SNSD Dituduh Menjiplak Iklan Maskapai Penerbangan?

by

Teaser poster SNSD dituduh melakukan plagiarisme. Pada tanggal 1 November, SNSD merilis 4 teaser foto untuk album Jepang kedua mereka “Girls’ Generation II Girls & Peace”, dimana akan dirilis pada tanggal 28 November. Di foto yang dirilis tersebut para member mengenakan seragam pramugari, memamerkan kaki panjang mereka.

Beberapa fans pria yang melihat foto-foto tersebut menunjukkan ketertarikan besar untuk membeli album ini segera setelah dirilis. Foto-foto tersebut dengan cepat menyebar di kalangan fans Korea dan Jepang. Karena teaser foto ini menerima begitu banyak perhatian, sebuah artikel yang menuduh grup ini menjiplak iklan maskapai penerbangan Amerika di-post di papan komunitas online.

Menurut artikel tersebut, seragam dan pose berdiri di tangga pesawat terlalu mirip dengan poster American Southwest Airlines yang muncul tahun 1971. Foto dimana para member SNSD berpose di sayap pesawat mirip dengan poster American PSA Airlines di tahun 1962.

Bahkan seragamnya sangat mirip. Di satu foto, para member para member berseragam pramugari Southwest Airlines namun berpose seperti pramugari PSA Airlines.

Netizens berkomentar, “Gila, itu jelas plagiarisme,” “Ini tak terlihat baik,” “Aku tak percaya SM Entertainment akan meniru usaha perusahaan lain. Mungkin hanya parodi.

source: soompi
Indotrans by geevy@koreanindo.net

191 thoughts on “SNSD Dituduh Menjiplak Iklan Maskapai Penerbangan?

    1. SONE ttu paling doyan ngata2in plagiat sama artis2 lain,sama dikit langsung dibashing habis2an.nah sekarng jelas2 snsd plagiat malah banyak alasan.
      apapun bentuknya kalau ittu jelas2 menyerupai karya orang lain tanpa ijin berarti “plagiat”. apa karena poster yg jiplak itu suda sangat lama jadi tdk akan jd masalah?no,tetep aja ittu karya milik orang lain.tetep aj mereka disebut meniru da menjiplak.

      ini bukan masalah hater/bukan,ini msalah snds yg jelas2 plagiat!!orag yg tdk kenal snsd pun pasti akan berkata sama jika melihat pict ini.kalau ada orang yg bilang poster diatas itu beda, aq yakin dia pasti buta.ato hanya berbohong buat menutupi kesalahan

      menjiplak dan terinspirasi itu beda jauh.

      1. @lucyana333 gak semua SONE kali, gw jadi sone +/- 4 taunan lah gak pernah tuh bashing artis lain. jadi jangan menyamaratakan sone dong, yang suka bashing mungkin oknum aja.
        untuk kasus ini kalo boleh jujur untuk konsep yang satu ini emang sangat mirip. sebagai sone gw juga gak menutup mata ko. tapi gw husnudzon aja, mungkin untuk model baju SM udah beli lisensinya langsung ke perusahan American PSA Airlines (bisa aja kan?). untuk pose gw gak komen deh.

      2. oke tdk semua sone,tp kebnyakan memang iya.kalau sdikit boleh dimaklumi tp kalo bnyk it keterlaluan namanya.

        paling tidak ini bisa buat pelajaran buat sone,agar mereka berfikir seribu kali kalo mau ngebas mslh plagiat!
        cukup diingat snsd jg plagiat!

        @andy8532- okey kalaupun mereka punya ijin.tp tetep aja namanya meniru.tidak kreatif!

      3. maap kate nii yah.. tapi serach d google bagian image dah.. emg model2 poto pramugari begonoh itu posen nya.. kalo plagiat tuh lagu/konsep penyanyi/group laen dimirpin/ditiru. kalo snsd ambil konsep pramugari, trus posternya mirip pramugari. plagiat gt?? trus pramugarinya suru naek onta gt biar beda?

      4. maaf tapi saya ga setuju banget kamu bilang sone paling doyan ngata2in grup lain kalo sama dikit langsung di bash. maksud kamu grup tersebut siapa ya?
        yang gb jepang kemarin apakah kamu lihat fotonya? dari keseluruhan pakaian dan sepatu mirip sama di oh! performance. mirip 100% dan ga dimodifikasi.
        soal t-ara sejujurnya banyak sone yang ga mempermasalahkan, paling cuma komen mirip tapi ga ngebash dan justru yang paling banyak bashing itu anti yang ngambil kesempatan dan yang membesar2kan pun k-netizen. kalopun ada anti dari beberapa sone ya terus kenapa? kita ga bisa memaksakan kehendak orang untuk harus suka. tapi sebagian besar sone itu ga mempermasalahkan kok.
        soal ceribel sejujurnya kita lebih sensi sama kelakuan mereka terhadap snsd(itupun kalo kamu tau). terlepas dari kesamaan baju,lagu,atau apalah itu, tapi kita kebanyakan sebelnya gara2 mereka sendiri.
        kalo kamu bisa lihat diatas baju snsd yang memiliki kesamaan hanya di baju yang merah dan ungu terutama motif bajunya sooyoung dan kitapun ga menutup mata. tapi bisa dilihat juga mereka memakai sepatu dan pose yang berbeda.
        kalo untuk pose yang ditangga itu kan banyak yang begitu dan mereka konsepnya memang pramugari, tapi kamu juga bisa lihat mereka memodifikasi bajunya.
        kalo kamu bilang konsep pramugari plagiat, sebelumnya ada gb jepang passpo(satu manajemen dengan snsd) memakai konsep itu duluan dengan pose yang ditangga dan berarti mereka pun plagiat dong.
        kalo kamu mempermasalahkan ini semua kamu lebih baik tanya ke universal music japan.
        saya melihat mereka juga ga terlalu mempersiapkan dengan baik karena agak rush ya, tapi perlu di ingat walaupun mereka ga comeback korea tapi mereka bener2 sibuk sama individual scedhule dan grup jadi kita memahami.

        dan tolong ya jangan suka menggeneralisasi fandom. thanks

      5. siapa tau mereka mau ikut buat promosiin iklan penerbangan juga. kan jadi sekalian.
        soalnya emang kebanyakan pakean pramugari luar begitu itu, mini heheh, ga kaya penerbangan domestik yang biasanya pakaiannya lebih tertutup.

        bukannya menutupi kalo itu sama, tapi coba berpikir positif aja, siapa tau juga mereka udah punya ijin buat bikin konsep pakaian yang sama.

      6. -@ronalicious_aq baru tau kalau semua pose n poto n baju pramugari didunia ini mirip pic diatas.gak usah ngelawak mbak/mas.oh y sekalian tanya sma mbah gugel arti plagiat it apa.

        -@imjesbian_gak baca komen saya kah mbak?”tidak semua sone”
        gak usah panjag lebar,cuma saya tanya pic diatas dr pose n warna sama/tidak?

      7. @lucyana333: sudahlah, kalau kamu ga suka ga masalah kok,, ga usah diteruskan komennya.. semua orang berhak komen, saya hargai komen kamu, tapi semakin lama kok komen kamu memancing fanwar.. kamu menyuruh orang lain googling “plagiarisme” sebenarnya mereka juga tau maksud dari “plagiarisme” tapi kamu ngerti ga arti plagiarisme menurut kamu sendiri tuh apa?

      8. menurut aku sih itu ga plagiat
        kan kalau konsepnya pramugari pasti baju dan gayanya kayak gitu.. pasti semua iklan maskapai hampir sama kalau gayanya kayak gitu

      9. tolong jangan ngebash disini dong mbak! bisa ngertiin yang mana namanya blog umum atau pribadi gak?! oke, emang mungkin kali ini snsd niruin pose foto” pramugari itu. tapi tolong ya MBAK LUCYANAAA yang ngototnya setengah mati kalau mau ngebash snsd gak usah disini! kamu itu gak suka sama SNSD bukan? diliat dari komen mbak LUCYANA, emang komentar sebelum”nya sone mengatakan foto ini gak plagiat? kalau emang dikomentar sebelumnya ada komen yang bilang snsd gak plagiat kamu boleh ngotot. nah dikomentar sebelumnyakan gak ada yang bilang gitu, saya terutama sebagai sone kalau ada komen yang ngotot banget ini gak plagiat saya juga akan ngotot kaya kamu. nah tolong ya mbak dipikir” dulu kalau mau komen.

  1. rajin banget ya merhatiin ke jaman 1962 dan mereka bukan penyanyi pula wkwk.
    pose kayak gitu kan udah biasa dan konsepnya memang pramugari. rata2 pramugari kan kalo foto ditangga ya begitu berjejer.
    memang baju yang merah ungu itu mirip tapi mereka masih mengkombinasikan dengan yang lain dan posenya juga beda ketika itu.

      1. anggep aja netizen terlalu perhatian ke snsd xD
        rajin banget sampai segitunya wkwk. tahun 1962 snsd aja belum lahir wakaka.
        dan lagian ga terlalu peduli kalopun mereka bilang plagiat ini sih urusannya berhubungan sama agensi dan stylishnya.
        tetep semangat dukung Girls Generation!

    1. Wkwkwkkkk…. Klo gitu pramugari selain dr American PSA Airlines gk boleh berpose berdiri diatas tangga juga donk ???

      BTW… Apa nama pesawat yg di pramugariin ama Soshi ya..? Jd pengen booking nih.. mayan uda mau libur akhir tahun 😆

      1. LOL banget banyak spider yg ngotot kalo ini plagiat..
        albumnya kan emang konsep pramugari2an..
        jadi gak salah dong, emang pose gitu ada hak ciptanya ya??
        perasaan pramugari dari maskapai manapun kalo foto posenya pasti gitu -_-
        bajunya mah gak sama kok..sama konsep tp beda warna tuh..

        kalo emang plagiat, knp gak dari jaman genie aja dituntutnya..
        disana kan konsepnya marine, mereka juga punya baju yg loreng2an knp gak dituntut..
        aneh2 aja.. ho ho hoot~~

      2. @genieya
        wkwk
        iya memang aneh kalo pose seharusnya memang ga musti dipermasalahin soalnya pose kayak pramugari kan banyak yang gitu. orang kan bebas berekspresi apalagi disini SNSD konsepnya pun pramugari.
        untuk baju pun mereka masih memodifikasi dan sepatu yang dipakai pun beda juga posenya ga selalu sama ditiap posternya.
        jadi mirip bukan berarti sama persis dan masih ada bedanya ya kan? =)
        @chooppa
        sama. pertama baca berita ini respon saya “buset rajin amat ya nyari foto2 jadul. ibu saya baru lahir tuh tahun segitu” xD

      1. oke gue cum tanya itu seragam mereka”BEDA/SAMA? tdk perlu mencari2 alasan.tiap masalah kenapa harus antis yg selal jd kambin hitam?
        oke jawb sama/tidak gt aja.trims

  2. kalaupun memang plagiat bukannya yang seharusnya disalahin desaigner dari pakaian itu? menurut gw SM gak tau apa2 tentang plagiarisme ini.. mungkin SM pas ditunjukkin konsep pakaian dari stylishnya mereka langsung tertarik tanpa mengecek adanya unsur plagiarisme atau tidak.. seharusnya para stylish yang mengecek apakah konsep yang akan mereka sudah pernah digunakan oleh orang lain atau belum..

    1. krna ini utk album jepang, gw rasa yg lbh bertanggung jawab Universal Music Japan, bukan SM deh..
      lagian menurut gw, itu semua udh dipikirin baik..
      coba deh nntn acara “I WANT TO KNOW IT episode SNSD” disitu diliatin gimana proses penyusunan konsep, pemilihan lagu, pemilihan baju, target pemasaran semuanya..
      jadi gak mungkin mereka sembarang nyusun konsep..
      ini mah ada2nya spider aja untuk menjatuhkan SNSD..

  3. setahu ane mah dimana2 kalo hal2 yg berhubungan dengan maskapai penerbangan ya ngga bakal jauh2 dari yg kaya di atas laah. . mau pakaian, pose, dandanan dll ya semuanya sama ajaaa. . gimana sih. . .

  4. sedih 🙁
    pertama mereka tidak comeback korea tahun ini, sekarang ditambah album jepang ini terancam kurang sukses karena dibayang-bayangi plagiarisme.. saya sedih banget sebagai sone..
    tadinya setelah tau taun ini tidak comeback korea, berharap album jepang keduanya bisa bagus dan keren.. Ga ngerti deh sama SM Entertainment.. kenapa di album jepang kedua ini mereka seperti tidak serius.. kenapa harus memakai konsep yang sudah ada..
    semoga SM punya penjelasan mengenai kemiripan konsep ini..
    hmm tadinya berharap uniee2ku ini bisa comebcack korea dan bisa tampil di program2 musik dan bisa ngadain 3rd tournya di Indonesia..
    tapi sebagai sone yang baik saya akan terus mendukung Unnie2ku ini 🙂
    apapun yang terjadi mereka telah berjuang habis-habisan untuk memberikan yang terbaik untuk Sone, hanya saja mungkin SM sangat kurang mendukung..
    SNSD & SONE FIGHTING!

    1. konsep yg sudah ada maksudnya gimana ya?

      bukannya mereka emang blom pernah make konsep jadi pramugari?

      jangan berspekulasi dulu, lebih baik kita tunggu klarifikasi dr pihak SM

  5. “mirip dengan poster American PSA Airlines di tahun 1962” –> 2012
    wow, rentang waktunya setengah abad!!! perhatian bgt ya pr netizen,,,
    berharap yang terbaik buat SNSD, HWAITING!!!!

  6. Reblogged this on Fian Nick Hwang and commented:
    KAGET Itu Reaksi yang Pertama aku keluarin

    SNSD Jiplak????? Aku rsa hanya Sebuah Kemiripan/gak ya secamacam SNSD Gak tau…..

    Gimana Gak kaget, Biasanya Di JIPLAK, SEkarang Dapat Tuduhan Menjiplak
    SNSD indo
    SNSD Korea
    SNSD Jepang
    SNSD Korsel

    Lihatkan Daftar Yang jiplak banya, Semoga Gak ad Hal YANG BURUK, SNSD Fighting

      1. kan dulu, awal debut juga banyak Pro dan kontra mb ato mas, Sekarang kamu bisa liat, SNSD Ato Tepatnya SM, Bukan Agensi yang yang asl main comot, ingat SM Ya……., tanpaa aku jelasin Harusnya kamu tau

        SMEntertainment
        SMTown Untuk Musik

        Gomawo

  7. emmm,, mmng mirip….gw ga memungkiri klo bjunya ma pose mirip,, tp blm tentu jga d blang plagiat,, jujur gw sndiri msh bngung sbtas mna sii smpe di sesuatu d blang plagiat??? klo lgu kan udh ada UUDnya…bbrpa note nada dan blablabla *gw g ngerti dah*

    klo mnurutku fto soshi ini ky sperti terinspirasi mngkin,, cntoh SHINee sherlock kmren,,jd mrka ngikutin bju ama gaya ala sherlock holme,, trs bbrpa artis hollywood yg ngikutin gaya madonna ato MJ…mngkin bsa d blang konsep soshi yg ini pun bgitu…. lgian ini unsur jga beda,,yg stu promo bisnis penerbangan yg 1nya lgi full seni dan musik…

    no doubt lah,, nngu klarifikasi SM aja dlu,,

  8. kalo menurut saya SM sebenernya bisa memberikan yang LEBIH dari ini… hanya saja saya tidak tau ada apa dengan SM, apakah mereka memang tidak terlalu memperdulikan SNSD ato sibuk dengan artis2 lainnya.. seharusnya dengan kenyataan bahwa SNSD adalah artis yang memberikan penghasilan terbesar ke SM, SM harusnya dapat berbuat lebih dari ini.. tapi entahlah.. yang penting sone akan selalu mendukung SNSD ! =)

    1. justru kalo dibandingin sm grup2 SM yang lain SNSD paling diperhatiin secara penghasil uang terbanyak…bt album jepang yg baru ni aja udah ada 4 single yg dibuat MV kan (Paparazzi,,AMLFY,,Oh! sm Flower Power)…belum lagu official comeback jepangnya,,,pasti itu jg bakal dibuatin MV…bt ukuran perhatian SM ke suatu grup ini udah kemajuan besar bgt…

      1. @riska bener bgt kata @maraliz justru diantara artis2 yg 1 manajemen dengan SNSD SM malah paling perhatian bgt ke mereka. SM gk pernah gk total klo buat SNSD itu krena SM tau bukan hanya sebagai penghasil uang terbanyak tapi jg karena snsd kan slh 1 GB besar di korea yg uda pasti dpt perhatian lbh dari para netizen sana. contohnya aja 4 single yg uda kluar dengan mv yg konsepnya keren2. coba deh lihat selain snsd ada gk artis SM yg klo ngeluarin single tapi tiap singlenya dibikin MV??. klo SM sibuk sama artis2 yg laen mikir lagi artis yg mn Suju?Shinee?Fx ato tvxq mrk uda selesai comeback dan gk dlm proyek serius apapun. malah membernya pd sbk dengan kegiatan masing2….jadi sebagai Sone ^^ kamu harusnya bersyukur seenggaknya snsd blom pernah kn dibikin mv official tapi yg isinya cuplikan konser2 dan amit2 smoga itu gk terjadi. klo pun x ini ada kasus kyk gini mungkin pihak SMnya aja yg sedikit kurang teliti tapi overoll smuanya ok kok. 4 mv yang uda realese keren2.

  9. Riska Nurmalia (@saiiariska) bkn berarti SM ga peduli dgn ank2 soshi,, (saya pling bnci klo msh ad fans befikir gtu) mslh yg ngebuat penghasilan terbesar ato apa lah,, ank2 SM laen jga sma2 gawe,, sma2 sibuk,, sma2 ga penah tidur,, komen chingu seolah2 berfikir klo soshi doang yg di suruh kerja rodi sdngkan yg lainnya di srh enak2 trs nikmatin usaha dr soshi,, (mian klo slah) konsep yg SM kasih pasti hsil dr pemikiran staff plus ank2 soshinya sndiri…ada pertimbngan ad komentar ada jga pendapat yg bersal bkan hanya dr pihak soshi aja,, apa lgi ini hubngnnya jga ama prshaan soshi di jepang,, klo msh ngomongin apa yg didpet soshi dan apa yg kurang buat ank2 soshi ga kn pernah abis,, yg pnting klo gw pribadi,, gw msh mnikmati musik soshi,, mrka enjoy,, sehat,,seneng trs tiap hri,, msh ska ketawa2 klo di airport pdhl mrka abis cpe bolak-balik konser,, dn musik mrka yg sukses memukau orng2 ampe bsa sllu jd hit di jpng,, buat aq itu pncapaian luar biasa mrka,, and i’m proud to be SONE….

  10. Gue pernah liat foto foto itu di forum kaskus ..lupa judulnya tapi ga cuma foto iklan maskapai itu doang tapi juga ada foto foto iklan maskapai dari negara negara yang di anggap unik dan beda .. Dan yang paling gue ingat foto iklan maskapai dari swedia dari taon taon jadul masa pramugarinya pake baju yang ky bikini kalo diliat dari jauh ..kalo yang dari india yang paling ribet masa pakai sari india yang warnanya rame bgt .. Dan siapa bilang pose begitu pose umum ..Posenya beda beda kali tiap negara . Contoh yang iklan indo ada pose salam tabiknya .pokoknya tiap negara beda lah ..

    Kalo diliat liat lagi konsep snsd di atas 80% persen mirip dengan iklan maskapai itu .yang pernah liat iklan itu pasti ngeh lah ga usah pake acara di cari cari nyalahin hater lah antislah ..emangnya semua netizen itu antis .

    Kalo idol lain yang kostunya mirip snsd pasti si idol lain itu yang disalahin.
    Tapi kalo snsd yang mirip konsepnya sama konsep yg lain yang disalahin pasti stylis nya ..
    Motif baju , kursi bundar , pose di tangga .cuma warnanya aja yg dibikin beda ..itu udah cukup bgt jd bukti .

    1. silahkan baca komen gw dibawah

      pose ditangga?
      ngakak gw

      trus kuntilanak yang sering pose ditangga itu juga plagiat ya,,, XD

      kursi bundar?
      ini bikin ngakak juga XD
      buah apel sama buah melon bundar juga loh
      yang mana tuh plagiat?
      apel atau melon?
      wkwkwkwk

      TV LG,Samsung,Sony dll bentuk nya sama-sama persegi loh mbak..
      tuh yang plagiat yang mana ya..?

      mensin cuci berbagai merk bentuknya rata-rata seperti kotak
      itu plagiat ya mbak?

      wkakakakaka

      1. ayomainbersama — ngapain gue bca komen lu yang dibwh ..ga guna isinya celotehan abege saraf ..

        mata lo soak ..itu konsep capek capek kali orang bikin masa ditiru buat urusan komersil ( jual album ) . emang pose ditangga itu bnyk .tp bisa liat sisi miripnya ga sih .kecuali pose snsd di konsep itu lu liat mereka ngangkang ato jongkok ditangga baru ga mirip ..hahaga

        plagiat aja dibela wkwjwk

      2. ngakak banget baca komen ini… ngebandingin apel sama melon yg sama2 bundar itu sama kayak ngebandingin 2 anak kembar yg muka nya sama… terus sapa yg plagiat? tentu ga ada,karna 2-2nya sama ciptaan tuhan bro… think before speak!

      3. ga ngrti ma comment nya biasa *lola*…. kok pada bwa2 buah-buahan sih…
        kalo bwa2 melon ama apel yg sma2 bulat… mereka jg punya persamaan yaitu “sma2 enak dimakan”

      4. @yukisaki999 @the13miracle

        Justru itu analogi cerdas, dibuat perumpamaan yg plng mudah dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

        ga tau lg volume otak lo dbawah 10 cc

      5. @the13miracle @yukisaki999
        yah dianya malah gak ngerti maksud koment gw
        #capekeh..

        @skryllexinforthekill
        akhirnya ada yang ngerti juga,,
        makasih gan
        #terharu

      6. mau ga mau, GW MESTI KETAWA pas kalimat “buah apel sama buah melon bundar juga loh yang mana tuh plagiat? apel atau melon?” sumpah ini kebangetan parahnya LOLOLOLOLOLOL… ^_^V

      7. bukan aku ga ngerti maksud yang mau kamu sampaikan,,, aq ngerti km mw bilang “Ga lantas yang mirip sedikit2 di bilang plagiat” gitu kan???

        Tapi justru perumpamaan kamu yang salah… mungkin bisa dicari contoh dari kehidupan sehari2 yang lebih pas sebagai perbandingan…

        Kenapa aku bilang ga pas? karna, baik melon,apel dan bahkan semangka yang bentuknya sama2 bulat itu yang nyiptain 1, creator nya cm 1… Tuhan….

        Lain cerita kalo sma rumor ini… kenapa mereka dibilang plagiat? karna kreatornya beda.. yang nyiptain konsepnya beda bukan 1 orang… makanya banyak orang yang berspekulasi tentang plagiarisme…

        Contoh lain, ada pencipta lagu yg udah bikin banyak lagu, di satu waktu, dia sengaja masukin beberapa bagian dari melodi lagu sebelumnya buat lagu baru dia. Meski nantinya penyanyinya beda. Sama kan? terus siapa yg plagiat? meski nanti penyanyi 2 lagu itu beda, berhubung penciptanya memang 1 orang, lagu tersebut ga bisa di bilang plagiat… Nah, kl km bandingin ini sama buah2an tadi cocok… karna meskipun bentuk mereka sama, tapi mereka diciptakan oleh orang yg sama…

        Q ga komentar soal kasus SNSD ini, karna belum ada konfirmasi dr SM atau avex resminya,, tapi aku komentar karna komen kamu yang menurut aq kurang pas ngasi perbandingan dan tkut diterima mentah2 sm sone lain…

    2. jiahh lg2 asumshit doang lu tod

      kirain mo ngasih penjelasan empiris yg bikin gw terguncang

      taunya cuma onani otak

  11. selama lagunya tidak dituduh menjiplak, saya sih masih santai aja…
    btul kata @imjessbian,”pose kayak gitu udah biasa dan konsepnya memang pramugari. rata2 pramugari kan kalo foto ditangga ya begitu berjejer.”

    Dulu PSY juga dituduh menjplak koreografi sebuah iklan skrg SNSD…hadehh -_-

  12. yang penting itu bukan penyanyi kan?
    trus apa masalahnya…

    SNSD kan konsepnya emang pramugari
    gak salahkan bergaya macam pramugari
    masa iya konsep pramugari tapi bergaya ala tentara atau office boy.. -___-
    aneh-aneh aja

    pramugari dimanapun konsepnya sama kayak foto diatas

    kalau ada BB//GG lain yang pakai konsep lain seperti tentara pasti gaya dan pakaian nya kayak tentara.
    apa itu palgiat?

    kalau ada BB/GG yang konsep nya ala pilot pasti bergaya seperti pilot.
    apa itu namanya plagiat..?

    pramugari,tentara,pilot itu kan sebuah profesi.
    dimana-mana kalau pramugari itu berfoto kayak diatas dan tentara itu berfoto bawa senjata.

    adi kalau ada penyanyi yang makai konsep pramugari ya pakaian dan gaya nya harus seperti pramugari dong.

    kalau ada yang makai konsep army,tentu dong pakaiannya kayak army dong

    APA ITU PLAGIAT..??????

    seperti yang gw bilang diatas
    masa iya konsep pramugari pake baju tentara
    masa iya konsep pramugari pakai baju office boy
    -_____________-

    sepertinya definisi untuk plagiat sekarang semakin aneh ya..
    wkwkwwkwk

    sama aja dengan begini kasusnya 😀
    contohnya:
    kalau ada yang konsepnya metal trus berfoto dengan tangan gaya metal
    apa itu disebut PLAGIAT?
    itu tidak plagiat sama sekali karena gaya metal emang seperti itu 🙂

    sama aja kasusnya dengan diatas
    seseorang yang memakai konsep pramugari trus berfoto bak seorang pramugari.
    apa itu disebut PLAGIAT??????

    silahkan jawab sendiri

  13. barusan liyat di forum sebelah, konsep ini jg pernah dipakai grup j-pop passpo (2011), tp liyat di wiki, SNSD & passpo di bawah naungan universal music group(?) (so menurut saya ini bukan plagiat krn mereka toh sm2 1 label)
    yg buat heran, knp waktu passpo pake konsep itu rasanya g da yg protes, dan skrg giliran SNSD dituduh plagiat 🙁

  14. saya cuma sedih aja, kmren pas ada grup baru atau pas T-ara yg dianggep ada dance dan ngikutin konsep SNSD, ada sone yg ngebash mereka (mungkin oknum aja). sedangkan sekarang jg terjadi sama SNSD ;( mereka dianggep ngejiplak.. fans lain pada ketawa ngeliat ini 🙁 harusnya SM bisa lebih teliti sih kalo menurut saya.

    1. Kemungkinan itu bukan SONE, atau SONE baru,, yang belum mengetahui SNSD secara keseluruhan,, saya SONE dah empat tahunan gak pernah ngebash fandom lain,, karena saya suka kpop secara keseluruhan, memang terkadang ada aja fans yang mengatasnamakan fandom tertentu bash fandom lain,, kembali lagi ke pengertian masing2 individu aja,. SM ga mungkin ga teliti, karena mereka agensi besar, setiap detail pasti diperhatikan semua.. untuk masalah ini lebih baik tunggu penjelasan dari pihak SM aja.. #peace#

  15. Apakah gaya foto berjejer di tangga dan duduk di atas koper itu disebut plagiat?udah di klaim kah emang sama PSA airlines? Itukan emang gaya pramugari,coba aja buat website penerbangan..kebanyakan gaya pramugari berjejer seperti itu.
    Saya bukan sone,tapi saya mau ngasih tau aja kalo ini bukan SM yang nentuin tema dari album nya,ini sepenuhnya diatur sama nayutawave/universal.. coba kalian liat girlband PASSPO..gaya mereka sama seperti foto2 diatas tp masih dibawah naungan Nayutawave/universal, jadi jangan salahkan SM ataupun soshinya…namun ini mungkin konsep dari label jepang. Trims

  16. ini bukan sebuah plagiat karena snsd hanya mencoba hal yang baru dan itu adalah inspirasi dari para pramugari southwest, dan mereka sangat cantik dengan pose seperti itu, melmbangkan mereka bisa dalam segala hal artinya multi talent!!!!

      1. aduh mbak keliatan banget gak sukanya. Ya udah jelasin dong sebenarnya Plagiat itu apa sih??Inspirasi itu apa sih??Plagiat untuk skup yang kecil apa sih?? untuk skup yang besar apa sih?? Kami SONE mau kok menerima penjelasan dari mbak,, dari tadi kan banyak yang bilang cuma inspirasi ada yang bilang plagiat, biar saling ga salah paham jelasin dong mbak selain “SNSD”, yang plagiat siapa aja??

      2. hmmm…
        komen yg emosional berlandaskan kebencian
        isinya gak akan rasional dan gak akan obyektif

        #gagalpaham

  17. chinguu ada yang tau tentang rencana interscope yang taun depan mw bikinin english album bwt SNSD? itu bener ga? hmm kalo misalnya iinterscope tidak berencana buat project apapun bwt SNSD trus bwt apa mereka kontrak SNSD? apa untuk album maxi the boys aja?

  18. @love4soshi: “yg buat heran, knp waktu passpo pake konsep itu rasanya g da yg protes, dan skrg giliran SNSD dituduh plagiat :(” Mungkin passpo emang gak sefamous soshi, mau passpo plagiat ampe jungkir balik juga gak bakalan banyak yang peduli kkk:-) netizen kayaknya perhatian ya sama soshi sampe dicari2 yang sama walaupun udah setengah abad tuh foto

  19. sodara gw pramugara
    gw tanya ke dia
    dia bilang ke gw kalau pose kaya diatas termasuk umum biasanya waktu foto pilot di pintu paling atas , pramugari di tangga n pramugara dibawahnya
    kaka gw heran gak ada kerjaan ko masalahkan taon 1962 LOLL!!!
    kaka gw nanya emang American PSA Airlines di tahun 1962 masih menggunakan baju itu?
    gak bisa disebut plagiat kalau mereka dah gak pake itu

  20. bisa jadi masalah karena ini termasuk hak cipta
    Dan SM bisa diajukan ke pengadilan atas tuduhan plagiarisme. Bajunya aja sama. Sorry buat sone, tapi kalau soal iklan, emang ga bisa ditolerir. Iklan itu murni hasil kreativitas orang, dan mereka punya hak buat mengklaim hak mereka dan membela kalau karya mereka dipakai oleh orang lain tanpa seizin yang punya.
    SM should give best solution.

    1. bener2. bingung knapa commentnya bisa di rate down. gue kuliah dan kerja di bidang seni, dan yang namanya plagiarisme itu sesuatu yang gabisa ditolerir. coba kalo kalian bikin konsep foto, dan konsep fotonya ditiru org lain??

      1. betul, ide itu MAHAL
        skarang bisa ga lo kasi tau konsepnya para pramugari american airlines itu apa?
        kalau SNSD udah jelas konsep mereka pramugari, jd mereka harus berpakaian ala pramugari, pose di pesawat ala pramugari dll yang berhubungan dengan konsep mereka (pramugari)

  21. klu mrnt aq smua pramugari gya nya hmpr sma,lagian mrka foto utk album bkn iklan prnbgn jd gx ad ya nma plagiat deh.buat aq snsd is the best deh.bkn mslh yg bsr mnrt aq.lgian bnyk bnyk kox pnyanyi yg gya nya sma,.

  22. ya Allah ni org org pd kurg kerjaan atau ap sih. klo mnurt sy dn tman tman sy konsep sbuah foto jgn d sbut plagiat byk org yg mngkn kita gk tau dah prnh mlakukan yg sm emang mungkn bdanya karna snsd udah terknal tapi kan emang cuma foto susah amat. lagian jg org org yg buat brta ini kyk kurg krjaan kalo lagunya sma persis it plagiat kalo cma fto gk bs d sbt plagiat “mnurutku”. liat aj fto shinee d 1000 year, always be by your side atau apalah it nmanya ftonya sm kyk dbsk tapi ak gk tau album ap kekeke masa jg d sebt plagiat? . dn jga bkannya mostly sesuatu yg berhub dg prmugari atau pnerbngan it kebnyakan kyk gitu “wlau sy bkan org pnerbngan”. aduh manusia skrg pd cari susahnya hidup kliatannya “oops sorry kalo panjang”

    oiya jgnlah slalu mnyalhkan SM kitakan cm fans yg bsnya mnikmati krya mreka plus bs cman support mreka skali kali blehlah kt hrgai SM yg udah buat snsd dan teman teman yg laen it ada. kitakan gk tau cr management mrka gmana lalu ursn yg lainnya kt cma bs nerka kalo bs menerkapun cari aj yg positif kan lebih asik kekekeke

    ok maaf kalo pnjang plus oot. hhe *^▁^*

  23. pernah juga ngebayangin SNSD make konsep pragumari yang ini pas liat fotonya di internet dulu sebelumnya….ehhh…kjadian skarang!

  24. hmm begini ya, aku berharp semua sone bisa berpendapat scara objektif, kalo diliat dari fotonya sih itu sangat sangat sangat mirip. oke, anggap aja pose pramugari kayak gitu udah biasa, tapi kenapa sampe kostum2 nya mirip? bahkan sampe warnanya dan modelnya. ya anggap aja american psa airlines udah ga pake baju itu, cuma tetep aja namanya “menyontoh dari apa yang sudah ada” dgn kata lain “bukan konsep asli”.
    ya jelas ini bukan salah snsd sama sekali, tapi salah tim kreatif nya yang bisa2nya ngambil konsep yg udah ada ‘tanpa modifikasi/interpretasi’.
    aku harap sone bisa buka mata lebar2. gimana kalau snsd yang jadi korban plagiarisme? kenapa kasus gini kalian bisa bilang “ga mirip ga mirip, bukan plagiarisme”, tapi pas kostum t-ara mirip snsd kaliang bs lgs bilang “ih mirip buanget”.
    gue bukan fans gb manapun, cuma terlalu miris dgn fans yang saking mengidolakan idolanya, sampe menutup mata rapat2 dgn kenyataan.

