Sistem Pembayaran Idol dari SM, YG, dan JYP Ent. Terungkap

by

SMYGJYPSuatu sistem baru yang diberlakukan di agensi hiburan saat ini akan memungkinkan para artis untuk mendapatkan penghasilan segera setelah mereka debut.
Sudah menjadi hal umum di agensi hiburan untuk mengembalikan investasi terlebih dahulu yang digunakan untuk mempersiapkan debut. Situasi ini lumrah untuk artis-artis yang belum lama debut, seperti EXID yang baru menerima gaji cukup lama meski mereka telah sukses.
Pertama mereka mencapai apa yang dinamakan BEP (Break Even Point), seperti biaya latihan, rekaman, produksi album dan pemasaran. Contohnya, jika semua proses tersebut memakan biaya 1 juta dolar, maka sang idol harus mengembalikan 1 juta dolar tersebut sebelum akhirnya mendapatkan penghasilan.
Namun, SM Entertainment membiayai biaya produksi untuk artis mereka, sementara JYP Entertainment membiayai biaya produksi album artis mereka. YG Entertainment menganggap biaya pelatihan sebagai investasi dan tidak mengharapkan biaya tersebut dikembalikan oleh sang artis.
Dimulai oleh JYP Entertainment, artis-artis dari โ€œAgensi 3 Besarโ€ akan bisa mendapatkan penghasilan segera setelah mereka debut, bahkan jika mereka tidak mencapai ‘Break Even Point’.
source: Koreaboo

Loading…

86 thoughts on “Sistem Pembayaran Idol dari SM, YG, dan JYP Ent. Terungkap

  1. itu YG daebak lach… keluarga banget tuch,.. orang tua membesarkan kita tanpa mengharapkan balasan… kalo udah dewasa kita kalo cocok trus kerja di situ kalo gak cocok di carikan tempat yang cocok ..
    mantap.. keren gak nyesel jadi YGFAMILY…

    1. sebetulnya gw sih kurang perduli sm Agency nya ,, toh gw hanya suka Artis” nya aja , YG ( 2NE1, Big Bang, iKON ) * SM ( Exo, Shinee) * JYP ( 2PM ) ,, suka sm Artis nya , Gak harus suka sm Agency nya Juga kalee,, Bagi gw sih yah,, gak tahu buat yg lain,, gak mau di anggap Alay & Lebay sih , ngebela”in bgt Agency nya bgt,, Gak di gaji juga kan qta , sm mrk ( para agency nya ) ,, Think smart aja..

      1. butthurt bgt coy, kan mereka cuma ngebilangin cara mereka memperlakukan artisnya, buakan bias ke satu perusahaan.. kalo menurut gue sii, emang perusahaan lain patut nyontoh YG, krna cara fair nya.. tapi klo perusahaan lain ga nganggep itu fair dan ga nguntungin perusahaan yah suka2 perusahaannya..
        piss coy..

      2. Ngefans agensi dibilang alay??
        Wkwkkw baru denger ama pemikiran dangkal ini…
        Dirimu boleh beropini, tp kagak pake ngehina stan lain juga kaliii -_-
        Hak org mau ngefans sm siapa,mau agensi,stylist, ato fitness instruktur kaya Hwangssabu-nim nya YG XD
        Gue sendiri seneng ama YG-Pledis-CJ, ada alasan kenapa ngefans sm mereka. Slh satunya YG yg membayar layak idol kita.
        Ngerti gak arahnya kemana, klo YG bayar layak, idol kita betah. Maka mrk makin giat berkreasi. Kembali kita deh yang nikmatin hasilnya.

    1. Itu resiko mereka yg mau jadi artia SM. Mereka udah taken kontrak, ya mereka harus mengikuti prosedur di SM. Masa’ mau jadi artisnya doang tapi ga mau nanggung resiko. Setiap pekerjaan pasti ada resikonya lah.

  2. Ohhhhh JYP..
    Appa super cool super keren juga super baikk..
    Kerennn bangettt JYP ini..
    Kekeluargaan udah gag perlu ditanya lagii
    Semoga makin sukses tahun ini yahh untuk semua idol dan aktor aktris JYP
    Makin cintahh deh sama JYP
    #ProudtobeJYPNationcitizen

  3. pantes artis” YG and JYP makmur, gak pernah ada masalah tntang kontrak ato pmbagian penghasilan, ya kalo pun artisnya keluar bukan gara” penghasilan.. Entertaiment yg patut d contoh tu YG and JYP..
    masa biaya latihan aja mesti dibalikin? hahahaha.. but sukses selalu buat 3 big agency in Seoul

  4. “YG Entertainment menganggap biaya pelatihan sebagai investasi dan tidak mengharapkan biaya tersebut dikembalikan oleh sang artis”
    Gue ngerasa YG nih kl kerja di all out in dulu baru mikir duit. Kayanya duit belakangan deh, mungkin mikirnya hasil tidak akan menipu kali ya..
    Kaya pembuatan mv super duper mahal meskipun viewers kadang kalah sm agensi sebelah.. ga heran lah anak YG hobby bgt nyebut2 Yang hyunsuk dimanapun kapanpun meskipun di kadang ceritanya malu2in

  5. heheww,,,bisa dilihat kan,,
    makanya SM sibukk banget dengan hukum,,emang manajemennya sendiri yg kebijakannya nggak kekeluargaan, terlalu mementingkan laba,,,sayang sx
    btw salut bwt jyp n yg,,daebbaaakkkk!!!!

      1. Harusnya SM ngambil trainee dari Indonesia, deh. Terutama follower Koreanindo yang nye-stan SM. Dijamin loyal, dan udah ngerasa beruntung digaji (bahkan mungkin gak digaji juga gak papa asal sering ketemu idola), hahaha…senangnya ๐Ÿ˜€

    1. Ya kan SM emang perusahaan ya cari laba sebanyak2nya lah. Mana ada perusahaan yg mau rugi?
      Saya ga bilang YG sama JYP bkn perusahaan lo ya, cuman dalam hal sistem managemen setiap perusahaan kan emg beda2.
      Dan artis yg udah taken kontrak sama perusahaan itu ya harus mau nanggung resiko dong. Masa’ cuma mau dijadiin artis doang, tapi ga mau nanggung resiko.nya. setiap pekerjaan pasti ada resikonya lah.

  6. Waaaahhhh ini nih salah satu dari SEMUA KEREN NYA YG, hehehehe, pantesan idol idol nya cepet kaya n kagak ada yang lawsuit,
    ya walaupun kekurangan YG tuh suka ngetroll, dan artisnya musti nunggu nunggu lama buat come back
    YG stan always

  7. dr 3 agensi bnyk banget berita nyebabin fanwar mngkin karena artisnya pada comeback semua …pliss yg ini ndak osah war wer wor yah semua kekeluargaan koq… *peace love & gaul!!!!

    1. Mksudnya? Aku rada gak ngrti.
      SM ngebiayain produksi artis mrka, dan agensi big 3 udh ngegaji artis mrka dr awal debut mski blm BEP. Bkannya itu mnding, klau dbanding agensi lainnya yg hrus balikin modal dulu?

      1. Maaf kalo aku kurang sependapat dengan pernyataanmu “agensi big 3 UDH ngegaji artis mrka dr awal debut mski blm BEP.”, karena di artikel aslinya dikatakan “However, SM Entertainment takes the burden of production fees for their artists while JYP Entertainment takes care of album production fees. YG Entertainment thinks of training fees as an investment and does not expect to earn it back from the artists.” Ini bentuk present tense alias kebiasaan yang selama ini berlaku di SME, JYP dan YGE.
        Lantas di paragraf berikutnya dikatakan “Initiated by JYP Entertainment, artists from the โ€œBig Threeโ€ WILL make an income as soon as they debut.”, artinya artis dari big 3 BARU MAU AKAN mendapatkan penghasilan segera setelah mereka debut.
        Nah, kalo sudah begini, berarti SME kan selama ini BELUM menggaji artis-artisnya sebelum mereka mencapai BEP.

    2. Mereka yg kabur ya berarti emg mentalnya ga kuat, kurang diasah dari awal. Masih untung kan dapet gaji? Lha masih banyak grup idol yg ga dapet gaji bahkan setelah sekian debut.
      Lagian mereka udah taken kontrak, berarti harus mau nanggung resikonya dong.

  8. membiayai biaya produksi untuk artis mereka.. gakpapa om sooman om youngmin kalo baru itu. pelan2 ya om. semoga kedepannya ga ada lagi lawsuit lawsuit diantara kita/apasih/ wkssss.

  9. Kalo menurut gue lee soo man itu sebelum jadi pebisnis emang seorang penyanyi. Namun lee soo man beralih ke bisnis. Jadi kalo artis SM yg masih baru otomatis mereka harus balik modal ke SM ini itu. Kan leeteuk pernah bilang di berita sebelumnya kalo mo yg enak harus at list 3 tahun debut. Makanya SM sistemnya yg baru debut harus balik modal. Kalo YG JYP mah karena yang hyun suk ama park jin young emang dasarnya pemusik. Terus sistemnya juga kekeluargaan. Mereka mah gg mikirin duit. Yg penting artisnya kerja loyalitas. Bagi YG JYP rejeki juga pasti bakalan dateng terus.

  10. mungkin ini salah satu alasan mengapa Appa YG artisnya gak terlalu banyak dan suka troll karena mau ngasih hasil produksi yang maksimal dan anti reject! *kayak pabrik aja kesannya hahaha…
    kalo buat yang lain, pastilah mereka punya standar dan pertimbangan masing-masing untuk bikin ketentuan2 itu *aslinya gue sotoy hihi..
    buat para fans masing2 agensi jangan terlalu BAPER, ini cuma informasi yang 99% fakta, alias berita biasa, bukan “penyulut fanwar”
    #PUASAHARUSEKSTRASABAR (^_^)v

  11. liat komen-komenya ternyata disini banyak yang bisa membaca tetapi tidak bisa mencerna atau memahami apa yang dibaca.
    ๐Ÿ˜€
    ^_^v

    1. Haha LOL “bisa membaca tapi tidak bisa mencerna apa yang dibaca” betul bgt..
      Sepertinya banyak yg gagal paham.
      Pdhl ini per paragraf sudah jelas, kesimpulan nya pun sudah terpampang nyata.

  12. knp jd pd mojokin SM ya? kalo saya gak salah baca sih ya d atas itu tertulis, agensi 3 besar ;SM YG JYP bakal langsung bayar artis nya langsung pas debut, walaupun mereka belum mencapai ‘modal’ pas waktu masih trainee… which is, kurang lebih aja kan sama JYP YG yg artis nya langsung d bayar pas debut… Kenapa jd malah berasa SM d komen2 pada bilang gak ngasih bayaran ke artis nya…
    Justru d sini, menyorot agensi2 lebih kecil dr big 3, yg artis nya harus nge hits + balil modal dl baru bisa d gaji sama agensi…

    1. pemikiranku hampir sama dgn mu chingu ^^
      ngapain jg pd mojokin gtu toh masing” agensi punya strategi sendiri” yg penting mah skrg artis” mereka pd sejahtera semua ^,~

    2. Fakta dari artikel: di paragraf terakhir tertulis “Dimulai oleh JYP Entertainment, artis-artis dari โ€œAgensi 3 Besarโ€ AKAN BISA mendapatkan penghasilan segera setelah mereka debut, bahkan jika mereka tidak mencapai โ€˜Break Even Pointโ€™.” Berarti selama ini artis dari agensi 3 besar BELUM mendapatkan penghasilan segera setelah mereka debut. Tapi sekarang JYP Entertainment sudah memulai untuk memberikan penghasilan (bayaran) ke artisnya segera setelah mereka debut. YG menganggap biaya pelatihan sebagai investasi sehingga artis-artisnya tidak perlu mengembalikannya.
      Yang masih jadi kurang jelas tentang praktek yang berlangsung selama ini:
      1. JYP membiayai produksi album sehingga biaya pelatihan dan pemasaran ditanggung artisnya?
      2. YG masih membebankan biaya produksi album dan pemasaran kepada artisnya?
      3. Yang paling gak jelas memang SM, biaya produksi mana yang ditanggung oleh SM dan mana yang ditanggung artisnya? Atau semuanya ditanggung oleh SM ataukah sebaliknya?

      1. Di artikel tidak dituliskan agen-agen kecil, tapi tertulis “SUDAH MENJADI HAL UMUM DI AGENSI HIBURAN untuk mengembalikan investasi terlebih dahulu yang digunakan untuk mempersiapkan debut. Situasi ini lumrah untuk artis-artis yang belum lama debut, seperti Exid…”
        Jadi itu mencakup agensi kecil maupun besar karena berlaku umum. Exid hanya salah satu contoh grup yang BARU DEBUT (kebetulan dari agensi kecil) yang cukup lama menunggu untuk mendapatkan penghasilan pertamanya. Gak menutup kemungkinan grup lain dari 3 agensi besar juga harus menunggu waktu untuk mendapatkan bayaran pertamanya sejak debut, tapi gak se-lama Exid karena kebetulan sukses dengan cepat.
        Yang jadi pertanyaan, apakah bayaran yang diterima itu juga sebesar kesuksesannya? Karena aku pernah baca di OH tentang laporan keuangan secara garis besar th 2015 dari ketiga agensi besar tsb, ternyata SM walaupun penghasilannya terbanyak tapi keuntungannya paling sedikit karena biaya pemasarannya jauh lebih besar daripada YG dan JYP, sementara YG dan JYP walaupun penghasilannya lebih kecil tapi keuntungannya lebih banyak, mungkin karena YG dan JYP lebih efisien atau ada sesuatu di laporan keuangan SM untuk alasan tertentu yang hanya diketahui oleh mereka.

  13. Low ada agensy big 3 pasti SM slalu di pojokin. Bnyak bgt yg benci SM. Kasiaan, kyaknya SM gak seburuk itu deh iah. Buktinya smua artis yg debut d SM pasti sukses. Mungkin d antara semuanya SM yg paling Disiplin dan KetaT.

  14. bingung ajah sih dalam artikel ya gak di omongin kalo SM tuh gimana”, perasaan di artikel SM sama ajh deh kaya JYP dan YG cuma bedanya di YG yg tidak minta kembali, padahal kan ada kata “namun” yg membuat agensi big 3 beda sama agency yg lain -____-

    1. ngeliat ikon yang pas latihan keringetan aja di bajunya kebaca merknya dan bayangin aja harganya
      dan pinkpunk yang keluar masuk yg dan di sns udah kaya artis beneran gayanya. branded gila
      daebak lah wkwk

  15. Kim young min lulusan bisnis..(otak dagangnya di dy)
    Klo lee sooman musisi,, dy smpet jd penyanyi tp krng brhsil,,seinget gw prnh nyiptain lgu jga…krna jd penyanyi dy g berhsil akhirnya nyambi jd MC,, prnh denger kan wktu GD ktmu soo man itu pas lsm jd mc,,
    mknnya ank2 SM panggil dy songssaenim ato guru bkn sajangnim ato bos…

  16. Buat gw big 3 g terlalu perlu diomongin, klo pun ada mslh dlm hal pengajihan,, orng lebih nyorot, orng akn lbh tau dn mainnya lngsung hukum ama pengadilan…
    Gw mlah lbh mikir ke peshaan2 kecil,, kmren knetz msh anget ngebhas group tahiti,, mrka udh jlan 4 thun tp msh blm dpet pngsilan,, ini bru stu,, diluar sma msh byk, rtusan group yg nelen pahit2 groupnya krng sukses, lagunya g msk chart dr prshaan kecil pula…bhkan yg lumayan terknal ky exid skrng aja bru dpet gaji full…
    Setau gw jg BTS blm dpt full gaji,, uang merka terima itu royalti dr lagu yg mrka buat..
    Bkn dr konser, dll

  17. kebiasaan mmng koq ya dbaca dlu artikelnya yookk phami btul2 …perasaan kalo ada artikel kyk gini dr kmaren pastiii pada salah tanggap heran jadih akunya….mkanya gue bilng semua kekeluargaan koq dan itu urusan perusahaan masing2 ..heran jg gue ma media ini ngeberitainnya ttg yg kyk gini truss…

  18. Banyak yg mojokin SM, gak papa….. perbaikan dilakukan sedikit demi sedikit….. pertanyaanku sekarang adalah Kenapa Banyak Yang Ikut SM Audition Kalo menurut kalian SM hanya peduli sama uang….. ya mungkin itu fakta,,,,, SM suka uang…. tapi bohong jika diantara peserta SM Audition, semua SM Stan…. pasti ada dari agensi stan yg lain…… itu fakta dilapangan……

  19. Mau gimanapun saya kenal KPop dr SM hahaha. Yasudahlah yaa, selama artis nya ga komplain why not? Klo ga betah paling juga keluar kann. Haha. SMTown Jjang! #peace

  20. Heddehh! Kalo udah ada artikel ginian pasti langsung banyak orang sotoy bertebaran. Artikel ngomongin apa, yg dikomenin apa?
    Sepaham gue dari artikel diatas yg dibahas agency yg hrus balikin modal dlu itu agency kecil kek agencynya exid, g ada tuh ngomongin SM mnta blik modal.
    Mlah pakek bwa2 kekeluargaan n kbijakan sgala lgi, berasa paling tau aja semua yg trjadi di belakang layar. Padahal pda g nyambung sma artikelnya. Malu euyy!!.
    Pada gede kepala, ngrasa agency favoritnya paling OK dari SM. Pdahal mah agency bgus jg g mnjamin kualitas artisnya.

  21. Menurut saya, 2 sistem pembayaran dimana yang satu grup harus BEP dulu baru setelah itu keuntungan dibagi antara grup dengan agensi dan sebaliknya, grup gak harus BEP dulu untuk dapet penghasilan, memberikan efek yang sangat berbeda terhadap artis yang baru debut.
    Di sistem pertama, resiko sepenuhnya ditanggung oleh artis. Agensi seolah-olah seperti bank pemberi pinjaman yang langsung menagih utang si peminjam (artis) segera setelah debut, jadi semua penghasilan dari album, konser dll diambil dulu semua oleh agensi. Perkara si artis harus berutang dulu ke orang ato masih harus minta ke keluarga untuk bertahan hidup, agensi gak mau tau. Yang penting uang agensi aman. Nah, setelah BEP baru keuntungan grup dibagi dengan artisnya.
    Di sistem kedua, baik artis maupun agensi menanggung resiko bersama-sama. Agensi bersedia menahan diri menunggu lebih lama untuk mendapatkan keuntungan, karena mereka sudah harus menggaji artisnya walaupun agensi belum balik modal. Menurutku, sistem kedua ini lebih manusiawi dan lebih adil, karena bagaimanapun artis juga manusia yang butuh berpenghasilan untuk hidup. Dalam jangka panjang, agensi juga diuntungkan karena dalam suasana kerja yang lebih adil dan manusiawi, artis-artisnya lebih bisa diharapkan loyalitasnya sehingga agensi tetap punya aset berupa sumber daya manusia yang makin terampil dan makin tinggi nilai jualnya.

  22. padahal yang menjelekkan ya stan nya sendiri, tp ko seolah olah ya gitu yaa hahaha
    ini ada 3 ent, so banggain ent masing2 ga masalah kayanya ๐Ÿ™‚
    enjoy aja..

  23. YG emg agency yg homey banged… sering ditrollin soal waktu debut tp emg ga sembarang debut… jd trainee di YG aja ud bsyukur ye… kalo gw si gpp jd tukang lapin jidat si bang TOP hahaha

  24. iya walau tau koreya ini dari SM yas tapi tetep emang salut buat JYP sama YG, membernya keluar dengan cara damai dan baik-baik, berarti hubungan diantara si artis dan si bos pun baik-baik. Perkara sistem pembayaran, semua ada plus minusnya, walau memang kita tahu SM skrg lebih terlihat seperti ladang bisnis dibanding agensi bakat. yah sukses deh buat semua agensi semoga dengan adanya pembayaran yang adil dapat mencegah kasus lewat jalur hukum weww

  25. Gagal paham… Finansial sekali in bahasannya ada break even point segala berasa kewirausahaan dah… haha
    Tapi kalau bener sebelum mencapai BRP mereka udah digaji…
    Pantes GD Kaya dan YG gedungnya segitu gitu aja. Ya orang biaya traineenya gak usah dibalikin. Tapi makannya juga agak susah ya (inget cerita bigbang di Happy Time tentang kelaparan selama trainee LOL Tapi kayanya sekarang engga deh ya) Pantas mereka kurus-kurus wkwk *nobash*
    Enak dah kaya GD… udah mah dapet royalti dari lirik lagu, tampil di bigbang pula… Yah YG, sudah kuduga… Family… keluarga… dan peraturannya agak lebih rese meski bahagia secara finansial wkwk
    JYG cuma albumnya doang… jadi semua kepengurusan artisnya gratis nih? LOL Cakep cakep bener tuh JYP… Mana banyak orang diluar Koreanya lagi hehe biasanya yang agak susah itu kan punya artis dari luar, harus ngurusin visa, dll… /iagaksih/ Ah, JYP mah paling anteng sih keliatannya, gak banyak tuntutan ini itu yang penting bahagia wkwk CEO nya aja gitu…
    Nah SM… Yang sebenernya paling peduli sama artisnya kan…ngurusin segala galanya dan artis tinggal meningkatkan diri…dan nurut Oke lah gapapa… Resiko harus diambil, kalo jelek banget nih SM mana mungkin ada SJ, TVXQ, dll kaaan heuu kalau emang bener digaji bahkan sebelum break even point termasuk SM… kenapa… JYP, Hangeng, dan yang lainnya….
    Ahaha sudahlah~

  26. kalo menurut gue sih sistem sm saja jyp itu ga salah ya, soalnya kan sm sama jyp itu ngelatih para trainee banget, dan bener2 diasah kemampuan vokal,dance,public speaking sama bahasa jd wajar aja mereka minta imbalan dari apa yg mereka ajarin. cuma opini aja sih ya. no bashing

  27. Mau kek gimana juga SM tetep di hati ๐Ÿ˜€ gak peduli orang mau ngomong apa,toh hak mereka mau ngomong apa juga ? Lagian mereka juga gak tau SM kayak gimana kan ? ._. ,mereka cuma mandang dari luarnya doang kan ? -.- ya sudahlah ๐Ÿ˜€ . FIGHTING SMent!! FIGHTING om sooman ! ^^

  28. Bener tuh gue setuju, lagain mereka bener bener dilatih dari awal jadi wajar aja lah klo gitu ๐Ÿ™‚ apa lagi di SM sama jyp, banyak artis SM sama jyp yang bukan orang korea , tapi mereka di ajarkan bahasa korea sampe bisa, ya menurut gue sih ya wajar aja ๐Ÿ˜€

  29. Entah kenapa, dari artikel di atas dan artikel sebelah tentang keharusan agensi untuk mendaftar supaya pelaksanaan kontrak dengan artis yang pedomannya udah ditetapkan oleh KFTC terpantau dengan baik, aku kok mulai suka sama pemerintah Korea Selatan, ya? Mereka keliatannya cukup dinamis, mau berubah, peduli pada para pekerja di Korsel, termasuk para idol di agensi. Bagaimanapun, peraturan Pemerintah Korsel ttg pembuatan kontrak kerja yang membatasi kontrak hanya 7 tahun dan larangan menuntut penalty fee berkali-kali lipat dari biaya training ketika artis tiba-tiba ingin menghentikan kontraknya dan kewajiban menggaji artisnya walaupun belum BEP, sangatlah baik. Pemerintah Korsel sangat berbeda dengan Korut yang sangat korup. I love it. Korsel jadi salah satu target negara yang ingin aku kunjungi suatu saat nanti.

  30. SM emang banyak kasus terutama soal finansial, dan kebanyakan terjadi stlh CEO nya bukan lg Lee Sooman (Setau saya)… jujur ya, bangga bangetlah saya jd YGStan, ga cuma artisnya yg okeoke, agensinya jg super oke… walopun, smua agensi paasti punya sistemnya masing” dan ada plus minusnya, tp sejauh mata saya memandang, untuk ukuran agensi yang menaungi artis (yg juga manusia yg kerja keras demi duit) YG sm JYP adalah contoh terbaik…
    diatas tuh ada yg nanya ‘kalo kamu ditawarin utk jd artis di SM ga nolak kan?’ nah kalo tau sistem pelatihannya ga sebanding sm sistem pembayarannya ya ga maulah ๐Ÿ˜€ cm pengen jd artis aja tp ga dapet apa” ya rugilah…
    dulu q jg SMstan, smp skrg sy masih ELF, tp suka sedih jg klo keinget kasusnya hangeng dulu… ga niat mojokin, tp apa yg org” blg soal SM diatas tadi, itu ada benernya… ga usa sedih ntr batal puasanya ^^

  31. Inilah kenapa YG hanya memilih seorang yang berbakat karena mereka ga mau investasi mereka terbuang percuma, tau kemana arah sang artis. Dan akhirnya ga ada kata lawsuit, kedua pihak saling diuntungkan gitu.
    Klo JYP lebih ke, mengeluarkan biaya untuk sesuatu yang pasti ada.
    Aku bukan YGstand tapi menurutku sistem YG memang yang terbaik. Tapi pasti susah masuk YG.

  32. mau SM apa juga, kalo tuh Company cetar nya gak ketulungan elu elu mau bilang apa hayooo??? wkwkwkwkwkw dan ga usah pada ngebanggain agensi YG atau JYP lah … hahaah jujur aja kalian pasti sering ngepoin artist” SM??? yakan? yakan? bohong sama orang mah gampang tapi ngebo’ongin diri sendiri kayak ada rasa Gregeeet nya gitu,, huahuahuaaaaaaaa
    stay cool aja Mr.Sooman Lee and Mr.Youngmin kalo bnyak yg kaga suka sama SM tapi akui aja artist” nya ga kalah keren dari agensy sebelah!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *