[Liputan] SMTOWN Live World Tour III in Jakarta

by

22 September 2012 sekaligus hari yang paling dinanti ratusan bahkan ribuan penggemar artis-artis SMTOWN pun tiba dengan berlangsungnya konser “SMTOWN Live World Tour III in Jakarta” bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno yang dimeriahkan sejumlah lagu-lagu hits BoA, Kangta, TVXQ, Super Junior, SNSD, SHINee, f(x) dan EXO.

Konser dimulai tepat seperti yang dijadwalkan semula setelah hampir sejak pagi atau bahkan sejak subuh para penonton telah memadati arena konser. Konser dibuka dengan penampilan dari f(x) yang langsung memanaskan suasana dengan lagu “Hot Summer” kemudian disusul lagu “pinocchio” dan tak ketinggalan para penggemar bernyanyi bersama idola mereka ini.
Setelah suasana memanas, Kangta muncul dengan menyanyikan sebuah lagu ballad yang mampu kembali mendinginkan suasana namun tak berlangsung lama suasana kembali bergemuruh dengan lagu upbeat dari Kangta hingga dilanjutkan oleh penampilan Amber, Kris EXO-M dan Key SHINee membawakan lagu “Like a G6” sehingga gemuruh penonton di stadion utama GBK semakin tak terkendali.

Tak lama berselang, panggung kembali dimeriahkan oleh dua bersaudara yang akrab dikenal dengan sebutan “Jung Sister” (Jessica SNSD & Krystal f(x)) lewat lagu Katy Perry – “California Gurls” dalam balutan busana mini yang membuat keduanya terlihat cantik nan seksi. Bukan hanya mereka yang berduet, Changmin TVXQ bersama Kyuhyun pun tak mau ketinggalan dengan meng-cover lagu Bruno Mars – “Just the Way You Are” dan tiba-tiba seorang penggemar berada diatas panggung dimana fans tersebut mendapat perlakuan istimewa serta pelukan dari kedua penyanyi pria ini sehingga tentu saja mengundang teriakan penonton yang semakin membahana didalam arena konser.

Sesi duet para artis SMTOWN ini ditutup dengan penampilan apik dari EunHae (Eunhyuk & Donghae) dengan lagu andalan mereka “Oppa Oppa” dan seantero GBK pun terdengar suara fans berteriak “Oppa Oppa” mengikuti irama lagu dari dou fenomenal ini.

Malam semakin larut ketika keluarga baru SMTOWN, EXO-K & EXO-M menyanyikan lagu “History” kemudian memperkenalkan diri satu persatu dan mengakhiri penampilan mereka dengan lagu andalannya yaitu “Mama”. Kemudian penampilan yang paling ditunggu Sone adalah penampilan dari grup SNSD yang diawali dengan perform keren dari leader Taeyeon dengan lagu “Devil’s Cry”, disusul penampilan grup mereka dengan lagu “Run Devil Run” kemudian menyanyikan selamat ulang tahun untuk Hyeoyeon dan menutupnya dengan lagu “Tell Me Your Wish” dan tentu saja para penggemar ikut bernyanyi bersama-sama.
Melangkah ke sesi selanjutnya dimana berlangsung duet Super Junior & f(x) membawakan lagu “Oops” disusul penampilan menarik dari SHINee dengan lagu “Lucifer” dimana Luhan EXO menjadi pengganti sementara bagi Minho yang tidak dappat menghadiri konser kali ini.

Nada lagu “lucifer” berakhir dan diatas panggung muncullah sekelompok pria-pria tampan dari Super Junior dengan lagu “Superman” dan sekali lagi fanchant terdengar merdu dimana-mana dalam arena konser yang kemudian lagu “Don’t Don” mengkahiri penampilan Super Junior di sesi ini dimana langsung disambung dengan lagu “Ring Ding Dong” dari junior mereka, SHINee. Sesi kali ini merupakan sesi penampilan Super Junior yang bergantian tampil dengan SHINee dimana setelah RDD, Super Junior kembali keatas panggung lewat lagu “Bonamana” dan SHINee menutup sesi ini dengan lagu “Juliette” serta ucapan selamat ualng tahun untuk Key yang berulang tahun tepat hari ini (23 September 2012).

