Akankah J.Tune, Starship, dan WM Ent. Ikut Bergabung dengan SM C&C?

by

sm

Sejak merger antara Woollim Entertainment dan SM C&C, penggemar musik telah bersemangat untuk mengetahui apakah akan ada gabungan lain yang mungkin akan datang, dan jawaban yang sederhana adalah mungkin ya.

Hal ini seharusnya tidak menjadi kejutan karena dengan penggabungan sebelumnya, SM Entertainment, pemegang saham terbesar dan anak perusahaan SM C&C, jelas mengungkapkan harapan mereka menjadi grup musik global terkemuka seperti Universal Music Group, Sony Music Entertainment, dan Warner Music Group .

Untuk mencapai tingkat tersebut, SM perlu mengajak beberapa agensi bergabung di bawah mereka untuk menjadi major label atau seperti tiga label yang disebutkan di atas.
ย 
Suatu laporan sebelumnya menyebutkan bahwa orang dalam di industri musik menyatakan, “Dengan Woollim sebagai awal, ada rumor bahwa beberapa agensi akan berada di bawah label SM. Ada beberapa yang sudah dibahas. Meskipun banyak agensi yang bertualang ke pasar luar negeri untuk menyebarkan Hallyu, sulit bagi mereka untuk lebih dikenal dan jaringan SM, yang telah membangun sejarah panjang… Membuat musik yang bagus dan memproduksi penyanyi adalah masalah yang terpisah dari pemasaran mereka. Jika mereka mampu mendistribusikan tanggung jawab ini melalui merger label, maka itu adalah situasi yang saling menguntungkan untuk semua orang.”

Mengenai semua ini, perwakilan SM C&C tidak menyangkalnya, tetapi juga tidak memberikan rincian spesifik saat ia berkata, “Karena kita telah memulai bisnis label, kami akan mengejar lebih banyak lagi penggabungan berbagai perusahaan. Ada kemungkinan terbuka dengan berbagai perusahaan. Melalui proyek ini, kami berharap untuk efek pertumbuhan simultan antara SM Ent dan berbagai label.”

Sejak artikel yang baru-baru ini muncul, ada tiga nama agensi khususnya di kalangan agensi menengah yang saat ini sedang dibahas untuk merger: J. Tune Camp (agensi dari MBLAQ), Starship Entertainment (agensi dari SISTAR) , dan WM Entertainment (agensi dari B1A4).

Seorang perwakilan dari salah satu agensi dikatakan telah hati-hati menjawab, “Memang benar bahwa telah melakukan pembahasan dengan SM sebelumnya, tapi belum ada yang diputuskan.”

Artikel tersebut menyebutkan bahwa sepertinya perusahaan-perusahaan sedang menunggu untuk melihat hasil cara kerjanya untuk INFINITE, TASTY, dan Nell bawah Woollim. Jika SM dapat membantu tur dunia INFINITE dan melihat banyak keberhasilan, diharapkan bahwa merger berikutnya untuk SM dapat terjadi segera.

Source : allkpop

Indotrans : tiarakim@koreanindo.net

PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS!!!

Loading…

112 thoughts on “Akankah J.Tune, Starship, dan WM Ent. Ikut Bergabung dengan SM C&C?

  1. Wooowww bgt..
    Ternyata firasat gw jd kenyataan..
    Denger rencananya aja merinding gw..
    SM ambisius bgt diluar perkiraan gw..
    Mngkin klo artis2 woolim label jd lebih tenar lg 3 agensi yg msh mikir2 itu jg bakal bergabung dibwh label SM yg udh mereka buat ama woolim..
    “… Membuat musik yang bagus dan memproduksi penyanyi adalah masalah yang terpisah dari pemasaran mereka. Jika mereka mampu mendistribusikan tanggung jawab ini melalui merger label, maka itu adalah situasi yang saling menguntungkan untuk semua orang.โ€
    Itu jg yg gw pikir selama ini tp sepertinya msh bnyk SM stan yg blm engeuh semoga dgn ini kalian tersadar..
    Kita sbg SM stan hrs bersatu supaya SM bs terus brkembang..
    #fighting
    ๐Ÿ™‚

  2. Wow bnget!! Yg pasti gue ska sistar ma b1a4, jd lau mau gbung ayok slahkn! Hahaha. Tp gue stju baik Sm maupn other agency liat dlu pkmbngn marger woolim. Lau bgus y ndk ad slahny. Tapi gilaaa, lau smuany ikt smtown, ngg kbyang. Y sudah la ya, SM, gilaaa pokokny (gila uang, gila kekuasaan #plakk #piss^^v)

    1. gw malah sangat menyayangkan starship gabung sama SM..sistar hampir bisa menyamai Fx begitu juga dengan infinite yg hampir bisa mengejar shinee..kalo mereka jadi berada disatu agensi gw gak yakin SM bisa bikin sistar lebih besar dari Fx…
      untuk membuat suatu kualitas perlu adanya kompetisi kalo kompetisi cuma menghadirkan 1 pemenang apa bagusnya..dalam sebuah grup biasanya udah ditentuin sama agensi mana member yg lebih tenar,,dan bla bla sebagainya..gw malah takut kalo anak2 baru hanya digunakan untuk memuluskan jalan anak lokal..grup2 diatas itu meskipun gak setenar artis SM tp jelas meraka adalah ancaman…

  3. SoshiBlaq omaygood seneng sih pake banget tapi tambah rame aja donk SM Town Concert, andaikan artis2 SM yg ga terlalu aktif promosi ikut sih ga masalah
    ntar deh, J.Tune masih dipegang Rain ga? doi kan pindah ke Cube trus CEO yg sekarang siapa?
    ekspansi SM gila gilaan dan kayaknya negara virtual SM bakal jadi kenyataan ckck

  4. Antara seneng sama ngga sih, seneng karena SM bener2 jadi agency no.1. daebak daebak Soo Man Ajusshi.
    Ngga nya mungkin aku udah biasa dan sukanya dgn ‘keluarga’ SMtown ya yg itu aja (kangta, boa, TVXQ, SuJu,SNSD, SHINee, F(x), EXO) ga lebih ga kurang.

  5. wowwwww…….SM C&C dan SM ENT makin BESAR dan KEREN…..daebak….
    sy suka cara pikiran bisnis dr SM….
    SM….bisakah mentransfer sedikit kepintaran MARKETING mu kpd sy????..haha….
    kalo kamu ingin menjadi pebisnis besar, kamu harus melebarkan Sayap mu….
    kalo tidak kamu tidak akan disebut PEBISNIS….haha…
    kalo feeling sy, seperti nya merger berikut nya akan ada bersama WM Entertainment atau J.TUNE Camp….
    krn SM ENT dan SM C&C lebih memilih kategori Boygrup daripada Girlgrup..
    krn kita semua tau, keuntungan terbesar semua agensi berada pd Boygrup2…(tentu aja SNSD sebuah pengecualian)…..hihi….
    apalagi tuk B1A4 mereka akhir2 ini meningkat tajam….
    liat aja album terbaru B1A4, penjualan nya meningkat dan fans nya makin bertambah…
    moga SM ENT dan SM C&C makin sukses….amin…
    SM ENT dan SM C&C fighting…

  6. baca komen disini sama di allkpop bener2 beda -__- di sana suasananya udah panas bgt udah pada jelek2in SM. kpopers indonesia banyak yang masih SM stan ya.. .-.
    anyway, aku gak rela B1A4 masuk SM! jangan sampe ntar TS juga ikutan tuh -_-v

  7. dan aku langsung kebayang MBLAQ Di SM… Demi apa malah lucu… LOL
    Gak pa2 kok, selama itu “simbiosis mutualisme” kan malah bagus…
    Emang kontroversi sih… SM OH SM

  8. merger dengen agensi lain ya oke oke aja sih.. Tapi kalo soal konser smtown please jgn campurin artis nya. Bukan ga suka cuma berasa bukan smtown konser jadinya udah kaya music bank tour aja itu mah

  9. SM itu mau menguasi pasar Korea, jadi mereka bisa punya power di ent korea, netizen korea sendiri sebenernya udh muak sama SM, baca j netizenbuzz.blogspot.com . mikirinnya duit mulu, lebih suka jaypark yg punya musik sendiri. artis korea nyanyi2 gitu padahal itu bkn musik yg diinginkan mereka, kasian mereka jd robot ๐Ÿ™

  10. ANNNNNDDDDWWWWEEEE!!!!
    beneran g kebayang gmn mereka pada masuk SM…
    takut ada konsep yg berubah karena kensep mereka udah pas kayak gt…
    dan big rt yg bilang jangan sampai TS jg ikutan masuk….
    ANDWWWWEEEE!!!!!!

    1. Kalo masalah konsep musik ga bakalan berubah ching kayaknya.. Toh udah dijelasin C&C dan Woolim kmrn ini merger hanya untuk membuat lebel, dan manajerial artis2 Woolim ya masih dipegang Woolim Ent.. ๐Ÿ˜€ Dan kayaknya sama halnya buat agensi lainnya yang “akan” bergabung nantinya..

  11. Ternyata respon artikel ini di KI ama di all kpop ama netizen korea beda bgt..
    Di KI mungkin bnyk yg dukung trmsk saya pribadi tp di luar sana mlh tambah bnyk yg muak ama SM krn emg SM jor2an bgt ngejar duit..
    Semua pelung yg bs ngehasilin duit pasti mereka kejar..
    Yaahh kalo gw sih berusaha positif thinking aja krn SM blgnya pngn punya label sendiri jd mngkin krn itu mereka la ngerekrut agensi yg mau didistribusiin musiknya lewat SM..

    1. Kalo gw pribadi sih, se bodo teuing dah SM mau jor2an kayak apapun selama nggak mengganggu dan merugikan SoShi dan artis SM lainnya.. ๐Ÿ˜€
      Percuma juga kok komen pedes2 ttg SM, lah diindahin juga nggak intinya.. hahha ๐Ÿ˜€

  12. iaiaia… bagus memang… tp klo ikut gabung konser smtown nya,,, entah kenapa ada yang ganjel di ati… masih belum bisa menerima selain smtown yg seperti biasanya aj…

  13. Sumpah SM is The Big Monster banget..smua agensi kecil bakal di lahap sama dia… kekeke… Gue berharap ini sih cuma rumor gag asik juga nanti lihat sistar satu label sama GG,,, kurang ngeh pertarungannya…
    Klau menurut gue merge aja noh.. sama CCM,,slametin artis-artisnya CCM biar gag In-out2 melulu…

  14. Anjir, SM bener-bener gila ye. Agensi-agensi kecil yang artisnya cukup terkenal pun pengen diembat. Gue sih setuju kalo SM merger sama Starship n JTune, tapi kalo WM enggak deh. Gue kurang suka B1A4 n lagu-lagunya gak ada yang ear catching di kuping gue. Tapi gak kebayang juga ye kalo SNSD n Sistar itu bakal bersaudara tiri. Mereka kan girlgroup paling hot di Korsel sono sekarang ini. Tapi kalo merger doang jangan bawa artis yang lain selain artis kalian sendiri di konhser SMTOWN ya SM.

      1. Ya, gue juga gak terlalu suka kalo Tasty ikut konser SMTOWN. Tapi yah mo gimana lagi, namanya juga SM yang cuma mentingin duit doang n gak pernah ngedengerin saran-saran dari fansnya. SM=Sedot Money Entertainment. :v

  15. kayanya masih ada yg blom ngerti -_-
    please deh.. contohnya noah sama dmasiv mreka satu label tapi ttp aja beda manajemen, cuma satu label doank klo urusan ber-karya ya urusan masing2 agensinya.
    SM dri dulu jga udh kontroversi, jdi mau ada yg bilang A B C D percuma ga bakal didengerin, klo pengennya duit aja?? ya namanya juga bisnis. istilahnya klo jdi pembisnis ga pinter2 ya bakal rugi dr pada rugi mending buka peluang.
    yaa buat sm stan mah udh biasa klo SM nyarinya uang mulu, kekeke~
    yg penting saling menguntungkan, why not?

