For A Trainee, SM Entertainment Has To Spend…

by

Ada banyak konstroversi di seputar idols tentang “kontrak budak” mereka, terutama dalam SM Entertainment. TVXQ’s Junsu, Jaejoong, dan Yoochun meninggalkan SM Entertainment kerena hal tersebut, dan juga Super Junior’s Hangeng, mengungkapkan alasan yang sama.
SM Entertaiment memberikan upaya, waktu dan uang yang tidak terhitung untuk membuat seorang idol menjadi seperti sekarang ini.

Jadi, berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membuat seseorang menjadi seorang idol?

Saat trainee SME menandatangani kontrak, mereka mendaftarkan diri sedikitnya 3 tahun untuk masa training. Ketika mereka melakukan training, semuanya ditanggung oleh SME – termasuk makanan, transportasi, dan bahkan asrama disediakan bagi mereka yang tinggal terlalu jauh untuk bolak balik setiap hari. Tidak hanya itu, tapi trainee juga mendapat pelajaran menari, menyanyi, akting, dan bahasa asing. Mereka dibayarkan untuk pergi ke gym dan salon, dan bahkan untuk melakukan operasi plastik jika diperlukan.

Semua yang mereka butuhkan ditanggung oleh SME, dan biaya setiap orang rata-rata sebesar 20,000,000 KRW – 40,000,000 KRW ($18,000 USD – $36,000 USD) per tahun, dan bahkan bisa lebih dari yang diperkirakan. Karena perusahaan besar seperti SME mempunyai sedikitnya 20 trainee dalam suatu waktu, uang yang dikeluarkan untuk para trainee bisa mencapai lebih dari 1,000,000,000 KRW ($900,000 USD) per tahun.

Rata-rata, para trainee menghabiskan waktu sekitar 5 tahun pelatihan. Jadi, jika seorang trainee memerlukan 150,000,000 KRW ($135,000 USD) untuk debut, sebuah grup dengan 9 member seperti SNSD akan membutuhkan sedikitnya 1,300,000,000 KRW ($1.2 juta USD).

Namun, untuk debut mereka, seorang menajer diperlukan dan disewa, sebuah mobil perlu dibeli, dan sebuah asrama perlu disiapkan. Dari semuanya, mereka juga memerlukan kostum untuk di panggung, dan album perlu dibuat, diproduksi, dan dipromosikan. Dan pada akhirnya, SME menghabiskan sedikitnya 2,000,000,000 KRW ($1.8 juta USD) hanya untuk debut mereka, dan akan terus menghabiskan sekitar jumlah yang sama bahkan setelah debut. Untuk grup yg lebih besar seperti Super Junior, uang yang diperlukan tentu juga lebih besar.
TVXQ juga menghabiskan jumlah uang yang luar biasa dikarenakan promosi mereka yang bisa dikatakan padat di Korea maupun di Jepang.

Source: Herald Biz
Credit: Koreaboo

kalo chingudeul bingung sama jmlh uang dlm rupiah, tinggal ditambahin aja satu angka 0 (nol) dalam KRW…misalnya 20,000,000 KRW berarti 200,000,000 dalam rupiah…^^

REMEMBER….DO NOT BASHING…!!!!!!!

Loading…

53 thoughts on “For A Trainee, SM Entertainment Has To Spend…

  1. ia sih besar banget, tp kl mnrt gw sih yaa itu kayaknya semua duitnya yg SM ksh buat mereka pas masa trainee kyknya udah balik modal lah kesannya. liat aja Suju, Tvxq, Shinee. mereka kan terkenal bgt skg dan banyak fansnya. pasti seenggaknya SM ud balik modal banget

  2. memang sangat bnyak uang yg dkluarin….tp kan klo tvxq ddlm kntrakny stiap mrka konser biaya mkn,trnsport,pkaian,manager dll dtnggung ma artisny bkn kah? Lgian si pmbgian persen keuntnganny kcl bgt bwt artis…heuu apalagi suju ato snsd memberny kan lbh byk hahaha

  3. terkenal dan banyak fans belum tentu berpenghasilan besar lo (mengingat fantastisnya modal mereka, mungkin gk terlalu sebanding sm penghasilan mereka)

  4. hmm, dlu koq aq pnah baca, klo trainee nya hrs ngeluarin kocek sendiri utk biaya training, dkk, jd bukan ditanggung ama SME…
    hmm, apa aq slh baca ya.. ~~a?
    *jd keinget crita JJ-oppa yg aq baca waktu msh trainee…

    NB : tdk bmaksud utk bashing…

    1. iya.. dlu perna denger ad crita ky gtu.. ga cm JJ aja, Yunho, sm Heechul juga… Mreka jg msti nyari tmpt tgl sndri.. Jd bingung…

  5. Kalo ga minimal untung, bahkan menurut gw untung besar ga mungkin dari awal SM berani investasi gila-gilaan buat trainee. So perlukah kontrak budak? win-win solution pasti ada, cuman…..

  6. budak ga budak .. adil ga adil
    cuma 1 kenyataannya: dari mulai Kangta-Boa-The Grace-DBSK-SJ-TRAX-SNSD-SHINee-F(x)- termasuk aktor/artis SM semua-nya udah memperbaharui kontrak dengan SM.

    Mereka pada hepi2 aja tu, kenapa trus orang luar yang pada ribut bin ribet sih?? Udahlah nikmatin aja apa yang mereka kasih ma kita, imbalannya ya kita support mereka dengan beli album resmi (jgn yang dilapak .. apa bedanya fans ma SM … sama2 ga ngeharga-in usaha artisnya). sekian n triimmss

    1. Bener udah pada perpanjang kontrak ama SM
      Tapi gimana ama shinhwa, JYJ, dan hangeng?
      Kalo mereka emang puas dengan kebijakan SM gak mungkin kabur.
      just my 2 cents

  7. Nah ini yang gue agag bingung bacanya… Soalnya di beberapa situs yang gue baca ada beberapa trainee SME yang rela kerja paruh waktu untuk nyari uang makan…. CMIIW,, kalo makan mereka ditanggung,, ngapain salah seorang trainee SME rela donorin darahnya untuk dapetin makanan…???

    Dan tentang promosi TVXQ di Jepang sekali dari dari sumber yang gue baca, TVXQ gag segitu “dimanjakan” sama SME kok… Mereka harus mulai segalanya sendiri.. Dari bagiin album mereka ke para staff sampai muncul di acara VaShow yang gag terlalu terkenal… Belum lagi belajar bahasa Jepang…..Kalo gue inget ini gue sampai mau nangis ngeliat kesuksesan mereka di sana… AVEX adalah perusahaan yang gag mau invest terlalu besar kalau artisnya gag “menjual”.. Makanya di awal debut mereka harus kerja keras supaya bisa dipromosikan sama AVEX…. Sistem ini juga berlaku buat BoA… Beda sama SNSD yang promosinya jor2an di Jepang ( No Bashing )

    SME sebagai perusahaan berorientasi sama laba gag bakalan invest kalo itu gag menguntungkan… Apalagi perushaan ini gag setahun dua tahun…. Artinya, kalopun dia punya pengeluaran besar untuk trainee, pasti juga punya pendapatan besar dari artisnya…..

  8. Yaudah brarti impas, heran gw para fans dpt kata2 kontrak budak drmana si? Orang siwon aja, anak seorang ceo, yg bapaknya profesor di perguruan tinggi d korea, plus boa, penyanyi yg sangat senior, terkenal, n bertalenta uda bilang k media, tolong hentikan kata2 kontrak budak, krn mrk pngen blajar lbh dlm n profesional, cari aja artikelnya, trutama bwt para fans

  9. kalopun SME beneran ngeluarin duit segitu buat traineenya (termasuk JYJ, Hangeng, Shinwa) tetep aja mereka gak punya hak memperlakukan manusia lain kayak sapi perah…
    SME is like some weird adoptive parent, who wants you, but want something back for themselves too…

  10. bohong besar nie articel, mana ad perusahan yg ky gt,
    karena cassie tau betul gmn perjuangan ank2 tvxq selama trainer, kecuali uchun dia ga sempat di trainer karena langsung debut di tvxq.
    Selain it ank2 trainer pada bayar kok trus yg di blg di sediain asrama, selama triner ank dbsk n suju tinggal 1 asrama sama2 dgn 3 meneger mrka, kalo ngikut kutipan di atas berarti suju dbsk ga seharusna 1 asrama,
    jj selama trainir kerja paruh watu jg wow buat bayar ke sm jd it semua bohong besar it cuma mau buat cassie bimbang.

    1. hmm…
      Sebenernya mereka smua(trainers nya) emg dibayarin kok sm SM.
      dr makanan, sekolah dan mereka emg disiapin dorm gitu.
      Jadi tiap minggu mreka dikasih salary skitar $22, jadi kalau ga cukup yaaaa silahkan cari uang sendiri (mengenai ini aku tau dr temen aku yg kenal salah satu SM trainee).

      Kalau kamu emg kamu itu cassie ato elf pasti tau crita Yunho dan Kibum Suju yg makan sup (sirip ikan?) yg harganya bujubuneng mahal itu kan? dan mreka sengaja ganti bonnya jadi 20 mangkuk sop dr 2 mangkok. kenapa? soalnya itu dibayarin sama SM, kalo mreka bayar sndiri kan mreka ga perlu ganti bon gitu2.

      Dan soal dorm, itu emg disedian. Jd mreka yg emg jauh tinggalnya disedian dorm dan mreka share room sama para trainee yg lain. Contoh : Tayeon, Tiffany, Zhang liyin atau Sulli dan amber sbelum debut mreka satu dorm dan itu disediain sama SM.
      Dan Juga, Yoochun sempet di training kok skitar 6 bulanan, ada kok video dia lg di training.

      Yang soal Jaejoong, bukannya itu waktu dia sebelum jadi trainee yah? jadi dia kan ninggalin kota nya dan pindah ke Seoul untuk audisi, tp audisi pertama dy ga lolos. Lolosnya pas audisi yg kedua, nah pas yg dia kerja mati-matian itu sebelum dy audisi lagi kan?

      SM juga bilang sndiri kok di web nya kalau smua biaya hidup dr trainee smpe debut is provided by SM Entertainment, so dy udah ngomong gitu gabisa doong dy tb2 blg ‘kalian hrs bayar biaya hidup kalian sendiri’. Lagian emg smua Entertainment Company di Korea punya itu program kan? Smua trainee di tiap company dibayarin biaya hidupnya smpe mreka debut. Makanya bener2 ga mudah buat masuk Company-company di Korea soalnya emg begitu, dibayarin biaya hidupnya.

      No offence ya, cuma mau meluruskan kok. Tp SM emg ga berhak buat membudakkan para artisnya walaupun udah dibayarin gitu!
      BTW, LOVE YOUR USERNAME… GYAAAAHHH YUNJAE<3<3<3<3

  11. anjir SM tajir banget, yaa kalo udah kayak gini, menurut gua impas2 aja, emang sii mereka mengeluh bilangnya disiksa tapi…

    yah sm udah ngeluarin biaya yg ‘SANGAT LUAR BIASA’ buat idup lo, makan lo, tempat tinggal lo, biar lo jadi artis, dan sekarang terbukti lo jadi artis yg gak main-main, banyak yg ngefans ama lo ampe ada yg freak, itu karena SM!

    SMent juga salah, terlalu memperpadat jadwal trainee ampe ada yg sakitlah, pingsanlah, dan sebagainya. akhirnya mereka yg keluar beralasan ‘sangat capek diperbudak’ dan otomatis langsung dibela ama jutaan fans yg kasian..

    oke menurut gua, kedua pihak itu salah, tidak bisa bekerja sama sebagai satu tim yang dapat membuat para fans khawatir, tapi kita bisa lihat hasilnya. terbukti anak trainee didikan SM sudah pasti akan sukses seperti DBSK, Boa, SHINee, f(x), dan lainnya

    hanya saja, mungkin SM dapat merubah jadwal latihan mereka, mereka juga manusia, butuh kebahagian, mereka hanya bahagia saat fans meneriaki nama mereka, meminta tanda tangan, mendatangi setiap mereka tampil untuk bernyanyi, hanya itu kebahagiaan mereka

    ok kayaknya udah panjang, maaf kalo rada gajelas, haha namanya juga opini saya 😀

  12. plus untuk kesuksesan dbsk di jepang ma korea pasti udh cukup buat balikin modal mrka.
    lagian kalo cm JYJ yg
    ngga betah mgk aja mrk aneh, Tp
    sbelumnya sdh ada byk artis yg
    keluar dr SM yaitu :
    1. JTL keluar dr HOT
    2. SHINWA keluar semua
    3. SES
    4. Fly To The sky
    5. Lee Ji Hoon ( yg maen di Hello
    miss n wonderful life)
    6. Hankyung ]
    7 JYJ

  13. cinguu bener gk sih ini berita nya, soalnya JJ tuh katanya pernah kerja paruh waktu gitu buat bayar masa traine “jd bingung mode on”
    dan aq smp terharu banget baca artikel perjuangan JJ pd saat masa2 traine smp makan mie instan gitu buat hemat…

  14. SO????
    Akhirnya jg dibls kan sma band2 berhasil, akhirnya mreka blik modal jg! So What? Mreka jg kan yg buka pendaftaran dan mau nanggung smwa itu?

  15. aku ga tw bener ato ga berita ini… Tp setau aku cara SMEnt ngurus artis2nx dgn ngasih tunjangan hidup yg besar mulai dr smua kebutuhan sehari2 group, keperluan setiap artisnx mulai dr hal yg kecil sekalipun sampe invest kl artis tsb mau lbh maju… SMEnt tipe management yg ga ngebiarin artisnx jalan sendiri, JYJ juga pernah ngakuin kan kl berat bgt berdiri dikaki sendiri stlh lepas dr SM krn SM tipe management yg ga tanggung2 ngeluarin uang buat artis2nx biar ga susah…

  16. yg namanya mw ngehasilin artis besar itu pasti butuh duit banyak kali

    tp aq ga yakin berita ini bener soalnya banyak tuh artis sm yg bilang mereka dulu kerja paruh waktu cuma buat bayar duit trainee sama makan

    skrg kita coba pikir deh pake logika
    trainee yg dilatih di sm ga semuanya bisa ngasilin duit yg WOW kek dbsk,suju,snsd kan??
    kalo gt mana mungkin sm mau ngeluarin duit segitu banyak cm buat training??
    kalo ternyata artis yg udah dibiayain besar2an buat training ternyata ga bisa balikin modalnya sm??apa ga rugi??
    sm tuh bisnis kali,,bukan amal..
    dimana2 bisnis itu berusaha cari laba segede2nya,,ga mungkin kan kalo kita invest padahal belom tentu bisa balikin modal kita??
    emang ada jaminan semua artis orbitan sm penghasilannya se WOW dbsk,suju,snsd dll??

    dbsk sama boa kan emang dari awal udah ditargetin rambah pasar jepang juga,,sampe2 ada beberapa tahun mereka vakum dari korea buat rambah jepang..itu beda kasus sama snsd n suju,,snsd dan suju ga ditargetin buat rambah jepang,,mereka cuman memasarkan album koreanya ke jepang..

    oleh karena itu tvxq sama boa itu di jepang dipegang sama avex,,sm ga ada hak ikut campur,,dan karena itu juga tvxq sama boa di jepang mulai dari bawah,,karena mereka ada di bawah avex bukan sm,,jd mereka ga bawa nama tenar mereka di korea untuk tembus jepang,,mereka di sana mulai dari bawah,,mulai dari tvxq dan boa sebagai j pop,,bukan k pop yg promosi di jepang..seperti kata2 chingu di atas,,avex ga mau invest banyak2 buat artis yg ga msh belum tenar atau penghasilannya masih biasa2 aja..bayangin aja,,butuh berapa tahun tvxq sama boa buat masuk top 5 oricon??

    beda kasus sama snsd,,mereka di jepang masih di bawah nama sm..mereka di sana bukan sebagai j pop,,tp sebagai k pop yg promosi lg mereka yg udah hits banget di korea..keliatan banget kan bedanya??snsd ga butuh waktu lama untuk tembus oricon karena mereka bawa nama tenar mereka di korea

    lain sama dbsk n boa,,mereka ga mau sukses instan,,mereka di jepang mulainya dari bawah,,mereka yg usaha buat nyocokin gaya musik mereka sama orang jepang

    so intinya sm ga mungkin rela ngeluarin duit segitu banyak cm buat trainee..
    n kalo promosi tvxq ke jepang juga mereka ga kluar duit
    promosi ke korea pun udah di itung pastinya..biaya2 yg mereka perlu keluarin untuk garap album n kebutuhan lain pasti diambilin dari pendapatan si artis lha,,kalo dari sm ndiri mereka dapet duit dari mana coba???dari langit??

  17. emang sih mereka ngeluarin duit banyak apalagi buat suju yg 13 org kayak gitu… disaat mereka gitu, mereka kayak malaikat yang kaya bangett…. tapi giliran uda kontrak budak buseett… uda keanggep setan dah tu sment.. ckckck..

  18. asik dong ya klo jadi trainee. idup bakal lebih enak. chingudeul coba bayangin deh, klo sama bonyok nge-gym pasti diomelin takut ga rutin. nyalon ? apalagi paling2 disuru keramas pake shampoo beli di warung. oplas ? gue si gamau tapi klo dia nyediain oplas artinya dia juga fasilitasin buat facial kan biar muka kinclong tiap ari. hahaha

  19. oke gue jadi ga ngerti ini sebenernya manipulasi atau??
    soalnya sama yang komen2 cingu di atas, setau gue trainee dan oplas itu bayar sendiri deh ga dibayarin.
    baik amat si SM sampe ngebayarin mereka sampe segitunya.
    agak-agak impossible lah yaa

  20. oke gue jadi ga ngerti ini sebenernya manipulasi atau??
    soalnya sama kayak komen2 cingu di atas, setau gue trainee dan oplas itu bayar sendiri deh ga dibayarin.
    baik amat si SM sampe ngebayarin mereka sampe segitunya.
    agak-agak impossible lah yaa

  21. Rame banget koment2 di atas.. hahahha..
    kalo hubunganx ma SME, JYJ, TVXQ,SJ,dan SNSD pasti bakal rame komentx..

    MenurutQ, artikel di atas cuma memandang dari 1sisi aja..
    Cuma menghitung jumlah Uang yang dikeluarkan SME untuk artis2x..
    HITUNG JUGA UANG YANG DIHASILKAN PARA ARTIS UNTUK SME..

  22. astaga naga
    biayanya kyknya mahal2 smw dech
    pantes ajh SME gg mau ngelepas artis2na spt JYJ ma Hangeng oppa bgt ajh
    percuma ajh udh biayain artis2na mahal2 tp ttp ada kontrak budak
    smp2 kasus JYJ ajh ma hangeng oppa blom selese
    kan kasian JYJ oppa ma hangeng oppa
    yg tvxq hrs bersama skrg jd mencar
    bgt jg suju yg diharapkan komplit 13 org jd krg
    sedih dngrnya

  23. uang yang dikeluarkan memang bnyak untuk seorang trainee
    dan uang yg di terima SM berkali kali lipat setelah si artis terkenal
    dan akhirnya dijadikan mesin uang

  24. sekarang ini saya sedang dilatih oleh SM entertainment,karena berat saya dulu 54 kg saya di wajibkan untuk diet ketat. Inilah jadwal diet saya :
    1.makan pagi harus seperti ratu
    2.makan siang harus seperti anak hilang
    3.makan malam harus seperti pengemis
    4.lompat tali 30 menit
    5.kalo lapar tapi belum waktunya makan pagi/siang/malam,saya di suruh makan semangka atau ketimun.
    sekarang berat saya 45 kilogram,tapi saya baru tahu kalau diet saya mirip Kim Pilsuk (IU) yang ada di Dream High

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *