SM Entertainment Tanggapi Tuduhan Plagiarisme untuk Lagu SHINee “Dream Girl”

20130401_shinee_plagiarismBeberapa fans internasional telah menemukan kemiripan antara SHINee “Dream Girl” dan Luis Miguel “Vuelve“ dan sekarang masalah ini telah menjadi sorotan di Korea.

Sebuah video dari kedua lagu yang dibandingkan diunggah ke YouTube, dan banyak  penonton yang mendengarkan kedua lagu tersebut menyadari adanya kemiripan. Beberapa berpendapat bahwa mungkin SM Entertainment membeli hak cipta lagu tersebut.

Namun, SM Entertainment membantah semua rumor bahwa lagu SHINee tersebut menjiplak atau sampel, dengan mengatakan, “‘Dream Girl’ adalah produk dari produser Shin Hyuk, yang terkenal sebagai produser bintang pop terkenal Justin Bieber, dan tim pencipta lagu miliknya, ‘Joombas Music Factory’.” Dalam panggilan telepon dengan Chosun, mereka berkata, “Kami tidak membeli hak distribusi, dan kami tidak melakukan sampel lagu. Ini adalah murni ciptaan SM Entertainment. Tuduhan plagiarisme hanya pendapat beberapa orang.

Dalam panggilan telepon dengan Osen, seorang wakil SM berkata, “Kami tahu bahwa [tuduhan penjiplakan] berasal dari beberapa netizens. Kami rasa mereka tidak tahu apa itu plagiarisme. Kalian dapat mengatakan lagu tersebut serupa, namun tidak benar untuk mengatakan bahwa lagu tersebut sama.” Seorang komposer menyatakan pada Osen, “Untuk lagu bisa dianggap menjiplak dari segi hukum, empat bar harus benar-benar sama. Jika kalian membandingkan kedua lagu tersebut, kalian tidak bisa mengatakan itu.”

source: allkpop
Indotrans by geevy@koreanindo.net
PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS!!

Advertisements

18 thoughts on “SM Entertainment Tanggapi Tuduhan Plagiarisme untuk Lagu SHINee “Dream Girl””

  1. “Kami tahu bahwa [tuduhan penjiplakan] berasal dari beberapa netizens. Kami rasa mereka tidak tahu apa itu plagiarisme….”
    SM mulai frontal haha. agak gedek karna SHINee dapet banyak berita negatif kayanya… haters lagi pada beraksi akhir-akhir ini… semakin tinggi pohon, maka semakin tinggi pula angin yang menerpanya… so… be strong ya abang-abang :mrgreen:

  2. Yup, bener banget. MIRIP/SERUPA itu bukan berarti SAMA. Lagian menurut gue itu cuma mirip di bagian tengahnya doang koq, terus keseluruhan lagunya gak terlalu mirip sama lagu Spanyol itu. Jadi, cuma mirip di beberapa bagian lagu itu bukan berarti sama atau plagiat. Kayaknya netizen Korea yang selalu asal nyeplos aje itu perlu disekolahin lagi biar otaknya dijalanin dikit kalo mau berpendapat.

  3. “Kami tahu bahwa [tuduhan penjiplakan] berasal dari beberapa netizens. Kami rasa mereka tidak tahu apa itu plagiarisme.
    Kalian dapat mengatakan lagu tersebut serupa, namun tidak benar untuk mengatakan bahwa lagu tersebut sama.

    “Seorang komposer menyatakan
    pada Osen, “Untuk lagu bisa dianggap
    menjiplak dari segi hukum, empat bar
    harus benar-benar sama. Jika kalian
    membandingkan kedua lagu tersebut,
    kalian tidak bisa mengatakan itu.”

    Cukup jelas penjelasannya..

  4. Shinee has more popular than before because all of their scandal kekeke~
    No matter what, nan shinee saranghanda! ❤
    Shinee fighting! :*

  5. yep serupa tapi tak sama..semoga pernyataan dan penjelasan ini cukup bikin neti diem..efek kambek yg nancep ya bang jadi banyak cobaan dri neti u.u
    jadi artis korea kayanya butuh usus yang panjang berkilo2 deh biar saabbaarrrr ngadepin neti *makan usus*

Comments are closed.