    1. maaf,, coba deh baca ada ga yang bilang ga mirip?? kami mengakui kok, coba kamu buka lagi artikel t-ara yang lama banyak SONE yang dukung t-ara kok,, lagian sebagian banyak komen yang dibahas masalah kontroversi meraka di artikel itu dari pada kostum yang t-ara pakai.. SONE ga sampai fanatik banget kok,, mungkin untuk SONE yang baru terkadang mereka bersikap berlebihan,, tapi kalau kamu lama baca koreanindo justru SONE yang lama mereka cenderung netral dan ga mau komen yg aneh2 di artikel fandom lain.. jadi maaf sebelumnya janganlah mengeneralisasikan keseluruhan SONE seperti yang kamu gambarkan, kami membela jika ada yang bashing, selebihnya kami netral.. fandom mungkin ga sempurna, banyak kurang dan salahnya, tetapi itukan yang menjadikan masing-masing fandom unik.. jadi tetap damai, dan bijak aja kalau ada artikel yang mengundang fanwar..#peace#

  25. please deh -________________-, lucu tau ga sih ini -_____________-.. cuman ngikutin gaya foto doang, emang salah ? emang lu kata , SNSD tau , kalo dulu ada kek gtu ? please deh ! lahir aja belom ! dan mungkin , Lee So Man masih ga tau tu iklan pas kluar !

    Gila,, yang benci SNSD aja lebih merhatiin , dari pda SONE-nya sendiri ! gila >< ! kagum gw ! Tapi, makasih deh ! kan kayak gini , SOSHI , jadi lebih terkenalkan ?

    jangan jangan, yang nemuin tuh foto lahir pas tahun itu juga kale -____________-.. Lagian, bukannya PV Flower Power konsepnya , pramugari jugakan ? kenapa di permasalahin ? masalahnya bukan di SNSD-nya ! tapi di Managementnya -______________-

  26. yaelah .. kirain lagunya atau danceNya yang plagiat..
    ternyata cuma karena baju dan poseNya doang…
    astaga… gua bener-bener aneh..

    di Indo byk yang kaya gitu aja adem ayem…

    1. nah itu dia chingu kenapa indo banyak kasus plagiarisme, krna kita2 sendiri yg terlalu meremehkan dan terlalu ‘adem2 ayem’, ga peduli dengan hasil karya orgininal orang lain. mau foto, konsep ato baju, itu tetap HASIL KARYA orang. ga boleh seenaknya ditiru chingu.

      1. aneh deh,, kalau baca mayoritas SONE di sini juga bilang itu mirip dengan konsep iklan tersebut,, kami ga menutup mata kok. tapi yang harusnya yang di pertanyakan pihak manajemen sama label yang bikin konsep dong, lagian konsep iklan itu udah lama banget, kalau mau jujur coba aja kalian cari foto ataupun iklan jaman dulu yang hampir sama dengan beberapa iklan atau konsep foto jaman sekarang, bukan berati mereka ga ada konsep original kan?? Plagiat itu apa sih?? inspirasi itu apa sih?? apakah ada tuntutan dari pihak maskapai tersebut?? kalau kata-kata kamu banyak kasus di Indo mengenai plagiarisme karena kita terlalu meremehkan itu salah besar? ambil satu contoh banyaknya GB atau BB di indonesia yang mengambil tema k-pop, saya tidak akan sebut “merk” ada yang jelas2 lagunya mirip dan hampir di setiap foto menggunakan konsep yang sama dengan yang di korea, bahkan kalau tampil selalu menggunakan “aegyo” yang menurut saya malah aneh.. mereka di tidak begitu diterima kan?bahkan pengamat musik pun menyayangkan tindakan manajemen mereka, tapi apakah mereka berubah konsep mereka??gak kan.. semua tergantung dari mainset masing-masing orang.. SM pasti sudah memikirkan konsep ini dengan matang, kasus ini hampir sama dengan KARA kemarin hanya karena masalah memakai konsep baju yang sama. Baju ataupun sepatu setiap designer pasti ada sumber inspirasinya, hanya saja ditambahkan ide atau kreatifitas lain yang bikin beda.. tidak ada bedanyanya dengan konsep yang dipakai ini..

    1. Yah bgitulah antis dsini,
      Hampir semua antis shemale dan ladyboy…Jadi antifans snsd merangkap fans idol lain
      Jgn heran kl penilaiannya gak obyektif dan emosional
      Sdikit bgt pure antis kyk di forum stand ato afs

      1. @skryllexinforthekill santai aja lagi chingu, jgn dengan emosi menanggapinya “jangan lawan api, dengan api”
        aku lihat sone disini santai saja menanggapinya jgn gara-gara ini malah bikin stres, kita disini untuk mencari kesenangan dengan membaca berita SNSD. kalau stres dan emosian menanggapi perkataan antis, chingu sendiri yg bakalan rugi.
        lagian antis kalau ditanggapi dengan emosi makin senang mereka, tanggapi dengan kepala dingin ntr mereka sendiri yang malu. aku saranin chingu lebih banyak membaca komentar-komentar sone yg lain disini seperti @mayang_koto @imjessbian @eeelectricshock *maaf bawa nama chingu-chingu disini.. habis bagus-bagus terus komentarnya, haha..

  27. ya ampun namanya jg konsep pramugari masa mau pose di kereta api cb?
    kl ga pose depan pesawat ya dlm psawat, atau di tangga,atau disayap dll…byklah kl mau liat pramugari berbagai maskapai itu kl pose ya disitu-situ aja.
    dan bajunya jg, bajunya pramugari ya rata-rata gitu, tp liat dah tu bagian kerahnya kan beda punya nya snsd (miring gitu).

    aku rasa dibilang plagiat kalau baju,pose, konsep dll mereka itu niru idol lain yang pake baju, konsep, pose dll seperti itu…tp kl dibilang niru pramugarinya ya ga bisa dibilang plagiat dong kan emang mereka lagi pake konsep pramugari ><

    1. @johee_apakah karena konsep mereka pramugari jd boleh2 saja menggunakan baju n pose yang sama?? konsepnya tidak salah tp baju n pose mrka yg bermasalah.

      1. Nh gw paste-in komen di atas :
        —————————————————————————
        PRAMUGARI, TENTARA, PILOT itu kan sebuah PROFESI.
        dimana-mana kalau PRAMUGARI itu berfoto KAYAK DIATAS dan TENTARA itu berfoto BAWA SENJATA

        kalau ada penyanyi yang makai KONSEP PRAMUGARI ya PAKAIAN dan GAYA nya harus seperti PRAMUGARI dong.

        Kalau ada yang makai KONSEP ARMY, tentu pakaiannya KAYAK ARMY dong

        APA ITU PLAGIAT..??????

        seperti yang gw bilang diatas
        masa iya KONSEP PRAMUGARI pake BAJU TENTARA
        masa iya KONSEP PRAMUGARI pakai BAJU OFFICE
        —————————————————————————-
        Any Problem??

  28. Bisa jadi poster American PSA Airlines di tahun 1962 jd icon pramugari di masa lalu, jadi mungkin SM mengambil konsep di poster ini karena merasa cocok dengan konsep SNSD di album Girls’ Generation II Girls & Peace yang bertemakan pramugari.
    Memang poster American PSA Airlines di tahun 1962 sangat mirip dengan foto SNSD tp apakah tujuan SM membuat foto seperti ini untuk maskapai penerbangannya?
    Ini hanya tema dan tujuan mereka beda, satu untuk maskapai penerbangan sedangkan SNSD untuk musik.

  29. Lagian semua maskapai di Indonesia pose nya salam gitu jadi siapa ngikutin siapa? Apa maskapai selain psa ga boleh pose tangga ho? Lucu.. Hatter must be hate ckc..

  30. @pearlscent ..pic SHINee itu buat special album japan yg bntr lgi bklan kluar ..single barunya yg temanya ballad trs ad story linenya,, pas prtama liat mmng sdkt mirip poster DBSK vacation,, bknnya sebel,kecewa ato mrah g sma skli,, yg ada mlh merinding…ga tw knpa,, brasa pngen nangis,, prtama ngingtin am DBSK,, kedua merinding ama ank2 SHINeenya…mngingat sunbae mrka yg anggta “5orng” (HOT ma DBSK.red) pnya konflik yg bsa dibilang tdk mengenakan,, nth knpa itu jd hal yg sensitiv bkin g bsa di jlsin ama kta2…(save our boys)

    mian OOT…^^

    1. iya emang album brunya shinee yg jdulnya pnjg dn rada susah natanya hhe. kmarin wktu br d sbar ftonya ad shawol yg bndingin udahan jadi udah liat cman ak gk tau yg dbsk it ap. smuanya hmpir mirip dr tempt duduk, dekornya jg sma hhe emang jdi merinding dn ngrasa wahh gitu jdinya.

      itkan jg bs jd slah stu cnth spt yg d lkukan snsd “mnrutku”, mreka jg nglakuin yg sm kyk shinee bahkan shinee it album “gue shawol knpa ngomong kyk gini jd bngung hhe” maka dr it mnrtku yg d lkukan snsd it fine aj as long as snsd it gk buat lgu sm kyk org lain mnrtku it plagiat. lgian tjuannya kan beda, motifnya beda, fungsinya beda. knpa smua pd ribet.
      yaah jadi smuanya dsini harus mngakui kalo snsd memang benar bnar trknal byangkan mreka d bndingkan dg org america “wlau hnya konsp fto” tapi sya bangga wlau sy bkan sone kekekeke.

      eh maaf maaf nglantur, mian ya oot.

      udah udah shinee ama dbsknya gk usah d bhas lg nanti byk yg marah kekekeke.

  31. Nah, harus para Sone (terutama Sone Indonesia) berhenti deh mempermasalahkan plagiat pose atau kostum, terutama yang ditujukan pada grup Cherry Belle. Kalau kayak kasus begini kalian pada nge-belain idola kalian (SNSD), harusnya kalian bisa bersikap FAIR dong ke artis Indonesia, terutama yang selama ini kalian anggap plagiat SNSD.

    1. kalo soal itu beda PAK, klo Cherrybelle udh niru gayanya, terus sampe lagunya pun ditiru, itu baru bisa disebut sebagai PLAGIARISME, kalo cm gaya gini doank kan rata2 pramugari jg gtu. Lagian rentang waktu fto snsd dgn fto pramugari maskapai penerbangan itu kan hampir setengah abad

  32. Gimana yaa… Mo ngomong apa gue juga bingung -___-
    Gue SONE. Liat foto2 diatas, kalo ditanya mirip apa enggak, gue bakal jawab : YA, ITU MIRIP.
    Dari kostum-nya juga sudah sama. Mmm… 80%

    Sejauh ini, kita sama sekali ga pernah denger berita tentang keplagiatan SNSD. Sekalinya keluar berita tentang ini, ternyata dibandingkan dengan sebuah iklan luar negeri yang sudah hampir 1 abad yang lalu (?!)

    Tapi, yaa… Kita tunggu aja konfirmasi dari pihak SM. SONE jangan kepancing emosi & jangan saling nge-bash dulu.

    SNSD, Hwaiting !!! 😀

    1. Mereka POSE dan BERGAYA seperti PRAMUGARI ya karena emng seperti itulah
      KONSEP PRAMUGARI

      TELL ME UR WISH dengan MARINE/NAVY
      HOOT/SPY dengan JAMES BOND
      dan sekarang..
      FLOWER POWER dengan PRAMUGARI

      Gak ada masalah kan? 😀

  33. Ya ampun cuma gara2 foto doang sampe belibet gini ya..
    sekali lagi saya bilang,jangan bawa2 SM…karena ini yang nentuin Nayutawave sama Universal Music,terserah sih buat para antis berkoar saja sampe capek…saya mencintai kpop dan merasa enjoy tanpa membandingkan apalagi menyulut fanwar.
    Saya rasa dewasanya butuh pemikiran logis mengenai ini,karena bukan snsd saja namun passpo juga demikian, ini konsep pramugari kan?apa mereka harus berbusana seperti polisi?-.-”
    dan kalian antis,ngapain mikirin snsd?bukankah kalian punya fandom masing2 kan?urus dulu saja fandom mu. Cheers

  34. @lucyana333 baju sama? cb liat lagi deh, warna, kerah itu beda
    itu hal sepele buat kita tp hal besar buat yg design, mikirin paduan warna, kerah yg miring gitu hal yg besar jd kl mau blg plagiat, itu jg hrs diperhitungkan.

    pose? jd mereka hrs pose koprol gt? itu pose umum yg dilakukan pramugari

    kl kamu blg konsep tidak bermasalah, harusnya yg lain termasuk baju dan pose jg ga bermasalah dong, krna itu semua bagian dr konsep ><

  35. begtu nonton aku sudah tau ini mirip banget sama pramugari. lah apa yang salah? dilagu2 kan juga sering ikut2 salah satu profesi…
    tadi juga ada simbol kayak maskapai penerbangan kok diawalnya, mungkin iklan kali kayak lagu2 sebelumnya, who knows? kalau pun jiplak, ya itu sih urusan mereka…

  36. pramugari, mau pose gmna lagi?
    lgian SM mana mungkin mau njiplak, pling klo jiplak mreka ijin dulu ..
    jngan salahkan SNSD maupun SONE . masa cuma gini doang jdi fanwar
    *maaf soktau xD

  37. iya memang mirip, tapi tidak ingin menyimpulkan kalu itu plagiat, nunggu klarifikasi sm aja, dan saya suka snsd bukan karena pose, kostum atau segala hal yang sejenis dengan itu, tapi suka dengan lagunya, suka sama dorky-nya, suka sama member2nya.

    1. Jangan kejebak ama berita 😀
      ESENSI-nya ini SAMA AJA kyk konsep yg udah2

      Ambil aja GENIE dgn konsep MARINE/NAVY-nya.

      Ini msh mending outfitnya beda, lah di GENIE detil banget gaya NAVYnya, mulai dari pose, warna baju, tanda pangkat, ada bintang khormatan, pake hormat ala militer segala.

      ESENSI-nya ini SAMA AJA kyk konsep yg udah2
      Jangan kejebak ama berita 😀

  38. menurut aq klo soal pose foto itu sih gak jd permasalahan kecuali lirik lagu atau lagu itu sendiri nah itu br namanya plagiarisme dan misal salah satu dari kita yg berkomentar disini pernh berpose sprt itu apakah itu jg dikatakn plagiarisme????mohon disikapi dgn baik dan jgn ini dijdkan sbg bhn untk mencela satu sama lain…terima kasih….

  39. Semakin tinggi pohon,semakin besar angin yang menerpanya..itu mungkin cocok buat snsd skrg ini.
    Liat dong,cuma gara-gara pose ‘mainstream’ sebagai pramugari aja bisa jadi hottest thread di koreanindo..salut sama antis yang rela berkoar atau memperhatikan snsd..ketauan kan suka stalk :p
    pokoknya cetar deh soshi:)

  40. Tahun perilisan Foto teaser Soshi n Iklan Maskapai penerbangan yg ditmpilin terlalu jauh ^^
    N Mana Mungkin SM melototin Iklan2 smw maskapai aplgi yg udah lama bener ==”
    Apalagi maskapai penerbangan di Dunia ni ga cm 1 atau 2 atau puluhan tp jutaan :p
    So Positive Thinking aje
    N baju pramugari emg rata2 mirip ya cm beda motif aja ^^

  41. Terserah deh yah kalian mau ngomong apa? Yg pnting lagu dan dance gak dituduh plagiat dan kalo manggung nnt mereka tdk menggunakan baju yg mereka pakai di photo atas

  42. gue menyadari SNSD emg GB besar sich apapun tentang mereka pasti diberitain.. gue ngakak ma netizen niat bgt ya cari foto tahun 1962 ma 1971 Lol.. mending bangga aja dech berarti SNSD itu emg GB besar bgt..

    di dunia ini udh jarang yang ori.. foto konsep sama udh banyak..
    contoh: one direction ngikutin the beatles..
    pramugari posenya emg kek gtu..
    menurut gue ga ada sampe 100% miripnya ya bukan plagiat..