Tak hanya sampai di sini saja, konser SMTOWN masih berlanjut dengan penampilan selanjutnya dari SHINee lewat lagu “Love Like Oxygen” kemudian suasana kembali didinginkan dengan suara merdu Ryeowook bersama Chen dan juga Eunhyuk dengan sebuah lagu ballad Mandarin “Everything”, disusul sub unit Girls Generation, Taetiseo dengan lagu andalan mereka, “Twinkle” dan penonton kembali bersorak ketika “DJ Got Us Falling in Love Again” dilantunkan oleh duet Taetiseo & beberapa member EXO.
Jika dari awal konser diisi dengan lantunan lagu, maka pada sesi ini giliran para artis SME memamerkan keterampilan mereka yang lain yaitu, Martial Art dari Victoria f(x) & Tao EXO-M, serta kolaborasi dance keren dari para dancer SMTOWN yang terdiri dari Eunhyuk, Taemin, Kai, Hyeoyeon, Yuri, Yoona dan U-Know. Setelah itu kemudian disambung oleh penmapilan apik diva BoA membawakan 3 buah lagu dimana salah satunya adalah “Huricane Venus” disusul “Sorry Sorry” dari Super Junior sebagai penutup sesi ini dengan sedikit berbincang dengan para fans, dimana Leeteuk tak bosan-bosannya berucap “Assalamu Alaikum” yang tentu saja dijawab “Walaikum Salam” oleh para penonton.

Selain mengucapkan salam dan memperkenalkan Henry serta Zhoumi, Super Junior-M melanjutkan konser malam itu dengan lagu “Perfection” kemudian seluruh anggota Super Junior bergabung kembali dan menyanyikan “A-Cha” serta berikutnya diisi oleh SNSD dengan lagu “mr. Taxi” yang mampu membuat penonton bernanyi bersama sambil memperagakan beberapa gerakan dance dari lagu tersebut.

Saat lagu “Mr. Taxi” berakhir, penonton diberi tontonan yang mampu membuat seisi GBK berteriak histeris, tak lain adalah ketika Jonghyun SHINee muncul diatas panggung dengan memamerkan ABS-nya bersama Taemin dalam membawakan lagu “Internet War” yang langsung disusul oleh “Maximum”, “Mirotic” dan “Keep Your Head Down” dari TVXQ sehingga suasana pun semakin riuh bergemuruh.

Teriakan histeris para fanboy pun terdengar seketika SNSD tampil di stage kecil di belakang kelas VIP. SNSD mengenakan T-shirt pink dan short jeans tampil membawakan hits mereka, “Gee” dan disusul dengan “Kissing You”.
Tampil berikutnya adalah Super Junior membawakan lagu lama mereka, “Dancing Out”. Setelah Super Junior selesai tampil, diputarlah VCR tentang SM Town. VCR yang menggunakan backsound lagu “Dear My Family” ini menggambarkan bahwa SM Town adalah sebuah kota yang penuh dengan semangat musik, dan bangsa yang bersatu karena musik, serta mengundang semua fans untuk datang ke ‘SM Town’, menggabungkannya menjadi satu makna, “Music Nation”.
Kemudian terdengarlah alunan melodi lembut yang ternyata adalah lagu milik BoA berjudul “Only One”.  Walaupun membawakan lagu ini dengan dance yang powerful tapi kesan soft masih terasa dari penampilan BoA. Banyak fans menunggu-nunggu siapa yang akan menjadi dance partner BoA untuk lagu ini. Ternyata, Taemin SHINee lah yang menemani diva K-Pop ini tampil membawakan “Only One”.

Setelah penampilan BoA yang melankolis tapi powerful, f(x) tampil membawakan” Electric Shock”. Disusul SHINee dengan hits mereka, “Sherlock”. Karena Minho tak ada, seorang dancer ikut tampil menggantikan posisi dance Minho, dan Onew menggantikan bagian rap Minho.
Setelah SHINee selesai tampil membawakan Sherlock, SNSD atau Girls’ Generation tampil ke atas panggung membawakan lagu hits yang membawa mereka hingga tampil di TV Show Amerika, “The Boys”! Disusul berikutnya, ada Super Junior dengan lagu hits dari album 6jib-nya, “Sexy, Free, & Single. Berikutnya yang tampil adalah TVXQ yang sukses membius para fans dengan lagu hits mereka dulu, “Rising Sun”.
Intro lagu “Hope” pun terdengar. Satu per satu artis SM Town keluar dan menyanyikan lagu ini. Balon pink muncul dan mulai mengudara, menghiasi langit di atas stadion Gelora Bung Karno. Para artis SM Town berlarian dari sisi panggung yang satu ke sisi panggung yang lain. Melambaikan tangan, memberikan ciuman melalui kamera, dan tak lupa mengucapkan ucapan perpisahan. Ya, konser SM Town Live World Tour III in Jakarta ini pun resmi berakhir.

