DI tahun 2005, ido grup LPG (Long Pretty Girls) debut, banyak orang terkejut dan terpana karena tinggi badan mereka. Mantan member mereka, Han Young, memiliki tinggi 180cm, membuat tinggi rata-rata girl grup menjadi 175cm, sedangkan ting rata-rata wanita saat itu adalah 160cm. 6 tahun telah berlalu dan seperti tinggi rata-rata girp grup Korea telah meningkat.
Di tahun 1990, tinggi rata-rata girp grup terkenal, S.E.S adalah 161cm dan Fin.K.L adalah 166cm. Tinggi rata-rata girl grup yang debut di tahun 2007 adalah 163cm (Wonder Girls), 164cm (SNSD), dan 161cm (KARA), memecahkan rata-rata 160cm.
Namun, girl grup baru Nine Muses, LPG 2, April Kiss, After School, Dal Shabet, dan Rania berhasil mendapat tinggi rata-rata di atas 170cm dengan tinggi rata-rata mareka 172cm, 170cm, 173cm, 168cm, 169cm, dan 170cm, secara berturut-turut.
Beberapa dari mereka masih di usia belasan tahun dan ada kemungkinan bagi mereka untuk bertumbuh beberapa centimeter lagi. Dan juga, saat tampil dengan heels yang tinggi, tinggi mereka meningkat rata-rata hingga 180cm, membuat pria iri dengan tinggi mereka.

Seorang perwakilan dari salah satu agensi girl grup berkata, “Tinggi rata-rata telah meningkat karena berbagai perubahan dalam diet mereka. Tentu saja, faktor terpenting untuk menjadi seorang calon member girl grup adalah memiliki keahlian vokal yang baik. Tapi, karena visual menjadi semakin dan semakin penting, kami cenderung memilih gadis yang tinggi.”
Namun, peningkatan tinggi rata-rata girl grup juga berdampak pada beberapa kesulitan. Salah satunya adalah koreografi gril grup. Salah satu koreografer mengatakan, “Sangat sulit untuk menampilkan gerakan yang powerful, gerakan yang keluar sedikit lemah. Karena itulah mengapa kebanyakan tarian terbatas pada berjalan seksi dan pose.”
Kesulitan yang kedua adalah konsep girl grup. Apakan grup tersebut cocok dengan konsep seksi atau konsep yang cute? Sementara KARA dan SNSD memakai kedua konsep itu, hal ini masih sedikit sulit untuk dicocokkan dalam keduanya. Salah satu perwakilan girl grup mengatakan, “Ada girl grup tinggi yang menggunakan konsep cute, tapi, hal itu sangat terbatas. Satu-satunya solusi adalah menjadi kreatif dan menyusuaikan dan menciptakan kosep baru dan lama.”

Height Conversion Chart


Cre: soompi
-she for koreanindo
TAKE OUT WITH FULL CREDIT