  43. kalo SNSD dituduh memplagiat iklan maskapai diatas (??) berarti sma dong kyak eunhyuk yg memplagiat monyet (??)
    wkwkwkwkwk ^^just kidding^^ XD

    buat Sone mian ya gue cooment yg “gapent” gt,, gue comment hnya ingin mncairkn suasana aj,,,
    gue sih positiv thinking aj lah tentang mslh ini,,,

      1. hahahaha
        bininya kunyuk mrah,,
        calm down ching,, gue hnya mencairkan suasana aj di artikel ini,, mkanya gue bwa2 masmon kn emank bner sesuai artikel ni artikel kn ngebhas tntng “katanya” netizen, SNSD menjiplak pose pramugari yg udh jaman jadul gt, nah masmon kn jg plagiat kn sma monyet,, –>>*nenek moyang*
        hehehehehe **udah ah oot bgt**

  44. oke gw akuin gambar di atas itu mirip dari pose + pakaian nya,lgpl memang maskapai tsb msih mengunakan MODEL yang sama + PAKAIAN yg sama + POSE yang sama untuk tahun 2012 ini ??
    gak kan ??klo mskapai tsbt masih mengunakan itu baru yang di permasalahin.
    gw yakin SM / label jepang snsd selalu ngasih yang terbaik untuk soshi stiap mv/album baru psti di pikirin mateng” bgt. please to all sone for keep n always support soshi

    1. Mereka POSE dan pake OUTFIT kayak gitu, ya karena PRAMUGARI emng seperti itu.

      Kalo mau mencermati, ESENSI-nya SAMA AJA kyk konsep yg udah2

      GENIE dgn konsep MARINE/NAVY-nya
      HOOT dgn konsep VINTAGE/BOND-nya
      MR TAXI dgn konsep TAXI DRIVER-nya
      dan sekarang…
      FLOWER POWER dgn konsep PRAMUGARI-nya

      Sama aja bukan?

  45. emang mirip.
    tp mnurut gue ini lebih ke terinspirasi drpd plagiat. selain alasan2 yg uda disebutin sama temen2 sone sebelumnya, gaya rambut dan editan fotonya agak old style gitu.
    mungkin dulu psa tuh icon penerbangan pas jamannya, jadi pihak agencynya terinspirasi dr situ. *hehe. mian kalo ga stuju

    1. Bukan TERINSPIRASI bukan jg PLAGIAT

      JUDUL beritanya emang MENJEBAK, PENGGIRINGAN OPINI prematur.
      Coba cermati CORE/INTI beritanya… pelan2…

      Trus simak penjelasan @ayomainbersama dan ane diatas

  46. Inti nya adalah mirip tak selalu sama, dan kreativitas itu sangat mahal harganya

    buat fans Snsd : calm down, please wait clarification from sm management, okey 🙂
    buat netizen : teruskan semangat kalian untuk membangun dunia idol lebih baik lagi, budayakan kritik yg baik dan benar, peace V 🙂

  47. menurut penglihatan ku sih memang sama.entah itu sengaja menjiplak/kebetulan/terinspirasi? tidak tau.tunggu aja penjelasan dr management mereka

  48. gw koment mw ngelepas atribut sone spya objektif yyehh….ini konsepx mirip…banget malah >< masalahnya ada 3 hal.yg mirip design baju warna baju pose ny jg denk…TAPI AKANKAH SM/UNIVERSAL MUSIC AKN MELAKuKAN PLAGIAT??? BUKANKAH ITU AKAN MEMBUNUh karir snsd??? YG BLG SNSD SERINg PLAGIAT coba belajar lagii…SME bkn perusahaan kecil woyy mereka BELI HAK CIPTA PAKE DUIT YG BANYAK YG BAHKan Lo GAK BS BAYANgkan banyakx…..

  49. ituuu yg rajinn reply komen di atas itu id baru yah??? gak yakin klo penghuni baru KI…hhhehhe biasax artikel.kek gni sering yh id baru muncul n rajin reply hhhaahha #upss
    uri sowon juga keep calm yah!! ^^ dukung snsd tp ttp kalem yehh 🙂 ehh oot nih kmarin di TL liat pic snsd urutan kelima Gb penjualan album terbanyak d dunia?? bnr gak tuh??

  50. well, kamu mau dilihat secara satu sisi ini memang plagiat banget.
    Maksudnya ini bukan satu atau dua gaya saja yang sama tapi hampir dari keseluruhan.
    Tapi kalau dilihat dari sisi sone pasti mereka ga bakalan rela idolanya plagiat. Lagi pula SNSD hanya artis sajakan. Mereka hanya tingga difoto dan memakai kostum. Untuk ide ‘briliant’ seperti ini kan dari penatanya.
    Jadi lebih baik tunggu SMent konfrimasi sajalah.
    Lebih baik secepat mungkin karena ini kan demi kelangsungan artisnya juga.

  51. kok bisa sama gitu ya? ini mah namanya SM mauw menjatuhkan snsd.untung bukan bias gue yang digituin.

  52. sebagai sone, bc ni brita gw cm bisa ngakak XD

    untung dulu wkt jaman Genie ngga ada tuduhan kya gni, kalo ngga maka lengkaplah ngakak gw

    LOL

  53. oh ya mbak/mas @ellemajica
    gw tau kok lo dari fandom mana karena gw bukan orang baru di KI
    awalnya gw malas ngereply bacotan lo..
    tapi kayaknya lo semakin menjadi-jadi ya.. 😀

    kalau hal sepele seperti tempat duduk bundar dan foto sama anda permasalahain,
    gw juga punya bukti kok tentang idola anda yang pose nya sama dengan artis lain..

    tapi gw gak akan ungkap disini karena gw pun ingin menghindari fanwar antar fandom disini

    dan untuk beberapa orang diatas yang bilang SM kehabisan ide atau SM mau menghancurkan SNSD..
    gw numpang ngakak ya.. XD
    hahahahahahaha

    SEKIAN

    kembali jadi SR 🙂

  54. nggak. kalau dibilang kebetulaan…. tapi ini terlalu mirip. ampe tas2nya pula, kenapa harus stengah lingkaran. knp g kotak apa segitiga . . . #justopini

    1. ntar kalau kotak dibilang niru kopernya pramugari di indonesia pula lagi..
      rata-rata kan koper pramugari kan koper kotak -_____-

      ntar kalau segi tiga dibilang Illuminati lah,pemuja setan lah dan bla..bla..bla..
      wong mereka foto untuk iklan jam baby G aja di bilang illuminati,pengikut setan
      #capekdeh

      serba salah kan jadinya… -_____-
      apa Soshi gak pake baju aja sekalian biar dibilang gak mirip O_O
      eh….tapi ntar dituduh memplagiat JAV pula lagi.. -____-

      trus mereka harus kayak gimana??

      oh ya koper mereka beda banget..
      yang psa itu bulat sempurna O
      sedang kan yang di pakai SNSD itu 3/4 bulat..

  55. unniedeul, sabar ya …
    mungkin ada orang yang mau ngejatohin unnie. Maklum, mungkin pada iri atau gimana kali 🙂
    tetap semangat unn, buat album jepangnya, semoga sukses !!!
    SONE mendukungmu 😀

  56. wow byk akun baru nih yee^^
    pasti mereka yg idolnya sering copy snsd yg pada bermunculan hahaha

    anyway ngga ada fanwar kok, santai aja
    masa dikit2 dibilang fanwar
    lol

  57. wah iya yah, baju, sepatu n pose yg ditangga pesawat sangat mirip, tas yang ditenteng2 juga mirip, desain baju yang warna selang seling juga mirip.. tapi tunggu berita selanjutnya aja deh, yg resmi dari SM, ntar kalo gue bilang “wah udah pasti plagiat neh” pasti banyak yg marah deh, trus di rate down deh…

  58. Kok kayaknya itu background gambar pesawatnya kayak editan photoshop ya?
    Iya sih, mirip bajunya, posenya juga, cuma bedanya pesawatnya aja. Masalah plagiarisme aku tdk tau apa2 belum jelas, SM juga msh belum klarifikasi ~.~

  59. kalau Q jd sone yg biasay aktif ngebas mslah plagiat sumpah pasti Q malu banget.

    -masalah t-ara kemarin yg perasaan GAK ADA MIRIP2NYA sm seX dikatain plagiat.setiap artikel t-ara penuh dg cacian dan jujur Q sangat marah.dan muak dg blog ini yg penghuninya kalian2 yang sll menvonis t-ara plagiat

    -masalah chibi juga.yah meskipun chibi itu plagiat kan ga asik kalau PLAGIAT TERIAK PLAGIAT!

    -dan kejadian baru kemarin maslah warna tvxq-psy yg para sone jg turut andil meramaikan suasana.yg berceloteh tentang warna it hak milik tvxq,masalah warna aja kalian permasalahin,.ngotot sampe koprol jungkir balik,nah ini bukan cuma warna tp keseluruhan, malah kalian anggap BIASA2 AJA!
    sory Q ga nyinggung cassie,cuma buat sone yg suka menjilat ludah mereka sendiri.

    setidakx nanti kalau ada sone yg berkoar koar ttg plagiat .tinggal nyorak in PLAGIAT TERIAK PLAGIAT!!

    1. ertee chingu quEen mn yan9 tIdk sAkit hAti kL dibAsHing kyAk getuh.paLing tdK mrEka sEkarang ngrasAin gImana sAkitx Di bAsh n’ Di tUdUh pLagiat.

    2. hmm sorry mau nanya memang yang bikin artikel T-ara plagiat baju SNSD itu Sone ya? yang komen di artikel T-ara semua Sone ya? jangan karena artikelnya menyangkutpautkan nama SNSD jadi kamu anggap yang komen semua itu Sone. Blog ini kan banyak pengunjungnya dari berbagai fandom dan semua fandom punya hak dan bebas untuk komen.
      kalo kamu main sama inter sones, kamu bakal melihat sebagian besar sone ga mempermasalahkan dan malah bodo amat sama artikel yang katanya T-ara plagiat baju SNSD, karena memang banyak Sone yang suka T-ara juga kok.
      btw Saya ga bilang kalo sone ga pernah bashing T-ara ya, tapi disetiap fandom itu pasti ada aja orang yang suka dan juga benci grup/artis2 tertentu. kita ga bisa memaksakan kehendak orang lain untuk sehati sama kita. itu cuma individu.
      masalah ceribel itu complicated. itu pun kalo kamu tau.
      saya udah lumayan lama jadi sone dan udah sering baca komen2 antis yang ga enak ke SNSD dan komennya lebih parah dari komen2 anti terhadap T-ara, apalagi SNSD udah debut selama 5 tahun dan bashingan yang diterima selalu yang itu2 mulu sampai bosan.
      ya walaupun ga bisa selamanya sabar tapi di balik komen2 negatif yang isinya berbau cacian hinaan kayak gitu tuh manfaatnya juga melatih kita untuk bersabar. kita seperti dikasih challenge dalam hal kesetiaan terhadap idol dan fandom.

      1. @imjessbian
        oia, mw nanya, gimana mslhnya dg cerybell? dengar-dengar indo msh di blacklist oleh mereka..
        hal ini juga yg buat sy gk suka sama GB ini, mentang-mentang udh keliling dunia, indonesia jd diblacklist gara-gara PLAGIAT..
        semua ingatkan DULU INDONESIA KENA BLACKLIST SHOWCASE GARA-GARA PLAGIAT.
        (maaf y cinggu klo sempat ada kata yg tidak enak dari saya pribadi, MIANHE…!!)

      2. memangnya iya diblacklist?
        kelihatannya malah Indonesia itu jadi salah satu sasaran idol2 korea untuk menggelar acara.
        banyak banget idol korea yang datang ke indonesia dan fans indo pun mendapat respon yang cukup baik dimata idol2 korea yang pernah dateng ke indonesia.

      3. Yupp. itu yg sy maksud.. Indonesia itu adalah sasaran Kpop.. sy sendiri juga pecinta Kpop, tp GB ini jelas-jelas membatalkan acaranya gara-gara PLAGIAT.
        Makanya tdk heran klo Antis sgt sensi dg Plagiat oleh GB ini,.
        Tp terlepas dari benar ato tidaknya, sy benar-benar heran dan tertawa terbahak-bahak baca berita ini, ini jg karena SONEs sering muncul bawa fanwar di fandom lain sampe-sampe sy malas masuk ke KI gara-gara komen mereka!!

      4. “tp GB ini jelas-jelas membatalkan acaranya gara-gara PLAGIAT.
        Makanya tdk heran klo Antis sgt sensi dg Plagiat oleh GB ini,.”
        maksud GB ini tuh referring to siapa?
        benci itu hak2 kamu kok asal jangan suka menggeneralisasi aja.

  60. huuu..PLAGIAT… yee plagiat!!
    z heran sekali baca nih artikel, aduh ternyata. hahaha..
    makanya jangan terlalu SOKKK..!! z tahu kok kalau GB ini no.1.
    dan juga no satu seksinya, mata saya terbakar liat MV terbaru mereka lagi.. lagunya biasa-biasa sj, tp heboh karena paha-pahanya.

  61. sone yang pada bilang para pramugari rata-rata pose seperti itu di tangga pesawat, boleh share link photonya ga?
    jangan saat idol lain mirip dengan idolnya, rajin banget teriak-teriak plagiat. giliran idolnya di teriakin plagiat malah ga terima.
    saya pribadi sih berharap kalau berita tuduhan plagiat ini ga bener, dan berharap SM sudah berkerja sama dengan maskapai america trsbt. Tunggu aja konfirmasi dari SM. 🙂

  62. iya ya, mirip banget
    tapi ngomong2 soal konsep foto, aku jad ingat sama cover album “Abbey Road”-nya The beatles, yg para personel The Beatles berpose jalan berurutan di zebra cross nyebrang jalan itu (kalau ada yg nggak tahu kayak apa fotonya, tanya eyang google aja). itu foto ngetop banget, sampai banyak yg niru konsep foto itu buat cover albumnya atau apa lah, salah satunya band J-rocks di cover album “Road to Abbey”, posenya sama, lokasinya juga sama malah, dan nggak ada yg niru2 foto itu yg diprotes tuh, j-rocks juga anteng2 aja. mungkin emang udah minta izin juga buat make konsep fotonya atau semacam itu lah, dan mungkin aja SNSD juga kayak gitu, udah minta izin buat make konsep foto PSA airlines

  63. Kirain plagiatin apaan si Unniedeul -_-
    taunya ini ….
    oke , besok2 unniedeul ngambil konsep pramugari , jgn jejer detangga deh .. koprol diangkot aja .. biar “beda”

    *peace -_- v * *gw Sone Kalem*

  64. Sone lg pd diem krn lg nunggu konfirmasi SM ..eeh malah pada mancing2

    emgx snsd plagiat idol kalian apa?
    idol kalian klo di plagiat terang2an bahkan ngebas idol kalian apa ngga marah tu kalian?

    ini brita jg masi absurd, blm ada kejelasan kalian udah menjelek2an… kesanx kya ‘menunggangi’ isu ini unt menghalalkan segala plagiat2 yg dilakukan thdp snsd ckckck

  65. Belom fanwar ya?
    Gw muncul setelah sekian lama jadi SR.
    SNSD emang suka ngundang sensasi netizen. Salut gw liat netizen yg nyari nih poto pramugari dari setengah abad lalu. Rajin bener ngulas SNSD.
    Gw ngakak liat nak SONE teriak belain SNSD ampe tuh urat leher mau putus. LOL

    @Kholida Maratus 이영현 (@Leeda961024) Mba, Lee Soo Man emang udah lahir tahun begituan tapi emang dia tau tuh airlines konsepnya kek gitu? Emak gw seusia Lee Soo Man tahun gitu masih belajar nulis, ngitung di SD. Aduh si pinky!

    Hu uh! Akhirnya muncul juga komen para fans ‘Ratu Kontroversi’.
    Gw udah tunggu nih para ‘Ratu’.
    @ONE for CutePretty Mata saya juga kebakar-bukan udah angus-liat mv vulgar idol kalian. Idol yg suka pamerin diri di pub dengan tarian kucingnya yg kelewat maksain diri. Hahahaha
    Kalo SNSD suka pamerin paha, idol kalian suka pamerin apa? Kontroversi? Idol lu juga pamerin paha di lagu ‘robot’nya, tapi sayang paha mereka gak seseksi SNSD. SNSD emang GB no. 1 seksinya. Kalo idol lu GB no. 1 bad attitudenya. Hahahaha
    Gw bukan SONE tapi gw suka denger lagu-lagu nih GB. Perform mereka kuat, konsep mereka juga bervariasi. Liat saja saking famousnya mereka, netizen ampe tengok tahun kanak-kanak emak gw. Idol lu apa? Paling cuman mereka yg nyari sensasi, ngilang, terus balik lagi. Konsep idol lu juga tetap yg itu-itu mulu,settingnya selalu di bar. Dasar kitty pub. Haha
    Gw juga pengen teriak… Kitty pub… Horay!

    1. kenapa jd bawa BPBP..? gk ad hbgnnya kalee. malas!
      apa salah.. komen sy itu saya tulis berdasarkn artikel ini.
      coba baca diatas.. “Di foto yang dirilis tersebut para member mengenakan seragam pramugari, MEMAMERKAN KAKI PANJANG MEREKA.
      Beberapa fans pria yang melihat foto-foto tersebut menunjukkan ketertarikan besar untuk membeli album ini segera setelah dirilis.”
      Sekian terima kasih.

Comments are closed.