Overall, konser yang berdurasi selama kira-kira 3,5 jam ini berlangsung sukses. Ribuan fans merasa puas bisa melihat artis-artis idola kesukaan mereka. Rasa capek menunggu dan antri serta berpanas-panasan di luar stadion pun terbayarkan dengan penampilan maksimal dari para asrtis SM Town. Fanservice yang diberikan selama konser pun pas mengobati rasa rindu fans kepada idola mereka. Well, mari berharap semoga SM Town mau mampir ke Indonesia lagi ya..

Kiranya sekian liputan konser megah artis K-Pop tahun ini, SM Town Live World Tour III in Jakarta. Terima kasih kepada Haebaragi yang telah mengikuti live tweet dari KI semalam, dan juga mengikuti coverage konser ini di blog. Semoga apa yang KI tulis ini bisa sedikit mengobati kekecewaan bagi kalian yang tidak bisa menonton konser SM Town ini. Sampai jumpa di liputan berikutnya ya. Anyeong~! ^^
 
Writer + Photografer : Hera@Koreanindo.net + Lollichocho@Koreanindo.net
Thanks To : W Production & MP Entertainment

Loading…

77 thoughts on “[Liputan] SMTOWN Live World Tour III in Jakarta

      1. wkwkkwkw asli saya telat dan wah kasian yg pada ga dpt tiket!! tp bener2 keren konser semalem!! klo yg tlt tuh tribun jdi 100ribu harga tiketnya tp gila antriannya padet rusuh deh ==”

  1. Semoga nnati SMTOWN World Tour IV juga dateng ke Indonesia :’) jadi ada kesempatan buat nonton deh..
    Yg paling lucu itu waktu perkenalan para member pake bahasa indonesia :’) mereka bener2 menghargai fans yg ada di Indonesia ya :’) jadi terharu…

  2. smtown-live-world-tour-iii-in-jakarta daebak..!!!!
    aaa… galau tingkat dewa… tapi alhamdulillah semua berjalan lancar…
    envy banget ma cewe yang dipeluk kyu….. untung dia ELF..untung dia Sparkyu… n untung dia cantik,,hahahhaha
    pokoknya buat semua artis SMTown,, jangan kapok datang ke Indo lagi ya… ayo om sooman.. sering datangkan artismu ke sini, tapi jangan dadakan, biar bisa nabung dulu,,hehe
    SUPER JUNIOR…. I’M WAITING FOR SS5 INA..!!!!

  3. THE BEST CONCERT IN INDONESIA EVER, SMTOWN WORLD TOUR III JJAAANGGG !!!
    Dengan datangnya mereka di Indonesia, itu bisa jadi bukti paling REAL klo korean wave di Indonesia itu benar2 BANYAK BANGET & addict bgt ke bias masing2..
    I’m proud to be a Kpop Fan !! ♥

  4. sebelum konser panas2an, jempet2an, kedorong2.trs setelah konser, pagi2 baru bangun efeknya badan smw pd sakit terutama tangan T__T saking smangatnya ngayunin Light Stick..terus suara abzzz pula krn teriak2n sr awl s/d akhir konser. =___=
    tp smw itu kebayar krn konsernya DAEBAKK n seneng bisa liat Oppadeul lg beserta Familynya
    \(^o^)/

  5. yang bikin gue iri semalem ada lah . lucky girl naik stage lalu dipeluk kyu changmin , kyu berjongkok nyanyi dan pegang tangan nya , lalu setelah selesai itu si lucky girl dianterin kyu balik ketempatnya .
    Apa gak stress yang nonton aaaaaaaaaaaaa teriak sekenceng2nya (╥﹏╥)
    untung kakaknya cantik haha
    Tetep aja gue yang liat gak kuasa dan berkata apa-apa
    Sebagai gantinya semalem taemin liatin absnya wooa my baby taemin \(˘o˘)/
    Ah tapi tetep aja sedih, gue juga kan sparkyu 🙁

    1. ahahaha, envy sumpah, asli galau, nangis ababil gue pas adegan itu juga
      entah itu anak dr seat VIP ato VVIP ato bahkan dr tribun??
      gak ngeh tiba2 ada cewek aja disitu, fokusnya ke Kyu, tiba2 semua jejeritan neriakin si fangirl
      kayaknya itu anak gak bakalan mandi deh entah sampe kapan 😀
      yah, meskipun ChangKyu meluknya dg gaya evil tanpa ada romantis2nya
      tetep aja itu ChangKyu asli, sekali lagi ChangKyu, dan asli…
      kLo gue pasti langsung lompat cium pipi Kyu, biarin deh pulang digorok Sparkyu juga *dare

  6. konsernya spektakuler banget!!!!!! keren lah pokoknya d^^b envy sama yg nonton di festival, pasti jelas bgt liat artis2nya.. uangku cuma cukup buat beli tribun doang T.T semoga artis2 SM pada dateng ke Indo buat konser solo ^^ ayo dong EXO showcase di sini hehe

  7. AAHH FANCAM PLSSS T_T tp cool jg pas press conference nya.. si mc ampe ngegodain victori “your beautiful” dan bilang taeyeon “aslinya kece jd deg2 an” tp klo dri berita ticket nya ga semua terjual ya? apa karena susah ngejual ticket segitu banyak? yah indonesia management nya sulit berubah

  8. super junior!!! snang bgt teuki dtg k smtown ina wlopn aq ngga nnton.
    Yg paling bikin heboh itu lucky fans!! bner deh dugaanq pasti ada lucky fans. Kebetulan bgt dia sparkyu!! Kyaaaa envy bgt!!!

  9. liat cassiopeia-ina bikin red ocean di tribun bikin terharu..
    cassie indo ternyata masih kompak.. TT
    perform TVXQ juga keren dan powerfull.
    daebak lah!

  10. everything already over,,,#SMTownIIIJKT Daebak : semoga dateng lg tahun dpn .. n q bs nntn ,, amin!!~~ 😀 SUJU oppa.. thank you for coming again in Indonesia.. : we wait next year.. : ELF DAEBAK !!!~~

  11. DA to the E to the BAK, DAEBAKKKKKK !!!!! walaupun cuma di tribune 3 tetep bisa bikin kejang2 aaaaaaaaakkkk >,<
    adain lagi dong qaqa soo man…

  12. chingu.. jangan pada ngegalau..
    di tayangin di tv qo., td aku liat iklannya.. ^_^
    sedih+ merinding deh pas tvxq nyanyiin mirotic..
    seharusnya mrka ber-5.. jd cuman ber-2.. huhuhu
    key semalem bersinar bgt., apa gara” hari ini ultah ya.. hehe
    di kira minho ma sulli dateng walaupun telat,, tp bneran ga dtg ya..
    pdahal kalo ntn TTBY jd nya udah tw nih org yg kemrn gw liat..
    tp gapapa.. puas bgt nonton SMTown semalem..
    bertabur bintang semua..
    next smoga tahun depan ada lg.. >_<

  13. BENER2,, dah,, seru bged ni konser,, semua nyanyi breng smua tereak2 breng,, cma syang soundnya rda bermslh dkit,, trs2..yg lucu wktu kita pd nyanyiin happy b’day buat hyoyeon ma key,, pke bhs korea,, ank2 soshi ma shinee nynyinya mlh pke b.inggris..lol…hahahaha
    byk moment kok,, yg pling cute itu sehun-chanyeol moment,, cute bged mrka……
    pnmpilan hot DBSK,, DAEBAK… cassie yg ada di tibun atas,, DAEBAK….
    jjong smpe g bsa ngomong…*inget kjadian di indo 2 taon lalu*
    mudha2n,, ank2 SM town blik kekorea dgn smngat dan prsaan seneng,, mski mrka smpet blang klo indo panas bged,, kasian…TT
    sampai ketemu lgi taon dgn OPPAdeul,,ONNIEdeul…cup..cup..kalian hug2….

  14. Semalem aku nonton loh, tapi di TL Twitter #bangggg #duduk di bawah shower
    nyesek sih baca update-an yg begitu ngebutnya di TLku. Apalagi pas update SHINee (karena aku shawol), ih itu namanya nyesek ;A;
    tp kalau dr update2 yg ada, kayaknya SM Fams bener2 luar biasa ya malam kemarin. Lebih dr luar biasa malahan! Mudah2an mereka terkesan ya dtg ke Indonesia, biar Indonesia dipandang baik 🙂
    SM Family + 7 fandoms (SM Stan) = ONE!! 😀

  15. gilaaaa w iri beud ama my friend yang bisa nonton SM Town Live World Tour III di GBK
    mudah mudahan SM Town tahun depan datang lagi *dan semoga juga w bisa nonton secara langsung aminnnn……..

    1. hooh. kayanya seru bgt. banyak yg bilang projectnya sukses, paling rame meskipun hanya minoritas. banyak jg dari fandom lain yg bilang klo merah-merah a.k.a Cassie yg di tribun 3b itu kompak bgt.
      huaaah andai punya pintu doraemon, aku mau jadi bagian di tribun itu kemaren 🙁

  16. NO REGRET!!! gila,,, konsernya MANTAAAAAPPP!!! *pake gaya KangTa Oppa*
    Totalitas banget…. Total abis…
    SM nya TOTAL bikin konser…
    ARTISnya TOTAL menghibur penggemarnya…
    FANSnya TOTAL dukung artisnya….
    kalo gini caranya,,, ngumpulin duit lagi biar bisa nonton di Festival SS5INA sama SMTown World Tour IV Jakarta… *semoga ada*

  17. Satnite terbahagia seumur hidup, puas banget sama fans service anak2 SM
    Ngakak liat alien EXO pas kenalan. Ganteng2 n cute. Sehun lucu ketauan nyontek kertas pas kenalan pake basa Indonesia, doi disenggol sama Yeol eh pas kenalan Yeol malah bikin lebih ngakak “kami cinta saya” wkwk. Gemes ama DO n leader Kris ngganteng poll pake kaos pink
    Makin kesengsem sama Changmin gara2 bulu keteknya yg seksoy abis. TVXQ keren
    Key, saengil chukkae. Anak2 SHINee basah kuyup
    Zhoumi ganteng n manly, Kangta yg mirip Siwon
    uri nampyeon Siwon, liat dadanya yg masya Allah putih n sexy otomatis bikin lutut bergetar
    n Dream Comes True bisa tatap muka langsung sama 9 angels. Cantik semua, YoonFany kaya bidadari turun lapangan. Taeyeon powerful, Sica yg suka main mata. Fanboy n fangirl menggila, paling seneng project ultah Hyo berjalan mulus, thanks buat SONE yg nonton terutama di fest A
    The last bisa liat Hyo yg kaya barbie cantiknya pas pulang, doi duduk paling depan d bus tanpa tirai n ngasih salam k fansnya. SMTOWN INA MANTAP

  18. Gue bukan fans SM tapi jujur gue penasaran selagi nunggu Bigbang oktober akhirnya gue nonton..
    Gue nonton di ajak temen gue yang Sone ma Shawol..
    Gue cukup terhibur sama penampilan mereka semua selama kurang lebih 4 jam..
    SNSD mereka ramah banget loh..
    mereka ternyata emang aslinya playful dorky friendly.. so lovely..
    performancenya keren..
    Gue merinding INDONESIA PUT IT BACK ON ma mereka bicara bahasa indonesia..
    Sone indonesia kompak banget projectnya lancar membuat SNSD terkesan..
    Jessica ramah sekali.. Dia menyapa semua fansnya.. Gue di senyumin hha ampe bergetar gue..[don’t judge a book by it’s cover]
    SNSD lebih cantik dari yang di layar kaca.. Mereka senang dan good mood banget tadi malam..
    Hyoyeon Jessica Tiffany Yuri Gorgeous..! Cantik banget..!
    Krystal aslinya enggak ada mirip-miripnya ma Yoona..
    Jung Sister rebutan boneka LOL cute..
    Gue enggak bisa melupakan konser tadi malam ampe enggak bisa tidur gue masih terbayang..
    ampe galau gue ingin lagi nonton LOL..

  19. dbsk paling keren banyak kembang api…changmin daebakk suaranya menggetarkan gbk…yunho ganteng
    Gw paling suka performance dbsk rising sun, keep your head down n taetiseo exo dj got us falling in love again, asik banget bisa joged2
    keren tapi cukup kecewa soalnya g sesuai ekspetasi..suju shinee tampil paling banyak n cukup bikin boring..bagi gw sih performance mereka monoton meskipun beberapa ada yg bagus kaya lucifer, ring ding dong, sorry2..maap nih buat elf&shawol gw cuma ngasih opini gw sbg penonton bukan berarti ngebash

  20. mau nonton lagi XD
    kecewa gaada duet ryeowook ft do – missing you
    padahal itu yang paling ditunggu tunggu
    semoga tau depan smtown bisa konser lagi
    kebayar lah ngantri dari pagi desek desekan sama orang banyak
    SMTOWN JJANG XD

  21. kayaknya lagu yg mereka nyanyikan setiap konser SM TOWN dimanapun, itu-itu aja. khyunyun ft changmin nynyi lg bruno mars “just the way u are” dsb…dsb…
    tp, selamat konser berjalan dg sukses dan lancar meskin gw yakin mereka g betah dg panasnya jakarta. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *