Kebenaran di balik bukti-bukti 'bullying' T-Ara dan Hwayoung

by
T-Araworld, salah satu fanbase T-Ara yang cukup besar, memutuskan membuat pembuktian akan isu bullying yang dilakukan member T-Ara kepada Hwayoung.

Berikut daftarnya :

Isu :
Netizen mengunggah: T-ara mengucilkan Hwayoung di acara Idol championships.  Akhirnya dia berkumpul dengan member INFINITE dan SISTAR sepanjang waktu.
Kebenarannya:
Alasan kenapa Hwayoun sendirian ialah karena Jiyeon dan Eunjung sedang bermain game saat itu. Soyeon dan Hyomin tidak di sana karena syuting drama sedangkan Qri dan Boram tidak terlihat sama sekali. Tidak ada salahnya berteman di luar grup. Rumor ini membuat banyak yang percaya bahwa Hwayoung dikucilkan, padahal tahun sebelumnya di acara yang sama Hyomin juga bergabung dengan tim lain dan bukan dengan member T-Ara. Tidak ada isu dikucilkan hanya karena ini.
Isu:
Netizen mengunggah GIF dimana Jiyeon terlihat memukul Hwayoung. Pertanyaannya ialah, jika ini memang bullying, mungkinkah Jiyeon melakukannya di acara yang bisa ditonton oleh jutaan orang ? Saat itu mereka hanya berkomentar,”Oh! Jiyeon sangat lucu”.
Kebenarannya:
Di episode kedua Hello Baby, karena Soyeon dan Jiyeon gagal menjalankan misi di episode 1 dimana mereka tidak masuk kualifikasi untuk menjaga sang bayi, mereka dikeluarkan oleh member T-Ara lainnya dan mereka tidak bisa memasuki restoran. Setelah mereka masuk ke restoran, mereka bergaya seperti anak nakal di acara ini (seperti yang kerap kau lihat di variety show).
Selain itu, di acara ini Jiyeon terlihat memukul Qri, dan seperti yang kau kira, antis tidak menghiraukannya karena tujuannya hanya untuk membuat seolah T-Ara mengintimidasi Hwayoung.
Isu :
Netizen mengunggah : Hwayoung meminta permen dan Soyeon secara spesifik memilih lolipop yang sudah jatuh di lantai dan menawarkan padanya. Hwayoung memakannya tanpa tahu bahwa permen itu sudah jatuh di lantai.

Kebenarannya:

Hwayoung sebenarnya minta Soyeon untuk memberikan lolipop rasa anggur dan Soyeon bercanda bilang bahwa ia menjatuhkan lolipop itu. Ketika Soyeon mengatakannya, Hwayoung tidak memakan permen itu, tapi setelah tahu bahwa Soyeon hanya bercanda ia pun memakannya.

GIFs

Isu

Netizen menulis : Di acara Jepang, sebagai hukuman eunjung harus menyuapi salah satu member dengan kue beras ukuran besar. Dia menghampiri Hwayoung dan menyuapkan kue beras ke mulutnya. kau bisa lihat bahwa Hwayoung tidak mau makan kue beras itu, kemudian Hyomin meletakkan tangganya di punggungnya dan menguatkan hwayoung untuk memakan kue itu. Sementara itu Eunjung terus memaksa kue beras itu ke tenggorokannya. Ini sangat bahaya karena banyak kejadian di Korea, orang tersedak kue beras karena teksturnya yang lengket. Soyeon dan Eunjung juga bertukar pandang sebelum Eunjung menyuapi Hwayoung dengan kue beras, seolah mengatakan “Pilih Hwayoung, ini kesempatan kita.”

Kebenarannya:

Ini adalah acara Jepang, bukan Korea jadi tentu saja semua berbeda. Seperti halnya orang Jepang yang mempertanyakan ketika orang Korea makan ramen dari tutup panci, orang Jepang juga punya sesuatu yang tidak familiar dengan budaya Korea. Dalam acara ini mereka bermain ‘Batsu Game’.
A Batsu game (罰ゲーム, batsu gēmu), berarti ‘game pinalti’, merupakan hal yang biasa di acara variety atau komedi Jepang. namanya berasal dari batsu (罰, batsu), berarti ‘hukuman’ dan  “X”, sebagai jawaban yang salah.
…sebuah game di mana pada akhirnya pemenang harus membuat yang kalah untuk melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan. Hukuman yang umum ialah tamparan di wajah, dan pemenang harus memperlihatkan kegembiraan karena tidak harus menerima hukuman… yang mana menjelaskan mengapa Eunjung terlihat sombong, dan kenapa hukumannya terlihat agak kejam. Bagian yang menyenangkan ialah menonton reaksi dari yang kalah saat menerima hukuman. [http://en.wikipedia.org/wiki/Batsu_game]
Itu hanyalah bagian dari show, jadi tentunya karena para antis hanya melihat apa yang ingin mereka lihat, mereka mengabaikan apa yang terjadi selama acara berlangsung. Selain itu video ini juga sudah sangat lama dan mungkin dulu banyak yang menganggapnya lucu. Kini kenapa tiba-tiba ada isu bullying?
Isu:
Netizen mengunggah : Di awal episode KBS Star Life Theater, semuanya berdiri sejajar untu memberikan salam pembuka. Saat para member menunjuk kamera, sinyal dari dimulainya show ini, Hyomin tidak sengaja mengangkat tangannya dan ‘menyodok’ muka Hwayoung.

Kebenarannya:

Kebenarannya ialah sejak kapan kata ‘tak sengaja’ dipertimbangkan sebagai ‘bullying’ ?? Jika dilihat keseluruhan acara, semua bisa melihat bahwa Hyomin langsung minta maaf.  watch the video here.

Isu :
Netizen menulis: idola lain menerima bantuan dari member lain saat ada yang terluka. tidak seperti Hwayoung yang harus melakukannya sendiri, dengan tongkatnya.

Kebenarannya:

Jika mereka tidak menolong Hwayoung, apa yang sedang Hyomin lakukan di GIF ini ?

Isu :
kasus lain mengklain bahwa Hwayoung dikucilkan ialah dengan kedua foto ini.

Kebenarannya:
Kebenarannya ialah netizen Korea sangat hebat saat membuat cerita yang mengada-ada, terutama jika ada potongan gambar dari fancam atau video. Lihat foto berikut:
 
Isu :

Netizens menulis: Hwayoung duduk di pinggir, meskipun ada kursi yang kosong. Bagaimanapun kursi yang kosong itu secara sengaja ditutupi dengan baju member T-Ara lain, sengaja tak memberinya tempat untuk duduk. (Dari episode ‘Pretty Boys for T-ara’)

Kebenarannya:

Dalam episode ini, Hyomin dan Soyeon menghilang dari bagian pertama acara ini karena mereka punya jadwla lain (Roly Poly the Musical).
Mereka muncul di bagian kedua acara ini dan kala itu Soyeon dan Hyomin bermain dengan kamera video sementara Qri, Boram dan hwayoung sudah di ruangan, menunggu mereka. Seperti yang kalian lihat di foto berikut, ada kursi kosong tapi Hwayoung memilih tidak duduk di sana dari awal.
Di foto terakhir, apakah itu ekspresi seseorang saat dibully?

Isu :

Netizens menulis: Boram tidak mengakui Hwayoung sebagai ‘maknae’ di T-ara karena di ulang tahun Hyomin, Boram memanggil Hyomin sebagai ‘maknae’ kedua. Karena hwayoung lebih tua beberapa bulan daripada Jiyeon, dan Hyomin kelahiran 1989, Hwayoung harusnya jadi ‘maknae’ kedua dan bukan hyomin. Di ulang tahun Jiyeon, Boram juga mengucapkan dan memanggil Jiyeon sebagai ;maknae selamanya’ Jiyeon.

Kebenarannya:
Boran juga mengucapkan pada Hwayoung saat ulang tahun dan memanggilnya ‘maknae’.

Jika para antis menekankan bahwa Boram memanggil Hyomin sebagai maknae kedua, tidak ada yang salah karena Jiyeon dan hwayoung sama-sama kelahiran 1993 jadi mereka memang ‘maknae’nya T-ara. Tapi di mata fans, karena Jiyeon lebih muda beberapa bulan dari hwayoung, ia menjadi maknae resmi. Boram memanggil Hyomin sebagai maknae kedua karena Jiyeon dan Hwayoung sebaya, mereka maknae pertama di T-Ara. Tweet Boram pada Hwayoung ialah bukti untuk itu >> “Tall-maknae”.
Soal tweet Boram  “Happy birthday to our forever maknae Jiyeon”,  tidak ada yang salah karena Jiyeon masih menjadi maknae mereka, tidak sampai Dani bergabung dengan mereka nanti. Maksud Boram mungkin ialah meskipun Jiyeon tak lagi jadi maknae, ia akan melihat Jiyeon sebagai yang termuda.
Selain itu dalam wawancara dengan BNTnews, ketika ditanya soal penambahan member, ia menjawab,”aku menantikannya. AKu gembira dan juga kuatir di saat bersamaan. AKu berpikir ‘bisakah mereka beradaptasi?” tapi ketika aku melihat para member saling menyemangati, semua kekuatiranku hilang, Aku pikir mereka tidak akan punya masalah beradaptasi. Lebih dari itu, aku melihat Jiyeon dan Hwayoung menyukai member baru, aku tersenyum tanpa sadar. Haruskah kusebut itu ‘hati seorang bibi’ ?Isu :

Netizen menulis: Fans mengklaim bahwa ada pesan tersembunyi dari tweet Hwayoung yang bilang ‘hanya fans yang tahu’ dan karena itu banyak yang beranggapan Hwayoung tidak benar-benar minta maaf untuk aksinya.

Kebenarannya:
Itu benar-benar tergantung dari ukuran browser dan ini contoh buktinya.
 

Isu :
Netizen menulis: “Di Hello baby, Hwayoung bilang bahwa itu adalah hari ke 100 ia debut dan member menyelamatinya, Soyeon bilang,”Itu hanya hari spesial untukmu saja.”

Kebenarannya:

Soyeon tidak pernah mengatakan itu di Hello Baby! Tidak ada bukti bahwa pernyataan itu dibuat Soyeon di Hello Baby sehingga tidak ada screencapnya. Meskipun itu benar, tidak ada yang salah karena itu adalah fakta. Benar jika itu hanya hari spesialnya Hwayoung dan tentunya memiliki arti yang berbeda dan diartikan berbeda dengan mereka yang membenci T-Ara.

Itu mungkin bukan hari ke 100 namun ini bukti bahwa fans merayakan hari spesial Hwayoung dan itu adalah hari jadi Hwayoung pertama semenjak jadi member T-Ara pada 3 Desember.

Dan karena para antis hanya mau melihat yang mereka inginkan, mereka mengabaikan ketika hyomin bilang pada hwayoung bawha mereka bisa merayakan hari jadi T-Ara pada 29 Juli bersama karena mereka satu sebagi T-ara sekarang!

Isu :
Dalam adegan di KBS “Hello baby” Soyeon dan Boram sibuk memasak dumpling. Tetapi ketika mereka memasukkan dumpling ke panci, Boram bilang,”Airnya akan tumpah jika kita memasukkan dumpling-nya Hwayoung.” Soyeon merespon,”Iya, jangan dimasukkan.” netizen mengklaim bahwa akhirnya Hwayoung tidak punya dumpling.

Kebenarannya:

Dumpling buatan Hwayoung ialah yang terbesar dan tidak muat di panci. Sebenarnya mereka mengkukus dumpling itu karena tidak bisa dimasukkan ke panci. tentunya para antis hanya mengunggah sesuatu yang menunjukkan para member memperlakukan Hwayoung denagn tidak benar.

 
Credits:
Hyotheleader,dumbledorez2
Edited and Compiled by T-araWorld.net
indotrans infinitize@koreanindo.net
please take out with full credit