Menurut Wawancara Eksklusif dengan Ayahnya, Tao Setuju untuk Meninggalkan EXO

by

EXO-Tao

Setelah pernyataan bolak-balik dari ayah Tao dan SM Entertainment, media Cina, Sina, melaporkan bahwa ayah Tao telah melakukan wawancara dengan mereka, mengungkapkan bahwa Tao telah setuju untuk mengikuti keputusan ayahnya untuk meninggalkan agensi dan grup.

Dalam surat yang ditulis ayah Tao di weibo, ia bilang bahwa Tao tidak ingin meninggalkan timnya, tapi sebagai seorang ayah, ia percaya bahwa kesehatan Tao adalah prioritas utama dan ingin anaknya untuk keluar.

Dalam sebuah wawancara dengan Sina, ayah Tao memberikan beberapa update, “Tao pada akhirnya setuju untuk keluar… pengobatan anakku adalah prioritas utama, dan untuk sisanya, itu sesuatu yang Tao harus pikirkan dan membuat pilihan.”

Ayahnya menekankan bahwa alasan terbesar ia ingin anaknya keluar adalah untuk kesehatan dan ketenangan pikiran. “Selama tiga tahun setelah debutnya, Tao muncul di banyak program yang beresiko membahayakan kesehatannya. Hatiku sakit melihat agensi tersebut tidak dengan benar merawat setiap cedera yang dialami anakku.”

“Terakhir kali ketika aku mengunjungi Korea dan mencoba untuk membawa anakku pulang untuk mendapatkan pengobatan, agensi tiba-tiba bilang ‘Mari kita bicara tentang masa depan Tao,'” dia juga mengatakan, “Selama proses itu, berbicara tentang mengembangkan karir secara individu, dan aku sangat senang. Aku berpikir bahwa akhirnya agensi ini mengakui kerja keras anakku, namun pada akhirnya gagal.”

“Sangat sulit dan juga menyakitkan bagiku untuk membuat keputusan seperti itu. Tao mencintai musik dan timnya. Meski ia tidak mendapatkan pengobatan yang tepat ketika ia terluka, ia tidak pernah menyalahkan mereka… Namun, sebagai seorang ayah , aku tidak bisa lagi diam dan menonton anakku berdiri di atas panggung dalam keadaan terluka,” tambah ayah Tao.

Sementara itu SM Entertainment belum mengeluarkan tanggapan lain.

 

Source: allkpop, koreaboo
Shared by: tiarakim@koreanindo.net
PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS!!!

 

Lihat juga:

Ayah Tao Dikabarkan Tulis Surat Melalui ‘Weibo’, Meminta Putranya Keluar dari EXO

SM Entertainment Rilis Pernyataan Resmi Terkait Surat Ayah Tao EXO

Di Tengah Rumor Hengkangnya Tao, EXO Akan Tetap Tampil di Program Musik Minggu Ini

Loading…

97 thoughts on “Menurut Wawancara Eksklusif dengan Ayahnya, Tao Setuju untuk Meninggalkan EXO

    1. sorry wa numpang comen disini.
      duh sm emng separah itu kan. wa liat bangt muka2 anak exo kayak kelelahan banget. trus masa iya tiap tahun ada yg leave dr grup. asli wa kesel banget tp wa nga ada hak juga buat ngomong apa2 kan huhu.please sm lbh bner lagi dong urus artis nya jngan mikirin duit aja pikirin juga kesehatan kenyamanan artis2nya jngan sampe kulang2 kjadian tao beli obat sndri gila aja wa bneran sedih

    2. numpang comment yah ^^

      kalau emang itu keputusan keluarga Tao dan Taonya sendiri yang setuju mau bagaimana lagi? lagipula ayahnya Tao minta secara baik-baik kok..
      tapi yah.. kan dia keluar buat nyembuhin semua cederanya sampai tuntas nah jangan setelah baru keluar malah makin sibuk aja di negeri sebrang sana..

      no bash ya.

  1. whatever lah…
    Paling juga ujung2nya sama kayak Kris dan Luhan…
    setelah beberapa bulan lawsuit, mulai aktivitas individu di china…
    apapun yg terjadi gue akan tetap menikmati karya2 mereka, kalo emang Tao masih stay gue ikut seneng..

    just wait and see what’s next?

  2. “Hatiku sakit melihat agensi tersebut tidak dengan benar merawat setiap cedera yang dialami anakku.”
    bukan maksud mau sok tahu, tp dr sini aja harusnya udh bs di ambil kesimpulan.
    masih ada yg mau nyalahin kris dan ngehujat luhan? mana cb sini tunjukin muka lu, luhan sendiri udah ketahuan gmn buruknya kesehatan dia. sedangkan kris? okelah, gue cukup akuin dia emang yg rada kurang ajar disini. pergi ga bilang2. tp klo emang lo FANS harusnya tahu, dr awal dia di exo pribadinya emang tertutup.

    1. Luhan dah belajar dari pengalaman Kris, sedangkan Kris sebagai yang pertama, gak belajar dari pengalaman siapapun, gak minta pertimbangan ke siapapun, gak sempet nyiapin supaya segala masalah kesehatannya terdokumentasi dengan baik, akhirnya ya jadi begitu deh, kacau…hehe… Tapi ada permasalahan di tubuh SM, itu adalah real, bukan asumsi.

      1. Dan balasan terhadap ‘kekurangajaran’ Kris udah lebih dari cukup. Dia yang paling banyak terima hujatan, bahkan sampai sekarang, gak cuman dari fans, dari member, mantan agensi, dia yang paling sering jadi target kampanye hitam. Gak bisakah EXO-l dan member memaafkan keteledorannya? Gak bisakah EXO-l memahami kepribadiannya yang tertutup, sisa dari masa lalunya yang udah dipaksa memikirkan segalanya sendiri di saat usianya baru 10 tahun? Sorry, OOT, karena kejadian ini mengingatkanku pada peristiwa 15-5-2014. Kadang aku ngeliat bahwa Luhan dan Tao cukup beruntung masih punya keluarga (terutama ayah) yang ngelindungin mereka. Dari sini aku menilai kalo Kris itu benar-benar orang yang kuat.

      2. yg aku tahu ‘sebagai fans’ (maaf klo salah) tp kris itu tipe yg emang ga suka ngomongin masalah pribadinya. dia terkesan lbh menutup diri. aku msh inget bgt yg di bilang tao waktu di starcast, klo dia ga mau kris nyimpen masalahnya sendiri, stress sendiri. dia pengen kris bagi2 klo masalah. tp ya emang dasar pribadinya begitu udah susah.
        klo masalah SM yah, setiap orang jg udah taulah. dr dulu, dr jamannya jyj, hanggeng selalu sama. bahkan yg bikin aku heran, jessica itu kan di keluarin bukannya ‘keluar’ yg seharusnya dpt rasa prihatin tp kok malah dpt hujatan. janggal aja

      3. sorry nih yantita, awlnya aq g niat mo komen, tunggu prkmbangan kasus aja.. tpii baca komenmu yg “kris paling banyak terima hujatan, bahkan sampai sekarang, gak cuman dari fans, dari member, mantan agensi…”
        klo dr fans okelaah exol bnyk yg kontra tp g sdkit juga yg pro, intinya g semualaah
        klo mantan agensi, itu udh jd RESIKO bwt yg lawsuit, klo g mau ribet yaa jgn lawsuit dong, SM bkn pasar yg seenak jidat bs kluar msuk, aq pribadi g mw tw urusan SM sm mmber yg lawsuit krn apa, kmbali lg ke RESIKO mrk yg lawsuit mw g mw hrs dtanggung sndiri dong masa’ mo dbagi k mmber yg laen

        naah yg aq prtnyakn adl yg dr member, hujatan sprti apa yaah, kok aq g prnah denger ya, masalah tao yg blg penghianat, g ngliat ini artikel tao juga d ambang lawsuit,,

        lbh baik klo ngomongin ex.mmber g usah bawa2 EXO deh. EXO tu udh capek perform capek latihan capek batin pasti..

      4. Mmm… sebenernya aku gak mau mengorek luka lama, percaya deh, aku gak benci member EXO, aku terutama sayang sama EXO-M karena merekalah aku jatuh hati sama EXO. Kalo peristiwa saat pertama kali Kris keluar udah pada tau, lah ya… Tao, Lay, Chanyeol, Suho bilang apa… trus waktu Lay di pembukaan workshopnya itu media Korea bilang bahwa Lay dapetin tu workshop karena kerja keras dia, membawa contoh tentang pemenuhan kontrak, trus di wawancaranya dia keliatan enggan ditanya tentang kontaknya dengan Kris karena biarpun dia ngejawab iya, tapi trus cepet2 nyebut Luhan secara khusus (aku ngeliat videonya), itu kan bikin reputasi Kris jadi jelek, dikira musuhan lah, pengkhianat lah… aku liat sendiri, kok, sempet lebih dari sepuluh ribu follower Kris di Weibo berkurang sejak opening workshop dan wawancaranya Lay… Sorry banget, kalo apa yang kutulis ini nyinggung perasaan kamu ataupun EXO-l yang lain.

        Aku dah bisa mendamaikan perasaanku terhadap Tao, Lay, Chanyeol, Suho… baca aja postingan-postinganku. Aku juga paham, Lay sekarang lagi dalam posisi terjepit. Kalo sekarang EXO-l lebih suportif terhadap kepergian Luhan dan mungkin sebentar lagi Tao, aku bersyukur banget.

        Tentang SM, wajar memang kalo Kris dapet hujatan dari SM, tapi kenapa aku ngerasa dia mendapat lebih banyak kampanye hitam? Liat aja rumor-rumor dia pacaran ama direktur SWOWK, gak ada agensi yang mau kerjasama dengan Kris karena takut dia akan mengkhianati kontrak, nyebarin surat yang bernada mengancam ke sejumlah industri hiburan di Cina, dll. Semua rumor itu terbukti bohong dan atau disetir untuk kepentingan mereka.

        Sudah-lah, aku gak bermaksud nyalahin siapapun member EXO, kecuali mungkin mengkritik SM.

    2. Big RT gue. Pas kris luhan pergi ninggalin exo gue gg nyalahin mereka. Mungkin luhan pas denger kris lawsuit cuma luhan doang yg gg marah karena udah tau yg kris rasain juga di rasain ama luhan

      1. yg dilakuin kris mngkn cuma bsa difahami luhan, aq pikir member lain sngt berat soal firs time bwt mrk, n alasannya cma finansial yg nonjol, klo luhan aq pikir ckp dihormati kptusanya ma member2 soal pas itu emnk jg krn kesehatan. kliatn msh sdkt brhbngn dg member pas dy out

    3. emank ada benernya, aq pikir EXO ini beda dr grup SM yg lain misal kaya seniornya. mungkin krn aq pikir mrk dibentuk utk grup dg member terbanyak setelah suju dan lama trainee yg brbeda2 bgt trus latar belakang asal member juga berbeda
      itu smua yg buat member 1 dg yg lain krg care mungkin
      sjak dulu aq cuma ngliet keakraban itu di member EXO-K smpe detik ini pun yg trlihat akrab hanya semisal 2 org yg deket kaya chanyeol-baekhyun, dll selainnya kaya krg komunikasi. reality show EXO’s ……… sbnrnya jg nglietin krg deketnya hubungan mrk sesama member keseluruhan
      pokoknya relationship antar member mrk tu ga kaya senior2nya

      1. Iyess masih kurang bgt. Klo mau di bandingin sm seniornya mah jauh bgt, dr perjuangan jg msh beratan senior2nya yg dulu.
        Ga nyalahin exo jg sebenernya, mungkin klo ku bilang mereka kurang mental. Trainee nya bentar2 semua

        1. iya mnding sm fokus ama f(x), exo, red velvet dlu deh jgn debutin grup lg apalg traineenya sepndek 2/3 th kaya suho donk 6 th bikin dy jd leader yg baik lg an ank sm rookies umurnya msh d bwh 20th

  3. rela gue rela tao keluar, kalo memang demi kesehatan dia…
    dan gue percaya lay gak akan keluar karena janjijanjinya dia kemaren, tapi kalo dia pada akhirnya nanti bakalan ikut keluar berarti dia emng bermuka dua seperti yg dikabarkan sebelumnya. dan gue bener bener kecewa sama member yg dari cina..

  4. Tuchkan gue pengen nangis lagi. Ternyata yg katanya bikinin tao begini begitu gagal juga. Lagi2 di PHP. Hadeeeeeuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhh gue gg tau mo ngomong apa2 ? Yg jelas exo l tuch gg bisa diginiin. Disitu kadang saya merasa sakit hatin batin. #BelieveinTAO #GetWellSoonTao #StayStrongEXO #StayStrongEXOL

  5. dukung bapak nya Tao deh, orang tua mana juga yg mau anak nya sakit dan gak diurus pula. ke opotek sndiri pke tongkat gak ad staff. tao oh tao… gue lebih cinta para member exo drpd exo nya sendiri

  6. Astaagaaaahh apaaa lagii iniii ya allaahh…. ga salah sih papa nya tao kan mau yg terbaik buat anaknyaa dan yg bikin makin sedih si tao ga mau ninggalin exoo.. cumaaan cumaaaan aaaahh pasti tao galau bgt.. masaa tinggal laaaayy astagaahhh ber9 ga kebayang :””’
    SM mending suruh vakum dulu aja tao nya sampe sembuh baru balik lg ke exo.. mending ber9 sementara drpd ber9 selamanyaa :””’
    Semoga semuanya bisa di omongin baik baikk

  7. lagu promise? iya gue yang promise bakalan tetep dukung kalian apapun yang terjadi. mau ot12 11 10 9 pun gue ga akan ninggalin kalian,ga akan ninggalin fandom ini..
    tao 2nd bias gueeeee tbh:”’ ancurlah dr td malem tiap baca berita kaya gini. udah ya zi, kamu keluar aja gakpapa, pengennya sih hiatus dulu biar sembuh gakpapa kita bakalan nungguin.. tp kalo emang leave semoga yang terbaik aja lah gue binggung serius:’

    keliatan bgt foto2 exo di even NR siang ini muka suho sama jongin gakbisa boong kalo mereka maksain senyum. ikr oppa how ur feel.
    ah tau ah, gue galau. bhay.

  8. Tao.. kenapa gak vakum aja? 🙂 kalau buat penyembuhan.. kyuhyun dulu bahkan pernah coma.. tapi dia vakum tanpa harus keluar sampai kerongkongannya harus di operasi dan nyaris kehilangan karier bernyanyinya.. gak tau apapun karena setiap anak dan orang tua berbeda.. apapun yang terjadi yang terbaik aja.. kami kehilangan 3 member dalam waktu yang berdekatan.. asal jangan keluar sakit terus terus aktif di tv china.. kalau bapak tao bilang penyembuhan dan seterusnya sembarang tao.. kan bisa ngomong sama agency untuk vakum penyembuhan ntar sudah sembuh balik lagi ke exo.. atau di balik kata ‘sembarang itu’ tao sudah ada proyek lain? Kalau masalah workshop itu toh semua harus sabar.. banyak senior china juga di sm.. dan mereka gak bisa mendapatkan itu juga kok meski karier debut mereka sudah lama banget.. semua butuh proses dan kesabaran.. jangan juga nyalahin sm mulu.. kan gak etis kalau perusahaan selalu mengabulkan kemauan artisnya terus di ancam bakal out, dan perusahaan itu langsung ngabulin.. lama2 semua artisnya bakal ngelakuin hal yang sama ke agency itu.. mau ini ngancam.. mau itu ngancam.. kalian bakal dapat kebahagiaan penuh dalam 7 tahun debut.. kayak suju dan snsd yang notabennya anak emas yang setiap job sesuai kemauan mereka.. kalian baru 3 tahun.. sabar.. dan entah mengapa keluar member saat keadaan comeback moment.. keadaan konser.. entah semua kayak drama ff aja.. maaf kepanjangan.. habis gak ada teman kpopers yg bisa di ajak curhat.. hahaha

    1. setujuu nihh.. vakum aja duluu yah gituuu sampe sembuh.. bawaannya tao pengen gw bawa ke haji naim di jamin cepet sembuhh bisa balik lg bareng exo :””

    2. setuju sm komen ini
      ak bkn exo-L (cmn suka bbrp member exo)
      agk lucu klu dpikir2 cmn krna mslh kshtn lgsng mw out..
      krna stau ak sih ya byk artis/idol/actor yg luka sana-sini bhkn kyk kasus kyu yg koma gtu pun tetep tahan mgkn bagi ortu itu susah nerima ny tp klu anakny tetep mau btahan ga mgkn ortuny paksa anakny kluar..
      aplgi stahu ak (koreksi klu slh) tao prnh janji ga bkal kluar dri exo
      n dy bhkn blg kris th pengkhianat (koreksi klu slh)
      di balik surat pa2 ny Tao ak cmn dpt inti ny.. workshop ny Lay knpa bkn untk Tao..
      klu mank stlh Tao kluar dri exo lalu dy vakum dri dunia entertaiment bbrp tahun mgkn mank dy butuh pengobatan u/ cedera ny
      tp klu mndadak kluar lalu byk project solo kyk luhan kris skrg brarti mank ujung2ny yah ga jauh beda sma luhan kris..

      -just my opinion-don’t bash-

    3. Mencoba untuk berpikiran positif. Ini bukan cuma pertimbangan Tao tapi juga pemikiran dan keinginan orang tuanya… Dari surat ayahnya dan penjelasan SM bisa dilihat kalo orang tua Tao udah kehilangan kepercayaan sama SM..

    4. putraexostand : Kyuhyun itu walaupun sakit dia org korea, keluarganya di korea jd bisa mantau dia setiap saat. Dan saat Kyuhyun sakit itupun aktivitas SJ diluar negeri blm kayak sekarang, jd istirahatnya Kyuhyun bisa total. Pasti tau donk, kpop dibawah taun 2009 itu susyaaaahhnya minta ampuuun. Skrg gmn mau sembuh total, baru mendingan dikit, lsng kesana kesini, perform keluar negeri ini itu. Sakit sedikit, lama-lama makin sakit.

      “kayak suju dan snsd yang notabennya anak emas yang setiap job sesuai kemauan mereka..”

      SJ anak emas?? koq saya baru
      tau, dan baru kali ini dgr suju diblg anak emas. Ahahahah, antara miris dan ngakak saya sbg elfs #maafmaaf bahkan sampe skrg job mereka msh diatur, bkn kemauan
      mereka sendiri.
      Aku bantu jawab aja ya krn dikomenmu ada SJ. Hehehe

  9. Biarpun awalnya aku gak pengin Tao pergi, tapi sekarang udah aku ikhlasin. Biarpun pernah sakit hati ama reaksi Tao ke Kris, tapi udah aku maafin. Aku percaya bahwa ini bukan kutukan, kalo akhirnya Tao harus ngalamin apa yang pernah Kris alami dengan sebab cedera di engkel, sama seperti waktu Kris harus nyerah terhadap keinginan jadi pemain basket.

    Kuharap Tao siap mental karena siapapun yang pergi akan selalu dapetin hinaan dan caci maki, semua itu gak sepenuhnya buruk, Tao. Itu semua akan menempamu lebih dewasa. Kuharap fans Tao melindungi, menjaga dan menjadi tameng dia terhadap segala hal menyakitkan dan berikan dia dukungan.
    Kuharap member EXO dan EXO-l juga lebih dewasa menyikapi hal ini, jangan lagi ada fanwar atau menjadi pemicu fanwar. Stay strong!

    Dan SM, meskipun aku tau ini berat buatmu, tolong jangan persulit kepergiannya seperti yang udah kau lakukan terhadap dua member yang duluan pergi.

  10. Kalo Tao keluar ya udah gak usah jadi artis lagi, nanti makin parah cederanya :3 . Udah capek menangisi mereka yg pergi, lebih baik bersyukur karena member yg bertahan bisa lebih banyak part lagu, dance, dan popularitas. Soal tetap bertahan atau gak, itu terserah mereka dah, aku pribadi menyukai mereka karena EXO, bukan karena mantan member EXO.

  11. udah siap mewek dari tadi pagi..
    sekarang jauh lebih tenang dan bisa menerima keputusan Tao..
    Sebenernya sih sulit bgt buat relain Tao, tapi gimanapun kesehatan Tao memang jauh lebih penting.. mungkin dengan jalan ini, semuanya akan jadi lebih baik.
    Semoga cepet semmbuh Tao-ya.. dan karirinya semkain bersinar di china.
    walaupun mungkin banyak di luar sana yang ga setuju dan balik ngebash kamu kaya LuKris dulu, ga usah di pedulikan.. banyak kok yang masih setia mendukungmu, termasuk aku.
    Walapun kamu udah buat aku gila, nangis2 gaje karena rumor ini.. tapi mau gimana, sulit bgt buat benci sama baby panda.. apalagi di saat cedera parah kaya gini..

    Buat member lain juga tetep kuat, oke? aku juga akan ikut kuat selama kalian bertahan lebih lama lagi.
    sekarang aku udah ga banyak nuntut,,aku juga udah rela kalau kalian mau dating sama siapapun, bahkan sama nenek2 sekalipun, itu jauh lebih baik dari pada ngalamin hal kaya gini lagi..
    Bener2 gak rela kalau akhirnya EXO cuma tinggal nama.

  12. Bapaknya mending maen sinetron aja lah. tao udah cukup dewasa buat nentuin masa depannya. kenapa juga bokapnya harus ikut-ikutan? Ini bukan masalah orang tua yang khawatir akan kesehatan anaknya. Tao itu laki. dia berhak buat nentuin dia mau gimana, sama siapa, dan jadi apa.

    Tao kenapa ga speak up juga. instagram kek. apa kek. apa gunanya teaser mewah Pathcode yang serba 10 itu. buang semua buang.

  13. iya setuju … kenapa gak dari dulu dulu aja keluarnya.pas tao sakit sakitan. kenapa harus sekarang, . sebenernya tao juga susah buat ninggalin exo, tapi apalah apalah/?

  14. kenapa gak vakum dulu aja ya, vakumnya buat pulang ke cina perawatan dgn bener sampai bener2 sembuh total. kan klw sudah sembuh kan sama2 untungnya juga buat keduanya. sm dan tao

    1. Kalau kita berpikir positif, mungkin cedera yang dialami Tao ini dampaknya berkelanjutan dan kalo sembuh pun harus hati-hati karena bisa cedera lagi dan kalo misalkan dia sembuh orangtuanya nggak mau dia melakukan hal-hal yang beresiko kambuhnya cederanya dia. Termasuk jadwal EXO yg padat, koreo yang berat juga,,, dan sepertinya orang tuanya Tao udah hilang kepercayaan sama SM mulai dari gara2 proses penyembuhan yg nggak maksimal trus janji SM untk workshop yang buat Tao.. Jadi kalaupun Tao sembuh ortunya nggak percay SM bisa menjaga Tao dan menjamin untuk mendukung cita-cita Tao.
      Maaf itu cuma pendapat aku.

  15. Air mata gua udah gk bisa kluar..:’v udah biasa dikasih cobaan/? kaya begini..:3

    Gua doain yang terbaik ajalah yah buat Tao..:3
    Cepet sembuh juga..

    udahlah yah.. gua gk tau mau ngomong apaan lagi..:’v

  16. klo tao udh sembuh dr cederanya, sepulih2nya tanpa membekas lg, dia mw ngapain? toh, klo emg sm udh dikonfirmasi bahwa tao benar2 leave, trus cedera lamanya udh sembuh total, dia mw ngapain?

  17. dari awal sebenernya yg salah emang sistem di SM sendiri. Mereka ngebuat artis mereka kerja keras buat ngasih dan nampilin karya terbaik tapi mereka lupa kalo artists merka juga manusia yg bisa sakit dan cedera.
    Banyak yg nge-blame member china karna yg bermasalah sll mereka, ya emang karena member china bukan orang korea mereka pasti ngerasa beda.
    Tao cedera udah sering banget yg paling parah kmren dia harus ke apotik sendiri dg pake egrang, apa ga keterlaluan?
    Kai juga sering cedera tp sll maksain buat tampil. chanyeol sempet hampir pingsan ditengah perfom. dan masih buanyak bget artists sm lain yg begitu.
    Kapan SM berhenti jdiin artistsnya sebgai boneka?

    1. Mungkin untuk sm yg penting target gini gitu tercapai, terdengar *membahana dan luar biasa*….walopun harus force anak2 sampe cedera dan kurus2 sekarang hiks

  18. SM emang uda ga aneh soal kontrak ny yg kejam..
    tp pa2 Tao bikin mslh ini jdi kyk drama
    Ga ad ortu yg bahagia liat anakny luka2/cedera, tp knpa cmn pa2 ny yg protes?
    liat komen neti jdi pda ngrangkum mslh ini dgn Tao menjadikan pa2ny sbgai tameng/alasan u/ kluar dri EXO..
    Klu niat kluar ga usah byk drama ny lgsng nyari pengacara aja..
    Klu ga niat kluar psti ad jln kluar ny (maybe vakum u/ pengobatan cederanya)

    buat yg lagi2 di tinggalin pergi.. bias2 ku D.O,Chanyeol,Kai,Suho,Sehun,XiuMin semangat deh ya.. tlg jgn delcon IG nya xiumin-ah TOT

  19. mungkin ini karma SM karena ngeblok JYJ jadi anak emasnya berantakan kaya gini

    cuma ya kalo mau keluar jangan pas lagi comeback dong, ga kasian yaa sama member lain yang juga sama sama kerja keras buat pertahanin exo yg skrg?

  20. udah mending exo bubar aja deh.. dr pada keluar satu2 gini ga nyakitin fans tuh?? jjr gw sih bkn fans exo cm gw mikir kl gw diposisi mereka pst sakit liatin idolanya keluar satu2. mending bubar aja, sakit jg cm sakit diawal aja kan ?? dr pd kaya sekarang sama2 sakit cm berulang2..

  21. hargai apapun keputusan yang dibuat Tao buat kedepannya, dan tolong jangan saling menyalahkan pihak SM atau pihak Tao dan ayahnya. Jahat kalo ada yang bilang Tao dan ayahnya serakah karna soal workshop. Ini soal kesehatan dan jelas banget kok dari beberapa foto yang ada tao kakinya memar dan sekarang harus pake tongkat. Kalaupun suatu saat dia emang udah fix keluar dan ternyata mulai aktifitas solo dia di China setelah penyembuhannya selesai, tolong jangan dihujat. Seperti yang ayahnya bilang menjadi seorang entertainer itu mimpi Tao sejak lama, dan kalo dia harus stop sementara karna penyembuhan itu wajar banget.

    Oh ya satu lagi jangan sampelah ada yang bilang EXO tumbal dari Red Velvet dan SM Rookies, mereka ga salah apa apa kok, sedih aja baca di beberapa spazz account bilang ini tumbal. Ini udah jalannya begini emang kita bisa apa?

    Jadi jangan saling tuduh siapa yang salah. Dunia showbiz itu keras..

  22. Gue liat gambar kaki tao yg beredar di twitter. Dan wajar bgt kl ayahnya minta dia out. Tp gatau jg itu foro ki tao bener apa hoax.
    Yaaah member fav gue. Meskipun gue bukan exo-l
    Sedih aja. Tao mukanya unik, nyenengin, lucu.
    Mungkin krn gue YGstan. Gue sering nonton interaksi dia sm mino, dia ikut nanyi hampir full lagu pas winner tampil, dia joget pas 2ne1 tampil. Udh suka lah sm tao. Eh malah out </3

  23. Sedih denger TAO keluar:( tapi aku tau kok cedera yang dialami tao harus banget lama pengobatan soalnya pernah banget ngalamin. Mau nanya, kenapa fans selalu ngehujat kris dan luhan atas keluarnya mereka dengan tao? Lalu kenapa fans selalu mengomentari kesalahan tapi tidak menyadari kebenaran. Sedih liatnya, apa-apa negative thinking.

  24. seorang ayah dan orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya:”
    tapi pertanyaannya, bisakah ini jadi yang terakhir? atau, kapan semua ini akan berakhir?

  25. disatu sisi gue kasian liat Tao. Tp d sisi lain pngalaman member exo yg udah keluar kata ny si sakit. tp kok syuting film ?
    gue udah prediksi dr tahun lalu klo tao bakal keluar. biasa ny rumor d SM benar. gue respek jg sm tao. bakal kangen jg reaksi dia sm artis YG.
    semoga tao bisa menemukan agensi yg nyaman selain SM menurut dia.

  26. setiap pekerjaan ada resiko palagi dunia entertainment,banyak idol yg cidera gara2 nari lah ato macem2…yg aku heran knapa harus keluar,knapa ga hiatus aja…harusnya tao ma bapa nya tau dong resiko idol tu gimana.ato rumor gara2 kecewa masalah bikin studio yg malah dikasih ke lay.
    ya apapun yg terbaik buat exo lah.kita cuman bs ngeduga2 aja
    tao moga cepet pulih dan moga aja rubah pikiran

  27. Kalau pergi, pergi aja dech biar sekalian hilangnya, yg penting exo’na ndak bubar, jadi masih bisa nikmati karyanya exo. Emang resiko ambil anak bukan dalam negri sendiri emang kayak gitu, makanya agensi lain jarang ambil resiko seperti yg di lakukan SM.
    lebih bisa menghargai tao, dari pada yg keluar duluan waktu itu .
    SM,,SM. SELALU BEGITU KAMU …
    NGGAK ADA BERUBAHNYA .

  28. ayahnya tao menurut gue terlalu egois, okey kalo soal kesehatan gue setuju tapi liat dong anak SM ent yg prnh skt yg lbh parah masih stay d grup nya cntoh kyuhyun onew.. kalo dliat dri wwncara ayah nya tao, terkesan kya ayahnya tao jealous sma lay yg d ksh studio d china. hrs nya tao d srh istirahat aja smpe sembuh jgn d srh out dri exo klo emg ayahnya syg ama tao. siap2 deh lay d bash sma netizen.. huhu

  29. kemaren pas comeback Overdose dua member keluar. sekarang comeback Call me baby Tao mau keluar juga. apa tiap comeback mereka harus terus kehilangan anggota? :’)

    yang ada di pikiran aku sih, kalo sakit kenapa ga vakum dulu aja? gausah sampe keluar. kaya Kyuhyun dulu sempet vakum lumayan lama, ya walopun beda kasus sih, Kyuhyun mah kecelakaan. seharusnya SM juga harusnya belajar dari yang udah-udah, jangan sampe keulang kaya gini lagi. tapi yasudahlah.. apalah aku ini, cuma fans yang selalu mendoakan yang terbaik buat oppa-oppa semuanya :’)

    yang saya tunggu sekarang, berita Young Min turun jabatan dari CEO terus keluar dari SM, LOL

  30. Haaahhhh cape hati gw lihat berita kayak gini kenapa mesti kyak gini terus sih….gak ada yg lebih heboh lg kahh….aahhh bingung kalau dlihat dari sisi Tao apa yang ayah tao ungkapkan ke publik memang benar,,,Tao-ya get well soon oke…sebagai fans ya gini cuma bisa terima selama itu buat kebaikanmu…Kungfu Panda Fightiiinnnggggg!!!!!!!

  31. gak papa aku mah, asalkan itu keluarnya baik-baik, trus hubungan Tao sama Exo tetep baik, dan itu buat kebaikan Tao juga gak papa sih. jdi fans aku ngertiin aja. Tao lebih baik nurut aja sama ortu, kan dia anak yg baik gitu….
    yg gak suka tuh klo kluarnya gak baik2, trus di tambah hubungan sama member lain seolah2 kek jdi musuh, nah itu yg aku gak suka bgt….. !!!

  32. Ya terserah lah.. awalnya gue percaya tao ga akan ninggalin EXO. Cm org dlm lah yg tau alur ceritanya.
    Gue dukung aja. Kecewa dan sedih sih iya tp mau gmn.
    Dan gue bukan mau bash Lay, tp kalau emg Lay juga mau keluar, mending keluar juga sekarang, bukannya apa apa, liat kris luhan dan sekarang tao.. exo jd punya masalah bertubi tubi dan fans pun sedihnya ga ber ending. Kalau mereka keluar sekalian bertiga kan jd cuma sekali ga berlanjut lanjut. Ya, sori kalau kata kata gue terlalu kasar, cm kasian aja sm member yg stay, mereka jg pasti lg ada di hard position, dalam jangka setahun (april 14-april15) mereka mengalami 2 hal serupa bakal jd 3 kalau tao keluar juga. Jd kalau Lay emg udh galau mikir mau keluar, mending keluar skrg sekalian biar semua clear.
    Bukan gue berharap Lay keluar, gue malah berharap Luhan tuh member terakhir yg keluar, ga ada lg yg keluar. Tp kalau emg pd akhirnya Tao dan Lay keluar juga.. mending sekalian, drpd double double. Kejadian ini blm ada endingnya buat exo. Gue kira luhan udh ending.
    Gue ga menyalahkan Tao keluar krn dia emg disuruh ayahnya, tp kalau Tao keluar dan Lay jd galau krn dia sendirian member Cina, dan mulai mikir mikir mau keluar mending keluar sekalian drpd ditahan tp akhirnya keluar juga, jd nambah kasus kan. Tp ya kalau Lay tetep dgn pendiriannya yg ga akan keluar dr EXO, gue sangat menghargai itu dan kagum, pasti berat jd satu satunya member Cina disaat netizen korea udh ga percaya lg sm member cina..
    SM bener bener lg terguncang bgt, mungkinkah karma krn ga memperhatikan artisnya?

  33. Kalualah sadonyo.. paniang palo den, stek stek kalua, stek stek ado masalah, stek stek inyo babini.. aaalah kandak kalian ko? Tmbah fans ko banyak bana yg karajo di sm, bantuak tau bana karaja di sm ko baa, bantuak inyo yg mambuek kontrak. Eehei yoo, lai sadar kalian, kalian tu fansnyoo, balagaklah bantuak fans, jan sok2 ebat kalian mangomentari baa sm tu. Lai punyo saham kalian di sm tuu.. eeee kacipuik anguih yooo

  34. there something wrong with this agency also their artist
    ga ada yang bisa di percaya. percaya mah ama allah bukan manusia. capek hati serius daaah. udah paling terserah.

  35. Gw paham ortunya khawatir..ortu mana yg tega liat anaknya cidera?
    Tapi pak…bukannya harusnya dari awal udah tau klo resiko cidera, kehabisan suara…atau apapun yg berhubungan dgn dunia idol ya pasti ada resiko yg membayangi. Sekalipun tao bukan idol,,tapi tetep lanjut jadi atlit wushu..resiko cidera pasti lebih besar kan??atau kaya kata tao mau jadi aktor..emank aktor ga bisa cidera??gw rasa apapun pekerjaannya pasti ada resiko yg harus ditanggung.
    Jadi apa beda nya? emank g lain ga ska cidera??Kai juga suka cidera..dy sering bgt.. semua member punya resiko yg sama gw rasa. tapi klo karna hal kaya gini trus keluar..qo kesan nya kaya lemah bgt ya mental nya.
    Pliss contoh deh senior kalian…jonghyun jg pernah cidera parah sampe harus istirahat bbrp blan dan ga ikut comeback. onew juga pernah bemasalah dg pita suara dan di oprasi…yunho jg..kyuhyun pernah koma.ya ampun banyak bgt sebenernya klo disebutin. Tapi mreka tetep bertahan. kenapa??karena mreka punya komitmen yg kuat..mreka berjuang untuk mencapai kepopuleran dgn air mata & darah…mreka punya yg namanya kesetiaan.
    Ini?? ya ampun gw baru pertama suka sama grup begini banget..
    masalah. keluar… klo menurut gw yah…jaman exo sekarang itu udah enak banget.,fasilitas lebih baik,,dorm udah bagus..lah dulu senior”nya ngalamin masa” kontrak budak,,blom lagi jaman dulu SM blum besar..tapi justru mreka yg ngalamin hal lebih sulit masih bisa bertahan…sekarang mending mreka uah lebih banyak kelonggaran. ga a yg namanya kontrak budak kaya tvxq dulu…ga perlu susah payah mempopulerkan kpop karna emank uah terkenal. ga perl susah payah berjuangdebut di jepang. ke negara manapun udah disediain penterjemah…Gw inget banget kata” BOA,,klo dulu mreka keluar negri atau promosi di jepang ga ada yg namanya penerjemah. Tapi ntah kenapa..buat mreka semua itu blum cukup aja…gw rasa apa yg mreka rasain sekarang juga pernah dialamin senior” mreka..kerja terus,,kurang istirahat,,merasa diperas sama perusahaan. Gw salut sama artis senior d SM yg sampe sekarang masih bertahan..dibangkan adik”nya yg begini..hmm
    Jadi inget kata” Lay..Gw ga heran klo suatu saat nanti SM ga percaya lagi buat ngambil member grup/trainee dari China. Ya mau gimana??ada masalah langsung keluar. Klo emank mau istirahat atau penyembuhan yg mending CUTI aja kaya sulli..6 bln qe,,setahun qe. Terserah =.= Tapi klo dikit” langsung keluar kaya gini?? Gw akuin mereka yg keluar LEMAH. baik mental, komitmen,kesetiaan…Gw lebih kagum sama yg cewe” di SM…macem SNSD yg sibuk kaya apa tetep kuat. biar di bash sama fans juniornya sendiri tetep bertahan… EXO…WE ARE OUT ONE BY ONE… 🙂 no We are ONE..
    Heii KALO GA KUAT DAN GA SIAP JADI IDOL KOREA JANGAN JADI IDOL KOREA…gw rasa cukup orang korea sendiri aja yg jadi idol korea..

  36. Kalo udah gini nyalahin agensi…Kalo sejak awal ga bisa menyesuaikan dengan cara kerja orang korea jangan jadi idol korea..jangan jadi artis korea…jangan kerja di korea..Klo emank letak masalah ada pada agensi lagi…apa kabar dengan artis SM yg lain?Apa kabar mereka yg dulu pernah ngerasain Kontrak budak??Sekarang mending udah lebih longgar. Fasilitas udah lebih Oke. Bahkan blum 2th debut udah bole pacaran.
    Saat exo ngeluh cuma bisa tidur 2 jam sehari. Kangta pernah bilang sama exo,,waktu jamannya mreka bahkan ga bisa ngerasain tidur di kasur..Nah loh,,blum ditambah SM dulu ga sekaya sekarang. fasilitas blum kaya sekarang..kontrak ga selonggar sekarang. Mreka tetep bisa bertahan. Jadi sebenernya letak masalah ada pada siapa??Emank pada dasarnya ga kuat dan ga siap dengan cara kerja org korea sih…
    Klo pada akhirnya keluar jg dan ujung”nya jadi aktor china..Cih bulshit banget kata”nya selama ini.yah kita liat aja nanti…padahal gw udah kangen” sama dy…eh yg dikangenin ama fansnya malah…hmmm

  37. pelajaran yg harus diambil :
    berhenti menyalahkan rumor dari media cina. mereka berbaik hati menyiapkan jantung kalian dari kecopotan…
    ahahaha…

  38. Terlepas dr isu workshop di china, kalo tao mutusin untuk vakum, SM harus benerbener mem-bed rest-kan tao secara baik
    Jgn ngebiarin tao tampil sekalipun dia yg minta
    Tapi kalo dia out trus berujung lawsuit SM jgn mempersulitnya dgn diskusi atau sidang sampe bertaon taon, capek nontonnya -_-
    Yang terbaik aja deh buat tao…
    Get well soon, panda 🙂

  39. Demi kesehatanmu… klo menurut ortu itu yg terbaik lanjut aja…

    Tapi kok smpe skg smua msih ngebash kris ? kris ninggalin exo smua ngebash kris… saat luhan keluar ya ampun beda banget reaksinya !! padahal luhan make pengacara yg sma dengan kris …. apa sih bedanya dua2nya ninggalin exo tapi luhan … ya ampun reaksinya beda!!! Walaupun setelah luhan bilang dia sebenarnya gga mau jadi artis… tapi tetep ye di dukung

    HAHAHAHAH DRAMA !

    i’ll wait for next episode… Episode 1 is Kris, 2 is luhan, 3 is Tao… with difference reaction…

  40. menurutku, Tao lebih baik keluar kalo cederanya parah seperti yg dibicarakan orang-orang dan dikhawatirkan oleh orangtuanya. resiko menjadi bagian dari EXO rasanya bakal terlalu berat bila dijalani dengan kondisi fisik yg cedera. liat dari gimana SM menggenjot mereka habis-habisan, liat dari reaksi fansnya juga yg makin banyak. aku nggak tau perjuangan senior-senior Tao menghadapi cedera dan alasan mereka masih memilih untuk bertahan di grupnya seperti apa, tapi, kita tidak bisa pukul rata bahwa “jika si A begini, maka si B juga begini” terhadap manusia, apalagi dalam kasus yg mirip-mirip, bukan 100% sama.

    manusia itu tidak sama, tiap orang memiliki pribadi, mental, lingkungan, pemikiran, dsb yg berbeda. sebelum men-judge, lebih baik dilihat dulu latar belakang orang tsb seperti apa, sifatnya bagaimana, lingkungan keluarganya bagaimana, dsb. ribet, tapi dgn begitu, kita bakal lebih bisa mengerti mengapa orang itu mengambil sebuah keputusan’

    terus, wajar sih kalo ayah Tao seperti orang yg ‘maruk’ (baca: serakah) gara-gara workshop tsb. kenapa? aku nangkepnya, dari pihak SM kayak meng’iming-imingi’ masa depan Tao dengan workshop di Cina biar cedera Tao nggak ‘sia-sia’, kasarnya seperti itu. CMIIW kalo salah. tapi nyatanya? nggak, atau mungkin belum. semacam pehape, makanya ayah Tao menyebutkan hal itu dalam suratnya. kayaknya, ayahnya udah gusar, khawatir banget sama kondisi Tao, makanya dia lebih memilih untuk menarik kembali anaknya daripada diperlakukan ‘tidak adil’ oleh SM di tempat yg jauh dari ‘rumah’ dan sebelum semuanya terlambat bagi Tao.

    masalah EXO, aku juga lebih setuju kalo EXO nggak usah ada K atau M; EXO. lagunya mau tetap dibuat dua versi atau jadi pure Korean version, terserah. jika dibicarakan baik-baik, pasti ada jalan keluar yg sama-sama enak. selama kualitasnya bagus, rasanya fans akan tetap dgn senang hati menerima karya mereka. SM must consider to what they want, what they need. mungkin dgn begitu, member yg kena kasus akan berkurang, atau member yg minta hengkang berkurang juga.

    oiya, kalopun misalkan setelah Tao keluar dia memilih untuk promosi lg di Cina, ya biarkan saja. mungkin hal itu adalah yg terbaik untuk dia, karena tiap pilihan memiliki resiko tersendiri. resiko baik dan buruk. jgn terlalu diambil hati. 🙂

    aku bukan EXO-L atau SMstand, tapi aku salah satu penikmat karya-karya EXO. apapun keputusannya, semoga Tao cepet sembuh ❤ semoga masalahnya cepat selesai, semoga semua ini membuat EXO dan SM menjadi lebih baik lagi.

    sorry long post, sorry juga kalo ada kata-kata yg salah atau nggak berkenan~

  41. NAh lo, akhirnya tao kepincut calut juga kan dari EXO? Bukannya dulu dia bilang yang keluar dari EXO itu penghianat dan mentingin dirinya sendiri? Kok sekarang dia nelan ludahnya sendiri? Hold it bang, hold it more, seperti kata lo dan suho.
    NO BASH YA

  42. putraexostand : Kyuhyun itu walaupun sakit dia org korea, keluarganya di korea jd bisa mantau dia setiap saat. Dan saat Kyuhyun sakit itupun aktivitas SJ diluar negeri blm kayak sekarang. Pasti tau donk, kpop dibawah taun 2009 itu susyaaaahhnya minta ampuuun. Skrg gmn mau sembuh total, baru mendingan dikit, lsng kesana kesini, perform keluar negeri ini itu. sakit sedikit, lama-lama makin sakit. 😀

    “kayak suju dan snsd yang notabennya anak
    emas yang setiap job sesuai kemauan
    mereka..”

    SJ anak emas?? 😮 😀 koq saya baru tau, dan baru kali ini dgr suju diblg anak emas. Ahahahah, antara miris dan ngakak saya sbg elfs #maafmaaf bahkan sampe skrg job mereka msh diatur, bkn kemauan mereka sendiri.

    Aku bantu jawab aja ya 🙂 krn dikomenmu ada SJ. Hehehe

  43. nah kan SM bingung kan lu
    yang atu jarang dikasih kerjaan karena elu memperhatikan kesehatannya. tapi malah keluar. nah yang ini elu kasih kerjaan meski belum sembuh total cedera. eh mau keluar juga

    pucink pala balbie

  44. Tinggal nyanyi Mr.Mr aja ini EXO.. Bakal resmi jadi SNSD Versi cowo…ehh??9 atau 8?hmmm
    Yaudah lah Lay dijadiin artis di China aja sekalian…EXO orang korea aj semua dari pada ditinggal pulang kampung lagi. Berharap SMRookies ntar ga begini yah…sbg fans ini memuakan sekali.
    Yah padahal sebenernya klo karena alasan cidera bisa cuti ga perlu pake keluar. Trus minta tanggung jawab SM untuk ngurusin cidera Tao. gw ga ngerti..mreka menghargai kontrak ga sih?Sulli aja bisa cuti. apa” keluar mulu member China ni…hmm

  45. ya kalo Tao beneran keluar dari exo banyakin istirahat dan jaga kesehatan selalu.Kasian sih liat dia keluar sendirian pake tongkat buat beli obat :'(

    dari awal rumor Tao mau keluar dari exo aja udah takut duluan semacam ada feeling ga enak.kayak dulu aja ada rumor Luhan mau keluar dari exo dan itu beneran terjadi :'(

  46. numpang comment yaa..

    ga maksud nyalahin SM atau ngebandingin denga agensi lain.. disini saya cuma heran aja kenapa setiap member non korean *terutama china* yang sering lawsuit tuh ya selalu di SM. wong kalo dipikir agensi lain banyak member yg dari luar korea kok terutama china *lirik agensi lain.. tp pertanyaan besar selama ini yang selalu jadi pertanyaaan berkali kali yaa “KENAPA YANG LAWSUIT KEBANYAKAN ARTIS SM? WHY?” grup agensi sebelah bahkan separuh dari membernya non korean tp yaa sampe sekarang masih utuh.. atuh yaa kumaha ieu teh-.-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *