Mnet Akui Adanya Kesalahan Sistem Voting Online dalam Kontroversi Big Bang & EXO

by

Big-Bang-EXO_1433897544_af_org
Kontroversi yang meliputi kemenangan Big Bang dalam Mnet “M! Countdown” masih mengemuka ketika para EXO-L memprotes dengan berkata bahwa EXO unggul dalam pemungutan suara hingga voting ditutup dan meminta penjelasan mengenai spekulasi adanya ketidak adilan dari acara tersebut. Mnet sebelumnya telah angkat bicara mengenai hal ini, menyatakan bahwa terdapat sedikit kesalahan dalam sistem, namun voting masih tetap berjalan adil karena mereka hanya menerima suara yang masuk hingga pukul 9 pagi seperti biasa.

Perwakilan dari Mnet menyatakan, “Memang benar bahwa laman voting kami di Jepang masih dibuka hingga lewat pukul 9 dan penggemar dari Tiongkok masih dapat memberikan suara mereka. Namun, kami hanya menghitung hasil yang masuk hingga pukul 9,” dan berkata bahwa laman voting tersebut masih terbuka lewat dari pukul 9 karena adanya kesalahan.
Namun, Mnet Jepang menyatakan sesuatu yang berbeda sehingga menimbulkan perhatian yang lebih. Mereka menyatakan, “Kepala di Korea menemukan kesalahan dalam sistem, namun sistem di Mnet Jepang tak terdapat adanya kesalahan,” membantah bahwa laman voting di Mnet Jepang masih terbuka walau telah lewat waktu yang ditentukan. Mnet Jepang melanjutkan, “Kami mengkonfirmasi bahwa ada sumber akses tidak jujur yang disalahgunakan, dan sumber tersebut sekarang telah ditutup,” mengklaim bahwa ada beberapa cara negatif yang digunakan untuk memberikan suara walaupun laman voting telah ditutup.
Mengenai pernyataan yang bertolak belakang dari Mnet Jepang, perwakilan dari ‘M! Countdown’ mengungkapkan kepada CBS No Cut News pada 11 Juni, “Dalam proses untuk menjelaskan situasi ini, terdapat kesalahan dalam komunikasi,” menjelaskan bahwa terdapat miskomunikasi antara Mnet Korea dan Jepang.
Tampaknya Mnet Jepang telah melakukan hal yang benar dengan mengklaim bahwa laman voting telah ditutup pada pukul 9 seperti seharusnya, namun karena suatu hal, voting tersebut dibuka kembali dengan paksa. Perwakilan tersebut menyatakan, “Laman tersebut telah ditutup, namun karena adanya suatu metode yang negatif, terdapat sebuah akses yang masuk dan hitungan voting kemudian bertambah. Hasilnya, melalui akses tersebut, laman voting dapat kembali dibuka. Kami berbicara tentang situasi yang sama, namun cara kami menjelaskan berbeda.”
Mengenai metode yang dapat menembus masuk ke dalam server, perwakilan kembali menjelaskan, “Memang benar bahwa metode yang digunakan adalah level tinggi. Kami masih harus mengkonfirmasi dari mana metode tersebut diaktifkan, namun hanya data yang tercatat hingga pukul 9 yang akan digunakan dalam skor akhir. Saat ini, untuk kembali meningkatkan kepercayaan publik (kepada kami), kami akan memperkuat metode dalam mengakses vote dan mengarah ke kesempurnaan.”
Source: allkpop
Indotrans: anisrina

Loading…

198 thoughts on “Mnet Akui Adanya Kesalahan Sistem Voting Online dalam Kontroversi Big Bang & EXO

  1. yang jadi masalah skrg bukan votenya. tapi artikel dr mnet yang yang yagitulah:)
    dari artikelnya aja udah keliatan bgt nganu nya. sedih baru kaya gini aja udah di giniin exonya. gimana kalo akhir tahun ㅠㅠㅠㅠㅠ
    nanti bisa2 daesang harusnya exo, jadi bukan exo karena mnet ya kan secara sensi bgt sama exo ㅠㅠㅠㅠ

    1. Lo ngerasa mnet benci bgt ya sama exo?
      Exo ga dapet apa2 ya mama taun kemaren? Artikel? Oh yg bilang exo-l curiga itu? Loh bener kan? Pdhl dr awal mnet udh bilang votingnya yg diitung yg jam 9 (meskipun blm bilang di hack dll) dan disini jg dibilangin (lagi) yg dipake yg sebelum jam 9.
      Wah org2 kaya lu nih udh punya mindset “exo kalah krn mnet gasuka sm exo” “daesang yg seharusnya punya exo..”
      Lo coba deh kurang2in punya pemikiran ky gini.. stop deh merasa jd fandom paling tertindas. Stop merasa idol lo paling tertindas pdhl tiap idol lo masuk tv itu org2 pd hati2 bgt memperlakukan idol lo. Idol lo jg udh ngeborong award banyak. Cuma krn voting (pdhl menurut w hasil masih fair) lo ngerasa semua org didunia ini benci, memperlakukan exo-l/exo ga adil. Just stop it

      1. ngelawak mbak? artikel apaan exo l curiga? gih banyak2 baca.
        artikelnya mnet yang seolah2 ngebias idola situ, dan ngerendahin exo banget . kalo masalah vote gw gak gitu ambil pusing juga. kan gw bilangnya artikel mnet. ya gatahu mbak/mas nya yang bikin artikel mungkin bagian dari situ juga. gw ga masalahin vote, gamasalahin bb, masalahin mnet.
        kalo mbaknya bilang stop deh menjadi fandom yang merasa tertindas, gini ya mbak gw akuin fandom gw banyak imma nya, dan emang nyata bgt kalo apa2 yang dilakuin sama fandom gw selalu aja salah. lo juga stop mbak, gausah sok ngerasa paling ngerti paling bener juga.

    2. intinya kalau exo g dapat daesang berarti siapapun pemenangnya mrk gak pantas menang. alasannya krn exo g disukai mnet
      ngrendahin idol lain banget sih lo…
      kl masalah gitu aja lo bilang Mnet benci exo, gue jg boleh dong bilang sbs inkigayo benci sama bigbang. kl bigbang g menang brrti inkigayo benci m bigbang.
      nanti bisa2 yg mng harusnya bigbang, jadi bukan
      bigbang karena inkigayo ya kan secara sensi bgt
      sama bigbang ㅠㅠㅠㅠ
      wkkkkk….. tp sorry gue g akn sealay itu… wkkk

    3. ” dari artikelnya aja udah keliatan bgt nganu nya”..gw faham mksud lo. lupa apa yg udah mnet kasih ke exo?
      n apa yg udah mnet lakukan ke bigbang?
      2minggu lalu harusnya masuk nominasi,tp mnet bralasan bigbang kmbek stage jd bigbang g dimasukin… mnet tiba2 merubah aturan yg jelas2 sangat merugikan bigbang dan menguntungkan lawan. vip g masalahin smua itu. . . jd jgn mrs paling tertindas.merasa dianak tirikan dan yg lain di anak emaskn.

  2. Mau kambing hitamin siapa lg anda MNET? Sekarang ketauan donk kebenarannya. Kayaknya mesti ada satu pihak yg minta maaf ke fandom yg katanya imma padahal tuw fandom cm memperjuangkan keadilan buat idolanya. Kalo gak kerja keras ala detektifnya fandom yg katanya imma kesalahan ini bakal lewat gt aja donk tanpa ada yg tau….

    1. Gw bilang sih komen lu ga relevan dan cuman berdasar biar ada alasan knp idola lu kalah.
      Coba di baca bener bner artikelnya: yg di hitung hanya voting yang sampe jam 9.
      Jadi klo pun pada curang stlh jam 9 itu sia2 karna ga keitung.

  3. sebenernya yg bikin msalah heboh tuh immature nya exol sampe ngancem bom konser big bang,
    harus nya klo ini bener.. mereka ngerti ini bukan salah nya big bang atau fans nya…
    sistem mnet di hack atau gak.. fans harua belajar dewasa.. fans2 yg emosi yg bikin idola nya image nya jelek dgn sndirinya..

    1. Exo l yang ngancem ngebom itu udh minta maaf secara resmi ke Big Bang sm VIP dan mereka juga udah ngemaafin. Lagian dia juga ngaku kalo dia ga bakal bener2 ngebom. Ya kali emang di negara sono ga ada security apa yang bisa ngawasin kayak gituan. Kok masalah mnet jadi bawa2 ke situ ya?

      1. oh udah minta maaf ya, brrti selesai udh mslhnya. mnet jg dh ngaku salah. semuanya selesai.g ada yg perlu didebatin lg.. gkgk

      1. ngamuk mah percuma media tutup
        mata.. dari kemaren media juga mojokin exo l terus kok. koreaboo sama allkpop.
        yang bash di ig lah yang apalah. giliran
        ada fansnya idola situ neror ig nya
        anak2 exo sama sekali gak masuk di
        koreaboo ataupun allkpop.
        yataulah exo exol nugu sih ya. cuma
        anak kemaren sore, baru 3 tahun debut
        gak layak disandingkan sama senior.

      2. @dororo
        Lo tau ga? Even vip aja udh males sm allkpop, koreaboo. Lo tau tablo pernah ngetweet dia muak sama allkpop? Lo nya aja kemakan media ky gitu.
        Iya gue tau koreanindo translate jg dr allkpop/koreanboo. Tp thanksgod, admin KI bisa milih mana berita layak/ga.
        Lo mau tau knp berita exo-l ngancem bom jd besar? Ya gr2 allkpop. Malah vip kesel gr2 itu. Ya balik lg ke lo nya. Bisa nyaring berita, terus source nya dr mana..

    2. knapa bawa2 exoL lagi ni lgian yg mau ngbom juga udah minta maaf..lgian gk mungkin lah scara trang2an ngasi tau klau mau ngbom…pikir scara logika dech… mang teroris2 itu ngasi tau dulu ke masyarakat baru dy ngbom gk kan.. ini cuma emosi sesaat…kliannya aja yg nanggapin lbaeyyy… sbnarnya yg kekanak2an itu spa sich d sini

      1. bukan masalah yg ngebom doang. tapi pikir dong exoL tuh neror freak banget. sampe ada yg bilang mau ngebunuh GD lah ada yg ngebakar foto taeyang lah ini lah itu lah. kan ga etis banget sbg manusia gitu banget. VIP pada kalem kalem aja awalnya, tapi lama lama malah jadi kebangetan, sampe ELF aja banyak yg bela VIP. bukan seneng di belain ELF cuma ya kalo emg ada kesalahan, kan bukan salah BIGBANG juga. kenapa mesti pada neror BIGBANG. toh ini kan kesalahan di sistemnya juga.

      1. aq juga Dengar ada yg bakar Photo nya Taeyang , Dipercaya bahwa netizen tersebut adalah fans dari EXO, ia terlihat sedang membakar foto Taeyang Big Bang dengan back sound lagu MAMA, album debut EXO. Video yang di unggah oleh Instagram bernama oh__yehet saat ini akun tersebut dalam keadaan digembok. Source ( kpn lagi.) . sebenarnya mengomentari nya Bingung Juga,, Kan Gak semua Fans itu dewasa umurnya,, dan gak semua Fans itu hati nya bagus atau jernih ( sportif ) ,, jadi harap di maklumi aja yah ,, utk fans yg mencoba memicu fanwar,, ntah dari pihak manapun ,, kita sbg fans di indonesia yg mayoritas Muslim ,, mau Ramadhan pd Puasa kan ( bulan baik, rahmat & ampunan ) juga ,, berpikir Waras aja lah,, jgn ikut” an kaya org sanah,, gw juga Exo L tapi gw juga VIP, miris denger nya,, sampai segitunya loh,, Gak bela sana sini,, apa salah nya mencoba Akur , toh sama” penikmat musik K pop juga kan.. damai itu lebih baik, percaya deh.. Amin

  4. Mmet ngajak ribut bener dah.. Pas banget pas bigbang sm exo lg berkompetisi ketat. Kan ga lucu. Udah mah artikel mereka yang bilang konsep american football nya exo ga nyambung sama lagunya. Please deh ya, emang sejak kapan SM bikin teaser yg cocok sama lagu? F(x) aja dulu era electric shock konsep teasernya binatang. Suju juga era mr. Simple tapi konsep teasernya heboh. Justru menurut aku konsep american football ini bukan masangin ke lagunya, tp perjuangan exo buat bertahan sampe sekarang. Mnet kok ga ngerti gitu exo suka maen kode-kodean.

  5. “Kami mengkonfirmasi bahwa ada sumber akses tidak jujur yang disalahgunakan” wkwk trus sekarang alesannya miskomunikasi ckckck
    ya terserah aja deh ya, toh kita jg taulah siapa pemenang sebenernya.

  6. ngamuk mah percuma media tutup mata.. dari kemaren media juga mojokin exo l terus kok. koreaboo sama allkpop. yang bash di ig lah yang apalah. giliran ada fansnya idola situ neror ig nya anak2 exo sama sekali gak masuk di koreaboo ataupun allkpop.
    yataulah exo exol nugu sih ya. cuma anak kemaren sore, baru 3 tahun debut gak layak disandingkan sama senior.

    1. kenapa jd ngedrama mellow gini… bknnya udah minta maap jg yah…gimna yah mnurut gue sih ya media ngeberitain krna mmng dr jmn kpn trademark nya yg pake kata2 kasarr gtu psti ni fandom inget kan kasus2 yg lalu (ndak usah disebutin psti ingetlah)..intinya sih klo mau main salah salahan salahin sistemnya dan klo ada yg ngehack sampe micu fanwar ma media kyk gini yah salahin mreka..
      kita sbgai pans yg gue bru sadar kebawa emosi krna prmainan kyk gini…

      1. tadi malem lagi kok. tag tag foto yang ga seharusnya.
        iya emang exol terkenal imma fansnya. maklum fandom juga kebentuk baru tahun kmrn. tp seolah2 apa2 yang trjd yang disalahin exol . seolah2 fandom senpai gak punya imma fans. gak pernah bikin salah.

      2. jiahh…. nyerang duluan, giliran diserang balik sok teraniaya. kita diam, tp kl ada yg coba menganggu ya kita lawan. kl dari awal exo-l g nyerang idol kita, kita jg g akan brbuat mcem2. kita mah bodo mslh kyk ginian. inkigayo telat 41jam msukin bigbang k dftr voting aja kita g neko2. g ngancem2.. g ngamuk2..

      3. yah sesuai dengan kata gue “trademarknya” udah gtu..kita ndak prnh bilng kalo Vip mature semuaa psti ada jg yg imma..kalian mrah krna kata2 mnet marahlah sama mnetnya tp aa d antra kalian yg msh nyalahin kami..itu yg bkin tekadang bkin kami gregett…

      4. bigbang nyoba aliran yg lain kalo sama trus mreka ndak bkalan berkmbang musiknya kalo mnurut gue gtu…emng salah klo nyoba sesuatu yg baru toh ndak ngerugiin elo khan…nih contohnya kata2 kyk gini yg tekadang bkin kami grrgettt

      5. ngerasa gak adil aja bukan ngerasa teraniaya kok. koreaboo allkpop diem aja gak nulis apa gt ttg vip yang ganggu anak2 exo.
        emang marah sama mnet kok gak sama bb nya , tp ada dari kalian yang tiba2 dateng dan bikin war di ig pdhl dari awal ngeluh ke mnet yang seolah2 biased waktu bikin artikel gak ngejelek2in atau apapun ke idola situ.
        kecewa juga acara musik sebesar mnet tp kaya gitu.

      6. jiah sama aja bro, cm beda kata2 doang. inti nya lo mrs dianak tirikan.haha..
        iyalah g marah sma BB, cm ngancem ngebom, ngebunuh, bakar foto, maki2 di IG GD doang. haha…

  7. Ok fix kesabaran gw abis ama hal2 kaya gni bneran deh gw pengen ini kompetisi fair kmarin jg dia ngerubah system vote scra tiba tiba dr 10% album sales jd 15% .. kl untk mnet global fix bigbang mnang tp itk global japan n korea exo yg mnang.. and next jgn sampe ini terjadi di musik show yg lain terutama inkigayo

    1. lagian juga ngapa pade rame lagi, kan udah dikonfir juga kalo yg dihitung voting sampe jam 9, harusnya udah fix sih, udah fair lah menangnya.
      kalo masalah live video big bang di mnet sedikit viewnya ya wajar lah, secara dari channel big bang resmi juga upload jdi banyakan view disitu drpd di mnet.

  8. klau mnurut aq sich ya mau itu senior atau junior ya klau memang yg junior lbih bgus dari snior ya mau gimana lagi…
    mnet kyaknya gk demen bgt sama exo apa gara2 dy ngborong penghargaan kmarin pas call me baby??? gak trima gitu??
    alasannya ciiihhhh bgt

      1. bener. lucu banget komennya. kl mnet g suka exo, g mngkin mrk bisa ngeborong piala thn kmrn.. kok seolah2 exo itu HARUS menang.

      2. sekarang gw balikin pertanyaan lho ?
        memang senior yakin lebih bagus ?
        Please be smart girl !!!
        Gak ada fans dari kedua belah pihak yg kompeten untuk menjudge mana yg terbaik, karena mereka terlalu subjektif!!!
        jgn pula menilai hanya dari rekam jejak, jumlah award atau kuantitas fandom. setiap org punya taste yg berbeda akan genre music. Jd cukupkan hanya menikmati tanpa menjadi besar kepala.

  9. Nyimak aja lah … Nonton aja lah…pusing nya gini kalo suka ke dua nya,, di sisi lain gw senang Big Bang Menang,, mrk udah Hiatus Cukup lama, wajar perjuangan mrk berbuah manis,, di sisi lain gw kecewa,, knp EXO gak menang , mengingat selama ini , setiap Mrk Come back dgn lagu baru,, di pastikan mrk menyabet Vote pertama,, padahal gw penikmat & pendengar setia lagu” mrk,, bahkan lagu mrk berdua pun ,, sering gw review di BLOG gw,, tapi kalo kaya gini gw jadi bingung,,, beharap Gak ada Fans Alay dari masing” fandom ,, yg menuang Nila setitik , rusak sebelanga dah… fighting!!

  10. tidak bisa menyalahkan bigbang ato exo nich.. maupun fandomnya..
    untuk acara musik sebesar MCD masih ad kesalahan itu agak susah di maklumi..
    untuk bigbang kasih aja tuch piala ke exo..
    bang kita sekarang mah party aja lah dri pada ikutan acara musik tapi gak jelas gini..
    kita 17 agustusan di indonesia aja…

    1. Hahaha setuju ching kasi aja piala kita drpada pusing nungguin desang aja deh .. bangbangbang n we like 2 party masuk ke tempat 1& 2 di billboard music chart lagi nih …

      1. yang tua mengalah aja bukan berarti kalah..
        siapa sich bigbang mah cuma idol tua pendek gak ganteng…
        #lagian di lemari udah bayak juga piala kayak giut..
        sedich loch.. pernah bersaing sama senior EXO tapi gak sampe semarah ini VIP..

    2. hahahaha comment gini nih tipe” sok ngasi piala ke exo. padahal pas exo menang mungkin emang lagu exo yang lebih baik. tapi kalian sok” bilang “kasi aja tuh piala ke exo” sok gak peduli. uuuuhh soo immature man

      1. wailah siapa yg peduli jg klo lagu exo lbh bagus dr big beng wkwkwk masa nya big bang udah lewat mba, mreka tampil bkn buat piala, tp buat kangen2an sm fans yg udh nunggu bertahun2. Itu sebabnya vip pada blng “kasih aja piala ke exo” bkn ga mau ngakuin exo lbh hebat. Elo yg net-think tuh wkwkwk

      2. Sok ga peduli? Yawda
        ALHAMDULILLAH BIGBANG MENANG. YES!! GA SIA2 GUE NGEVOTE MESKIPUN DIKATAIN CURANG PDHL VOTING YG DIPAKE JUGA YG SEBELUM JAM 9. YES LALALA UUUH YEAH IM SO HAPPY
        Tunggu deh. Seakan2 org2 disini pd lupa. Voting hanya kepake 10% CMIIW

  11. temen gue yg bukan kpop ae tau mana lagu yg enak mana yg enggk wkwkk. katanya enakan lagu exo lah cepet nangkep ditelinga,
    terus kalo senior harus selalu menang gitu. kalo junior lebih bagus kenapa nggak

      1. Udah Farah sama Revano,, Gak usah pd Ribut,, dua” nya enak kok musiknya,, lagu” nya juga pd populer semua,, toh baik lagu” Big Bang or EXO , semua gw review , kasih Ulasan yg bagus” kok di Blog gw .. Dewasa lah

    1. bigbang nyoba aliran yg lain kalo sama trus mreka ndak bkalan berkmbang musiknya kalo mnurut gue gtu…emng salah klo nyoba sesuatu yg baru toh ndak ngerugiin elo khan…nih contohnya kata2 kyk gini yg tekadang bkin kami grrgettt

    2. bigbang nyoba aliran yg lain kalo
      sama trus mreka ndak bkalan
      berkmbang musiknya kalo mnurut
      gue gtu…emng salah klo nyoba
      sesuatu yg baru toh ndak
      ngerugiin elo khan…nih
      contohnya kata2 kyk gini yg
      tekadang bkin kami grrgettt

    3. ((Temen gue yg bukan kpop aja tau))
      ((Temen gue yg bukan kpop AJA TAU))
      Seolah2 lagu yg temen lo gasuka=jelek
      Ya. Lagu yg temen lo gasuka itu, nangkring di billboard 1,2

      1. kalo gini caranya tuh ambil aja buat EXO, pialanya, enak amet yg menang yg disalahin… mending big bang sekalian Kalah, dari pada ada berita ginian, nyoret’ nama VIP sama BIGBANG…

    1. maksudd loooo brooo ?habis sudah kesabaran gw, jgn sampe deh semua idol gw comeback bareng EXO, najis gw sm fans nya….kalo ga mau terima vote sama ga mau kalah, sapa suruh agensi lo come back bareng big bang, amit’ gw mnt maaf sama exo L, okeh deh kalo skrg lo mojokin VIP, tunggu aja suatu saat fans ny kena batunya sendiri… makan apa VIP kerajinan ngehack, noh EXO L tuh, knet, sampe rumahnya aja disantronin sm fans nya sendiri,, sampe telp, sms aje bs h hack, ga kebalik tuh…

    2. Yang gue tangkep nih.. mau website nya di hack kek, error kek, miskomunikasi kek, tp ttp aja voting diambil yg sebelum jam 9 kan?
      Intinya bigbang menang secara fair kan?
      LAH KNP PD MERASA TERTINDAS GINI DEH WKW PAKE BAWA2 HUBUNGAN YG SAMA MNET. KL MNET GA SUKA EXO, ITU APA TAHUN KEMAREN EXO MENANG DAESANG 2 KALI SAMA ATURAN MNET DIGANTI KE ALBUM FISIK (EXO, MONSTER PHYSICAL SALES) EALAH LAWAAAAAAAK

  12. Gue gg tau nich harus comment apa ? Gue gg ngerti apa big bang yg udah senior dari exo harus menang gitu ketimbang exo yg masih junior ? Helloooooooooooooooooo gg gini juga keleeeeeessssssssss. Maaf nich sebelumnya ama comment gue. Gue bukannya maksud fanwar ato apa sich ? Kalo menurut gue menang ato kalah ya tergantung para pendengar. Kalo exo yg masih junior terus menang kenapa ? Kalo exo lebih bagus kenapa ? Kayaknya serba salah gini ya. Gue disini bukannya belain VIP ato exo l. Masalah menang kalah mah itu smua ya pendengar yg menilai. Kita hanya menikmati music mereka doang.

    1. dan hellooowwwwwwwwwwwwwwww juga kyknya anda kemakan koment2. kita ndak prnh mksud bigbang senior harus lebih menang daripda junior. itukan pemikiran yg koment2 ini menrut gue sistemnya,dan knapa ada yg nge hack dan kalo boleh jujur ada yg bilang YG bayar MNET dsb . pliss mreka jg sibuk ngapain mreka harus ngebayar gtu antrian comeback artis mreka masih bnyk.

    2. hellooo jadi maksud lo, kalo big bang menang terus lagu ,exo bagus, jadi VIP maen curang… gigi lo kuning bisa kalii ya,, komen seenak lo aje…. itu kan kata lo EXO number 1

  13. yaudahlah ya. Udah terjadi juga, mau diapain juga. Kita udah ikhlasin masalah vote ini. Yang kita minta skrng tuh penjelasan tentang artikel mnet yang ngejelek2in exo. It’s not about exol vs vip again. It’s exol vs mnet

  14. selama 9th bigbang VIps br kali ini mulai ngamuk termasuk gw bner bner kesabaran diuji bgd nih .. pnah head to head ma cassie n elf ga sampai ky gni mo fanwar pun masi tahap normal ..bigbang loser kmarin kalah dgn shinee view kami ga protes gw tanya shawoll disini diteror ga? Malah fanbase bigbang ngucapin selamat buat shinee .. untuk mnet voting selanjutnya hrs bner n untuk inkigayo harap kasi tambahan waktu untuk vips pra vote selama 41 jam!! Gw Vip garis keras n ga rela nama bigbang rusak!!

    1. Kalo mnet ngebias bigbang apa kabar seharusnya 2 minggu yg lalu loser tuh masi masuk nominasi tp alasan mnet krna comback stage bigbang jd ga bleh masuk nominasi lagi …jd shinee vs kara yg nominasi.ok fine vips terima..knpa jg mnet merubah system nilai di saat mcoutdown dimulai kmrin ?jelas itu menguntungkan lawan .. tp tetep digital poit 50% yg pegang peran besar..heran gw ngethread bom dibilang cm joke itu krn promotor yg mention akhirnya tu org minta maaf jgn main2 dgn social media itu ada undang undangnya ..bakar poster taeyang neror ig gd,taeyang,top n seungri blum ckp ig kiko n minhyorin pun kena apa maunya sich ..alasan krn nyerang ig chanyeol hello knpa kalian nyerang ig suzy kmarin karena upload chart ..sekarang diserang ga terima ..sorry komen gw kepanjang kesabaran org ada batasnya jg kali

      1. Nah ini nih. Gue telat tau ada artikel ini komen udh banyak. Dibacain eh nyaut emosi gue.
        INI KNP PADA MERASA TERTINDAS DEH.. KL MNET BENCI EXO, COBA FLASHBACK EXO MENANG APA AJA DI MAMA 3 TAHUN INI.. TERUS ATURAN 15% FISIK SALE, ITU APA WOY AH ELAH STOP MERASA JD FANDOM PALING DITINDAS LAAAAH

    2. wekekek, di komen lo ke komennya ramone erlang, bilang kalo piala ga penting buat BigBang, tapi kok disini malah minta Inkigayo ngasih waktu vote lebih yg kmrn ga didapet??
      kontradiksi tuh argumennya ching.. hahaha 😀 Cassie and ELF itu kalo nyerang ga lewat SNS mungkin, karna SNS dulu blom sebooming sekarang hehe 😀
      skrg smartphone udah kayak pulpen/pensil, dimana anak2 bocah pun punya.. Jadi ga aneh lah kalo fanwar dunia maya lebih keras skrg.. Dulu mah fanwar itu lebih ke arah fisik, pernah baca fanwar antara S*NE dan E** ga? yg sobek2an banner, trus bakar2an poster gitu. ahahha

      1. Internet pun udah LTE di korea, jadi gampang dan cepat kalo mau fanwar dunia maya.. 😀
        dari dulu sabotase itu ada, dan semua fandom rata2 ngelakuin kok.. Viewers Youtube tau kan? nah itu juga pake shadow ching.. hahaha 😀

      2. hahaahhaahaha… katanya gak adil bigbang menang .. mari buktikan di inki.. karna kita telat 41 jam untuk voting.. kalo exo menang apakah menurut anda adil…?
        katanya vip curang …

      3. @feldy Iya btul gw kl perlu kasi aja piala untuk mcoutdown ini gw bicara dlm konteks mcotdown n untuk inkigayo mri kita main fair ching ..gw tau fanwar didunia maya keras tp ga plu ngethread bom n harap bc twitter promotornya .. knapa dia angkat mentionan ank tsb.. utk naikin view jg tau ada yg legal maupun ilegal ..buka youtube byk tutorial how incrase view you tube ..tau gw bahkan didepan gdg sm sendiri berkelahi .. 🙂

      4. @ramone : gw ga bahas masalah curang mencurangi kok.. gw cuma bilang sabotase itu udah dari dulu ada kok.. gw ga bilang juga VIP ato siapa yg sabotase, karena byk kemungkinan (malah bisa jadi alibi dari si channel M doang itu).. mo Bigbang mo EXO menang ga masalah, ane masih nunggu idola ane balik ( 8 gadis2 cantik ).. 😀
        Lagian idola ente kan dah 9 tahun debut, kyknya udah kebal ama yg namanya hinaan, ancaman, dll. VIP biasanya ga bereaksi keras, tapi mungkin kali ini kepancing kali ya.. Masalah EXO-L yg kebanyakan rada childish itu FAKTA kok, karena memang kebanyakan EXO-L itu usia remaja, blom mature.. Bisa diliat di konser ato pas mereka tampil di acara musik gitu.. Jadi ya susah nyari yg salah siapa, tinggal siapa yg lebih mature skrg.. 😀
        @amandha : haha 😀 just a swag girl.. cuma troll-an itu komen gw masalah komen lo.. haha 😀 Menang kalah mah biasa atuh, udah 9 tahun debut, mau ngejar apalagi, miss A aja nangkring 1 minggu lebih di pos 1 di digital chart tetep ga bisa ngalahin EXO di acara musik.. 😀
        Yang jelas MUBANK kayaknya EXO yg dapet ching, penjualan album gede pointnya mereka, sdgkan EXO rajanya album.. 😀 you know SM’s relative 😀

      5. @feldy betul mang bigbang udah 9 thn ini kembalinya mrk setelah 3 thn dan ini bisa jadi album mrk ot 5 terakhir sebelum wamil jd vips all out kali ini ..yup untuk musik show mubak or mucore or show champion tinggal liat skema penilaian kl menang syukur ga pun gpp 🙂 okey sone^^

      6. elu enak bias nya gak ad wanmil.. jadi wajar vip marah karna bigbang 3 thun hiatus trus comeback mungkin terakhir sebelum korea benar2 tanpa bigbang karna wanmil..
        kami semangat 45 mendukung untuk ngasih kado mungkin terakhir sebelum hiatus lama.. nah pas menang piala ad yang meragukan wah apa gak gedeg tuch

      7. oh iya, taon depan TOP dah wajib buat wamil, dan pasti dongsaeng2nya ngikut..
        perbedaan antara fans girlgroup dan boygroup cukup besar ya ternyata.. 😀
        tapi paling nggak Bigbang masih OT5 dari debut sampe umur 9 tahun T___T..
        masing2 fandom pasti ngalamin masa yg berat, tinggal gimana cara menghadapinya sih.. sampe 2 tahun kedepan gw kira masih masa emasnya EXO, jadi ya EXO-L masih bakalan pada “ganas2” si, bukan cuma BB yg pernah ngerasain kok, taenggoo gw juga pernah ngerasain.. 😀 IG taenggoo sampe KO dibikin sama mrk.. orang senior 1 agensi aja diserang gitu gimana yg lain, akakakak –membuka duka lama–

    3. setuju cing… elf sama cassie kita pernah bersaing cuma gak pernah sampe separah ini..
      apa lagi ad yang ngancem member pula,.. haduch parah…
      vip inki telat 41 jam apa ada yang protes berlebihan

    4. RT GARIS KERAS!!! komenan lu mewakili unek-unek dan isi hati gue..
      gue nggak rela kalo nama big bang atau big bangnya sendiri terusik oleh fans immature itu. cih
      selama ini VIP udah stay cool dan tetap sabar ngadepin fanwar2 kayak gini, tapi bener ya ini emang udah yg pling parah.. nggak ngerti lagi gue T_T
      waktu shinee menang perasaan adem ayem aja dah padahal shinee vs big bang juga,berarti ini bener2 masalah akarnya itu dari fans fandom tsb.
      VIP gak suka cari gara-gara ga ada asap kalo gak ada api!

  15. BENERR KASIH AJA TU PIALA BKIN RIBUT AJA (sory capslock) tp mmng bener kasian oppa oppa gue d ancem gtu ini bkn jmnnya mreka lg…mreka buat ni lagu cumn buat muasi kita aja sbg vip yg lagunya itu itu mulu.dan kita cumn mau nyenangin mreka jg biar mnang dukung ampe nunggu keceptan intrnet indonesia yg mnguji kesabarann…bkin esmosi aja

  16. ya kalo saya sih nikmatin aja musik dari mereka karena emang bagus semuaa. entah itu bigbang atau exo mereka punya kualitas yg bagus. dan kalo aja mnet ngga buat masalah ngga akan jadi seperti ini ceritanya, sampe ada yg udah istilahnya perang fandom karena belain artis masing”. emang sih kalo udah berbicara BB dan Exo kayaknya udah sensitif banget karena mereka berasal dari 2 agensi yg besar, yg emang bersaing untuk menjadi yg lebih terbaik diantra terbaik. oh ia dan satu juga ngga usahlah sampe komen kata” yg udah ngga bagus di IG member BB ataupun Exo, kan malu maluin apalagi kalo sampe yg komen kayak gitu dari Indonesia. jadi fans harus lebih dewasa lagi agar ngga kepancing sama hal” yg seperti ini. jadi intinya BigBang ataupun Exo ngga salah, yg bermasalah dari pihak Mnet. Damai itu indah, sekian pidato dari saya. *aku mah gitu orangnya cinta damai. wkwkwk

  17. udah kasih aja pialanya. biar pada puas… lagian bigbang pan boiben ecek2 ehemm,, g pantes menang mrk. mustahil mrk menang! haha…
    udah muak gue… slm jd vip gue blm pernah ngrasaain kyk gini.

  18. Bingung dukung yg mana, aku vip udh dari jaman2 tonight, trus pas jaman bigbang hiatus, itu jaman2nya exo overdose, aku jadi suka sama exo, (ceritanya selingkuh sebentar gitu gara2 bigbang hiatus haha), nahh sekarang mereka bersaing -_- aku sedih bgt kalo kedua fans jadi fanwar gini, apalagi aku ada di komunitas vip sama exol, sedih bgt kalo exol ngomongin keburukan bigbang n vip, dan sebaliknya juga. Soalnya jujur aja, aku jd punya 2 kepribadian gitu >.< kalo jadi vip, aku nganggep exo tuh anak kemaren sore. Nah kalo jadi exol, aku nganggep bigbang tuh arrogan *mian 🙁 *hehe maaf jadi curcol
    Btw, itu kemenangan mcd bukan berdasarkan vote itu aja kan? (Vote yg ditutup jam 9 itu) trus lagian udh dibenerin kan? Vote yg diatas jam 9 udh gak diitung lagi? Jadi buat exol positif aja kalo exo kalah yah kurang vote dari exol di media lain. Trus sebaliknya juga, kalo nanti bigbang kalah, yah harus terima juga kalah.

  19. saya g yakin klo MNet, g profesional dlm hal ini. scra jlas Mnet udh mnta maaf krna kjadian ini. & saya kira hasil voting yg dipublikasikan pastiny yg asli,
    cb kita lihat pihak exo & sement nya sendiri .. toh mereka g komplain , brrti kjadian itu cm bermasalah di perpanjangan voting aj.
    saya g menampik kok klo YG emang punya hubungn baik dg Mnet. tp saya rasa utk masalah voting, MNet profesional kok.
    ibaratnya lu milih presiden secara, tuh semua data udah kekumpul dan dihitung. tpi lu tetep lu tetep di bolehin nyoblos, namun punya tetep lu g kehitung 🙂

  20. ntah knpa aku krg setuju sm komen yg bilang penghargaan ini ga ada apa2nya… kl ga penting knp didukung? mereka semua bagus kok, dan pantes jd juara… senior, junior, tua, muda bkn patokan seseorang bwt berkarya (:
    perusahaan dan artis berusaha keras biar musiknya disukai, dan bagi mereka kemenangan itu prestasi bahwa musikalitas dan eksistensi mereka tetep diakui.
    itu lah knp fans mati”an mendukung idolanya, selain jg pride fandom dan artis itu sendiri, jg sbg tanda kl kita sgt menyayangi mereka…
    trlps dr sp yg war yakin kl ada ‘kesalahan’ kyk gini ga bakal ada yg nuntut kl ngerasa artisnya dirugiin? hasil dr blow up media yg tinggi dampaknya sgt besar. diluar dr kesalahan yg mnet buat itu, siapa yg rugi? nama artis dan fandom msg” pstnya +,-
    blm lg pernyataan yg beda”, yg satu sistem, yg satu ‘dipaksa’ buka? kl mnet mau namanya bersih, hrs ada transparansi yg memuaskan kedua belah pihak
    satu lg hikmah dr fanwar gini mnet ngakuin kesalahannya kl ga didesak…

  21. yang fans nya banyak yang menang, itu terlepas dari musiknya bagus atau ndak loh,, dari dulu emg gitu…
    kecuali penikmatnya bukan dari klangan fans…
    dan aku mengakui klau fans BB lebih bnyak dari exo..
    jadi menang BB lahh

    1. Kata siapa fans bb lebih banyak dari exo ? Fans exo itu jg banyak kok..
      Tp menurut gw yang pling penting soal kualitas musik itu review nya dr pengamat musik. Dan terbukti banyak pengamat musik review lagu bigbang bagus hehehe.

    2. sorry cing kalo soal fans itu absurd yah..
      exo sama bigbang BB yang sama2 bayak fans yah..
      bigbang menang bukan karna fans yah aja… jujur aja kalo kalian mengikuti VIP tau lah malasnya kami gimana buat vote..
      ini karna bigbang CB setelah hiatus 3 thun dan ad kemungkinan wanmil jadi mungkin tahun ini VIP vote abis2an buat dukung bigbang sebelum hiatus lagi

    3. Lo tau ga? Gue vip mengakui fans exo lebih banyak dan lebih royal. Bigbang hiatus 3 tahun banyak noh yg cabut.
      Bahkan YG sendiri bilang kl exo punya fandom yg besar. Lo tau knp idol lain pd hati2 kl sama exo? Ya karna fansnya terutana korean fansnya. Udah lah udh rahasia umum gimana sebagian (ga semua) sifat exo-l. Even idol disana udh pd tau

  22. Kalau dari awal kesalahan langsung ditujukan pada pihak Mnet, bukan dg menyerang idola lain. gue yakin Fanwar g bakal terjadi.

  23. yang saya lihat dari comment dari atas:
    EXO-L gak munafik. mereka menyadari banyaknya exo-l yang immature. tidak sok suci sok mature. that’s the point.
    but VIP terkadang (akhir-akhir ini sering) sok “king” dan mereka kebanyakan menutup mata dan sok MATURE. padahal aslinya VIP immature sama banyaknya kayak EXO-l immature.

    1. ya uda deh mulai bsok gw aja tmn VIP gw alay’ labrak sono sini, ngotot sana sini, tpi ga janji jg, tmn gw VIP chic semua rata’…. kalo ga kesinggung berat jarang dy mau keluar kandang ngamuk.

  24. dan yg saya baca dr komen kamu adalah: koment yg bkal trus2an buat ajak fanwar . siapa yg dluan ngajak war bginian dluan …soal imma ,mature itu relatip trgantung orgnya yg nanggepin..kami bgini karna kalian yg mulai duluan ndak ada asap kalo ndak ada api .

  25. Tanpa inkigayo sama M!Countdown juga big bang udah di akui di billboard malah radio di bandung khusus lagu kpop big bang unggul lewat bang bang bang kata penyiarnya ” gue gak tau lagi kenapa big bang tuh keren banget, temen gue kampus kek, dikosatan kek, dimana mana ada aja fans nya big bang sampe2 gue ikutan jadi fans boy band ini. Big bang tuh beda, musiknya kualitas tinggi gak salah kalau dia jadi favorit musisi dunia di kpop sampe2 nih kerja sama ama beberapa musisi kayak diplo, william. Menurut gue satu member juga punya ciri khas yang buat mereka tuh jadi komplit. Buat GD gue tunggu di konser gue bakal selfie sama lu ” penyiarnya cowo padahal wkwkwk jadi tanpa harus ini juga secara global big bang udah di akui. Kalau gini aku VIP mikirnya, etdah yaudahlah big bang udah mendunia banget jadi tenang ajaa masalah beginian mah.

  26. saya EXO-L tapi saya suka BigBang.. saya suka Love Me Right tapi saya juga seneng2 sama We Like 2 Party.. saya nyanyiin Call Me Baby tapi saya juga joget2 klo dengerin BangBangBang..
    adeeeeeuuuhhh gini deh cuy, saya setuju sama VIP diatas yg bilang BigBang comeback niatnya buat seneng2 kangen2an sama fans2nya.. soalnya jujur mau menang ato kalah BigBang gabisa dibantah popularitasnya.. mereka seniornya EXO yang mungkin malah bisa jadi panutan buat EXOnya sendiri..
    trus jujur juga saya syedih klo ada yg bilang EXO-L fans labil.. soalnya ga semua EXO-L begitu kakaaaa.. termasuk saya yang nyantae aja dan ogah alias males ikut2an fanwar.. soalnya saya cinta mereka (EXO & BigBang) kasian kan merekanya klo liat fansnya perang mulu.. syedih lagi klo ada sesama EXO-L yg perang duh sakit hayati *lebay dikit* .. intinya disini saya tidak memihak keduanya.. saya menikmati keduanya.. walaupun saya EXO-L tapi saya suka BigBang dan 1 agustus besok niatnya mau nonton konser BigBang *gantian tahun kmren uda nonton EXOnya 😀
    trus buat MNet semoga tuhan memberkati daaaahhh.. semoga barokah apapun yg dilakuin sama dia -_-
    salam damai genks *angkat poster SLANK :v

  27. Gini-gini deh, kalau misalkan memang ada kesalahan bukan salah BigBang atau EXO, kan? Jadi udah deh EXO-L berenti ngebash BigBang atau VIP nggak usah ngebash EXO atau jangan saling menyalahkan fandom. Salahin mnet jangan idolnya. Jangan ribut begini, nggak asik banget gitu kan sesama kpopers saling ribut gini. Dari jaman 2ne1 SNSD tahun lalu capek aja gitu ribut mulu. Sekarang BigBang EXO juga. Nggak bisa kita nikmatin aja musik mereka tanpa ada keributan?

    1. cing selama jadi VIP baru kali ini loch vip kepancing ngamuk keluar goa
      saingan sama cassie santai
      saingan sama elf santai juga
      nah saingan saama exol kok gini amat..
      adek EXO_L kami udah pernah bersaing sama senior 1 agensi kalian tapi gak pernah marah kayk gini..
      gak ada asap kalo gak ad api

      1. Iya aku tahu, baru kali ini juga BigBang dapet masalah sampe begini. Mereka selalu adem ayem masalah musik, kaget banget serius.. Dan nggak pengen VIP kepancing emosi, walaupun diri sendiri juga agak emosi sih. Tapi ya gitu, udah kita daripada sibuk ngebash balik, mending ngevote terus biar uri BigBang menang. Biar nggak ada lagi yang mikir kalau BigBang curang.

  28. yg penting love mi right EXO !! suka semua lagunya .. EXO 2014,call me baby, history, peterpan, lucky, dont go, my answer, moonlight, dll mantep bgt lagunya ahhh sukaa sukaa .. mereka udah juara dihati EXO-L..

  29. itu exol yg ngetag foto di ig nya gd gila apa!! sumpah emosi gw. gak bisa dibiarin lagi !!!!! udah coba buat cuek gak peduli tutup mata sama komen2 negatif tp ini keterlaluan bgt.. sumpah psikopat apa

  30. -_- apaan sih udah dijelasin juga kalo masih ga terima demo aje kantor mnet..YG emang berhubungan baik ama mnet dan inki sama kek SM sama music bank ya tapi bukan berarti juga kalo ada apa2 ama kambek idola situ trus salahnya YG atau big bang -___-…ga terima kalah trus mengubah diri jadi pihak teraniaya dan anarkis dengan tuduhan membabi buta…pas kemaren ada yang ngacem bla bla exo l bilang “ga semua exo l gitu kok” -__- iye kaga semua tapi hampir semua kek gitu..vip juga ga bersih2 amat kok tapi kita jarang banget tawuran kek gini kalo ga emang kelakuannya udah bikin empet yang lihat ma baca..kurangi sifat freak ama obsesif sebelum exo l jadi publik enemy buat semua fandom..sekali lagi tolong hormati fandom lain vip juga usaha buat vote big bang sebelum wamil dan vip juga jumlahnya banyak dan vip juga usaha ngevote..jangan kira gegara exo lg tenar semua orang fans exo trus exo harus fardu ain menang..

  31. Menurutku masalah ini bukan lagi tentang menang atau kalah. Ini tentang bagaimana mnet memperlakukan exo. Maksudku mereka mereupload video youtube exo perform di mcd dengan alasan ‘kualitas video yang lebih baik’ padahal menurutku kualitas videonya sama saja. Ini membuat exo kehilangan jumlah views original video mereka. Kemudian ketika exoL protes tentang hal ini mnet bilang mereka tidak mereupload video itu. Menurutku sikap mnet ini tidak profesional. Aku pribadi adalah exoL dan smstan. Dan aku sangat tidak setuju dengan beberapa komen yang menyalahkan bigbang dan vips. Menurutku ini bukan kesalahan mereka ini jelas kesalahn mnet. Dan aku juga tidak yakin apakah exo akan menang melawan bigbang karena setauku dari total nilai voting ini hanya berperan sekitar 10%. Tapi jika memang benar mnet memperlakukan exo dengan tidak adil ini benar-benar tidak bisa dimaafkan. Sekali lagi ini bukan kesalahan bigbang ataupun vips! Maaf komenku panjang ini hanya opiniku.

  32. truuus jadinya si pialanya mau digimanain??? mau di balikin aja??
    sebenernya disini yang jadi korban big bang sama exo nya..
    buat big bang.. mereka udh seneng2 menang.. eeeeeeeh ternyata sistemnya salah… kan jleb banget…
    trus buat exonya.. harusnya dia menang.. jadi ga menang… eeeeh jleb juga…
    yaaaah mending yang kemaren dihangusin aja.. jadi ga ada yang menang.. biar adil.. pialanya balikin lagi aja.. anggap aja gak terjadi apa2.. trus sistemnya diperbaiki lagi biar ga keulang..
    semangat!!!

  33. Ini sebenernya pd dibaca ga sih artikel nya. Apa cuna sekilas doang langsung komen.
    Mau di hack apa enggak, voting yg keitung tuh yg ditutup jam 9. Kl soal artikel mnet yg memojokkan exo-l. Loh emg bener, kalian pd curiga mnet curang, vip curang, dll. Iya situs di hack, tp DARI AWAL YG DIITUNG YG SEBELUM JAM 9 WOY AH ELAH BACA LAGI!!
    Mnet benci exo? Jelasin kenapa tiba2 aturan di ganti jadi album fisik 15%, everybody knew exo is physical sales kl bigang digital sales. Terus coba inget2 lagi exo dapet apa aja di mama.
    Mnet reupload video. Seriously, video ga ngaruuuuh. Video bigbang aja ga diliat soalnya pd ngeliat di mv aslinya. Coba buka artikel kemaren, komenannya Amanda kl ga salah.
    “Hubungan mnet baik sm YG, jadi ya maklum” to the point aja lu curiga mntet curang biar bigbang menang kan? Yawda baca komen gue yg ini lagi diatas udh dijelasin.
    Kemaren sempet ada yg ga terima knp stage bigbang selalu bagus kaya konser sendiri. Ya itu duit dr agensi kl mau stage apik. Dah. Ada lagi? Sini gue jawab kl bisa

    1. Aduh gue suka bgt komennya! Tuh adek2 yg drtd ngomel2, dibaca lg tuh komen kakak yg diatas biar otaknya kembali terisi dgn baik&benar. Kalo masih koar2 juga, FIX! PIKNIK LO KURANG JAUH!
      Gue sbg YG stan ikut gemes baca komen adek2 itu

    2. Udah ching…
      Percuma ngasi tau juga, gakan ada ujungnya.. malah capek sendiri
      Biar aja mereka dengan opininya sendiri entah itu positif ato negatif
      Yang jelas Bigbang menang karena jerih payah voting squad VIPs dan
      Juga bantuan dari YG stan yang supportif
      Bener juga kata salah satu VIP di twitter lupa akun siapa, intinya bigbang kan bentar lagi wamil, VIP harusnya sekarang party lagi en nikmatin setiap track+performancenya abang Bigbang.
      Jangan buang waktu karena kejadian rusuh begini.
      Inhale and exhale, yuk kita move on jangan balik kepage ini ^^ <3

  34. fanwar everywhere yeth… gue bingung dangkadang,.. dukungnya secara sehat dong… mau EXO-L mau VIP… Siapa yang menang bukan masalah. yang penting kita udah berjuang buat idol kita masing-masing kan? idol kita ga buta kan? mereka juga pasti liat perjuangan kita buat vote ke mereka.. dan award bukan cuma di mnet aja kan? masiih ada yang lain kok. kalo misal kalah disini, ya berjuang buat award lain.. menang apa kalah ga ditentuin dari senior atau juniornya doang kan? udah lahh damai damaiii…

  35. Wahai fans fans alay segeralah tobat dari gangguan nafsu voting voting belaka. kalau kau sadar itu alay hentikanlah omong kosong ini. dan tunjukan pada dunia cinta perdamaian. angkat 2 jari ke langit.

  36. Sudah-sudah. Gausa ribut siapa yg menang. Berantem aja kaya anak bocah ni. Udah pada dewasa. Cuma gara2 kpop aja bikin pecah. Boleh lah punya idola. Jadi fans. Tapi ada batasnya. Anak kecil kalo ngeliat ginian juga bakal ketawa. Memang dia smua kenal sama lo? Cerdas dikit mz/mb. Lagian exo sama bigbang jg damai-damai aja.

  37. CONGRATS URI BIGBANG WIN DI MCD <3 <3
    CONGRATS EXO WIN DI MUBANK (y)
    AYOOOO UDAHAN MARAHNYA UDAHAN SALING TUDUH MENUDUHNYA
    APALAGI UMAT MUSLIM MAU PUASA BENTAR LAGI YOOK
    #MAAFCAPSLOCKJEBOL WKWKWKKWKW XD XD XD

  38. Yubb betul. Jadi org jangan malas baca dan bnyak mencari alasan. Udah jelas2 tertulis kalo hasil vote yg diambil JAM 9. Jadi sbenarnya gaada persoaalan yg serius disini. Fair aja gausa bnyak omong ini itu. Kalo mau menang terus ya cari lawan yg sepadan aja jgn comeback barengan bigbang. Gmpang kan 🙂

  39. Haha VIP mah gaperlu ribut kalo soal Music Bank!! Jelas2 lagu Bigbang aja dua”nya dibilang ga layak tayang sama KBS wkwkw ya u know lah ya! Jadi bodoo amat lah yg pnting mnet sm inkigayo aja yg udah ktauan paling pasti 😉

  40. bukan loh disini seakan2 mnet mau nutupin klo sebenernya bigbang kalah am exo masa senior kalah sama junior begonoh,gua exo-L n vip tp jujur lagu exo lebih bagus n album alive lebih cetar dr pd made

    1. Yahh mnrt lo ga bagus kok bisa jadi downlotan terbanyak world wide ya mlai dri loser,baebae,bang3x,n we like 2 party tunggu 6 lagu lagi br lu bisa narik kesimpulan ..full album keluar september ..:)

    2. okedeh bebeb big bang kalah ember, EXO bagus, mantep….. masih banyak kq stage’ laen bs bertarung… tapi tolong ya ntar di inki, jgn bilang YG ad hub sm SBS, ntr lama’ YG dikira homo berabe…kacau pan…

  41. bigbang menang di teror…
    bigbang kalah mrk makin bertelor (koar2 mksudnya) wkkkk….
    au ah gelap… yg penting BIGBANG ada di puncak World Digital Song Billboard 1 & 2..

  42. Elaah, jadi pd ribut daaah. Kalo kata gua sih, menang bukan segalanya. Tergantung dari si idolnya tersebut. Kalo si idol bisa ngebuat para fans nyaman aja sama si idol, pasti juga fans ngerti lah. Jangan yg fandom sini ngomong, fandom lain ikut koar”. Emang ga semua fans itu umurnya dewasa. Tapi setidaknya SIKAPnya dong yg dewasa. Gua suka bigbang, juga suka exo. Tapi bukan fans. Bukannya war cuma ngabisin waktu??? Klo gua jadi mereka” sih, gua lebih milih ngeboo. Haha… enoughh. Buat yg sadar aja kalo MENANG itu bukan segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *