Banyak Pesan Palsu Beredar Terkait Korban Kapal Sewol di Internet

tumblr_inline_n46hx0nIcd1rcuxz9

Dengan insiden kapal Sewol, banyak gambar dan screenshot dari pesan dan pesan KakaoTalk yang di duga dikirimkan oleh korban yang masih terjebak di dalam kapal telah bermunculan, namun belum ada metode untuk membuktikan apakah pesan-pesan tersebut adalah nyata .

Dari semua pesan yang telah muncul secara online, dua telah dikonfirmasi palsu; dibuat oleh anak SD yang duduk di kelas 5 di beberapa sekolah di Gimpo .

Salah satu pesan berbunyi” Ponselku tidak dapat menangkap sinyal apapun jadi aku bahkan tidak bisa menelepon atau mengirim pesan . Ini adalah pesan grup . Aku sedang di kapal dan ada orang di sini tapi aku tidak bisa melihat apa-apa . Ada beberapa anak laki-laki di sini dan beberapa gadis menangis . Aku belum mati tolong katakan semua orang di sana bahwa ada orang didalam ” .

Pesan ini diunggah pada KakaoStory pada tanggal 16 April pukul 11:10 KST, ditemukan oleh seorang warga Paju, dan segera dilaporkan ke polisi .

Pesan lain dari dugaan korban kapal telah diunggah di beberapa platform SNS, di mana ia mengatakan “ aku tidak memiliki ID Twitter jadi aku memposting sebagai jawaban. aku tidak punya banyak data. Aku **** Lee di kelas 2 Danwon High School. aku dekat bagian belakang kapal dan aku takut kaca akan pecah. Aku takut, tidak ada yang akan datang ke dan menyelamatkan kita? Aku hanya bisa menulis balasan untuk posting ini ” .

Namun hal ini juga diselidiki dan menemukan bahwa ID dari orang yang menulis pesan ini tidak sesuai dengan informasi yang diberikan, tetapi mereka masih menyelidiki kebenaran di balik pesan ini .

Selain itu, pesan dari dugaan korban yang masih bertahan telah diteruskan kepada orang tua dari anak-anak yang terjebak dalam kapal terbalik, dan telah di-unggah ke Facebook dan platform SNS lainnya.

Namun terungkap bahwa pesan ini tidak dikirim oleh otoritas resmi pemerintah, atau memiliki otoritas yang menyebarkan pesan tersebut . Dengan beberapa pesan palsu, masyarakat sebelumnya sudah mulai mendapatkan beberapa harapan dalam menemukan banyak orang yang selamat, namun hingga saat ini tidak ada pesan yang dikonfirmasi bahwa itu adalah kenyataan .

 

Semoga seluruh keluarga korban dapat diberikan kekuatan.

 

source: Koreaboo

Advertisements

15 thoughts on “Banyak Pesan Palsu Beredar Terkait Korban Kapal Sewol di Internet”

  1. kalau begini jadinya mungkin itu bukan untuk membohongi, tapi lihat kata2nya, mereka menulis pesan agar menyelamatkan mereka yg masih terjebak. toh kita nga tau itu asli apa enggak, pastinya kita harus berdoa agar korban yg belum ditemukan tetap selamat. mungkin mereka yg berbohong menulis itu agar korban yg sebenarnya dapat segera dievakuasi.

  2. sedih sebeenernya pas baca informasi ini. ya berharap aja, meskipun ini yang ngasih informasi bukan orangnya, tapi ini informasi ini bener dan tujuannya biar tim pencari tetap ngelanjutin pencarian secepatnya. kan kasihan juga kalau orang” nganggapnya ini berita bohong, ternyata ini informasi beneran, dan tim pencari konsentrasinya terpecah jadi makain lama nyarinya kan kasian jugaa..
    semoga aja itu korban dapat diketemuin semuanya. semoga aja berita yang keluar nanti jadi berita yang terbaik seperti yang diharapkan semua orang. amiin..
    #prayforsouthkorea

  3. ad satu berita yg kalo ini sih kayany bener, ada anak cowok namanya Jung Chawoong, dia nyelametin temen sekelasny gitu, ngasih jaket pelampungnya dan rela jadi yg tenggelem, dan dia ultahny jg hari ini, tgl 17. Sumpah itu paling nyedihin banget. Semoga semua penumpang yg belum ketemu cepetan ketemu dan jangan nyebarin berita bohong, please..

    1. Masih ada 1 lagi ching, namanya park jinyoung. she’s sewol ferry crew and worked about 6months..
      Dia ngasih pelampung yg dia dpt di lantai 4 ke siswa di lantai 3. Pas ditanya siswa knp dia gak pake pelampung, dia bilang “The crews are the last one ro wear it. I’ll save all of you first, then I’ll go out.” dia tetep nyelametin org2 bahkan saat air setinggi dadanya..
      Terharu gue bacanya, ada org sebaik mereka..
      Semoga orang2 yg hilang bisa ditemukan dan keluarga korban diberi ketabahan.. amiin

      1. Keren banget gila. Padahal kan ketua awak kapal, kalo nggak kepala nahkodanya pergi nylamatin diri pertama kan gtu kan?

        Bahkan gara gara itu, kluarga korban malah jadi curiga ada unsur ksengajaannya gitu.

  4. Duh… Hal begini di permainankan. Gimana kalau misalnya ada orang yang benar ngirim pesan tapi karena masyarakat sudah menganggap itu tipuan? Kan kasihan… Pray aja untuk korban yang belum ditemukan bakalan ketemu dengan keadaan masih bernyawa. Amin.

Comments are closed.