SBS Ambil Tindakan Atas Penjiplakan Drama “You Who Came from The Stars” Versi Indonesia

Näyttökuva-2014-4-30-kello-18.49.52

Sebuah versi Indonesia dari drama “You Who Came From the Star” telah berubah menjadi kasus plagiarisme. Seorang wakil dari SBS Contents Hub, yang bertanggung jawab untuk mengelola hak publikasi “You Who Came From The Star” mengungkapkan, “Drama tidak boleh dibuat jika belum mendapatkan hak tayang. Hal ini dapat dianggap sebagai plagiarisme.”

Drama Indonesia, “Kau Yang Berasal dari Bintang” memiliki kesamaan cerita dengan drama SBS, “You Who Came From The Star”. Episode pertama ditayangkan pada tanggal 28 April di RCTi.

Perwakilan SBS mengatakan, “Kami sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan yang ada di Indonesia mengenai hak tayang secara resmi tapi drama ini sudah mulai ditayangkan. Kami masih mencari cara untuk mengambil tindakan terhadap drama ini.”

Sementara itu, Drama “You Who Came from The Star” yang dibintangin bintang top, Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun telah menikmati popularitas di seluruh Asia.

Source : Soompi

Indotrans : wndwnrt

Advertisements

352 thoughts on “SBS Ambil Tindakan Atas Penjiplakan Drama “You Who Came from The Stars” Versi Indonesia”

    1. sama chingu saya juga tadinya cukup antusias wkt ada kabar pihak Indo mau bikin YWCFTS versi Indo yang resmi tapi sungguh disayangkan ternyata belum ada ijin ke sbs sama sekali
      mana yg bikin kecewa pemilihan aktor dan aktris utama nya terkesan asal asalan mengingat jun ji hyun dan kim so hyun artis kelas atas korsel yang bikin hits maker drama
      sayang bgt deh sama oknum oknum yg ga bertanggung jawab gini 😦

    2. haha padahal plagiarisme udah bukan hal yg baru lho buat sinetron Indonesia dari jamannya Saras 008 sampe Elang terbang.. jadi menurut gue sih biasa aja
      tapi emang acara tv swasta sekarang kebanyakan lebih sering mentingin rating ketimbang quality bikin acara asal asalan makanya ga usah ditonton masih banyak acara tv yg lebih mendidik

      1. elang terbang? sorry typo maksudnya sinetron indosiar itu lho apalah ada burung/naga yg bisa dinaikin orang.. super bener, boeing aja kalah haha

      2. iya iya bener xD demi rating rela melakukan apapun, contohnya y*s xD *sorry out of topic* tp serius, banyak banget sebenernya program tv di indonesia yg akhirnya ‘ga banget’ buat ditonton, skrg tv aja lebih sering nganggur *curcol* kkkkkk kebanyak sampahnya dri pada kreatifnya xD smoga ke depannya rctidan seluruh stasiun tv di indonesia semakin kreatif, ga malu-maluin lagi

  1. berarti intinya, sbnrnya lagi proses nego kasih izin gak nya sama SBS. SBS udah tau RCTI mau bkin yg “mirip”. tapi keputusan blum ada dri SBS malah di tayangin sama RCTI.

    yaudah biar SBS yg urus. lagian ngeyel sih RCTI. kan udah di ingetin sama masyarakat indo pecinta Kdrama . tapi ttp aja lanjooot. yg penting duit gak mikir efek nya.

    gw sih gak mau ikut2an ngebash yg plagiat nya. cuma, sangat disayangkan aja. yg plagiat jelas2 salah. gak bisa di bela gimanapun. walopun negara sndri yg plagiat.

    1. kemaren2 fans nya nikita willy gak terima dikatain njiplak katanya udah beli lisensi resmi…lha kog ini malah urusannya sma sbs?…pengen ngakak rasanya…mana tiap nonton ni sinetron rasanya enek banget sama akting mereka yg maksa dan nggak banget…yg katanya dapet panasonic award juga aktingnya masih kaku banget….huhu biarlah walau ni sinetron dr indonesia biar tau rasalah sekali-sekali urusan ma sbs biar mereka nggak asal njiplak aja karya orang…sebenernya kan udah byk bgt sinet indo yg njiplak korea cuma gak ketauan sama koreanya aja….

      1. hooo gue ngerti,jadi masih proses tapi rctinya udah main tayangin.
        seandaikan ni sinetron udh dapet izin lisensi dari sbsnya gue sebenernya ga masalah krn udah dpet lisensi, tpi ternyata belum -,-
        cuman yg gue sayangin adalah akting para pemainnya. mereka kurang menghayati peran mereka. akting mereka terasa kaku, apalagi yg jadi semi, entah kenapa gue liat dia ga dapet “soul”nya. menurut gue yg aktingnya mayan selain para aktor senior macam roy marten dan rudi salam *itu sih ga usah diraguin lah ya* glen alinskie ckup bgus mainin peran hwikyung. selebihnya? aku juga kurang setuju sama yg jadi yoonjaenya. terlalu kecil, kenapa harus anak sd, kenapa ga smp aja?
        tapi ya moga aja masalah ini ga tralu berpengaruh terhadap pasokan drama ke indonesia dan ga memperburuk citra indonesia krn suatu oknum tak bertanggung jawab

      2. ane sependapat ama @jepretpress ane juga selow aja gan kalo misalnya udah ada lisensi ijin macem acara Indones**n idol apa xf*ctor gt,
        tapi yg masih ane seselin selain belum ada ijin pemilihan aktor n aktris utamanya itu loh, gila aja aktor utama pria nya bener2 aktor debutan yg notabene kaku bgt aktingnya, plus si aktris utama yg imagenya ga cocok sama image cheon song yi yg diperanin secara apik ama tante jun ji hyun mending mending diperanin sekalian ama syahrini deh

        ane jg ga habis pikir kan banyak gitu aktris indo yg image nya nyamain jun ji hyun dari segi kualitas akting :/

        aktor aktris pendukungnya menurut ane malah lebih keren kayak aktor aktris seniornya macem roy marten gt lah

        yah krn udah kadung jd masalah ya mau bgmn lagi ga usah tonton aja deh itu sinetronya drpd ratingnya di Indo jg makin tinggi

      1. Setuju! Menurut gue klo emang mau di bikin versi indonesia yg jadi song yi mending syahrini dr pd nikita iuuuuh haha tetep aja malu2in ini mah

  2. Udah bisa di tebak bakalan di permasalahkan
    Kita harus siap kita dibilang plagiat sama negara lain..

    1. Udh msuk soompi, jadi berita paling trending nomor 1 pula. Amit2, kalo udh kyak gini aku lebih dukung SBS deh. Sekali2 perlu juga kali stasiun tv Indo diginiin, biar kapok ngejiplak melulu. Malu ngeliatnya, malu juga kalo sampe ketahuan negara tetangga…

      1. tapi hati2 aja sama netizen Malaysia, pasti neti Malaysia manfaatin berita ini buat ngejelek2in bangsa kita, kita harus sigap sama apapun yang terjadi, jangan kepancing emosi dari mulut neti malaysia, nanti malah jadi perang hacker lagi, kalo sampe perang hacker, KI kemungkinan besar bakal kena hacker soalnya masalah ini kan berhubungan sama korea, dan yang kemungkinan besar kena hacker ya website indonesia yang berhubungan sama korea, #BoikotKauYangBerasalDariBintang

      2. gak smua rakyat malaysia gitu kok…saya sndiri rakyat malaysia.. gak jelekin bangsa kamu..cuma ya..sama spt penonton indonesia yg lain..saya tumpang malu jg..lagi2 YWCFTS itu drama yg saya suka…moga ini jadi pengajaranla buat semuanya 🙂

      3. betulll 🙂 tapi syangnya masih banyak juga orang indo yang suka nonton sinetron yang berbelit2 gt jalan ceritanya … jd kalo keluarga kalian lagi nonton sinetron yang dirasa2 terlalu belibet, ganti channelnya ke channel berita ya … on the spot gt lah at least, hitam putih jg acara tanpa gosip dan masih ada ilmunya… film kartun kayak spongebob aja masih ada ilmunya :v

    1. wkkww ini betul nih klo ceribel mah emang ketauan plagiatnya klo smash gaya nya doang tpi sampe korea smash udh terkenal wkkw tpi yg paling parah drama ini NGUQUUUQQQ

    1. kalau masalah remake itu juga hobinya orang korea… banyak banget remake drama2 dr jepang.
      tp bedanya disini china udah dapat ijin sedang indo blm

      1. Iya emang korea suka ngeremake, ngejiplak. tapi mereka itu ngejiplaknya kreatif. lah ini? judul aja cuma ditranslate doang. kalo mau ngejiplak, ya ngejiplak terserah. tapi yang kreatif dikit napa. ngejiplak ide ceritanya aja kek. atau ngejiplak karakternya. lah ini semua dijiplak. gue aja kalo ngerjain makalah diedit dulu :3

        lagipula, itu kenapa harus nikita willy sih? eneg gue liatnya. emang aktris di indonesia cuma dia doang ya?
        terus harus banget morgan ya?
        harus banget posenya begitu? maksa banget posenya-___-”
        malu gue liatnya. gak kreatif..

    1. iya ihh, gua tuh jijik sama nikita willy sama morgan, aktingnya maksain, kalo mau ditwitter kita bikin hastag #BoikotKauYangBerasalDariBintang, gua yakin bakal jadi TTW karena kpoper diluar Indo pasti ikut ngebantu, mau gak kita kerja sama, bukannya gua mau ngatain Indonesia dimata dunia, tapi gua pengen orang Indonesia sadar sama yang namanya Plagiarisme itu ilegal

      1. “tapi gua pengen orang Indonesia sadar sama yang namanya Plagiarisme itu ilegal”
        ya Allah bener banget ini

      2. Oiiii nggak malu apa loe sampe minta dukungan kpopers luar buat jelek”in negara loe sendiri…kalo gue sih malu sampe mau buat TTW di twitter untuk minta dukungan negara lain buat ngejelek”in negara kelahiran loe sendiri… Dasar Kpopers Awam, nggak mikir dampak buruknya. gue yg suka korea aja nggak sampe segitunya deh.

      3. eh o’on, coba loe pikir, biar loe nggak ngata”in indonesia juga yg kena imbasnya siapa? indonesia juga kan? bego… pikir” dulu deh klo mau komen… Sudahlah nggak usah berlebihan sampe minta dibantu lah sama negara lain… :v

      4. yaelah, kok jadi salahin gua sih, salahin RCTI tuh, saat orang2 pada ngatain RCTI, Nikita Willy sama Morgan, nih bocah malah ngajak fanwar hahahaha, cewek rusak mah ujung2nya gak nyambung

      5. yg ada lo yg nggak nyambung…sekarang malah alihin ke RCTI… yg gue permasalahin itu kata” lo yg “kalo mau ditwitter kita bikin hastag #BoikotKauYangBerasalDariBintang, gua yakin bakal jadi TTW karena kpoper diluar Indo pasti ikut ngebantu” wajar nggak sih lo org indonesia ikut jelek”in negaranya sendiri.

      6. itu bikin malu lah beloon luh –‘ mikir woy otak lu pake bener2, klo lu bikin hastag kaya gitu pasti kpopers luar jg mikir indo tuh orang2ny selalu plagiat pada kenyataanny kaga semua orang indo itu kaya gitu,”tapi gua pengen orang Indonesia sadar sama yang namanya Plagiarisme itu ilegal” udh pada sadar keles wkwk konyol lu terlalu suka korea jd sama negara sendiri kaya gitu ckckck ga cinta tanah air =))

      7. eh lu pikir baik” lo buat hastag kyak gitu itu sama aja lo nambah merusak nama indonesia di mata kpopers luar.. yg ada lo terlalu mencintai korea berlebihan,,trus kalo lo buat hastag kyak gitu lo merasa hebat di mata kpopers alay lainnya? Sudahlah jangan terlalu berlebihan menanggapi sesuatu… berita ini nggak bakal nyebar kalo Kpopers alay nggak koar” nyebarin berita…

      8. @Kwak sibuk sendiri ya, kasian sumpah, mau nyari temen ya, hahaha, udahlah gak usah diperpanjang gua sibuk, gua gak kenal lo, dan lo gk kenal gua, jadi jgn sok akrab oke, kayanya elo keras kepala mau jatuhin gua, bye 😀

      9. @kwak dari 300 lebih komentar diartikel ini, sebagian besar komennya tentang kekecewaan mereka terhadap orang Indonesia alias pihak RCTI, tapi elo keselnya cuma sama gua, apalagi coba kalo bukan mau cari muka, dan lo bales komen gua yang dihalaman awal lagi/komentar paling atas, ih MUNAFIK BANGET nih orang, dari sekian banyaknya orang yg ada di KI, cuma lo yang nekad mau dikenal banyak orang tapi jadi benalu (bahasa kerennya settingan), gua tau lo benci gua, tapi di KI ini bukan cuma elo yg benci gua, masih banyak orang yang jauh lebih benci sama gua, jadi jangan sok-sokan terang2 mau jadi pahlawan, gua tau bahasa elu bikin orang kesel, tapi liat kedepan masih banyak orang yang jauh lebih pedih omongannya, iyakan pahlawan,,kalo elo bales komen gua yg ini pasti gak jauh2 dari kata2 yang gak enak atau kata2 cengengesan, lu kira gua patung lu kira gua gak punya hati, gua juga punya akal, gua juga ngerti kapan waktunya bersenang2 dan kapan waktunya sakit hati

      10. minta tolong jangan bikin yang kaya gituan di twitter yaa. please. lo bilang tadi gamau ngatain indonesia di mata dunia kan? kalo lo lakuin itu, yang kena bukan rcti atau sinemart, tapi indonesia. gue sebagai orang indonesia mohon pake banget sama lo jangan bikin negara gue namanya ancur di mata dunia. gue mah ga peduli deh lo kpopers alay atau kaga kaya yang lain bilang, yang penting please. stop bikin hastag kaya gitu ataaau kalo ada yang bikin hastag kaya gitu jangan diretweet. please ya? memohon atas nama jutaan bangsa indonesia lain yang gapunya salah tapi namanya harus tercoreng dan semakin tercoreng karena bangsa indonesianya sendiri menjelek jelekkan negaranya sendiri 🙂 🙂

      11. Eh alay goblok… yg mau kenal sama lo siapa.. Cueeeh PD banget lo jadi orang,..gue komen komentar lo kan karna tujuan lo yg jelek. yg lain nggak sealay lo yg mau buat TTW… lo pikir lo siapa??? Super Hero di mata kpopers alay lainnya?? hahaha… Kasian banget… klo masih bocah lebih baik nggak usah ikut”an protes… otak kyak anak kecil aja sok”an mau ikut protes tanpa mikir dampak buruknya… :v

      12. Asal LO tahu saja NEGERI KERAJAAN OPERASI PLASTIK yang bernama Korea Selatan itu juga sering melakukan plagiarisme baik di bidang MUSIK maupun DRAMA mereka. Kebanyakan mereka mencotek dari JEPANG dan AMRIK.

        #JADI STOP DENGAN KRISIS INDENTITAS NASIONALISME

        #YANG MENDEWAKAN NEGARA LAIN

      13. o mai got… o mai no… o mai waaawwwwwwww!!!
        kiti swer, kiti swer, banana stoberi swerrrrrr!!! helloooww
        kasihan banget nih akun save (save satinah kalee), nih berita udah ketinggalan jaman dan lo baru muncul, pahlawan apa ya namanya, hahahah kasian, eewwwww kamseupay!!! #cuih

      14. @alaygangnam udah, nggak usah ngatain orang juga kalee -_-
        aku sendiri sih nggak setuju kalau ada hashtag semacam itu. kasihan Indonesia. lagian sinetronnya udah berhenti tayang kan? ya udah sih ya -_-

      15. kecewa sih boleh ja tapi ga usah bikin hastag kaya bgtuan? untuk apa coba?? toh pihak SBS nya aja udah ngambil tindakan, ngapain ikut2an sih?? ini urusan mereka (pihak SBS sama Sinemart),,, kita sapa?? rugi aja ga,, suka korea sih boleh aja, tpi ga usah berlebihan, nyadarin mereka tentang plagiarisme kan pake cara ini (SBS nuntut) jg udh bisa kali… -_- kita ga usah ikut campur…

    1. aduh bener2 malu2 in. korea sama indo itu sama aja.. suka niru2.
      korea sangat terobsesi ingin seperti jepang
      indo sangat terobsesi ingin seperti korea. hahh

      banyak natizen yg mrnghujat morgan ame nikita.. (yah mmng pantas sih)… mrk bilang dari negara manapun yg mau ngeremake, gak akan bisa membandingi drama aslinnya..
      gue sangat setuju, itulah perasaan gue saat dorama kesayangan gue hrs diremake versi drakor atau versi ngra manapun… gak akan bisa menandingi.

      stop ngejiplak ye indo, sinetron yg g plagiat aje gue muak lihatnya, apalgi yg ngejiplak..

      1. ini remake versi tolol-nya..kalo yg korea do min joonnya gak tau si cwe karna pas dimasa lalu song yi masih kecil..tp ini yg masa lalu sm yg masa kini sama2 nikita..masa dia lupa -______-”

        padahal tu yg punya TV si HT pas kampanye presiden bilang mau bikin indo jadi negara maju..gmana mau maju kalo drama aja plagiat

      2. RT @NinaB34utyB2st .. gue sering sakit ati kalau dorama jepang di remake2. hahaha..
        kalau drakor di remake sih g masalah krn gue kurang suka drakor.. tapi yg bikin sakit ati cm masalah plagiatnya yg mencoreng nm bangsa itu loh.. gak banget deh..

Comments are closed.