[Travel Tips] One Day Trip to Busan? Let’s Go!

by

Anyeonghaseyooo~~~

Musim liburan telah tiba. Kalian yang beruntung bisa jalan-jalan ke Korea di musim liburan kali ini bisa mencoba berkunjung ke Busan. Kali ini KI akan membawa Haebaragi menikmati keindahan dan keramahan kota Busan serta berbagi beberapa tips jika hendak berkunjung ke kota pelabuhan dan metropolitan di sebelah tenggara Korea Selatan tersebut.

busan1

Busan dikelilingi oleh lautan di tiga sisi sehingga pesisir kota ini terkenal sebagai objek wisata, untuk mencapai Busan jika dari Seoul, maka kalian dapat memilih berbagai jenis transportasi, mulai dari pesawat, KTX, ataupun bis. Namun, akan menjadi hal yang spesial jika kalian mencoba menikmati KTX yang disebut sebagai versi Korea dari Shinkansen milik Jepang.

Untuk tiket KTX kalian dapat membeli-nya secara online disini. Kalian bisa memilih perjalanan one trip atau perjalanan pulang pergi maupun jenis perjalanan lainnya. Sayangnya, untuk beli online hanya dapat menggunakan pembayaran via kartu kredit. Untuk wisatawan asing kalian bisa membeli tiket KTX dengan harga diskon dan tentunya dengan tiket tersebut juga mendapatkan potongan harga tiket masuk Busan Aquarium yang terletak persis di depan pantai Haeundae. *Tips: Diwajibkan membawa Kartu kredit yang digunakan untuk membeli tiket KTX saat penukaran tiket KTX dari versi e-voucher ke tiket fisik karena petugas tiket nantinya akan minta memperlihatkan kartu tersebut*.

busan23

Jika memilih untuk transportasi KTX, maka kita akan tiba di Busan Station. Dari Busan Station kalian bisa memilih tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi. Namun KI akan memberikan rekomendasi untuk kalian yang ingin mengelilingi Busan hanya dalam satu hari, sehingga bisa menghemat uang untuk penginapan. *Tips: Jika menggunakan one day ticket KTX ke Busan, usahakan berangkat dari Seoul lebih pagi dengan jam keberangkatan kereta paling pagi juga sehingga waktu berjalan-jalan di Busan tentunya akan lebih panjang*

Tempat apa saja yang bisa dikunjungi dalam perjalanan 1 hari? Yuk, check this out !

1. Menikmati keindahan Busan Tower (Yongdusan Park)

busan5 Dari Busan Station, Yongdusan Park menjadi tempat persinggahan pertama KI. Yongdusan Park ini merupakan salah satu gunung paling populer di Busan, mengunjungi Yongdusan Park kita dapat menikmati rumah-rumah yang berjejer indah dengan pegunungan hijau dan tentunya dapat melihat keindahan laut dan pelabuhan busan dari tempat ini.

Jika selama ini gembok cinta hanya terkenal ada di Namsan Tower, maka jangan salah karena Busan Tower pun juga punya ‘Love Locks’ dimana terdapat banyak gembok cinta tergantung yang memiliki berbagai tulisan dari harapan pasangan-pasangan yang berkunjung kesana. Jangan lupa sempatkan juga mengukir nama atau harapan cinta kalian disini~

Tidak dipungut biaya untuk menikmati keindahan Yongdusan Park dan menulis harapan di ‘Love Locks’, sedangkan untuk naik ke Tower harus membayar 4.000 won. Adapun cara menuju ke Yongdusan Park yaitu:

Dari Busan station naik subway Line no. 1, turun di Nampo-dong Station. (5 menit perjalanan). Keluar di Exit 1 Nampo-dong Station, jalan 10 menit menuju Yongdusan Park.

2. Lezatnya Hidangan Segar di Jagalchi Market

busan2 Setelah turun dari Yongdusan Park, KI bergerak mencari makan siang dan karena Busan terkenal dengan makanan lautnya yang segar dan enak, maka tak ada salahnya mampir ke pasar ikan terkenal “Jagalchi Market” untuk memilih sendiri seafood yang kalian inginkan. Berjejer restoran menawarkan berbagai menu seafood yang menggoyang lidah. Oiya, siapkan uang lebih ya jika ingin makan banyak. *Tips: Makan disini akan lebih hemat dan murah meriah jika kalian berkunjung bersama-sama dengan teman (minimal 3 orang) karena tentunya harga makanan dapat dibagi bersama dan porsi makanan pun termasuk porsi makan besar~~*

3. Berjalan di Lokasi Busan International Film Festival
busan10 Perut kenyang, maka saatnya kembali melanjutkan perjalanan dengan berbekal info dari pusat informasi dan tentunya peta ke tujuan berikutnya. Jika kalian suka nonton film berarti tahu dong ajang festival film internasional yang digelar tiap tahunnya di Busan. Yups, benar sekali. Kali ini KI bergerak ke lokasi dimana Busan International Film Festival diadakan setiap tahun. Disini kalian bisa melihat beberapa tapak tangan aktor, aktris, dan sineas ternama dari seluruh dunia.

Di tempat ini, jangan heran jika saat tiba disana yang terlihat hanyalah jajaran penjual aneka makanan dan barang-barang kebutuhan lainnya karena memang jalanan ini baru akan dikosongkan jika festival film diadakan. Namun kalian masih bisa menikmatinya dengan berjalan santai diatas cap telapak tangan para pesohor dari beberapa negara dijalan ini koq.

5. Bersantai Sore di Pantai Gwangali
DSCN0887 Udah puas ngeliat pemandangan dari atas gunung, gantungin gembok di Busan Tower, jalan layaknya artis di BIFF Square, perut juga udah kenyang makan seafood, saatnya bersantai sore menikmati angin semilir di pinggir pantai. Busan memiliki 2 pantai indah, yaitu Gwangali dan Haeundae. Gwangali ini sebenarnya populer di malam hari karena keindahan cahaya lampu dari Jembatan yang menggantung di atas laut yang dikenal dengan Diamond Bridge. Tapi karena ini adalah one day trip, KI gak bisa sampai malam disini, mengejar KTX terakhir untuk pulang ke Seoul. Gwangali is one of the prettiest beach we’ve ever visited.

Cara menuju pantai cantik ini adalah naik subway busan Line 2 kemudian turun di Gwangan station dan keluar di pintu 2 atau 3 kemudian berjalan kaki lurus terus sampai ujung hingga menemui pantai.

6. Pantai Kebanggaan Warga Busan, ‘Haeundae’
busan-haeundae Haeundae letaknya berdekatan dengan Gwangali. Kalo masih punya tenaga, bisa sih jalan, sambil menikmati angin sore dan melihat keramahan penduduk Busan. Kalau capek, disarankan naik taksi saja. Tenang, dari Gwangali ke Haeundae argo taksi nya gak gerak dan cuma bayar sekitar 3000 won. Kalau kalian pergi bertiga atau berempat, kan lumayan irit ongkos bisa dibagi rata daripada capek jalan. Hehehe. Haeundae gak kalah cantik kok dari Gwangali dan lebih rame. Mungkin karena waktu KI kesana pas sore hari, dan banyak yang mau liat sunset di Haeundae. Yups, Haeundae ini terkenal lho dengan keindahan sunset nya.

Berakhir sudah one day trip Busan versi KI ini. Busan adalah kota yang ramah wisatawan, jadi kalian gak perlu takut bakal tersesat. Di setiap tempat wisata, pasti ada Tourist Information Center yang melayani turis dalam bahasa Inggris, China, Jepang dan Korea. Petugasnya ramah banget, dan kalian bisa minta peta Busan disitu lengkap dengan objek-objek wisata yang bisa dikunjungi. Beruntung juga, KI bertemu orang-orang baik hati di Busan yang mau menunjukkan jalan waktu KI tersesat. Bahkan, ketika KI mau foto-foto dan gak bisa selfie, ada orang yang menawarkan diri untuk memfoto KI. Keramahan penduduk Busan, seafood yang lezat, pantai yang cantik, membuat Busan menjadi salah satu destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi.

Gimana? Tertarik ke Busan? Selamat merencanakan liburan ke Busan ya!

 
Photo credits: KOREANINDO.NET

Loading…

2 thoughts on “[Travel Tips] One Day Trip to Busan? Let’s Go!

Leave a Reply

Your email address will not be published.