Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memilih Wisata Kuliner Halal Di Korea

by

Pastinya, tidak akan ada yang menolak jika diajak berwisata ke sebuah negri yang elok seperti Korea ini. Sayangnya, kebanyakan traveler muslim memiliki beragam ketakutan dan keraguan untuk berkunjung ke negara-negara yang minoritas islam, bukan?

Tapi, hal ini bukan lagi permasalahan serius yang bisa menghalangi langkah para traveler untuk menikmati surga wisatawan tersebut.

Pasalnya, ada kebijakan yang membuat negara ini menjadi lebih ramah untuk traveler Muslim sekarang ini. Di Korea, kita tidak lagi sulit untuk menemukan tempat beribadah dan juga menemukan restoran yang menyajikan beragam makanan halal.

Namun, bagi kamu yang masih ragu dan masih tergolong baru ke Korea, berikut tips untuk mencari restoran dan makanan halal di sana:

Pastikan Label Masakan Halal

Ada banyak label masakan di restoran Korea yang bisa dijadikan acuan saat berkuliner ria bagi para traveler muslim. Berikut beberapa diantaranya:

·        Halal Certified

Jika menemukan restoran yang memiliki sertifikat ini, maka ini sudah dijamin halal oleh KMF. Apa sih KMF itu? Ini adalah singkatan untuk MUI-nya Korea loh. Jadi, kamu lebih aman dan tidak lagi was-was bukan?

·        Self Certified

Nah, kalai yang memiliki label ini maka dinyatakan halal oleh sang pemilik dari restoran atau rumah makan tersebut. pada umumnya, jika menemukan tempat makan yang memiliki sertifikat ini, maka yang bekerja di dapur kebanyakan koki muslim.

·        Muslim Friendly

Ada lagi nih label makanan yang bisa kita jumpai saat berburu kuliner halal di Korea. Walaupun tidak semua jajanan yang disajikan disana dijamin halal, namun yang dilabelkan ini pasti halal kok. Dan jangan khawatir, mereka juga pastinya memasak dan menyediakan peralatan makan khusus untuk makanan halal tersebut.

·        Pork Free

Nah, sudah jelas sekali kalau menjumpai restoran yang satu ini, berarti kamu tidak akan menemukan makanan apapun yang terbuat dari daging babi. Namun, tentu saja daging yang lain masih dijual di sana, tanyakan langsung pada penjual untuk memastikan jenis makanan yang jendak dimakan di restoran dengan label ini, ya.

Makanan Vegetarian

Untuk bisa lebih memastikan makanan yang boleh atau tidak dimakan selama berkunjung ke Korea, maka lebih baik memakan makanan ala vegetarian. Pastinya tidak akan ada unsur alkohol maupun daging-daging non halal di dalam jenis masakan vegetarian tersebut. karena bahan masakan yang digunakan untuk makanan vegetarian sudah pasti tidak akan ada yang berhubungan dengan yang namanya daging.

Restoran Seafood

Jangan khawatir, kamu masih bisa menyantap makanan lezat selama di Korea tanpa takut memakan makanan non halal, kok. Cari saja jenis restoran yang hanya menyediakan makanan seafood. Ini bisa menjadi salah satu pilihan jika tidak menyukai makanan vegetarian.

Tapi, tetap tanyakan kepada sang penjual bagaimana dan proses masak dari makanan seafood tersebut. karena, walaupun bahan yang ada sudah tentu halal, terkadang ada yang dimasak menggunakan bumbu-bumbu non hala. Misalnya saja menggunakan alkohol sebagai penyedap rasa.

Menu Non Daging

Nah, hal lainnya yang bisa dijadikan acuan saat berkuliner ria di Korea adalah dengan memesan makanan non daging jika memasuki restoran cepat saji. Bisa sajakan kamu menikmati beragam makanan cepat saji yang berbahan utama udang maupun ikan.

Demikianlah tips yang bisa kamu gunakan untuk tetap berkuliner ria selama di Korea tanpa takut memakan makanan yang non halal. Mudah, bukan?

 

source image : Iseodang

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published.