[Exclusive Interview #1] Let’s ‘Party’ with BOYS REPUBLIC !

boys republicAnnyeong Haebaragi!

Tahun 2013 menjadi tahun keemasan Kpop, ditandai dengan banyaknya grup yang debut di Korea serta banyaknya konser Kpop di Indonesia. Di antara banyaknya grup rookie, ada satu grup yang mencuri perhatian KoreanIndo (KI) yaitu ‘Boys Republic’ yang sukses mencapai posisi pertama di peringkat iTunes di Thailand, Singapura, Indonesia dan Filipina setelah merilis lagu debut mereka, ‘Party Rock’.

KoreanIndo mendapat kesempatan emas untuk mewawancarai Boys Republic, yang bernaung di bawah manajemen Happy Tribe Entertainment dan Universal Music Group. Debut 5 Juni 2013 melalui program “Music Show Champion”, mungkin banyak dari kalian yang kurang atau bahkan belum kenal sama sekali dengan Boys Republic. Nah, melalui interview ini yuk kita kenalan lebih dekat dengan Boys Republic!

Buat Haebaragi yang belum kenal dengan grup ini, Boys Republic terdiri dari 5 member yaitu leader One Junn, Dabin, Seongjun, Minsu, dan maknae Suwoong. Nama ‘Boys Republic’ sendiri memiliki arti yang cukup dalam, dimana melalui musik, mereka ingin mengatakan kepada orang-orang yang mulai menyerah terhadap mimpi yang telah mereka rangkai dari kecil (dulu), untuk tidak menyerah terhadap mimpi tersebut dan terus berusaha menggapainya. Bisa dikatakan “Boys Republic” adalah anak-anak yang ingin atau berusaha membangun negeri.

Debut dengan lagu “Party Rock” yang mengusung tema pop dance, liriknya berkisah tentang seorang laki-laki yang mendekati seorang  perempuan di klub. Hal itu terlihat juga dari video klip “Party Rock” yang bernuansa pesta dan menggunakan koreografi unik yang dikenal dengan sebutan ‘whistle dance’.

Koreografer dari DOOBU (semacam grup dance seperti Prepix) menemukan nama (‘whistle dance’) tersebut secara tidak sengaja. Ada bagian dari dance yang mengeluarkan suara siulan, saya kira dari situ ide itu muncul. Bibir kami terlihat seperti sedang bersiul.” jelas Boys Republic yang mengaku belum pernah mempunyai hubungan dekat dengan perempuan manapun.

Boys-Republic-Party-Rock

Selain merilis lagu “Party Rock” yang bergenre pop dengan nuansa elektrotune seperti lagu K-Pop pada umumnya, Boys Republic juga merilis lagu “Orange Sky” untuk lagu tema Jeju Airlines. Jadi apa sebenernya genre musik yang diusung? Mereka menjelaskan, “Kami memadukan dari berbagai macam genre musik yang ada. Tidak berpatokan pada satu genre saja“, membuktikan bahwa mereka tidak hanya menguasai satu genre musik saja.

Mengingat persaingan di industri Kpop sangat ketat, apa yang membedakan Boys Republic dengan grup lainnya? “Warna musik kami tidak hanya mengikuti K-Pop (Korean pop) tetapi juga mengikuti musik luar (Western Pop), hal ini dilakukan sebagai persiapan untuk menghadapi pasar global, salah satu tujuannya adalah musik yang bisa di terima di seluruh dunia. Itu adalah intinya.” Walaupun bersaing secara sehat, member Boys Republic juga menjalin persahabatan dengan artis K-Pop lainnya. Seongjun mengungkap, “Kami dekat dengan member 15&, Baek Ye Rin, solois Baek Ah Yeon, dan sunbae seperti Min Miss A.

Ditanya siapa soal inspirasi musik mereka, Dabin menyebut nama Justin Timberlake dan Bruno Mars, “Aku pikir karena lagu mereka sangat bagus dan terdengar menyenangkan serta feeling-nya tersampaikan dengan baik.” Sedangkan Seongjun mengaku menyukai Musiq Soul Child semenjak ia kecil, “Karena aku menyukai musik yang bergaya R&B, aku pikir Musiq Soul Child itu sangat bagus.

Sebelum debut resmi, Boys Republic menjalani masa pelatihan selama 3 tahun. “Kami berlatih menyanyi, menari dan sebagai tambahan kami juga belajar cara berakting. Mohon nantikan (penampilan) kami.” Lama menjalani training dan akhirnya debut, Boys Republic berbagi tentang perasaan mereka, “Kami tidak menyangka. Dalam pikiranku, ‘Kita benar-benar debut?’ Karena kami pergi ke stasiun TV dan tampil di atas panggung, yang ada dalam pikiranku adalah ‘Waaah, kita benar-benar telah debut!’“.

Tak lupa Boys Republic berbagi pengalaman panggung debut pertama mereka yang ternyata mereka lakukan di luar Korea, “Saat Festival K-Pop di Kumamoto, Jepang dan kami adalah pembuka acara, tidak bisa melupakan rasa senangnya. Kami rasa kami tidak gugup tetapi lebih memikirkan apakah akan melakukan banyak kesalahan atau tidak.

Tak hanya tampil di acara musik, Boys Republic juga tampil di reality show SBS MTV Rookie King dimana mereka menunjukkan sisi lain diri mereka. Mengenai acara ini, Boys Republic berbagi cerita lucu saat syuting. “Ada sebuah cerita tentang Suwoong, Ketika kami ke Thailand untuk melakukan pengambilan gambar, peralatan (kamera) hilang ketika pengambilan gambar akan dimulai, meskipun pada akhirnya ditemukan setelah dicari. Tetapi pada awalnya semua mencari dan sama sekali tidak menemukan peralatan itu, tidak ada yang tahu dimana dan siapa yang mengambilnya. Kemudian setelah proses editing (acara tersebut) selesai, pelakunya baru ketahuan. Pelakunya adalah Suwoong! Suwoong pada awalnya ingin membantu untuk memegang/membawa kamera, tapi ia meletakkannya di tempat yang aneh, diantara sepatunya di bawah kursi sehingga ia lupa mengambilnya. Itu adalah kisah yang tak terlupakan.”

Ditanya tentang variety show apa yang ingin mereka ikuti, One Junn menjawab, “Running Man. Alasannya karena aku suka bergerak dan melompat (tidak bisa diam), dan aku juga ingin belajar secara langsung dengan Senior Yoo Jae Suk.” Sedangkan Minsu memilih ‘Laws of The Jungle’,” Aku ingin menguji diriku sendiri, sejauh mana kemampuanku dalam bertahan hidup.

Saat ini Boys Republic telah menyelesaikan promosi “Party Rock” di Korea. Jadi, apa yang patut kita nantikan selanjutnya dari grup satu ini? Boys Republic memberi petunjuk, “Kami sedang bekerja keras untuk mempersiapkan album. Mohon nantikan kami!

Tak hanya bicara soal debut, musik dan variety show, Boys Republic juga membeberkan banyak cerita soal tiap member, pendapat mereka soal fans dan juga rencana mereka di masa depan. Nantikan bagian kedua dari wawancara eksklusif ini ya!

Saksikan shout out video dari Boys Republic untuk Haebaragi!

Special Interview

written by Koreanindo team

thanks to Boys Republic and Universal Music Indonesia

please take out with full credits

Advertisements

4 thoughts on “[Exclusive Interview #1] Let’s ‘Party’ with BOYS REPUBLIC !”

Comments are closed.