'Digital Chart' Korea Mengumumkan Perubahan Rumus Untuk Menentukan Peringkat Lagu

by


Beberapa chart peringkat musik terkemuka di Korea mengumumkan sebuah perubahan pada rumus dalam menentukan peringkat lagu.
Tangga lagu harian, sebelumnya dihitung tiap hari pada tengah malam dan berlanjut selama 24 jam, sebagai gantinya sekarang akan di-refresh pada siang hari. Sehingga, para artis akan mendapat keuntungan jika mereka merilis lagu mereka mendekati siang hari mulai dari sekarang.
Situs-situs seperti Melon dan Mnet akan menerapkan perubahan ini mulai tanggal 14 Agustus. “Mulai pada tanggal 14 Agustus 2012, Chart Melon akan mulai meng-update pada jam baru. Update tangga lagu harian akan dimulai pada tanggal 14 Agustus, sedangkan tangga lagu mingguan akan diubah mulai tanggal 20 Agustus.” kata Melon.
Tangga lagu mingguan awalnya di-refresh pada hari Minggu malam pukul o0:00. Setelah perubahan, tangga lagu mingguan akan di-refresh pada hari Minggu siang pukul 12:oo. Ini diharapkan untuk mengurangi jumlah artis yang merilis lagu pada hari Minggu.
Chart Top 100 Melon juga akan mengalami beberapa perubahan juga. Awalnya di-update pukul 6:30 pagi, sekarang akan berubah menjadi pukul 2:00 siang hari. Tangga lagu 100 teratas mingguan akan berubah dari di-update pada hari Minggu pukul 8 pagi menjadi pukul 2 siang pada hari yang sama.
Perubahan ini dibuat untuk lebih mudah menjaga chart dan untuk membantu perusahaan distribusi, kata Bang Ji Yeon, pemimpin proyek untuk LOEN Entertainment, distributor besar di kancah K-Pop.“Karena pukul 12 siang termasuk jam-jam operasi biasa dan orang-orang masih di kantor, mudah untuk menangani masalah dan kesalahan,” katanya.
Dan juga, ini menjadi lebih mudah bagi agensi untuk menyampaikan informasi album pada distributor. Ketika chart di-refresh pada tengah malam, agensi harus mengirimkan informasi paling tidak sehari sebelumnya. Namun dengan perubahan jadwal, waktunya bisa dikurangi menjadi 3-4 jam.
source: allkpop
Indotrans by geevy@koreanindo.net

Loading…

0 thoughts on “'Digital Chart' Korea Mengumumkan Perubahan Rumus Untuk Menentukan Peringkat Lagu

    1. lagu digital yang sekarang bakal direfresh setiap siang sama chartnya, jadi kalo si artis yang ngelurain lagu pada siang hari dapat langsung masuk digital chart tanpa harus menunggu malam hari (jam biasanya). kayak gitu sih kalo aku rangkumin.

      1. gak semua MV kok keluar tengah malam, banyak juga yang jam 1 siang KST dirilis, tapi lama masuk chartnya, jadi kita harus nunggu jam 12 malam, makanya yg sekarang ini bila rilis MV/album/single siang haripun bisa langsung masuk chart gak lama setelah dirilis tanpa harus nungguin jam 12 malam.

  1. Knp gambarny sistar yg plg besar yaa?? apa sistar yg plg mendominasi di chart digital korea?? aseekk..asekk… sistarku emang mantabh…

  2. asek….gak perlu nunggu mv malem2.dan g perlu kesel setengah mati kalo2 tuh mv/album ditunda perilisannya secara mendadak padahal sudah begadang nungguin tuh MV/album

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *