For A Trainee, SM Entertainment Has To Spend…

Ada banyak konstroversi di seputar idols tentang “kontrak budak” mereka, terutama dalam SM Entertainment. TVXQ’s Junsu, Jaejoong, dan Yoochun meninggalkan SM Entertainment kerena hal tersebut, dan juga Super Junior’s Hangeng, mengungkapkan alasan yang sama.
SM Entertaiment memberikan upaya, waktu dan uang yang tidak terhitung untuk membuat seorang idol menjadi seperti sekarang ini.

Jadi, berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membuat seseorang menjadi seorang idol?

Saat trainee SME menandatangani kontrak, mereka mendaftarkan diri sedikitnya 3 tahun untuk masa training. Ketika mereka melakukan training, semuanya ditanggung oleh SME – termasuk makanan, transportasi, dan bahkan asrama disediakan bagi mereka yang tinggal terlalu jauh untuk bolak balik setiap hari. Tidak hanya itu, tapi trainee juga mendapat pelajaran menari, menyanyi, akting, dan bahasa asing. Mereka dibayarkan untuk pergi ke gym dan salon, dan bahkan untuk melakukan operasi plastik jika diperlukan.

Semua yang mereka butuhkan ditanggung oleh SME, dan biaya setiap orang rata-rata sebesar 20,000,000 KRW – 40,000,000 KRW ($18,000 USD – $36,000 USD) per tahun, dan bahkan bisa lebih dari yang diperkirakan. Karena perusahaan besar seperti SME mempunyai sedikitnya 20 trainee dalam suatu waktu, uang yang dikeluarkan untuk para trainee bisa mencapai lebih dari 1,000,000,000 KRW ($900,000 USD) per tahun.

Rata-rata, para trainee menghabiskan waktu sekitar 5 tahun pelatihan. Jadi, jika seorang trainee memerlukan 150,000,000 KRW ($135,000 USD) untuk debut, sebuah grup dengan 9 member seperti SNSD akan membutuhkan sedikitnya 1,300,000,000 KRW ($1.2 juta USD).

Namun, untuk debut mereka, seorang menajer diperlukan dan disewa, sebuah mobil perlu dibeli, dan sebuah asrama perlu disiapkan. Dari semuanya, mereka juga memerlukan kostum untuk di panggung, dan album perlu dibuat, diproduksi, dan dipromosikan. Dan pada akhirnya, SME menghabiskan sedikitnya 2,000,000,000 KRW ($1.8 juta USD) hanya untuk debut mereka, dan akan terus menghabiskan sekitar jumlah yang sama bahkan setelah debut. Untuk grup yg lebih besar seperti Super Junior, uang yang diperlukan tentu juga lebih besar.
TVXQ juga menghabiskan jumlah uang yang luar biasa dikarenakan promosi mereka yang bisa dikatakan padat di Korea maupun di Jepang.

Source: Herald Biz
Credit: Koreaboo

kalo chingudeul bingung sama jmlh uang dlm rupiah, tinggal ditambahin aja satu angka 0 (nol) dalam KRW…misalnya 20,000,000 KRW berarti 200,000,000 dalam rupiah…^^

REMEMBER….DO NOT BASHING…!!!!!!!

Advertisements

53 thoughts on “For A Trainee, SM Entertainment Has To Spend…”

  1. kalopun SME beneran ngeluarin duit segitu buat traineenya (termasuk JYJ, Hangeng, Shinwa) tetep aja mereka gak punya hak memperlakukan manusia lain kayak sapi perah…
    SME is like some weird adoptive parent, who wants you, but want something back for themselves too…

  2. Yaudah brarti impas, heran gw para fans dpt kata2 kontrak budak drmana si? Orang siwon aja, anak seorang ceo, yg bapaknya profesor di perguruan tinggi d korea, plus boa, penyanyi yg sangat senior, terkenal, n bertalenta uda bilang k media, tolong hentikan kata2 kontrak budak, krn mrk pngen blajar lbh dlm n profesional, cari aja artikelnya, trutama bwt para fans

  3. Nah ini yang gue agag bingung bacanya… Soalnya di beberapa situs yang gue baca ada beberapa trainee SME yang rela kerja paruh waktu untuk nyari uang makan…. CMIIW,, kalo makan mereka ditanggung,, ngapain salah seorang trainee SME rela donorin darahnya untuk dapetin makanan…???

    Dan tentang promosi TVXQ di Jepang sekali dari dari sumber yang gue baca, TVXQ gag segitu “dimanjakan” sama SME kok… Mereka harus mulai segalanya sendiri.. Dari bagiin album mereka ke para staff sampai muncul di acara VaShow yang gag terlalu terkenal… Belum lagi belajar bahasa Jepang…..Kalo gue inget ini gue sampai mau nangis ngeliat kesuksesan mereka di sana… AVEX adalah perusahaan yang gag mau invest terlalu besar kalau artisnya gag “menjual”.. Makanya di awal debut mereka harus kerja keras supaya bisa dipromosikan sama AVEX…. Sistem ini juga berlaku buat BoA… Beda sama SNSD yang promosinya jor2an di Jepang ( No Bashing )

    SME sebagai perusahaan berorientasi sama laba gag bakalan invest kalo itu gag menguntungkan… Apalagi perushaan ini gag setahun dua tahun…. Artinya, kalopun dia punya pengeluaran besar untuk trainee, pasti juga punya pendapatan besar dari artisnya…..

  4. budak ga budak .. adil ga adil
    cuma 1 kenyataannya: dari mulai Kangta-Boa-The Grace-DBSK-SJ-TRAX-SNSD-SHINee-F(x)- termasuk aktor/artis SM semua-nya udah memperbaharui kontrak dengan SM.

    Mereka pada hepi2 aja tu, kenapa trus orang luar yang pada ribut bin ribet sih?? Udahlah nikmatin aja apa yang mereka kasih ma kita, imbalannya ya kita support mereka dengan beli album resmi (jgn yang dilapak .. apa bedanya fans ma SM … sama2 ga ngeharga-in usaha artisnya). sekian n triimmss

    1. Bener udah pada perpanjang kontrak ama SM
      Tapi gimana ama shinhwa, JYJ, dan hangeng?
      Kalo mereka emang puas dengan kebijakan SM gak mungkin kabur.
      just my 2 cents

  5. Kalo ga minimal untung, bahkan menurut gw untung besar ga mungkin dari awal SM berani investasi gila-gilaan buat trainee. So perlukah kontrak budak? win-win solution pasti ada, cuman…..

  6. hmm, dlu koq aq pnah baca, klo trainee nya hrs ngeluarin kocek sendiri utk biaya training, dkk, jd bukan ditanggung ama SME…
    hmm, apa aq slh baca ya.. ~~a?
    *jd keinget crita JJ-oppa yg aq baca waktu msh trainee…

    NB : tdk bmaksud utk bashing…

    1. iya.. dlu perna denger ad crita ky gtu.. ga cm JJ aja, Yunho, sm Heechul juga… Mreka jg msti nyari tmpt tgl sndri.. Jd bingung…

  7. terkenal dan banyak fans belum tentu berpenghasilan besar lo (mengingat fantastisnya modal mereka, mungkin gk terlalu sebanding sm penghasilan mereka)

  8. memang sangat bnyak uang yg dkluarin….tp kan klo tvxq ddlm kntrakny stiap mrka konser biaya mkn,trnsport,pkaian,manager dll dtnggung ma artisny bkn kah? Lgian si pmbgian persen keuntnganny kcl bgt bwt artis…heuu apalagi suju ato snsd memberny kan lbh byk hahaha

  9. Kalo menurut gw ituh masih murah hanya berkisar 200 juta…
    berarti nilai tukar krw ama rp 10:1 yah?

  10. ia sih besar banget, tp kl mnrt gw sih yaa itu kayaknya semua duitnya yg SM ksh buat mereka pas masa trainee kyknya udah balik modal lah kesannya. liat aja Suju, Tvxq, Shinee. mereka kan terkenal bgt skg dan banyak fansnya. pasti seenggaknya SM ud balik modal banget

Comments are closed.