suatu saat keadilan bakal benar2 terungkap kok!! so, bersiaplah ;;)

      1. hmmm bukannya mau ngebela apa yang dilakuin SM dengan JYJ, cuma ada katamu yang dikit menganggu.. SM selalu lemah dalam digital sales lho.. Raja digital sales itu YG dan susah dimanipulasi.. Misalnya EXO, kemarin pas menang, di chart itu ia kalah jauh dalam digital sales sama penyanyi solo (ada eunji dan huh gak).. peace… 😀

    4. “pantasan saja artis yang berada di naungan SM terjamin terkenal ternyata semuanya bisa diatur”..
      kurang setuju nih.. artisnya bahkan sering udah dapat fansnya sendiri bahkan belum tentu didebutin..fandom yang menggilai mereka juga gila banget lho.. berani ngelakuin apa aja agar artisnya menang.. (bukan ngebela SM nih, tapi artisnya)

    5. waduh, ini mah jatohnya negative thinking banget. yang namanya bulk buying itu bukan gayanya agensi-agensi besar macem big 3. agency name itself aja udah bikin artisnya langsung punya fandom besar. orang fans-nya aja udah bulk buying ngapain agensinya pake ikutan? kalopun manipulasi, agensi sekelas SM mah manipulasinya langsung yang gede, bukan trophy program musik macem mucore mubank gitu… at last sekarang, kalo dulu sih entahlah…

      lagu promosinya SM rata-rata biasa aja mah kan emang udah rahasia umum. konsep lagunya semua artis SM (kecuali SHINee) itu SMP (SM Performance), itu udah tradisi. sebodo amat digital sales ancur & public ga terlalu kenal artis-artis mereka, yang penting performance kece, fandom gede, album laku, uang ngalir. karna yang namanya fans loyal pasti bakalan mau beli apapun yang menyangkut idolanya. title track artis SM itu emang rata-rata poor, tapi enggak dengan lagu-lagu di albumnya. liat aja EXO Wolf, sumpah itu lagu (kalo emang bisa dibilang lagu) SMP banget, poor… tapi performance-nya kece badai kan? dalam album XOXO itu sebenarnya banyak lagu yang jauh lebih bagus. tapi karna lagu itu ga mendukung buat stage presence, ya ga dipromosiin deh… itu udah ciri khas-nya SM

      istilahnya tak kenal maka tak sayang. kalo lu bukan fans, lu cuma tau title track, lu ga beli album, ya lu gabakal dapetin the best quality…
      konsepnya SM itu kaya negara demokrasi, dari fans, oleh fans, dan untuk fans. makanya fandom SM itu terkenal dengan kefanatikannya

  29. hhiiddiihh,,ngeri bget tuh,,sungguh keterlauan menghalangi bakat dan rejeki orang,,kasian kan JYJ ny 🙁
    penasaran sama tanggapan sment soal ini o.O

  30. TUHAN ITU MAHAL ADIL !!! Akhirnya terjawab semua apa yang sering di tuduhkan kepada SM dan dapat di simpulkan seperti apa yg kita liat sekarang ??? Semoga SM gak ngeles lagi seperti kemarin marin memberi komentar JYJ good luck 🙂

  31. Nah lho salah satu kebobrokan SM terungkap, udahlah ganti CEO aja, balik ke jaman keemasan dulu sebelum LSM turun jabatan. Selamat buat JYJ semoga bisa berkarir bebas di negeri sendiri, bila perlu bantu 2 rekan kalian yg masih nyantol tuh di SM
    Haha SM stand bukan berarti pro sama agensinya ya, kita juga udah gedeg sama perlakuan SM yg kadang ga segan perlakuin artisnya segala macem buat ‘duit’ jadi ga usah nyrempetin artisnya, artisnya besar karena KEKUATAN FANS nya yg LOYAL. Note it !

    1. ya, benar, aq juga SM stand, tapi nggak terlalu suka sama kinerja agensinya, sukanya sama artis2 yg bernaung di bawahnya
      😀
      memang nggak bisa dipungkiri, artisnya besar memang karena kekuatan fans yg loyal
      tapi sayang, artisnya malah di’budak’in sama agensinya

  32. @Choi Ara,aku mau tanya kamu sebagai SM stand….apa Lee Soo Man bukan pendiri dan pemilik SM Entertainment?apa SME bukan singkatan dari Soo Man Entertainment?bales ya?aku bener2 pengen tahu….

  33. @hollyaester entah sejak Kim Young Min bertengger agensi ini seperti tirani yg nyeremin. Semua sektor di SM di push abis abisan biar bisa hasilin duit. Emang kadang apa yg dilakukan SM menakjubkan, tapi kinerja terhadap artisnya jauh dari kata manusiawi. Ini karena artisnya yg begitu loyal terhadap seni, efek dari masa trainee mereka yg kejam jadi workaholic sampe kadang ga peduli sama fisik mereka sendiri. Sebenernya cuma satu, demi fans. Mereka ga mau ngecewain fansnya yg loyal. Fans juga tahu betapa bobroknya ni agensi dibawah pimpinan Youngmin. Pernah berpikir seandainya 9 gadis penyumbang ‘duit’ terbesar SM saat ini keluar dari SM dan juga si bungsu, tapi buat bungsu mereka baru memulai karir ga ada bekal buat melawan SM. Kami ga sepenuhnya membenci SM, cuma kami membenci SM yg sekarang. Kami sangat berterima kasih kepada SM telah mengenalkan kami kepada orang2 yg berbakat, mencintai seni dan pekerja keras. Semoga dg kasus ini SM bisa berubah, kembali pada pure agensi entertainment seperti dulu *sorry kepanjangan, curhatan seorang fans*

  34. @skjj Lee Soo Man memang pendiri SM tapi dia bukan pemilik SM sepenuhnya. Jabatannya sbg CEO sudah digantikan sama Kim Young Min, jadi dia sudah tidak berhak mengatur semua kinerja agensi, kecuali sebagai dewan penasihat.
    SM itu kepanjangan dari Star Museum Entertainment, karena pendirinya Lee Soo Man dan hampir mirip dg nickname LSM jadi banyak yg mengkaitkan SM sbg Soo Man Entertainment, begitu ^^

  35. gue setuju sama choi ara. coba aja 9enies keluar dari sm, tauk deh ntar tuh agensi jadi apa, apalagi 9enies tahun 2014 abis masa kontraknya, kita liat aja ntar sm ngerelain mereka keluar apa gak 😐 young min emang bener2 keterlaluan

  36. Bisnis di Korea memang kadang kejam seperti itu,,apalagi sekarang industri K-pop adalah bisnis yang sedang booming,,

    Meski saya suka all about Hallyu,tapi utk urusan bisnis, Korea memang terkenal licik.. #berdasarkan pendapat & pengalaman dr orang2 yg berbisnis dg org Korea

  37. This might be out of topic but I have to say this: for my fellow Cassie please keep your faith and please support both sides (HoMin and JYJ).
    .
    Remember: JYJ did NOT leave DBSK. They left SM. I hope you guys can spot the difference.
    .
    Jaejoong, Yoochun, Junsu. I hope you’ll get your #true freedom soon ^_^v
    .
    Yunho, Changmin. Please stay handsome *LOL*
    .
    At the end of the road there’s
    always a light to shine your way.
    .
    Yakinlah !!!!! Semua pasti indah pada waktunya 🙂
    .
    Always Keep The Faith
    .
    Hope To The End

      1. Terima kasih sudah mendukung mereka berlima. Yeap yunjaeyoosumin cuma korban, terutama uri leader yunho yang dapet tekanan paling besar 🙁

      2. yup, ngerasain bgt kalo ada di posisi yunho, secara mental dia memang yg paling tertekan apalagi posisi nya yg sebagai leader. jujur saya ikutin homin dan jyj belum lama, baru bberapa bulan tapi entah kenapa saya merasa tertarik dng adanya mereka. satu, semoga mereka balik berlima ^^ cassie fighting!!

  38. @kwoncumi soal masalah kontrak isunya belum jelas, soalnya 9enie pada debutnya SM masih menggunakan kontrak 13th jadi diperkirakan kontrak abis 2020.. gila -_- yg sabar 9enie. Doakan aja mereka kuat, kalopun SM ent masih mempertahankan sistem yg sekarang, mending out aja lah dari tuh agensi. Tapi serem juga kalo kasusnya nanti bakal kaya JYJ T.T

    1. setau gw 9enie ga make kontrak 13th ching.. mereka udah pake kontrak sendiri2.. Hyo sama Yuri kalo ga salah baru perpanjang kontrak tahun 2010 (masih gosip)..

      Girl Group di SM rata2 ga make sistem kontrak 13th ching.. Karna rata2 usia girl group yang minim, jadi SM ga ngasih kontrak 13th ke mereka.. Lah wong SM juga ga nyangka kali waktu debutin 9enie bakalan se”wow” skrg ini.. hahahha 😀

  39. @Choi Ara,tapi Lee Soo Man pemilik saham terbesar di SM kan?kalau ya,berarti dia pemilik.Kalau perkiraanku benar,Kim Young Min cuma CEO boneka.Jadi segala sesuatu yang terjadi pada JYJ tidak sepenuhnya salah Kim Young Min….melainkan big boss di belakangnya….

    1. yg ngatur jadwal, keuangan, bagi2 jatah, job mreka itu kan sepenuhnya CEO yg ngurus, jdi smua urusan artis yg udh debut itu hrus di acc sm CEOnya. beda lagi klo LSM, stelah ga jdi CEO cm cari bakat baru doank di SM. klo saham gitu gw ga terlalu ngerti, cma ank bisnis yg ngerti dan ga smua saham dipegang sm Soman.

      ya boss besarnya si CEO itu.

    2. kamu buat kesimpulan yang aku pengen ngakak.. 😀 susah jelasinnya.. gampangannya gini deh, kalo kamu sering liat drama yang ceritanya ngerebutin jabatan CEO, bahkan CEO itu sendiri pendiri dan pemilik saham terbesar, kadang tetep kalah kan kalo dewan direksi gak setuju and ‘bangkang’.. pemilik saham terbesar bukan berarti seenaknya ngatur tanpa persetujuan yang lain lho (entah itu berakibat baik atau buruk)..

  40. setuju bgt sama CODE911118 Korea Selatan gak cuman SM !!
    Hallyu gak cuman SM !!
    KPOP ga cuman SM !! so, jngan terlalu di butakan sama agensi yg rela lakuin apa aja demi dapet apapun yg dia inginkan termasuk jalan yg gak bener!! #sorrytosay #fact

  41. harapan terbaik untuk mereka berlima ^__^

    tetap semangat no matter what,
    seorang pemenang dan berjiwa ksatria menggunakan cara “bersih” buat nunjukin kualitas nya ^_^

  42. @srkjj oke kita berpikir terbuka aja, sudah saya katakan LSM bukan pemilik sepenuhnya, memang dia pemilik saham terbesar tapi untuk kinerja agensi dia tidak sepenuhnya punya wewenang. Untuk kasus JYJ sendiri, apakah saya hanya menyalahkan Kim Young Min, memang dia sbg CEO. Entah apakah dia cuma sbg boneka dari big boss seperti yg kamu maksud. Saya tidak menutup mata ada kemungkinan keterlibatan SM dibalik kasus JYJ, tapi saya tidak terlalu yakin 100%, ada banyak permainan licik dalam dunia bisnis yg kadang sulit dijelaskan. Disini saya mempermasalahkan kinerja SM yg sekarang dibawah CEO Kim Young Min. Bukan berarti waktu di bawah pimpinan LSM itu baik, tapi keliatan lebih baik dari yg sekarang. Saya ambil contoh agensi ini seperti negara kita di masa orde baru, situasinya keliatan baik tapi ternyata banyak kebobrokan di dalamnya, sama seperti SM dipegang LSM. Tapi tetap saya menghargai LSM yg sudah mendirikan agensi besar shg saya kenal org2 yg berbakat. Semoga kamu mengerti maksud saya, sori kepanjangan 😀

  43. setauku walaupun LSM pemegang saham terbesar tapi dia uda gak seberapa ngurusin agency yg ada di korea, dia sekarang lagi sibuk sama yang di amerika. jadi gak menutup kemungkinan kalo KYM adalah orang yang paling berpengaruh sama masalah ini. Lagian KYM sama LSM itu kayak pro-kontra

  44. tumben banget ini para cassie keluar dan para front pembela SM pada ngumpet… XD

    selat ya JYJ.. Serapat-rapatnya orang nyimpen bangkai pasti ketauan juga kok.. orang yang udah dzolim sama orang lain pasti bakal dapet balasan yang lebih menyakitkan dari Tuhan, karena Dia maha adil…

    salut sama kesabaran dan sifat pantang menyerah uri JYJ dalam menghadapi kasus ini… ditunggu Variety Shownya ya abang-abang..

  45. yang terbaik buat JYJ aja, homin juga.
    yang jelas, itu bertiga ditunggu bgt comebacknya, asal ga bareng sama homin aku sih ga masalah 😛
    yg berdua tolong jgn kabur ke jepang mulu, kangen tau!
    Mr Jung juga tolong secepatnya jadi kurus, masa kudu nunggu JYJ nampil di TV dulu kurusnya? LOL 😛
    #sorilabil #efekkangenTVXQ5

    TVXQ fighting, JYJ fighting!

  46. @Choi Ara,@Park Yoong-sii dan @kwoncumi,thank’s atas reply-nya…..anggaplah aku korban drama…..aku merasa cerita yang ada di drama The King of Drama yang di mainkan Siwon yang bercerita tentang big boss yang bermain di belakang layar,yang bisa memecat dengan seenaknya CEO yang tidak mau menuruti kemauannya dan bermain busuk di industri hiburan Korea,itu adalah gambaran sosok Lee Soo Man…..di mana2 setahuku yang namanya pemegang saham terbesar(bukan keseluruhan/sepenuhnya) adalah pemilik usaha.Contoh,apabila Lee Soo Man memiliki saham separo dari 100% saham di SME,dan sisanya katakanlah ada 3 orang lain termasuk Kim Young Min misalnya….itu bisa di katakan bahwa Lee Soo Man adalah pemilik dari SME…..jadi you know lah pemilik itu mempunyai kekuatan sebesar apa….anggaplah kalau si CEO mengambil suatu keputusan harus seijin dan sepengetahuan sang big boss….begitulah kira2 pandanganku….

  47. Kok banyak komen yg kesannya menonjolkan “kekuasaan SM yg bikin anak2 SUKSES dgn menghalalkan segala cara” deh..

    Hello, anak2 SMent juga punya kemampuan dan bakat kok buat bisa sampe ke tahap skrg ini..

    Satu lagi ya, masing2 dari mereka PUNYA kami, para FANDOM dan FANCLUB yang kuat menopang mereka dari segala aspek..
    Konser tunggal mereka yang hampir selalu PENUH, Penjualan Album yang memang menguasai pasar di Korea, Tawaran Variety Show dan Drama, dll apa masih kurang bisa menunjukkan usaha para Artis SM dan Fandomnya?

    Mereka juga sama kaya artis agensi lain, melewati tahap training yg lama, persaingan antar trainee yang dahsyat ( fyi : trainee di SMent itu bejubel banyaknya, jadi yg bisa lolos saringan buat debut cuma yg terpilih )..

    SO, kalo anda2 ga ada hubungannya dgn SMent, JYJ, ga usah berkomentar yg bikin panas deh.. Ini artikel antara SMent dan JYJ, ga usah ditambahin bumbu2 lainnya.. THANKS..

    1. biasa cing..klo udh gni smua uneg2 kluar.. bhkn mrka yg bkan cassie ato bhkan SM stan,, ya minimal SM stand msh bsa komen lah.. mski ada jg yg ngelantur…
      mski ini forum bbs,, nmpknya bbsnya mrka bebas mengutarakan pendapat yg bhkan g ada sangkut pautnya ama kasus ini

  48. SM bener2 licik..bgt.. slama ini ngga percaya klo SM yg dituduh.. tapi SM skrg udah kena dampaknya.. SM sibuk ngurusin artis lain, sedangkan artisnya sendiri belum keurus dgn baik..

  49. nah! kena lu SM! HAHAHAHA 😈
    can’t wait for their appearance. yakin deh Korea pasti gempar bumi gonjang ganjing. seru nih 2013…
    tapi kalo mereka sering muncul di TV, acara musik, varshow… plis kuatkan iman gua… gua gamau nambah fandom, dompet gua belum siap. kudu banyak banyak istigfar ini sih *sigh*
    pokonya congrats and good luck buat JYJ! dan SM… keep fighting aja deh :mrgreen:

  50. tiap kali aku baca koment
    selalu ada kata “tuhan itu maha adil”,”tuhan itu gak tidur”
    dan banyak lagi deh.

    aku bukan SM stand, dan bukan fans JYJ. tapi aku seneng baca ini, karna udah ketahuan bahwa SM mau menang sendiri, k-pop itu bukan milik SM, hallyu jua bukan milik SM. kalau misalnya SM gak setenar sekarang, masih banyak kok agensi lain yg mungkin akan mengugngguli SM. bahkan sekarang aja banyak idol grup yg membawa warna baru bagi k-pop.

    kalau menurutku, SM terkesan membosankan, apalagi soal MV. selalu dalam box. gak ada hal baru, dan lagunya juga kadang membosankan.

    maaf sebelumnya untuk SM stand. aku bukan mau ngebash, tapi aku mengkritik SM.

    1. hehe.. oke besarnya hallyu wave jg g lepas dr tngan dikin SM sob…
      HOT, SHINHWA, SES, DBSK, SUJU, SOSHI…
      bbrpa band2 bsar yg ngebawa hallyu jd sperti ini…dn msh byk jga group2 lain yg jga penyebar hallyu misal BB, WG, 2NE1…
      gw g mau tutup mata dn telinga byknya dn mrknya agency2 skrng ini brkt hallyu wave yg bsar saat ini..ia ga? klo ga ad single nobody, sorry2, gee, gangnam style..
      bsa jd hallyu g ky skrng… brusha buka mata dn sling mnghrgai…
      SM prshaan yg ctak idol hebat dr jaman 1996… mnculnya HOT slh stu yg mmbawa ciri dnia kpop yg penuh dgn group BB ato GB..
      gtu aja si ching… klo mnurt gw,, jd alasan knpa SM sllu di kaitin ama hallyu wave pati ada alasannya.. bkn smata2 kasih nama gtu aja..

  51. kalau aku malah prihatin sama artis2 di bawah naungan SM.mereka semua berbakat dan selalu berkarya tapi gara-gara agensinya jadi ikut kebawa bawa.perasaan masalah ini bukannya udah kelar.makannya aku jarang dan hampir nggak pernah liat JYJ tampil di acara musik & variety show. kalau udah terbukti gini kan enak jadi JYJ bisa tampil di running man.wah rating running man makin meningkat kalau mereka jadi guest disana hehehe.jujur aku kurang suka SM tapi aku sangat suka artis-artis di dalamnya walaupun aku seorang VIP. peace 😀

  52. U.U Jawaban dari kasus ini akhirnya terjawab. Kekuasaan tidak selamanya dapat memberi anda kesenangan. Baik buruknya hidup tergantung dari apa yang anda perbuat saat ini. Jangan salah gunakan kekuasaan, karena semua itu hanya sementara. Hati-hati nanti karma lohhh #upsss

    Saya selalu menunggu Running Man episode JYJ, semoga beberapa bulan lagi sudah ada jawabannya.

    HaHa Hyungnim, tolong lakukan kekonyolan bersama Yoochun, karena saya ingin melihat kekonyolannya saat dia benar-benar live, bukan akting #lirik Rooftop Prince.

    salam VIP 🙂

  53. Silakan menjudge SM buat kasusnya sama JYJ, tapi ga usah nyrempetin artis SM lain, mereka udah terlalu kuat bisa bertahan di SM. Trus buat yg bilang bungsu ga pantes jadi best rookie, emang iya mereka didebutin dari agensi ternama jadi lebih gampang dikenal, aneh cuma satu lagu minialbum aja tapi bisa jadi best rookie? ini karena albumnya laris sampe sekarang pun masih nangkring di chart, wong satu lagu aja bisa laris gimana yg full album, satu lagi ini nunjukin kekuatan fans yg loyal trus ‘jadi artis SM menang chart karena diloby’ haha LMAO udah ah yg penting urusan JYJ-SM udah clear. JYJ bisa bebas berkarir, SM kena hukuman dan semoga jera. Buat SM hater silakan benci sebenci bencinya asal dalam batas kewajaran, tapi satu ya kalo mau ngebenci agensinya ga usah ngejudge artisnya, oke 🙂

    1. SETUJU… setiap ada artikel JYJ vs SM pasti artis2 SM juga kena efeknya.. Ga ngerti sumpah gw.. Orang yg dibahas kasus SM vs JYJ, eh malah komen nyamber ke MV yg ngebosenin lah, Lagunya yg POOR QUALITY lah, trus SUKSES karena pengaruh SM lah..

      Kesannya kayak artis2 SM itu ga pernah lewatin masa audisi, training, seleksi, dan debut gitu..

  54. Ini nih.. congrats JYJ!
    Btw, Kalo dr segi kualitas nyanyi dan lagu, vixx sama BAP lebih cocok ditelinga ketimbang grup rookie SM. Tp kenapa fansnya lebih bnyk? Pakai opini sama main data udh cukup nambah fans dll. Cuktaw daah…
    Gw gak benci grup idolnya SM sih, secara individu punya bakat masing2.. cuma yg gak gw suka banyaknya SMstand yg berlebihan/lebay karena ikut-ikutan ( sekalipun bnyk juga yg dewasa dan paham)

    Apa cuma di Indonesia aja yg gampang bgt ikut-ikutan? I don’t know -_- dgn ini semoga smstand bisa faham, gk cuma politik aja yg ada mafianya, industi musik pun juga punya. Nikmati musik yg memang berkualitas.

  55. gue sebenernya kurang terima SM di jelek2in -_- secara, mereka juga berpengaruh banget dalam membawa kpop ke indonesia. tapi kenyataan ya kenyataan, gue juga kengen liat JYJ di tv 😀 semoga SM instropeksi deh, nggak ngulang kesalahan yang sama

  56. gw kira sjk palu hakim kmren dn gugatan sndiri di mnangin ama JYJ mrka udh bsa tmpl skrng,, mknnya gw blng kok udh mnang tp mrka g muncul2….
    oke disini ampir smua ngmong yg g enk tnntg SM..
    gw bela SM.. bkn di posisi soo man ato KYM…
    tp gw dkung SM krna msh ada idol2 lain disana,, trmask HOMIN…. knpa?? mski JYJ dpet tknan dr mna2 tp hidup mrka skrng udh lyak.. amat sangt layak dn gw seneng klo ngeliat kondisi mrka yg sperti itu.. jauh dgn kondisi HOMIN yg msh d SM skrng..
    knpa gw dkung SM? krna spa lain yg mo dkung mrka *artis2 SM* slain kita fansnya.. seengaknya dkungan kita buat SM diperuntukn buat idolnya bkn buat petingginya yg pnya berbagai macam kepentingan lain di blkngnya…

    gw dkung idol2 gw yg msh brthan di SM,, ngasih smngat dn kyakinan spya mrka ttp kuat brtahan dgn sgla tekanan di sna ato pun di luat SM…

  57. Ternyata SM aka Kim Young Min jahat banget ye n gak beda jauh sama CCM aka Kim Kwang Soo. Bomat lah, yang penting lagu-lagu bikinannya enak-enak n artisnya keren-keren. SM bobrok? Who cares? Yang penting artisnya bagus n keren. 😀

  58. udah gini aja pada bilang “aku ga suka sama manajemennya kok cuma sama artisnya aja” PREEEEEETTT… munafik semua.. gw sering liat kebanyakan komen para sm stand selalu memuja2 bagaimana SM menjadi agensi yang di segani di industri musik, dan salah satu faktor utama pembuat idol mereka langsung melambung comebacknya.. makan tuh sampah SM.. gw cuma berharap cepet kelarin tu kontrak ente yunho dan magnae changmin.. biar hidup kalian bisa lebih baik lagi, sukur2 bisa balik sama JYJ… kalau sakit bisa dikiloin dan dijual gw mungkin udah jadi milioner sekarang!!! F*ck SM & SMstand!!

    1. Sorry nih, SM disegani karena industri musiknya lah wong yg ngenalin musik itu artis SM ke telinga kita2. Wajar dong kalo industri musik SM bagus berarti artis SM yg terjun ke dunia musik juga bagus. Gimana sih, butthurt sih boleh aja luapkan sana asal ga usah ngejudge idol SM yg lain. Kalo kesel bisa jadi palu, mungkin gue udah bisa getok kepala lo

      1. lo salah satu dari mereka bukan??? kalo bukan ga usah protes.. gw ga memungkiri fakta memang masuk dan sebut sebagai idol SM memang akan otomatis popularitas ga usah diraguin lagi.. dan bagian mana dari komen gw yg ngejudge idol lain?? yg gw ga suka bagaimana cara smstand macam temen2 lo yg lain sok hebat dg adanya idola mereka di SM.. so please idol gw jg anak SM ngapain gw ngebash hobae idol gw.. BACA BAIK2 KOMEN GW!! pala lo tu yg gw getok!

    2. erte …kalau esem lagi dikabarin baik wuih pada songong somplaknya setengah mampus. giliran ketahuan bobroknya esem mrk pada mangkir sok gak mengakui.. kacian esem.
      kalau kata guru sih mereka itu termasuk golongan orang2 munafikun.hihi

  59. just wanna say
    “awuuu…. Ah saranghaeyeo”

    SME -jjang deh, pengaruhnya amazing bgt.
    Mo bilang si bungsu tenar nya krn Sm maen “ini itu”. I don’t care. Yg jlas kalo gk berkualitas gk mungkin bnyk yg suka.

  60. …dan sebagai hasilnya, JYJ mengalami pembatalan dalam program musik dan program variety, ”perubahan dalam peringkat musik”, dan juga pembatalan dokumenter dan pemutaran teater.
    Perubahan dalam peringkat musik?!
    PERUBAHAN DALAM PERINGKAT MUSIK?!
    *kepala meledak*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *