Selebriti dan Agensi dengan Pendapatan Tertinggi di Tahun 2012 Menurut Korea Times

koreatimes_news

Cukup mengatakan, 2012 adalah tahunnya Psy.

Penyanyi dan penulis lagu berusia 36 tahun tersebut, yang mengguncang dunia dengan “Gangnam Style” dan menjadi terkenal di seluruh dunia, adalah selebriti Korea dengan bayaran tertinggi tahun lalu, menghasilkan lebih dari $40 juta dalam penjualan melalui konser, iklan TV dan aktivitas-aktivitas menguntungkan lainnya.

Ia memperkirakan penghasilan pribadinya adalah $28 juta dengan 7:3 pembagian keuntungan kontrak dengan YG Entertainment.

Boyband beranggotakan 5 orang Big Bang menduduki posisi kedua, disusul oleh figure skater Kim Yuna. Selanjutnya adalah SNSD dan pesenam berirama Son Yeon Jae, yang mengumpulkan kekayaan dengan tampil di berbagai iklan TV.

Selebriti dengan pemasukan tertinggi posisi ke-6 adalah perenang peraih medali emas Park Tae Hwan. Di belakangnya ada boyband beranggotakan 6 member 2PM, aktris Kim Tae Hee dan penyanyi dan aktor Lee Seung Gi.

Daftar tersebut disusun berdasarkan laporan berita, termasuk dari Forbes Korea, dan berbagai laporan penghasilan dari perusahaan sekuritas. Jumlah penghasilan pasti dari tiap selebriti yang ada di daftar tidak tersedia.

Psy diperkirakan akan menjadi selebriti Korea dengan bayaran tertinggi juga tahun ini mengingat bahwa ia menghasilkan 10 milyar won dalam hal penjualan selama perempat tahun pertama. Kontributor terbesar adalah iklan yang tayang selama waktu tersebut, yaitu pertandingan Super Bowl di Amerika Serikat pada bulan Februari, dimana ia dibayar sekitar 5 milyar won untuk membintangi iklan tersebut. Pemasukan Psy untuk sisa tahun diperkirakan berasal dari lagu barunya, “Gentleman,” yang akan ditampilkan di konser Soul pada tanggal 13 April mendatang.

Big Bang meraup 78 milyar won dalam penjualan tahun lalu, sebagian besar berasal dari konser tur dunia, menurut laporan dari LIG Investment and Securities. Boyband tersebut menghasilkan 6,7 juta won dengan hanya dua konser di Taiwan bulan Oktober lalu, kata laporan, menggambarkan populartias besar boyband tersebut di negara-negara Asia.

Tak diketahui bagaimana keuntungan dibagi antara member individu dan agensi mereka, YG Entertainment. Leader Big Bang G-Dragon mengaku saat wawancara dengan mengatakan “Penghasilanku sangat baik.

Di posisi ketiga, Kim Yuna, dilaporkan menghasilkan 25,1 milyar won dalam penjualan dengan tampil di sebanyak 34 iklan TV, menurut perusahaan Innocean Worldwide. Perusahaan yang diiklankan Kim Yuna termasuk Samsung Electronics dan Hyundai Motors.

Atlet berusia 22 tahun tersebut popularitasnya kembali memuncak setelah memenangkan World Figure Skating Championships di Kanada bulan lalu. Ia akan pensiun setelah Sochi Winter Olympics di Rusia tahun depan.

Girlband beranggotakan 9 orang SNSD menghasilkan lebih dari 60 milyar won dalam penjualan dengan YoonA yang diketahui sebagai member dengan bayaran tertinggi. Mayoritas keuntungan dibuat di Jepang dimana album mereka dan juga MV cukup sukses.

Sementara pesenam berirama Son Yon Jae dilaporkan menghasilkan 16,2 milyar won, perenang Park Tae Hwan menghasilkan 14,7 milyar won. Kontributor terbesar dari keuntungan mereka berasal dari iklan TV yang mereka bintangi.

koreatimes_news_2Agensi dengan keuntungan tertinggi: SM Entertainment.

SM Entertainment, yang dikepalai oleh penyanyi berubah jadi pebisnis Lee Soo Man, adalah agensi dengan keuntungan tertinggi dengan 241,3 milyar won dalam penjualan tahun lalu, meningkat 69% dari 143 milyar won tahun 2011. Laba usaha adalah sebesar 60,5 milyar won, hampir dua kalinya dari tahun sebelumnya. SM menaungi grup-grup seperti SNSD, TVXQ, Super Junior, BoA, SHINee dan banyak lagi.

Di posisi kedua ada YG Entertainment, milik penyanyi berubah jadi pebisnis Yang Hyun Suk. Agensi tersebut yang menaungi Psy, Big Bang dan 2NE1 (dan lainnya) menghasilkan 99,7 milyar won dalam penjualan tahun lalu, meningkat dari 62,5 milyar won di tahun sebelumnya.

Selanjutnya adalah JYP Entertainment, milik penyanyi dan penulis lagu Park Jin Young, dimana menghasilkan sekitar 40 milyar won dalam penjualan tahun lalu. Dua agensi selanjutnya adalah Cube Entertainment dan FNC Entertainment.

Cube menaungi grup-grup seperti BEAST dan 4minute, sementara FNC menaungi CNBLUE dan F.T. Island.

Kita akan melihat lebih banyak agensi yang meraih 100 milyar penjualan karena popularitas dari musik dan selebriti Korea terus meningkat secara mendunia,” kata Kang Tae Kyu, seorang analis industri musik.

source: Korea Times
Indotrans by geevy@koreanindo.net
PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS!!

Advertisements

100 thoughts on “Selebriti dan Agensi dengan Pendapatan Tertinggi di Tahun 2012 Menurut Korea Times”

  1. Wooow~ 2PM di ke 6 seneng~~~ dan bntar lagi mereka juga kombek, JYP Family juga banyak yang kombek, semoga berhasil semua dan tahun ini jadi tahunnya JYPFamily 😉 Kkkk~~~

    Selamat juga buat semuanya dan pertanyaan saya, uanganya itu banyak bangeeettt, bagi bagi kek /plak/

  2. kyknya jumlah penghasilan di pict nya ada yg salah ketik, yg peringkat 1 malah lbh kecil, lalu SNSD bs sampe 600miliar won (jumlahnya ga realistis)..

    kyaaaa, bigbang makin kaya aja.. udah bs jd modal kawin tuh mang 😀

  3. d korea atlitnya makmur ya? mg2 di indo juga gitu ntar, amin
    miris liat atlit kita masa tuanya ada yg jd tukang ojek… smpai atlit luar yg mrumput dimari jg
    mninggal krna g punya duit buat byr RS krna gaji g d bayar,,,

  4. gak ngerti gimana bikin peringkatnya. psy #1 40 billion won, big bang #2 78 billion won, snsd #3 600 billion won. kalo di itung per orang pun, ttp gak sesuai jumlah penghasilan sama peringkatnya. snsd 600 billion won itu nyaris 6T rupiah loh. daebak…
    yang jelas kalian yg udah di peringkat di atas harus banyak bersyukur, banyak sedekah, dan banyak2 nyenengin hati fans, eh (?), iy adong, karena bagian dari penghasilan itu pasti kebanyakan berasal dari pecahan celengan ayam para fans. terutama buat mamang yg bilang “penghasilanku sangat baik”, colek kwon ji, sangat baik apa sangat banyak mas? semoga besok gak syok liat harga tiket konsermu

    1. Mau bantu jawab..hehehe
      Bang jidi bilang penghasilan dy sangat baik itu ketika dia ditanya media soal nominal penghasilan, kan ga etis yah dia bilang angka dan agak gimana gitu kalo dy juga bilang banyak..mengarah kesan sombong en kalo sombong ntar you knowlah..netizen antis sana lebay ngebash rame-rame. Intinya dia bilang gitu untuk negasin aja, kalo dia nyaman dan merasa puas dengan pendapatan dia di YG (show bb, sub unit, , solo dan royalti bikin lagu)

      Kalo masalah dia suka nyumbang apa ngga wah jangan ditanya…gw selaku fans yang suka stalking web, blog, twitter dll yang berkaitan dengan YG dan G dragon sering banget baca soal charity yang dilakukan GD dan idol YG lain..intinya dia cukup tahu diri sebagai Idol kaya raya..LoL

      terus kalo masalah tarif tiket yang mencekik…perasaanku harga tiket konser kurang lebih sama yah, dengan tarif show idol lain. Yah tergantung kitanya sih, yang syok liat tarif tiket jangan nonton..yang mampu silahkan…#justmyopinion

  5. suamikuh makin makmur aje nih.asseekk….
    chukae ya abang abangq sayang .
    Om psy sudah tk diragukan lagi deh..
    michiGo michiGO…
    feel Guud~ aye

    1. iya Congrats PSY and BIGBANG 🙂
      tapi SNSD juga makmur lohh, udh bisa beli mobil mewah, rumah mewah dan properti lainnya jg kok 😉
      Smua artis agensi big 3 kalo kata aku udah pada makmur.. hehe tergantung artisnya juga melihat kemakmuran itu gmna 😉

    2. adakah kalimat saya yg mengatakan no.1 tidak makmur?
      adakah kalimat saya yg mengatakan snsd tidak makmur?
      saya hanya berkomentar untuk idola saya.
      kalau ternyata pujian saya buat idola saya sangat mengganggu anda,saya cuma bisa bilang maaf.
      anda mau memuji2 idola anda sendiri toh saya jg tidak masalah.
      sekali lagi saya minta maaf yg sebesar besarnya.

      1. peace ah chinggu 😀 cuma di kata2 anda ada kata “tapi”. Jdi ada asumsi yg lain blm tentu makmur :p maaf jg kalo kata-kata saya menyinggung anda, hehe dan satu lagi anda bilang “meskipun YG no 2” hehe jdi keliatan kalo yg no 1 itu gmna gitu 😀 jdi makmur itu gabisa dilihat dari banyaknya uang yg didapat aja, tpi kebahagiaan batin jg bisa disebut makmur :p
        saya juga minta maaf yaa 🙂

    3. @fino .mianhae ya gan.aku ngerti kok maksudmu.jadi kalau ada yg bawa2 soshi jangan dimasukkan dalam hati.
      seperti komenq .meskipun soshi gak debut korea tp bisa peringkat 4.bukan berarti aq nyinggug yg debut korea.peace ya .. 😉

Comments are closed.