    1. Nah itu dia ching.. Sebenernya rata2 yg keberatan emang alasannya karena mrk ga pengen SMTOWN world tour “diikuti” oleh artis lain diluar SMTOWN yg skrg ini.. Nah, Tasty aja udah dipastikan ikut SMTOWN Beijing, kemungkinan artis Woolim lain buat ikut kan besar pastinya.. >,<''
      Gimana kalo emang agensi yg disebut diatas emang merger dgn SM C&C dan terus ikutan SMTOWN WT.. Udah jadi MUBANK tour, MBC Korean Wave concert, dll dah jadinya.. ๐Ÿ™‚ Mungkin para fans (termasuk saya) cuma akrab dgn musik SMTOWN dan cuma suka dgn artis2 SMTOWNnya aja.. ( btw, No offense buat fandom lain diluar SM )..

  16. kemungkinan yg ikut yg belum terkenal2 bgt di global dan yang penjualannya belum meningkat msh di level standart, tp kalo YG sama anak2 Real SM sih ga usah tanya.. uang ngalir terus, Bang Naga aja mobil nya baru.. f(x),2ne1,snsd,exo,bigbang,suju aja make baju nya branded semua… ga ada yg di bawah $100.. haha semoga yg lain yg ikut nimbrung sm bisa menembus international.. eh jyp apa kabar nih, takut juga kalo jyp ikut sm, secara saham nya anjlok bo’……… eh tunggu.. MBLAQ? thunder? hahahhaha bahan ledekan si naga nih nanti

  17. netizenbuzz.blogspot.com . aku baca di sana tentang s.m . katanya strategi s.m sama kayak perusahaan entertainment dari jepang. mereka mengambil alih perusahaan-perusahaan klecil kemudian mereka sekarang jadi penguasa semua penyiaran. s.m stan tinggal kita liyat penyiaran di korea ntar gimana ttu yyyy …… wiiii s.m gilakkkkkkkk

  18. Oi oi semua nya, kalo SM C & C itu cuma distributor doang, berarti artis yang ada dibawah woolim label itu ga di distributorin di KT Music gitu? Kan selama ini SM, YG, JYP, dan Star Empire pada di KT Music, kan soal pendistribusian? Maaf OOT banget^^

  19. its all about the money money money, klo gak.nguntungin gak mungkin ada merger dari kedua belah pihak daaaan gak ngebayangin gmn jadinya smtown concert kedepan agak gak mungkin klo artis yg merger gak ikut serta krn contohnya aja udh ada. Mungkin seru tapi ya gak ada lg doong namanya ciri khas sm

  20. Sama. Gue juga cuma pengen keluarga SMTOWN aja.
    Just : Kangta, BoA, SJ, SNSD, SHINee, f(x) and EXO.
    Hmm… Kalo ada yang baru kayaknya gimana gitu ya. Kecuali kalo ‘yang baru’ itu anak didikan dan hasil debutan SM juga. lah ini dari agensi lain. berasa bener-bener bukan keluarga besar SMTOWN nantinya :))

  21. Asalkan kebijakan2 SM tidak merugikan artis2nya beserta para Fandom, mungkin ga bakalan banyak yg kontra sih.. Tapi …….. ๐Ÿ™‚
    Lagian yg mesti diwaspadai Fans dari artis2 yg berada dibawah agensi yg merger dgn SM tuh.. Rata2 dari mereka kayaknya kontra gara2 alasan warna dan konsep musik ( ga ngerti kenapa, padahal mnrt gw musik SM ga jelek2 amat deh ), trus jadwal PADAT yg ampun2an ( gw selama jadi SONE sih ngerasa normal, toh sang artis ga pernah ngeluh, lagian kan mumpung masih terkenal, 5 tahun lagi juga blom tentu masih eksis ), dll…

    1. Seh, sembarangan. Musik SM itu bagus banget mbabro, bukan gak jelek-jelek amet. Yah, meskipun di tahun ini ada IGAB, Wolf, n RPPP yang menurut ane lagunya nyeleneh, tapi emang musiknya gak jelek koq, ear catching malah kalo didengerin berkali-kali (kecuali buat Wolf ye, gak tau kenapa ni lagu gak pernah nyantol di kuping gue meskipun udah berkali-kali didengerin). Justru menurut gue bakalan menguntungkan kalo emang SM juga ikut campur dalam hal nyiptain lagu buat artis-artis dari agensi-agensi itu. SM punya komposer-komposer lagu yang handal n jago nyiptain lagu yang ear catching macem kenzie, Yoo Young Jin, design music, will sims, dll.

  22. sampe sekarang banyak yg tau artis SM yg terjun ke musik cuma Kangta, BoA, TVXQ, SJ, SNSD, SHINee, f(x), EXO padahal masih ada CSJH, Zhang Liyin, TRAX (yg ini lagi wamil), Jino yg cuma debut sama SM The Ballad tapi kayaknya mandeg projectnya
    kalo menurut gue dimaksimalin dulu lah promosi tu artis2nya yg kurang dikenal publik, minimal seterkenal juniornya yg malang melintang atau paling ga masyarakat internasional tau ini loh artis SM selain yg udah terkenal tadi.. yg bikin miris, SM stand sendiri kadang ga melibatkan mereka sbg artis SM okelah fandom mereka sedikit tapi paling ga kenal nama lah.. Ini yg ga gue setuju, kenapa artis agensi lain yg merger bisa ikutan konser SM Town sedangkan artisnya sendiri malah sering ‘diabsenin’, tapi balik lagi sbg fans sih ya cuma bisa terima dan semakin ‘terkuras’ lah isi dompet

    1. RT!!!!!! Yang bikin aku gasuka sama sm mereka cuma peduli sama uang doang. makannya artis yang banyak hasilin $$$ buat SM paling banyak merchandisenya, kegiatannya, sedangkan yang dikit ngumplin uang buat sm jadi terperangkap di SM dungeon(hilang ditelan bumi gitu lah).
      kalau ada yang ga setuju sama aku ya maaf ini dari penglihatan aku sih kaya gitu.

        1. emang aku bukan sm stan sih, soalnya aku suka banget dengan beberapa artis sm tapi bukan manajemennya. kalau sm stan itu pasti suka sama semua yang berhubungan dengan sm termasuk agensinya ๐Ÿ˜‰

  23. biarlah pihak SM yg mikir gimana… kita mah ga ush mikir ribet2..komen sna sni… bhas ini itu….. itu mah bisnisnya mrka…
    KITA??
    cma penikmat musik mrka…. dkung idola kita yg pnting uang yg kita pke buat bli album mrka,, mrka bisa rasain…. itu aja dah…
    pusing gw mh klo trs2an nangepin ini itu….
    SM mmng perushaan bisnis hiburan… tp artis2 mrka bkn smata2 pekerja yg cma cari duit doang….. krna itu gw bli album mrka krna ngehargain mrka sebagai musisi dan penyanyi dgn karya2 mrka…

  24. nunggu SMTOWN LiVE TOUR JAKARTA LAGI AJA DEH ๐Ÿ™‚ seru juga ada tamabhan tasty, maybe INFINITE ama nell juga.. tapi konsernya jadi berapa jam deh? artisny bejibun gitu ==”
    buat yang baru gabung ama SM C&C selamat begabung.. saya SM Stan dan cuma bisa bilang Welcome,, ๐Ÿ™‚
    Yang penting NANTI TIKET JANGAN MAHAL2 Yeee Youngmin Ajunsshi ๐Ÿ™‚

  25. *kalo mau baca, harap dibaca dengan pikiran yang santai.. inilah saya ^^*
    wuahhh uda baca ni berita…. padet isinya tentang bisnis.. pas liat komen2nya.. luar biasa.. lebih padet! ada yang tentang bisnis, tentang artis, tentang konser, sampe tentang kuliah XDD *semuanya… damai ya ^^*
    baca beritanya aku ringkas.. tapi pas baca komen gak ku ringkas sama sekali XDD
    ada yang big RT ๐Ÿ˜€ lucu banget aku juga ikutan RT yang di RT.in sama joonma =D *punten ya :)*
    Ada juga yang menggugat komennya orang lain.. ๐Ÿ˜€
    Bagi ku kita punya pendapat masing2.. walaupun hal itu gak di gubris sama yang di omongin, yang penting aspirasi kita tertuang kedalam suatu wadah ๐Ÿ˜€ *ceileh..tetep peace ya.. :)*
    jadi aku sih enjoy baca komen2 aja dan yang ku lakuin sekarang malah meng.komen komen2 yang ada XD *halah apa ini*
    ada yang bilang SM sibuk nyari duit? haha menurut saya iya..maaf ๐Ÿ™‚
    dan bagi pendukung TS entertainment~~ yang bilang jangan gabung mana suaranya~~? XDDD (?)
    saya setuju ๐Ÿ™‚
    saya sih mikirin B.A.P. nya aja sebenernya.. maaf ๐Ÿ˜
    karna B.A.P. termasuk yang berbeda dari yang ada menurut saya.. TS ori… semua managemen original sebenernya.. lebih baik mereka berdiri sendiri dan membanggakan kekhasan masing2.. Tapi kalau niat mengembangkan dan terkenal mancanegara.. menurut aku sih pakai kontrak.. Mungkin saat dirasa managemen yang gabung itu sudah bisa mandiri di mancanegara, mereka bisa lepas dari unity itu..
    Hmm.. saya juga ga ngerti sebenernya tentang bisnis.. saya orangnya terlalu masa bodoh.. *malah curhat*
    Gilak komen ku panjang banget.. XD pasti gada yang mau baca! #plak

  26. well it’s business. menurutku wajar kok kalo sm cari keuntungan,toh dia kan berbisnis. selama dia mencari keuntungannya dengan tidak merugikan orang lain, menurutku sah-sah aja.
    ya tapi tiap orang pasti punya pendapat yang berbeda. pro kontra hal yang biasa. kalau ga ada yang kontra ataupun pro dunia ini akan flat coy
    ya tapi overall berharap yang terbaik aja buat semuanya.
    btw aku seneng sih kalo B1A4 mau dibawa global hihihi

  27. SMEnt surely is the scary business expert… sampe sekarang aja gua masih in awe sama strategi mereka buat bikin fandom yang besar & loyal, eh sekarang udah ada surprise lagi aja. from SMTown, to SMIsland, to SMCountry, then finally SMPlanet wohohoho ~
    sebagai SM Family stan, gua sih cuma berharap SM tetep bisa perhatian sama artis-artisnya sendiri. sebodo amatlah SM mau maen monopoli (?) sampe sejauh apapun, selama ga ganggu kegiatan fangirling gua, it’s ok. so… udah pasti gua bakalan keberatan kalo sampe line up SMTown Concert makin panjang -____-

  28. Setuju sama semua komen..
    ada pro dan kontra..
    Pro nya SM bakal jadi Agensi nomer 1 terbesar di korea!, dan juga mensukseskan semua artis yang tergabung untuk bisa go internasional.
    kontranya jelas SM bakal memonopoli entertaiment korea! nanti banyak agensi kecil yang ga akan maju kalo SM terus nyari uang..
    dan yg paling penting sebagai SM stan, kita cuma berharap SM entertaiment hanya fokus pada artis yang mereka traine dan debutkan! BoA, Kangta,Trax, TVXQ, SUJU,SNSD,Shinee,F(x),EXO. JUST IT!!
    SMTOWN boleh banyak penghuni, tapi SM FAMILY hanya mereka..
    Uncle Lee Sooman, kita gatau apa ini keputusanmu atau si ‘bigbos’ tapi semoga kau bertindak adil…
    Goodluck SM FAMILY!!

  29. kalo kayak gini berarti bener2 akhir dari ke jayaan k-pop. mungkin di indonesia gak bakalan ngaruh, soalnya banyak banget yang SM stan kolot. tapi di luar sana SM bakalan di anggap menonopoli dunia entertainment, dan itu bisa di anggap gak sehat walaupun menguntungkan perusahaan2 di bawah naungannya. tapi apa kabar sama perusahaan yang gak gabung sama SM? kan jadi gak sehat dan bisa aja merusak citra k-pop itu sendiri #justsaying ๐Ÿ™‚

  30. Wow banget! Lee Sooman memang pebisnis hebat! Sebenernya aku setuju-setuju aja mereka gabung, tapi setidaknya dgn artis sebanyak itu, SM bisa berlaku adil.
    Trus aneh juga rasanya kalo SM Town tiba-tiba ditambah BB/GB lain. Hmmmm ๐Ÿ™‚

  31. iya emang kalo berkarya sendiri tapi kan kita tau SM gitu loh….
    pasti ada donk sentuhnya dari SM nya walaupun cuma sedikit…
    itu yg ak khawatir kan…
    krna kalo yg gabung di ubah sedikit aja jadi agak gmn gt…
    krn udah terlihat pas yg kayak gini..
    dan bener banget persaingan jadi tambah kurang sreg…
    O:-)

  32. INTERMEZZO *yg gak suka abaikan aja*
    “Kasian abang2 JYJ… kalo SM jadi lebih besar kayanya lebih sulit buat mereka untuk masuk TV… sulit juga buat mereka berteman dengan ank2 di agensi yg di merger ma SM”

    1. beneerr..banget..udah ada buktinya koq..SM mencekal acara nya jyj di TV,yg akhirnya jyj ga jd tampil di acara tersebut. kemudian yg dia ga diikut sertakan di Incheon…pdhl jyj BA nya…

  33. don’t take starship.
    aq udah puas dgn hasil kerja keras starship skrg, dan suatu hari nanti starship jg bisa besar seperti SM. bisa dilihat dari prestasi artis2nya saat ini.
    kalo gabung, nggak akan berasa persaingan antara sistar dgn girlgrup SM. begitu pula boyfriend dan k.will.

  34. No no no!!!!!!! STARSHIP disayangin bangett masuk SM.. gk yakin bs berkembang… STARSHIP itu udh bagus.. tinggal nambah artis. Kalo msk SM gak tau deh mau jd gmn??.. Apalagi nginget JYJ sm Hangeng keluar dr SM aja udh bikin khawatir tentang kejelasan SISTAR, BOYFRIEND, K.will. plisss SM caramu memperbanyak uang -_- belum tentu ntar artisnya kerasan di SM.. -_-

  35. Its ok SM TOWN banyak penghuni baru dari woolim atau lainnya..
    tapi yang jelas, SM FAMILY cuma, BoA, Kangta, Trax, TVXQ, SUPER JUNIOR, GIRLS GENERATION, SHINEE, F(X), EXO.
    that’s enough.

  36. Ya..ampun bnyk bngt komen yg isinya *ngalor ngidul*..kl menurut pendapatku sendiri..jng menghujat SM atau agensi lainya ,karena kita belum tau bagaimana perkembangan merger ini.Kebiasan bgi K-popers indo pasti udh crewetnya keluar duluan tpi stelah tau ada berita bagus tentang ini pdha deh langsung komentar yg isinya bagus2..mendingan kita sebagai penikmat kan cuma suka sm artis ,kita bukan bagian dari agensinya jdi kita gak ush pusing mikirnya gmn2,sm pasti udh tau mn yg baik sm yg buruk ko..cuma ak juga stuju sm komen diatas tentang konser sm town ..emang disayangkan kalau tasty ikut, krna konser itu khusus sm family doang..#peace ye thu cuma pendapat gue lho..

  37. Boleh2 aja c kl agensi Starship sm J.Tube gabung k SM C&C, tapi tolong ya tetap BEDAKAN mana artis SM Ent dn SM C&C. jangan sampai nanti SM Town tb2 ada sistar atw mblaq (kl beneran jd msk ya),,,Kl mau SM C&C bikin deh tuh knsr khusus sndiri mskpn nntinya ttp ad ank2 SM Ent jg, jngn mlh d gabung ma SM TOWN yg mnrt aku cmn blh ada mrka (Kangta, Boa, TVXQ,SUJU,SNSD,Shinee,F(x), EXO) SM Town kn knsr family,,,Aneh deh katanya mau bikin label musik ko mlh d bikin seolah2 jd agensi gt,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *