Ayah Tao Dikabarkan Tulis Surat Melalui ‘Weibo’, Meminta Putranya Keluar dari EXO

by

EXO-TaoPada 22 April, sebuah akun Weibo yang mengaku sebagai ayah Tao EXO menuliskan sebuah surat menyentuh yang menjelaskan keputusannya untuk membawa anaknya pulang ke rumah.

Surat tersebut berisi,

 “Halo follower Huang Zi Tao, Aku ayahnya.

 Perasaanku campur aduk ketika aku menulis surat ini karena aku tahu keputusanku akan melukai banyak orang, termasuk putraku Huang Zi Tao. Meski aku telah berpikir dalam mengenai hal ini, di dalam hatinya, Tao mungkin tidak akan memahami dan membenci keegoisanku. Melalui semua perjalanan ini aku memahami betapa ia sangat mencintai grup-nya dan menekuni pekerjaannya, jadi, meninggalkan Korea atau tidak telah menjadi keputusan yang sulit dan menyakitkan bagiku, namun sebagai seorang ayah, aku memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa ia tumbuh dengan bahagia dan sehat dan aku tidak tahan melihat kesehatannya terus memburuk. Antara ia tetap tinggal di Korea untuk menjadi idol atau hidup sehat dan damai, aku akan memilih yang kedua tanpa ragu-ragu.

Di mataku, kekuatan, keuletan, resolusi, dan tekad adalah karakteristik penting dari seorang pria. Makanya kami meminta Tao untuk belajar Kung Fu semenjak ia kecil untuk mengembangkan karakter tersebut. Aku juga menyuruhnya kerja paruh waktu untuk menghasilkan uang untuk belajar musik dan tari. Ini untuk melatihnya menjadi seorang pria yang dapat berdiri sendiri. Karena menjadi penyanyi adalah impian dan pilihannya, ia harus bekerja keras dan berkorban untuk mewujudkan impiannya tersebut.

Huang Zi Tao belum pernah mengecewakan kami; bisa berjalan sejauh ini, ia selalu menjadi kebanggaan keluarga kami! Namun apa yang membuatku terhenti sejenak adalah – dalam tiga tahun ini semenjak debutnya, ia telah mengalami berbagai cedera baik kecil maupun besar. Sakit punggung, nyeri badan, nyeri di kaki, sampai pada titik dimana pada setiap penampilan, baik aku ada di lokasi atau di rumah, jika ia melakukan atraksi, aku akan terus khawatir, takut cedera lamanya akan memburuk. Terutama untuk penampilan di luar negeri: terkadang panggungnya licin, kadang hujan; sebelum tampil aku akan mengatakan padanya bahwa jika panggung basah, hujan, tampak tidak aman, jangan lakukan atraksi. Namun, setiap ia mengatakan bahwa ia tidak ingin mengecewakan semuanya, ia menenangkanku bahwa ia akan berhati-hati. Namun pada akhirnya, aku hanya akan melihat melalui Weibo bahwa ia mencederai dirinya sendiri lagi, itu benar-benar menyakitkan! Aku tidak dapat menjaganya, kadang aku tidak bisa menghubunginya dan tidak bisa pergi melihat penampilannya, nyeri terbakar ini sulit untuk dideskripsikan dengan kata-kata, duduk di rumah sambil memegangi ponsel menunggu berita, orang lain tidak akan paham.

Di mata orang lain, aku pasti terlihat sangat bahagia, keluarga besar, putraku seorang idol, namun bagaimana mereka akan paham berapa banyak malam yang aku habiskan tanpa tidur, mengkhawatirkan putraku? Kali ini aku akan melakukan apapun untuk membawa Zi Tao kembali untuk menyembuhkan lukanya. Malam ketika aku pergi ke Korea, agensi bicara padaku tentang masa depan Zi Tao, mengatakan bahwa seperti janji dari awal mereka akan membuat tim khusus untuk Tao di China untuk mengatur kegiatannya seperti yang dijanjikan agensi sejak awal, tentu aku senang melihat semua rincian ini. Agensi mengatakan bahwa setelah Zi Tao tanda tangan kontrak, mereka akan mengumumkannya dengan member lain. Namun, ternyata agensi tiba-tiba malah mengumumkan rencana untuk member lain. Aku tidak dapat berkata-kata.

Zi Tao tidak mendapat dukungan agensi, malah kembali dengan cedera badan, mengenai kasus itu, apa gunanya ketekunan kami sejak awal? Aku memutuskan untuk membawa Zi Tao pulang untuk perawatan. Sayangnya, kami diberi tahu bahwa ia melalui masa-masa terbaik untuk penyembuhan, dan ia bisa mengalami efek samping. Ini perang terakhir. Bagi orang tua, tidak ada yang lebih penting dibanding kesehatan anaknya. Daripada bunga, tepuk tangan, dan lampu panggung, kesehatan dan kesejahteraannya akan menjadi nomor satu di hati kami! Terakhir, kami ingin berterima kasih dan minta maaf kepada agensi dan para member: kami ingin berterima kasih pada agensi untuk tiga tahun ini telah mengurus Zi Tao dan juga terima kasih atas dukungan dan kepedulian para member! Selain itu, aku juga ingin minta maaf pada semua fans Huang Zi Tao dan EXO, aku tahu keputusanku akan memberikan luka yang dalam kepada kalian, namun mohon pahami bahwa ini adalah sesuatu yang harus dilakukan seorang ayah, aku minta maaf!”

SM Entertainment maupun Tao sendiri belum mengkonfirmasi bahwa ini memang tulisan surat ayah Tao. Namun akun dari penulis surat kemungkinan besar memang milik ayahnya karena akun Weibo tersebut di-follow oleh Tao.

source: Koreaboo, allkpop

Loading…

68 thoughts on “Ayah Tao Dikabarkan Tulis Surat Melalui ‘Weibo’, Meminta Putranya Keluar dari EXO

  1. menyentuh bgt. tao apa pun pilihanmu aku akan tetap d samping kalian ber12. berhentilah bila untuk kesehatanmu. aku gak mau ngeliat idolku hancur krn terlalu memaksakan diri… saranghea tao…

  2. Aku bukan menangisi kepergian Tao, karena hatiku sudah terlatih untuk itu, sejak kepergian Kris. Tapi aku menangisi kondisi Tao, kenapa harus sampai terlambat untuk menyembuhkan cederanya, karena itu berarti kemungkinan besar pergelangan kaki Tao gak akan pernah sama seperti semula….

  3. “Malam ketika aku pergi ke Korea, agensi bicara padaku tentang masa depan Zi Tao, mengatakan bahwa seperti janji dari awal mereka akan membuat tim khusus untuk Tao di China untuk mengatur kegiatannya seperti yang dijanjikan agensi sejak awal, tentu aku senang melihat semua rincian ini. Agensi mengatakan bahwa setelah Zi Tao tanda tangan kontrak, mereka akan mengumumkannya dengan member lain. Namun, ternyata agensi tiba-tiba malah mengumumkan rencana untuk member lain. Aku tidak dapat berkata-kata.”

    Aku menyesal untukmu, ayah Tao… apa lagi yang bisa diharapkan dari perusahaan yang mengingkari janjinya?

  4. jadi ingat orang tua gw.. orang tua mana yang gak sedih liat anaknya dalam kondisi kayak gt
    “duduk di rumah sambil memegangi ponsel menunggu berita, orang lain tidak akan paham.”
    OMG,, ndang pulang nak papa menunggumu TT

  5. ini bukaan tao yang mau tp ayahnya. kalopun akhirnya tao harus pergi ttp dukung tao. dari debut udah cedera terus2an gt. cedera lotj, cedera isac. ga tega ngeliatnya..
    huang zitao, kalau kamu pergi,ga ada lagi 93line selain dyo, kalo kamu pergi siapa lagi yg nangis dirumah hantu, kalo kamu pergi siapa lagi yang dengan lenjehnya lari2 kecil di namsan tower?:”D siapa lagi kungfu panda exo:” siapa lagi maknae di exom.

    taozi, apapun keputusanmu , kami akan selalu mendukungmu.. :”)

  6. jd yg Lay Workshop itu rencananya buat Tao?
    huffth
    sedih bc suratnya,prihatin sm Tao dan keluarganya. tapi juga gk mau Tao keluar.
    mudahan ada jalan keluar ;ain tanpa hrs out, mungkin Tao bs vakum dulu buat penyembuhan. ntar balik lg. 🙁

  7. Gue justru bingung, dulu pas ttd kontrak papinya Tao tau ga sih SM kek mana ? Kalau ga tau wajar aja sampe kaget Tao bisa segitunya, tapi masa gatau ? Jadi kepo pas awal kontrak itu yg di kepala bapake apa, kalau sekarang mah tau melalui surat ini. Kan pas dulu booming kerja rodi by SM juga udah geger.
    Da akumah apa teuh ? Udah ketawa ketiwi aja, lawsuit boleeeeh, keluar boleeeeeh, lagian keknya exo ada untuk dibubarkan sih.
    Oh iya sekalian, bapake punya anak emang atraktif. Di saat member lain cuma gerak tangan si Tao gerak dari ujung rambut ke ujung kaki.
    Yah, semoga kalaupun keluar alesannya gak sakit kek 2 yang telah bebas..

    1. Sayangnya alasan terbesar ayah Tao pengin anaknya keluar adalah masalah kesehatan. Baca lagi deh suratnya, gak usah panik begitu…. ya sama saja dengan 2 yang telah bebas…

    2. duh mbak.. belum ngerasain sih punya anak.. disini poin bapaknya mau narik Tao karena anaknya emang cedera berkelanjutan, dan karena melewati treatment yg harusnya di jalani jadi punya efek samping di masa depan. kalau di liat dari sisi fisioterapi emang iya bakal ada efek samping. dan efek samping ini bisa jadi permanen kalau terus di luka cedera itu terus di paksa buat kerja.

      wajar aja bapaknya narik anaknya mundur.. (terlepas dari kasus ini bener atau nggak) lagian dia mana tau sih waktu tanda tangan kontrak itu anakanya bakal cedera berkepanjangan gini?

  8. Disatu sisi aku dukung perasaan dan pemikiran ayah tao.

    Tp disisi lain, apabila nanti tao benar² keluar dr exo dgn alasan kesehatan seperti yg ayahnya ungkapkan. Dan pd akhirnya setelah itu dia debut sebagai seorang penyanyi atau apapun itu. Aku sangat akan membencinya. Karena aku pikir keluar dari EXO dengan alasan kesehatan itu adalah KLISE!!!! Toh nanti seandainya dia berkarir tanpa embel² menjadi member EXO pun kesehatan dia masih bisa mengganggunya.

    Please think smart! SM tidak akan pernah membiarkan artisnya yang cidera!

    1. menurutku, ayah Tao nulis surat itu karena proses penyembuhan Tao yang kurang maksimal di korea, mangkanya dia minta anaknya pulang, kalo misal Tao keluar, dpt proses penyembuhan yg lebih baik di china, trus berkarir lagi ya malah bagus toh, berarti dia bisa ngatur jadwalnya sendiri supaya cedera nya ga kambuh lagi. mungkin maksud bapaknya kalo ngikutin jadwal exo sembuhnya gabisa total lha jadwal exo padet gt..itu yg aku tangkep dr suratnya sih.. 🙂

      1. Kalo pengen penyembuhan yang maksimal,, ga usah pake keluar dr exo jg kali. Tinggal hiatus atau ngambil masa cuti aja bbrp waktu. Trs aktivitas kembali sampai kondisinya pulih.

        Intinya sih mau berkarir dlm satu grup atau solo. Pengaturan waktu untuk masa pemulihan ketika sedang sakit itu bisa diatur. Tinggal dibicarakan aja baik² sama pihak manajemen.

    2. Para idol itu juga udah ngorbanin masa muda mereka buat ngejalanin training, kurasa wajar kalo mereka nerusin karir di bidang entertainmen. Kalo mau fair, bolehlah mereka gak usah berkarir sebagai artis karena itu kan hasil kebaikan SM mau ngelatih mereka, tapi kembalikan masa muda mereka. Nah, lho?

      1. Kan ada istilah give and take. Untuk mencapai apa yg kamu inginkan atau cita² pasti akan ada pengorbanan dan kerja keras.
        Jd ttg pengorbanan masa muda mereka yg habis terkuras oleh masa training sih wajar aja. Toh mereka udah tau resiko dan dampaknya ketika masih menjalani training.
        Setelah mereka debut dan menjadi terkenal seperti sekarang ini, itu merupakan hasil pengorbanan dan kerja keras selama mereka menjalani training dulu.

        No pain, No Gain!

    3. Apa boleh buat? Justru karena setiap yang keluar itu pake alasan kesehatan, maka itu harus jadi perhatian. Aku yakin ayah Tao punya salinan medical record dari dokter yang nanganin Tao, yang cukup kuat untuk menggugat SM. Jadi bukan asal nyari alesan kayak kalo mau ngebolos kuliah.

      Yakin, SM gak ngebiarin artisnya yang cedera? Tao beli obat sendirian ke apotek pake kruk itu bukannya pembiaran? Tao disuruh/dibolehin ikut performance biarpun masih cedera itu bukannya pembiaran juga?

      Dan untuk tanggapanmu, you get the point! Take and give. No pain no gain. Idol juga bukan sekedar take aja fasilitas dari SM, mereka juga give waktu, tenaga, darah dan air mata mereka. Jadi, kenapa keberatan kalo mereka nerusin jadi artis? Toh ada kontribusi mereka dalam proses pelatihan itu? Kalo nyuruh mereka banting setir ke bidang yang sama sekali gak pernah mereka tekuni sebelumnya, kok kesannya egois, ya… toh mereka juga banyak jasanya ke perusahaan. Lagian apa ruginya perusahaan kalo mereka berkarir di entertainment? Saingan? Bukankah mereka berkarir di Cina? Dan bukankah saingan itu bukan cuman mereka?

    4. gila baca komen lo serasa apa banget deh.pemikiran lu tuh sempit banget deh.
      gw disini bukan sebagai exo-l atau fansnya tao, tapi menurut gw komen lo egois banget. artis lo sakit tp lu malah biarin dan nyuruh hiatus or vakum.
      lu pikir SM bakal ga ada masalah klo tao ambil vakum? justru kalo semakin lama atrisnya ambil vakum SM juga yg bakalan rugi ga dapet apa2 dari artis yg vakum. istilahnya nampung org yg ga ngehasilin apa2 buat perusahaannya tp malah si artis enak2an vakum.
      lu pikir juga artis vakum yg masih berada di bawah naungan agensinya apa ga merasa jadi beban juga buat agensinya?
      terus emang kenapa kalo tao keluar buat pengobatan dan nanti kalo udah sembuh trus lanjut jalanin karir sbg entertainter lg?
      gw yakin papa nya tao bakal dukung dia kalo dia nanti udah sembuh dan mau balik lg ke dunia entertain di china.
      karna papa nya bakal bisa mantau dia secara langsung. ga terbatas sama jarak korea-china.
      terus lu bilang SM ga membiarkan artisnya cidera? iya gw tau, mana ada sih agensi yg pengen artisnya cidera, tp satu sisi pas tao udah cidera dan cuma dapet pengobatan bentar trus udah di kasih schedule lg buat manggung dan akhirnya cidera lagi. trus tao beli obat sendiri ke apotik itu?
      mungkin lu yg harus think smart! lo pikirin deh gimana rasanya jadi orang tua yg anaknya lagi sakit gitu. pikirin orang tua lo kalo seandainya lo di posisi tao!

      1. Setuju pake banget! kalo masalah 2 member yang hengkang sebelumnya mungkin gue kurang pro sama mereka, padahal awal tau exo mereka bias gue. tapi ini, bisa di bilang tao itu bukan yang terlalu gue favoritin di exo cuma gue kasian banget kalo dia harus berkorban segitunya buat pertahanin exo meskipun gue juga gak mau ada lagi member yang hengkang T-T

    5. Aku yakin manajemen mana pun ga akan ngebiarin artisnya dlm kondisi cidera atau sakit. Apalagi di SM bukan hanya tao atau member exo aja yg mengalami cidera atau sakit. Bahkan lebih parah dari tao atau member exo pun ada. Tp sejauh ini mereka fine² aja. Dan pastinya orang tua mereka pun sama khawatirnya dengan orang tuanya tao.
      Dalam keadaan cidera masih dikasih jadwal manggung sana sini jg? Aku yakin pihak manajemen pasti jg udh minta persetujuan dr tao. Apakah dia masih bisa mengikuti jadwal dgn kondisi seperti itu. Banyak kok idol yg masih ikutan manggung dlm kondisi cidera seperti tao.
      Sedangkan kasus foto tao yg beli obat sendiri itu jg blm pasti kebenarannya. Kita tidak tau penyebabnya knp sampai tao terlihat seperti membeli obat sendiri.

      Trs ga ada salahnya Ngambil istirahat beberapa waktu untuk pemulihan. Pihak managemennya ga akan rugi jg. Kasarnya tuh ya. Artis yg satu tdk menghasilkan, masih ada artisnya yang lain. Dan kembali lagi yg mengalami sakit dan cidera di SM bukan hanya tao dan member exo aja.

      Dr awal komen aku ga pernah bilang setelah tao keluar dr exo ga boleh berkakrir lagi. Aku cuma mempermasalahkan alasan yg digunakannya untuk keluar dr exo.

  9. buat nangis:”
    saya pikir saya mengerti, fans aja ngerasa sedih lihat Tao atau member lain sakit, apa lagi orang tua mereka. memang menyakitkan kalau dia benar” harus pergi tapi mau bagaimana lagi. bahkan kalau dia harus pergi, saya akan tetap mendukung Tao seperti saya mendukung EXO dan juga Kris serta Luhan. mereka keluarga:” hanya saja yang jadi pikiran saya adalah perasaan Tao dan EXO saat ini :'(

    1. gue sekarang lagi mikir gimana perasaan para member. apalagi chen xiumin lay. gila udah 2 masa mau nambah lagi:” gimana perasaan suho sebagai leader. tiap exo menang acara musik di call me baby era, suho selalu nyebutin lay ama tao. ngebayangin gimana perasaan mereka, ahhhhh:””””

  10. Sumpah gue baca surat ayahnya tao itu dari semalem pengen nangis. Ternyata udah 3 tahun debut mengalami luka memar lebam ini itu gara2 cidera. Gue gg tau harus ngomong apa2 ? Sejak kris luhan pergi ninggalin exo sakitnya berasa banget sampe sekarang. #BelieveinTAO gue percaya ama pilihan tao. #GetWellSoonTao

  11. gw ga mau secara sepihak nyalahin SM, but seriously kenapa sih SM lu nggak pernah jadiin idol lo seperti anak didik lo sendiri, bukan mesin uang gini….
    kasihan kan fans nya, mereka berharep EXO tuh utuh, tapi satu persatu membernya pergi …

  12. i’m not tao or exo fans but… why my heart breaking when i read the letter 🙁 entahlah mungkin ayah tao emang tau kalo di SM tuh bakal begini begono tapi demi impian anaknya masa ayahnya tega ga ngebolehin 🙁 dan ketika sekarang tao kenapa-napa pasti ayahnya juga ngerasa salah jadi minta anaknya balik. duh gaje nih komen saking tersentuhnya sama surat ayah tao :'(

  13. Kalo gue jadi ortu tao atau kakak tao pasti gue akan nglakuin hal yg sama.buat apa popularitas, kalo akhirnya menyiksa diri, SM nya aja yg gak mau tau diri, dr dulu ksus sama mulu gak pernah belajar dr pgalaman. Pendapat gue pribadi

    1. Mungkin boleh kerja rodhi tapi pikirkan juga kesehatan para member. Banyak artis sm yang pingsan di panggung bukan ? Itu karena mereka tidak memerhatikan artisnya….

  14. betapa hati Ayah Tao tercabik2, anaknya hanya dibuat menjadi alat pencari keuntungan SM, tanpa memikirkan kesehatan para idolnya..
    kembalilah kekeluargamu Tao, aku gak tega melihat keadaanmu, gak tega melihat seorang Ayah yg benar2 sayang sama anaknya sampai melakukan apapun untuk kesejahteraan anaknya seperti ini :'(
    SM bener2 ga pernah bisa nyadar, kasus udah bolak balik terjadi tapi tanggapan masih selalu sama ..

  15. Aku mengerti perasaan bapaknya tao. Sangat mengerti. Aku jadi inget, ketika aku harus merantau ke solo untuk kuliah. Awalnya, aku kesel karena orang tua tidak mengizinkan tapi aku tau ternyata alasannya bokap dan nyokab sama seperti bapaknya tao. Semua orang tua pasti seperti itu….

    Satu-satunya member yang gue lepas dengan senyuman adalah tao. Gue udah liat ketika ia cedera dan ia ditinggalkan sendiri dan dugaan gue apa terhadap foto itu benar adanya. Mungkin, tao memang sudah ceritakan hal ini kepada agensi dan ayahnya pun begitu sehingga agensi mengkucilkan tao walaupun member exo tidak akan melakukan hal itu.

    Oke tao, turuti perkataan orang tua lu. Lu tau tao, gak semua mimpi kita sejalan apa yang kita pikirkan. Lu bisa jadi penyanyi yang lo impikan mungkin di china sama member lain. Tolong turutin kata orang tua lu. Jangan menangis walaupun lo ngikutin orang tua lu. Karena ortu lu akan lebih nangis kalo anaknya tidak ikhlas. I know his felt and that best your way to reach your dream.

  16. Aku mengerti perasaan bapaknya tao. Sangat mengerti. Aku jadi inget, ketika aku harus merantau ke solo untuk kuliah. Awalnya, aku kesel karena orang tua tidak mengizinkan tapi aku tau ternyata alasannya bokap dan nyokab sama seperti bapaknya tao. Semua orang tua pasti seperti itu….

    Satu-satunya member yang gue lepas dengan senyuman adalah tao. Gue udah liat ketika ia cedera dan ia ditinggalkan sendiri dan dugaan gue apa terhadap foto itu benar adanya. Mungkin, tao memang sudah ceritakan hal ini kepada agensi dan ayahnya pun begitu sehingga agensi mengkucilkan tao walaupun member exo tidak akan melakukan hal itu.

    Oke tao, turuti perkataan orang tua lu. Lu tau tao, gak semua mimpi kita sejalan apa yang kita pikirkan. Lu bisa jadi penyanyi yang lo impikan mungkin di china sama member lain. Tolong turutin kata orang tua lu. Jangan menangis walaupun lo ngikutin orang tua lu. Karena ortu lu akan lebih nangis kalo anaknya tidak ikhlas. I know his felt and that best your way to reach your dream.

    See you tao 🙂

  17. gue tau rasanya jadi tao.tau juga rasanya jadi bokapnya tao.gue udah pernah ngerasain sendiri.kalo beneran tao bakalan keluar nantinya, gue yakin dia bakal dilema banget.regret abis karena nurutin bokapnya buat keluar,tapi gamau durhaka juga dengan ga nurutin omongan bokapnya.
    i know that feel,tao

  18. Complicated..
    Di satu sisi, ayahnya tao ini ga pengen anaknya knp2 lagi. Wajar bgt ortu khawatir. Yaiyalah udh sering cidera gt.
    Disisi lain, gue yakin tao ini lg puncak2nya bingung. Ya masak dia ga nurutin ortunya, tp dia jg pasti ga enak bgt sm member/fans. Scr udh 2 member yg out.

    Semoga SM, ayahnya tao dll bisa ambil jalan keluar trs tao tetep stay. Member fav gueeee

  19. Kenapa ga hiatus aja sih
    Jaman nuabo bukannya amber sempet hiatus ya?
    Sekarang Sulli juga hiatus
    Bener sih pendapatnya Baba Huang
    Tapi
    Balik lagi, Tao udah dewasa baik secara hukum dan umur
    Keputusan balik lagi ke Tao
    Sedih sih
    Waktu exo’luxion dia nangis berkali-kali karena ga tampil
    Berdoa yang terbaik untuk Huang Zi Tao

  20. Nangis sambil dengerin lagu Promise.. :'(
    Jujur pengen banget Tao bertahan di EXO.. tapi kalo emang gak bisa aq berharap apapun keputusan Tao dan keluarganya, itu memang yang terbaik untuk masa depan Tao

  21. walapun gw bkn fans exo tp tiap denger brita kyk gni bkn nyesek dan jg isi suratnya buat hati jadi nyeri, gmnapun dan di manapun orangtua gk akan tega liat anaknya klo kyk gt, Jelas bgt babehnya tao dilema antara pingin anaknya leave ato stay tp kembali lg dia tetaplah seorang ayah yg wlpn anaknya udh gede tp yg namanya naluri bwt ngelindungi buah hatinya gk akan bs d ilangin sekalipun si anak udh tumbuh dewasa. Y yg terbaik aj klo seandainya leave adalah keputusan yg terbaik maka fans jg harus mendukung sekalipun itu bkn hancur perasaan krn klo seumpama d paksa tinggal krn fans dan keadaan tao makin parah dsni bkn tao sendiri ato agensi or ortu tao tp yg bakalan jd penyebab adalah fans krn tao mengabaikan keadaan dia cm buat fans. Jadi yg perlu d lakukan cm berfikir bijak mau dia tetep bareng” sma exo atao gk fans yg bner”itu alan selalu mendukung biasnya. Lagian tao jg gk mungkn ttp d exo nantinya krna kontrak kerja grup pasti akan berakhir suatu hari nanti

  22. Yaampun bapaknya tao.. tau bgt gmn perasaannya bapaknya tao.. mungkin cuma kurang pembicaraan aja antara keluarga tao sama SM.. semoga gak berulang.. SM juga ngerawat tao bener”, ini cuma kurang pendekatan aja ke keluarga tao.. namanya juga org tua pastilah khawatir..

  23. Tidaaaakkkkkk!!!!
    Aku tau TAO gak akan pernah nyakitin perasaan fansnya dan selalu memegang janjinya untuk tetap bersama member EXO, mungkin yang dialami TAO sama halnya seperti yang pernah di alami LUHAN, tapi setidaknya janganlah samapi CHINA Member ada yang keluar lagi, kita semua sayang TAO, kita semua gak mau member EXO lebih sakit karna harus ditinggal member lagi, Pleaseee,,,
    Setidaknya SM berikan waktu untuk TAO istirahat, dan tidak membuat ayahnya sampai harus menarik TAO pulang kerumah.
    Aku memahami perasaan ayahnya yang ingin anaknya sembuh total dan tidak mengalami cedera berkelanjutan, namun apakah harus dengan menariknya keluar dari EXO? setidaknya biarkan TAO istirahat untuk beberapa bualn kedepan seperti sulli ataupun kibum, janganlah terulang lagi hal yang tidak diinginkan seperti itu.

  24. lagi ?? gak tau mau ngomong apa lagi.Aku dukung apa yang terbaik buat Tao.Aku kasian sama Tao pas cedera parah dan gabisa ikut kegiatan sama member exo lain :'( :'(
    yang penting buat Tao,aku selalu mendukungmu.Lakukanlah yang terbaik buatmu 🙂

  25. perasaan hampir setiap idol grup deh bakal capek sama cedera.. -_-
    tapi ya emang sih perasaan orangtua pasti lebih dalem daripada fans.. cuma kan taonya juga udah dewasa dan bisa menentukan pilihan sendiri. Jadi ada baiknya bapaknya tao berembuk dulu deh sama tao dan sm sebelum keputusannya menyakiti banyak pihak.
    tapi apapun itu, aku sebagai fans aku tetap mendukung keputusan yang ada nantinya 🙂
    yakin aja deh itu udah yang terbaik. Kalau emang entar tao hengkang , sedih sih cuma itu kan hidupnya dan dia yang menjalani.. sebagai fans cuma bisa bersikap dewasa dengan mendukung apapun keinginan dan impiannya 🙂 #alwayssupportexo

  26. menurut aku jangan samain EXO dengan senior” mereka, karena .mereka jelas debut di tahun yang sama dengan promosi yang berbeda. maksud saya dengan era yang berbeda pasti strategi penjualan mereka berbeda dong, SM ga bermaksud memanjakan EXO karna EXO juga adalah produk jualan mereka tapi produk yang dibuat di jaman yang serba modern. terus kalian mau gitu EXO di promosiin dengan cara kuno (maksud saya dengan cara yang sama seperti senior mereka di eranya) ? gak kan? kalian kalo berbisnis juga akan ikutin perkembangan teknologi. Mumpung sekarang internet mudah diakses makanya promosi EXO dulu gencar banget lewat dunia maya.

    Lalu soal workshop juga apa yang harus dicemburuin? EXO manja? mereka bukan manja kok, mereka sama-sama kerja keras untuk naikin popularitas mereka dengan dibantu senior mereka sebelumnya yang udah membawa demam KPOP di dunia. Saya yakin kok EXO bangga dengan senior-senior mereka dan masih banyak belajar juga dari senior mereka. Kita fans bisa apa sih? judge sana sini aja kan.

    maaf lagi jika ada yang salah dari omongan saya, kita bebas beropini disini. Tapi ingat opini yang kritis bukan hanya sekedar menyalahkan aja

  27. jelas2 disini dijelasin kalo AYAHNYA YG MINTA TAO PULANG woooy~ knp di artikel sebelah pd komen bilang MEMBER CHINA LEMAH??? bukan tao yg minta pulang njir! bapaknye yg kaga tega liat anaknya ==’ DASAR ORG2 STRES DOANG YG MASIH MATI2AN BELAIN SMEnt DAN BILANG TAO LEMAH ==’

  28. tengah malem td baca brita kaya gini,rasa mimpi,eh bangun tidur artikel dah bertebaran dimana2
    yg terbaik aja dh.diliat dr tulisan bapa nya,kecian bgt tao ni,keluar pun gw ga nyalahin sumpah!

  29. woy klo mau fanatick sama SM di lihat juga udh tau Agensi jahat gitu, dari Suju , SNSD, FX gak ada adil adilnya, SHINee apa lagi EXO, , , sejak terkenal mereka gak ada istirahat sama sekali sampe kurus banget, liat muka chanyeol dulu sama sekarang ,, muka Tao,, muka semua member jadi kurus tirus, menurutku sih itu bukan karena diet ketat tapi karena mereka kurang tidur dan tour terus terusan,,, sakit pun Sm teamnya gk langsung bertindak, dari chanyeol yang mau muntah sampe ini tao, dari Kris,, ya ampun ,,, sadar lah SM kapan kamu sadar, dari DBSK, Shinwa , TVXQ astagfirulahhhh

  30. Aku gk tau, apa aku ini egois atau apa … Aku cuman mau tao ttep di exo, aku masoh pengen liat tao diatas panggung, masih pengen denger tao ngomong korea.. Masih pengen liat tao main main sama sehun, peluk pelukan sama member … Aku masih pengen ngeraaain itu semua….

    Tapi aku ingin tao sembuh dan hidup sehat :)) i believe you babe<3

  31. surat ayah tao menyentuh bgt.

    Tao masih bertahan dg keadaan seperti itu, pasti dia sgt kuat. Menurutku keingannya sbg idol sangat tinggi.

    Klo aku lihat tao ini masih bertahan karna emg ini (menjadi idol) yg dia inginkan. Tp orang tua mana yg membiarkan anaknya terluka? Ayah dan anak tdk sependapat.

    Menurut yg aku lihat, ayah tao ingin tao keluar bukan hanya karna luka tp juga ga percaya lagi sm SM.

  32. Dari awal juga kita sudah tau SM agensi macam apa, sebenernya bukan hanya SM, semua agensi di Korea seperti itu. Dia dan yang sudah bebas cuma pendatang yang terlalu polos untuk berkarir di Korea. Think smart before we doin something.

  33. kalo dua member sebelumnya keluar karena keinginan sendiri, tapi kali ini Tao sebenernya gak pengen keluar, tapi kondisinya emang udah gak memungkinkan sekarang, bahkan buat promosi juga bakal susah kalau cedera.. yah tinggal berharap yang terbaiklah buat semuanya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *