No Min Woo Ajukan Gugatan Terhadap SM Entertainment

by

no-min-woo
Setelah berita tentang penyanyi sekaligus aktor No Min Woo mengajukan gugatan terhadap mantan agensinya, SM Entertainment, muncul ke media, agensinya saat ini mengungkapkan rincian lebih lanjut mengenai alasan dia menggugat, serta waktu gugatan.
Pada tanggal 11 Mei, perwakilan dari MJ Dreamsys mengatakan pada Ilgan Sports, “Begitu Min Woo memasuki tahun kedua SMA, SM Entertainment mencoba untuk mengontraknya. Meskipun ia tidak berencana untuk menandatangani, [SM] meyakinkannya dan akhirnya menandatangani kontrak. Namun, [SM] tidak pernah memainkan peran mereka sebagai manajemen dengan benar.”
Perwakilan melanjutkan, “Ketika No Min Woo mempertanyakan mengapa mereka tidak melakukan pekerjaan mereka dengan baik, mereka mengabaikan ia bahkan lebih. Selama ini, ibu Min Woo, yang saat ini menjadi CEO agensi, membantunya dengan caranyanya sendiri. Bahkan, orang-orang dari SM akan datang ke stasiun penyiaran dan menyebabkan gangguan di tengah-tengah syuting. Mereka berperilaku dengan cara yang melampaui semua batas yang wajar, yang telah menyebabkan gugatan ini. “

Perwakilan hukum No Min Woo juga berbagi, “No Min Woo tidak bisa tampil di acara siaran karena tekanan SM. Ada saat-saat dimana castingnya telah dikonfirmasi, tapi tiba-tiba dibatalkan. “
Adapun alasan dia telah memutuskan untuk terlambat mengambil tindakan ini sekarang, pengacara No Min Woo menjelaskan, “Min Woo dan ibunya telah merenungkan gugatan sejak setahun yang lalu, tapi setelah melihat serangkaian kejadian, mereka membuat keputusan untuk melakukannya sekarang.”
Selain itu, No Min Woo memposting di Instagram dan mengupload serangkaian foto setelah berita muncul ke media dengan tulisan: “Ada saat-saat melelahkan untuk menemukan kekuatan dan senyum,” dan “Setelah bertahan dan bertahan, aku telah mencapai batas. Terima kasih [penggemar] karena selalu di sisiku. Aku ada karena aku memiliki penggemarku.”
Sementara itu, SM Entertainment telah menanggapi gugatan, menyatakan bahwa klaim No Min Woo tidak beralasan.
 
Source: soompi
Shared by: tiarakim@koreanindo.net
PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS!!!

Loading…

74 thoughts on “No Min Woo Ajukan Gugatan Terhadap SM Entertainment

  1. Hmm whats wrong sm.
    Okelah kl cm sekali masih bisa bilang “gabisa nyalahin sm. Kita gatau gmn yg sebenernya” tapi kok terus2an, dan rata2 alasannya mirip.
    Knp ga penah belajar dr pengalaman sih huft.

  2. hhmmmm SM.
    tapi sekesel2 nya sama ini agency dengan brbagai masalahnya, knp gw ttp suka sama artis2nya. wae?
    mau benci ya gimana, exo ada disini. mau benci ya gimana, gw suka sama semua artis2nya T.T
    sorry oot.

  3. trnyata min woo kena block juga.. smoga ‘jyj bill’ yg kmarin diusulkan ama slah satu anggota dewan korea bisa ditrima dan disahkan. jadi bisa menghentikan praktik” smacam ini

    1. Cing andai dulu agensi yang menanangi jyj menjadi gabung sama YG bisa dech jyj tampil di acara musik yah cing…0
      Kalo mau koment ini bukan salah agensinya tapi ini salah oknum yang bernaung di sm

  4. SM laaagi -_____-
    bener siy ga tanggung” kalo milih artis/calon artis, tp SM mah kebiasaan, suka semaunya sendiri… tutup aja deh, artis”nya biar nyari agensi” lain yg lebih baik, bikin malu + eneg aja

    1. tutup agensi sama artis2 sm cepat keluar dari agensi gak semudah seperti apa yg kamu omongin loh ching..banyak prosesnya dan ribet.. bukannya mau membela tp ya agensi gk bisa disalahin jg..menurut aku yg salah itu para sebagian staff dan ceo yg skrg ini yg pikirannya hanya uang dan uang gk mikirin artisnya yg sampe mengajukan gugatan2 dan dikeluarkan itu ching :3

    2. sepertinya yg harus diubah itu sistem di SM, bukan agensinya yg harus ditutup (itu ladang duit bro, punya landasan hukum juga, penyumbang pajak lumayan gede juga buat Korea, jadi nggak mungkin ditutup 😀 )
      Lee Min Woo Shinhwa pernah bilang gini di tvN, “Now that I really think about it, Lee Soo Man is truly an amazing person. He’s a man who took care of us meticulously, checking up on everything from each member’s hairstyles to each action made on stage. He used to gather us and talk to us about it, starting with the smallest things.”
      kayaknya SM perlu kembali ke cara-cara tahun 90an dalam memperlakukan artisnya. coba kalau perlakuan agensi ke artis itu seperti ayah ke anak, yg walaupun kadang dimarah2in tapi tetep disayang, bukan seperti perusahaan ke karyawan.

      1. Ya, betul. Artis-artis SM itu masih muda-muda, apalagi trainee atau yang baru debut, masih imut-imuut. Mereka masih butuh figur orang tua, terutama trainee dan artis dari luar Korea yang jauh dari keluarga sehingga jarang ketemu.

  5. klo hanya satu ato dua artis ngajukan gugatan maka kita tdk bs menyalahkan sepenuhnya agensi,,,
    lah ini!!! Sdh beberapa kasus dan semua hampir mirip,, berarti ada yg salah dgn sistem manajemennya,,, klo artisnya sdh kluar ngapain coba nganggu kerja si artisnya mirip kasus oppa2 JYJ,,, SM SM *geleng2 kepala*

  6. Hadeeeeeuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhh lagi2 kasusnya sama. Minwoo sama kayak JYJ di block sana sini sama SM. Biarpun JYJ hangeng kris jessica n luhan juga minwoo keluar dari group masing2 gue gg bisa benci mereka. Udah terlanjur suka mereka. Tapi kako kasusnya udah lama banget kenapa minwoo baru ajuin gugatan ke SM baru sekarang.

  7. SM, dia gak perhatian sama bandnya yang turun pamor, tapi juga gak mau ngelepas didikannya keluar, dibiarkan tidak berkembang begitu? pdhl potensinya besar karena masih muda, :/ agensi lain ada yang begitu gak, seandainya, minwoo ‘bebas’ dari SM, pasti dia besar diluar. menjadi musisi, masuk ke acara music,
    kan lucu SM ini, anak didiknya gak diperhatikan tapi klo sudah ada yang lawsuit, bisa banget nyangkal, beneran kea budak, lol

    1. kalo emang punya aura bintang mau dijegal seperti apapun juga bisa sukses kok, look at JYJ.. you know lah gmn pressure SM ke mereka lantaran tvxq waktu itu ladang emasnya SM..
      tapi yoochun jaejoong masih bisa lancar maen drama, junsu masih sukses di musikalnya kan?? jalan kesuksesan orang itu mrk sendiri yang tentuin kok.. bukan orang lain.
      kalo lawsuitnya skrg smntara dia kluar dah bbrp tahun agak janggal deh.. beda kalo dia lawsuit pas keluar dulu..

      1. dari yg gw liat sih, debut dibawah bendera SM mesti byk2 sabar kyknya.. byk contohnya, henry amber yg mulai dikenal publik korea, terus f(x) yg mesti nunggu lama buat dapet trofi acara musik dan bahkan sampe skrg blom punya naka fandom resmi dan konser tunggal stlh tahun ke 6.. masih byk lagi sih.. go ara yg baru diakui aktingnya di reply1994..
        tapi gini ya, udah masalah gini byk, tapi audisi sm rame terus lho.. nah itu salah siapa??
        kayaknya juga SM suka sama tipikal penurut daripada pemberontak sih.. kalo minwoo ini kyknya tipikal pemberontak macam heechul keknya..
        kalo debutnya dalam tim dan punya komitmen dan kesabaran tinggi bareng tim, lawsuit begini mudah buat dihindari.. liat aja itu mrk2 yg msh tinggal di SM..

      2. iya ching bener.. menurut aku artis2 yg masih tahan di SM itu bener2 yang ekstra sabar dan kuat mental.. kalo ga punya sifat itu ga jamin deh mereka masih di SM.. yaah semoga aja yang masih pada di SM diberikan kesabaran yang lebih lagi.. dan kebahagian luar dan dalam..

      3. Tapi klo lu di kontrak 17 tahun dan udah ga nyaman cara kerja SM yah pasti berontaklah dan juga itu orang bukan sapi pasti punya cita-cita sendiri buat dirinya. ngomong jangan semudah membalikan tangan

      4. @imlalasmith : hohoho, bagian mana dari komen gw yg kaya semudah membalikkan telapak tangan?? pemberontak disini itu bukan dalam konotasi kasar kok maksud gw, pemberontak disini itu maksud gw lebih ceplas ceplos dan suka protes. bukan berontak cam pejuang kemerdekaan dulu.. cerna dulu komen gw, kan gw tulis pemberontak mcm heechul, lo tau kan heechul gmn orangnya.

  8. dalam bisnis kalo produk satu ga laku dan produk lainnya laku keras secara otomatis bakalan digantung deh produk yg ga laku.
    tapi si perusahaan ga rela kalo hak cipta produk itu diambil perusahaan lain trus tiba2 jadi produk yg hit.. kalo dalam bisnis ini ga salah, toh perusahaan mendaftarkan hak cipta dan hak paten atas produk tsb.. nah kalo gini masalahnya pie toh???
    makanya kalo mau keluar dari SM sebelum debut kali ya.. ini yg dibilang sama salah satu mantan trainee SM sih..

    1. “Meskipun ia tidak berencana untuk menandatangani, [SM] meyakinkannya dan akhirnya menandatangani kontrak. Namun, [SM] tidak pernah memainkan peran mereka sebagai manajemen dengan benar.”
      Bukan salah trainee kalo mereka mau menandatangani kontrak. Sebagai seorang CEO agensi, ibu Min Woo pasti tau banyak tentang kontrak, dan karena kontrak itu begitu meyakinkan, makanya Min Woo menandatanganinya. Nah, masalahnya justru karena setelah si trainee dan SM nandatanganin kontrak, SM gak pernah memainkan peran mereka sebagai manajemen dengan benar, dengan kata lain SM mengkhianati kontrak.

      1. nah justru itu masalahnya ching, ibunya Minwoo ini kyknya orang terpelajar deh, soalnya jadi CEO agensi minwoo skrg..
        kalo soal meyakinkan itu emang begitu lah, biasalah sales kalo jualan.. tau kan? skrg gini trax debut tahun 2004, 2 thn sebelum itu (kira2 pas masa training Trax) masalah JTL lagi kisruh bener itu.. tau JTL kan? gimana SM bener2 ngeblock aktivitas mrk, bahkan gw rasa orang korea hampir semua tau itu..
        dan lagi yg jadi masalah juga, daripada yg keluar, yg mutusin tetep tinggal lebih banyak jumlahnya, ya sekali lagi sih 2 pihak sama2 ada salahnya pasti.. 😀

        1. Jadi inget jaman my lecon nih..
          Aku sempet ngira mrk itu grup dari jepang..
          Mana waktu itu juga lg ngehits ostnya tokyo drift lg, jadi ngiranya kalo JTL jg dr jepang 😀
          Baru 2thn yg lalu aku taunya kalo mrk jg korban SM
          Kudet ih -_-

    2. Kalo cuman digantung si ga masalah, ini sampai kegiatan solo dihalang-halangi bahkan terkesan ‘dimatiin’ jobnya padahal kan kalo ada royalti SM kecipratan secara pas itu mereka masih jadi agensinya no min woo. Jadi si artis yang merasa punya kesempatan di luar SM juga gak salah dong pilih out, kayak yg kamu bilang kalo ini semata bisnis jadi ambil pilihan terbaik no bash, emang ya keliatan banget mana agensi yang kekeluargaan dan mana agensi yang jadiin artisnya sapi perah.

  9. duh agensi macem apa ini mainnya ngeblock biar pada ga bisa muncul di TV, mau merusak rejeki orang pake cara kasar lagi ..
    serakah amat SM, kasian gue sama2 artis2 yg msh bernaung disana

  10. dari yg gw liat sih, debut dibawah bendera SM mesti byk2 sabar kyknya.. byk contohnya, henry amber yg mulai dikenal publik korea, terus f(x) yg mesti nunggu lama buat dapet trofi acara musik dan bahkan sampe skrg blom punya naka fandom resmi dan konser tunggal stlh tahun ke 6.. masih byk lagi sih.. go ara yg baru diakui aktingnya di reply1994..
    tapi gini ya, udah masalah gini byk, tapi audisi sm rame terus lho.. nah itu salah siapa??
    kayaknya juga SM suka sama tipikal penurut daripada pemberontak sih.. kalo minwoo ini kyknya tipikal pemberontak macam heechul keknya..
    kalo debutnya dalam tim dan punya komitmen dan kesabaran tinggi bareng tim, lawsuit begini mudah buat dihindari.. liat aja itu mrk2 yg msh tinggal di SM..

    1. Selagi yang ikut audisi itu adalah remaja belasan tahun yang umumnya masih lebih besar napsu daripada akal, maka audisi yang rame gak bisa dijadiin bukti bahwa agensi yang ngadain audisi itu baik-baik aja. Begitupun kalo yang memilih tetap tinggal di SM lebih banyak daripada yang keluar, gak bisa jadi dasar buat ngejudge bahwa SM itu agensi yang (lumayan) baik sehingga yang keluar itu adalah yang gak sabaran, gak punya komitmen dan pemberontak.
      Mungkin yang kamu maksud dengan sabar itu adalah pasrah. Sabar itu bukan berarti pasrah tanpa melakukan usaha apapun. Sabar itu harus didahului ikhtiar, bersifat aktif dan dinamis, sementara bagaimana hasilnya nanti terserah pada Tuhan (bukan pada agensi lho, ya, :)), sedangkan pasrah itu bersifat pasif. Jadi kalo kuliat, mereka yang memilih keluar itu udah berikhtiar memperjuangkan nasibnya dengan cara berdiskusi dengan agensi, dan keluar itu adalah bentuk lain ikhtiar ketika cara pertama gak nunjukin hasil.
      Komitmen terhadap kontrak itu harus dari bersifat timbal balik, kalo salah satu pihak mulai melanggarnya, maka gak ada kewajiban pihak yang lain untuk tetap mempertahankan kontrak. Dan kita gak tau pihak mana yang duluan ngelanggar.
      SM suka sama tipikal penurut, mungkin lebih tepatnya ‘yang pasrah’ atau yang gak revolusioner. Saya lebih suka pake istilah ‘tipe yang gak bisa dimanipulasi’ menggantikan istilah pemberontak. Sebab, sampai saat ini Kris lebih banyak dikenal sebagai anak penurut ketika itu sesuai dengan logikanya, dan baru memberontak ketika menghadapi sesuatu yang gak sesuai dengan penalarannya (dan itu sangat jarang).

      1. beda penafisran antara sabar dan pasrah kalo gw sih, mungkin kalo lo nafsirinnya gitu ga tau deh ya.. susah sih berdebat juga kalo situ udah hard feeling duluan.. Saya ga ngebela SM, tapi ngebela artis2 yg masih bertahan di SM.. why? karena bias saya ada disana, dan tahun lalu mereka baru perpanjang kontrak di SM.. 😀

      2. Hahaha….susah memang ya, bersikap netral, meski udah berusaha. Komenku terkesan ngejelek2in SM, ya? Sebenernya maksud aku juga ngebela para mantan, karena mereka sering dituduh yg gak kuat mental, manja, gak sabaran, dll, pdhl fakta2 makin kuat bhw ada banyak hal yg harus diperbaiki di tubuh SM, jadi peristiwa lawsuit itu bukan semata salah si artis. Ttg artis2 yg msh bertahan, aku juga tetep respek, kok, ke mereka. Ketika SM udah mulai memperbaiki diri, misalnya mulai ngasih byk job individu, kebebasan dan dukungan utk karir solo mereka nantinya, aku juga appreciate, kok. Juga ketika udah gak kedengeran mereka bermain media thd para mantan dan keliatannya mereka udah gak mengucilkan para mantan dg mengijinkan artisnya terlibat proyek yg sama,spt Amber f(x) yg mau main film bareng Kris di LORD, aku seneng banget. Jadi, don’t worry, aku masih optimis utk SM asal artis dan fansnya sama2 bersikap kritis gak asal manut saja.

      3. menurutku beda deh antara sabar dengan pasrah. nggak semua artis2 yg masih bertahan di SM itu pasrah, sebagaimana nggak semua artis2 yg keluar dari SM itu revolusioner. Zhang Liyin yg dari China pernah bilang gini “I trust the company”, Lay EXO juga pernah bilang kayak gitu. BoA bahkan udah 15 tahun di bawah SM dan dia baik-baik aja menikmati karirnya.
        mengenai lawsuit, kayaknya kita nggak bisa menggeneralisasikan semua gugatan kepada SM disebabkan oleh masalah yg sama. JYJ dulu menggugat karena kontrak yg bener2 berat sebelah, Hangeng karena aktivitasnya dibatasi, Kris dan Luhan karena (katanya) pembagian job yg tidak merata. *silakan koreksi jika salah*
        so, sebenarnya itu pilihan bagi artis2 SM mau tetap dinaungi SM atau nyari kehidupan lain. artis2 SM itu sebagian besar udah dewasa, kita nggak bisa nyebut 30 artis yg masih bertahan sebagai “orang yg pasrah” hanya karena 7 orang yg lain memilih bertindak “revolusioner”.

  11. gimana yah?? bingung nih sama SM..
    mau nyalahin tapi bias semua ada di SM.. dan “sepertinya” mereka nyama di SM..
    mau ngebela juga banyak banget yg udh jadi “korban”..
    semua pasti ada kelemahan dan kelebihannya..
    kelebihan SM itu hampir semua artis yang dia keluarin pasti berhasil dan terkenal..
    kekurangannya.. ya itu.. semua org juga udh pada ngerti lah..
    sekarang mah siapa yang kuat dia yang bertahan..
    yang terbaik aja buat semua pihak..
    da aku mah apa atuh.. cuma bisa baca beritanya aja.. ga lebih..
    #langsungnyanyilaguSHINee #Selena6.23

  12. gw cma,, wow….. 8 thun jd ank kpop dn slma itu jd SM stand gw bru ngeh drummer keceh trax itu no minwoo (kmna aja gw)…???
    gw udh g bsa ngomong apa2 lgi ama SM,, bhkan cobaan pun g digubris SM…
    gw cma bsa berdoa smoga SM dibukakan mata hatinya…..mrka ini mnusia sma sperti orng2 pnting di SM,, kita g sllu ada di ats,, berbuat baik lah ama orng….krna kita g tau smpai kpan kita bsa berdiri kuat sndiri,,kita bsa jatuh,, dn spa yg bsa bntu kita dlm keadaaan jatuh?? SM coba pikir itu!!

  13. “While the 17-year contract is an issue, in addition, as soon as No Min Woo showed signs of opposition [to the contract], SM halted all support activities expected of a management company” (soompi).
    O, begitu ternyata, ya? Kalo ada artisnya yang berani mengkritik dan melawan kebijakan SM, SM langsung menghentikan semua kegiatan si artis yang seharusnya didukung oleh agensinya?Jadi, itu juga-kah yang dulu dialami oleh Kris setelah dia mencoba untuk keluar pertama kali di awal tahun 2013, sehingga semua tawaran film dia ditolak secara sepihak dan dia diperlakukan kurang baik oleh SM?
    Ketika keluar Min Woo tidak mengajukan gugatan hukum, jadi semacam hiatus dengan alasan mau mengejar karir di bidang akting. Tapi ternyata aktivitasnya tetep diganggu dan diblokir oleh SM. Hiatus dengan alasan mau fokus di bidang akting juga dilakukan oleh Kibum. Dan apa kabar, Kibum? Sejak hiatus tahun 2009 dia gak pernah dilibatkan di album Suju dan hanya dapet 4 peran drama TV dan 1 film yang biasa-biasa saja. Sama jugakah nasibnya dengan Min Woo?
    Jadi lebih baik yang mana? Lawsuit ataukah hiatus? Kalo kenyataannya akibat dari hiatus gak lebih baik bagi karir si artis dibandingkan dengan lawsuit.

    1. kalo logikanya begitu
      jangan2 sebentar lagi KIBUM ….???
      -lol-
      abis si Kibum juga gaje statusnya, di SUJU ga ada
      di drama pun gw gak pernah liat.
      misterius

    1. Masa kontrak Min Woo 17 tahun, dia debut th 2004, berarti seharusnya habis kontrak tahun 2021. Min Woo keluar dari TRAX th 2006 tapi masih bernaung di SM sampe 2009, lantas gabung dengan CCM 2009-2012. Karena dia bisa tanda tangan kontrak dengan agensi lain berarti dia mengakhiri kontraknya secara resmi dengan SM tanpa lawsuit, mungkin keduanya berhasil mencapai kesepakatan. Jadi, Min Woo keluar secara baik-baik.
      Yang mengherankan, selama tahun 2006 – 2009, SM seharusnya masih memberikannya berbagai aktivitas karena dia masih menjadi tanggung jawabnya, tapi karena Min Woo menentang beberapa hal yang ada di kontrak, SM menghentikan semua aktivitasnya sehingga dia harus mencarinya sendiri, dan itu juga bukan tanpa gangguan. Kemudian meskipun dia udah gak terikat kontrak dengan SM lagi dan perginya dengan tetap menjaga nama baik SM, tapi tekanan dan campur tangan dari SM masih berlanjut dengan memblokir dan mengganggu berbagai aktivitasnya. Betapa gak dewasa-nya SM, dan perlakuan yang sama juga SM lakukan terhadap JYJ, Hangeng, Kris dan Luhan.

      1. jadi 3 tahun dia nerima perlakuan tidak adil SM?
        jadi solois jobless
        just Wowww
        aduh kalo kyak gtu mirip jessica dong, keluar dari grup tapi dibilang masih di SM, di korea dia juga kayak di block gitu, sampe artikel tentang dia pun dihapus, semua job dia dapat di china, itupun nggak melalui SM lagi
        please SM leave jessica alone

  14. Cckck, heran sama SM deh
    apa mereka ga pernah belajar dari kasus sebelumnya yah
    mereka tuh ga rela banget kalau anak didik mereka yg cabut dr SM, terus lebih sukses, alhasil mainannya blok sana sini
    apa ga capek yah gitu terus, aku aja yang baca beritanya capek
    Si No Min Woo ini pas di Trax pakai stage name Rose
    wajar sih kalau ada yang nggak ngeh
    Plis SM jangan kayak gini terus
    ga baik lho hambat rezeki orang
    situ kan juga agensi besar, ga malu apa ada kasus law suit mulu

  15. ceuk sayah juga, eta turunin si Kim Young Min. Lee Soo Man jadi CEO deui weh. teu baleg di pegang ku si Yong min mah, masalah weh hayoh dararatang. teu baleg si eta -_- *maaf roaming hahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *