5 Film Terbaik Karya Bong Joon Ho Selain ‘Parasite’ yang Wajib Tonton

by

Film Korea sensasional peraih Oscar, ‘Parasite’ masih menjadi pembicaraan di kancah internasional.

Tapi bagi penggemar sejati film Korea, nama Bong Joon Ho sebenarnya sudah tidak asing lagi. Karya-karya gemilangnya senantiasa menarik perhatian banyak orang dan membawa sutradara berusia 50 tahun meraih sederet penghargaan. Bong Joon Ho memang kerap mengangkat isu sosial yang sangat dekat dengan kehidupan sebagian besar orang. Nah, ada 5 film Bong Joon Ho selain ‘Parasite’ yang sangat direkomendasikan untuk ditonton!

  1. Mother (2009)

Film ini mengambil genre thriller dan mengisahkan seorang ibu yang berusaha melindungi anaknya yang memiliki keterbelakangan mental. Sang anak yang bernama Do Joon diperankan oleh aktor Won Bin, dituduh melakukan pembunuhan terhadap seorang gadis. Sang Ibu yang tidak percaya tentu berjuang mati-matian untuk membuktikan bahwa anaknya tidak bersalah. Lewat film ini, Asian Film Award 2010 menganugerahi tiga kategori penghargaan berbeda, yakni “Best Film”,”Best Screenplay”, dan “Best Director”. Bahkan, ‘Mother’ juga berhasil membawa pulang penghargaan “Best Screenplay” dari Dubai International Film Festival.

  1. Memories of Murder (2003)

Film ini termasuk menjadi karya yang membawa nama Bong Joon Ho semakin populer dan dikenal banyak orang. Film ini diadaptasi dari kisah nyata kasus pembunuhan berantai pertama Korea Selatan yang terjadi pada 1986 – 1991 di Hwaseong, Korea Selatan. Rentetan kasus ini selalu menjadikan menelan korban perempuan dengan kisaran usia 14 – 71 tahun yang ditemukan dalam keadaan dibungkam dan dibunuh. Film ini sukses membawa sang sutradara meraih penghargaan sebagai “Best Director” dari berbagai ajang, beberapa di antaranya yakni Director’s Cut Awards 2003, Grand Bell Awards 2003, dan Korean Film Awards 2003.

  1. Okja (2017)

Sebelum Parasite, sebenarnya ada Okja yang sudah sempat terlebih dulu debut di Festival Film Cannes 2017. Okja merupakan film bergenre fantasi yang didistribusi melalui Netflix. Di dalam film ini dikisahkan hubungan antara seorang gadis petani bernama Mija (Ahn Seo-hyun) dan babi yang dipeliharanya, Okja. Sebenarnya Okja merupakan seekor babi super yang diciptakan melalui pembiakan khusus oleh perusahaan bernama Miranda Corporation. Akhirnya masalah pun muncul ketika Miranda Corporation berusaha mengambil kembali Okja dari Mija.

  1. The Host (2006)

The Host bercerita tentang perjuangan sebuah keluarga melawan monster mutan yang menculik sang anak kecil di keluarga tersebut. Pihak pemerintah mengumumkan kalau sang anak sudah mati, sedangkan sang ayah (diperankan oleh Song Kang-ho) tidak percaya dan lebih memilih berjuang membebaskan sang anak bersama keluarganya. Film perjuangan melawan monster ini dikemas dengan cara unik dan tidak biasa. Maka tidak heran, film ini berhasil meraih kategori “Best Film” dari beberapa ajang penghargaan bergengsi Asian Film Awards 2007, Baeksang Arts Awards 2007, dan Korean Film Awards 2006. Bahkan, Korean Film Awards juga menganugerahi Bong Joon Ho dengan penghargaan “Best Director”.

  1. Snowpiercer (2013)

Film bergenre kombinasi fiksi ilmiah dan aksi ini diadaptasi dari sebuah novel grafis Perancis berjudul Le Transperceneige. Snowpiercer merupakan film pertama Bong Joon Ho yang dibuat dengan bahasa Inggris. Film hasil produksi Korea Selatan dengan Ceko ini pun dibintangi oleh nama-nama besar Hollywood, yakni Chris Evans, Tilda Swinton, dan Jamie Bell. Snowpiercer menceritakan tentang strata sosial yang ada dalam sebuah kereta bernama Snowpiercer. Kereta tersebut digambarkan sebagai satu-satunya tempat yang bisa ditinggali di Bumi, setelah manusia gagal memerangi global warming pada 2014. Sama seperti karyanya sebelumnya, film yang satu ini juga sukses mengantarkan Bong Joon Ho meraih penghargaan “Best Director” dalam ajang Asia-Pacific Film Festival 2013.

Yuk, tonton beberapa karya sang sutradara yang dijamin seru ini! Judul mana yang paling kamu suka?

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published.