Sistem keuntungan distribusi di dunia K-Pop memberikan waktu yang berat bagi para idola?

by


Penyanyi idol “member A” baru-baru ini menerima pelunasan pertamanya setelah dua tahun debut.
“Sekitar setahun setelah debut kami, aku dan teman lainnya yang seusia denganku mulai berbicara mengenai pembagian diantara kami. Standar keberhasilan terletak pada siapa yang lebih cepat dapat.”
Selama dua tahun terakhir, A telah merilis total tiga mini-album dan terus-menerus mengadakan promosi di Korea dan juga luar negeri serta variety shows. Setiap kali A menanyakan pembayarannya, agensinya akan menjawab bahwa ia belum lulus ‘titik impas’ (BEP = Break Even Point). Meskipun angkanya bervariasi, menyiapkan sebuah team trainee untuk debut menghabiskan biaya rata-rata setengah sampai satu miliar won ($434376-868810 USD).
Pembayaran biasanya dilakukan setelah BEP terlampaui. Umumnya, biaya produksi meliputi pelatihan vokal dan koreogradi, rekaman, produksi CD, syuting musik video dan juga biaya promosi offline. Juga, ketika grup mulai tampil di acara televisi, pakaian dan juga gaya rambut yang diikuti dengan back up dancers ditambahkan. Perusahaan juga membayar untuk grup supaya bisa menjadi member tetap di acara-acara. Selain itu, rumah, makanan dan penggunaan studio juga merupakan bagian dari biaya produksi.
Pada tahap awal dari perilisan album, agensi secara umum fokus kepada menempatkan idol mereka di acara tv. Jika dibandingkan dengan pengeluaran 3-4juta Won ($260620-347494 USD) untuk tampil di acara televisi, kompensasi untuk penampilan hanya sekitar 300.000-400.000 Won ($260-348 USD).  Channel kabel ‘Mnet;, ‘MBC Music’ dan tiga jaringan lain, total lima musik program mingguan, menghasilkan laba negatif. Penjelasan untuk ini adalah meskipun artis mungkin tidak mendapatkan uang, perusahaan tidak akan keluar dari bisnis.
Idol grup top “Team B” merilis tiga album di tahun 2011 dan menerima dua pembayaran di semester pertama dan kedua tahun ini. Team B member “C” menjelaskan, “Meskipun album pertama terlihat baik, jika album kedua tidak baik, kamu mungkin tidak akan menerima pembayaran. Kenyataannya adalah bahwa kita khawatir setiap kali kita mengeluarkan album apakah kita akan melebihi BEP atau tidak.” Sebagai hasilnya, ia juga khawatir tentang biaya produksi: “Pada proses persiapan album, jika kami menemukan sesuatu yang tidak perlu pada anggaran perusahaan, kami meminta biayanya dikurangi. Kami harus mendapatkannya sendiri”
Ketika perusahaan menjadwalkan artis mereka untuk promosi luar negeri yang bertentangan dengan keinginan si artis, ia masih harus membawa beban keuangan. Pada dasarnya, agensi harus memiliki ijin dari artis untuk dapat memperluas promosi di luar negeri,tapi dalam kenyataannya, sulit bagi artis untuk melawan agensi.
Meskipun situasi ini mungkin tampak masuk akal bagi sebagian orang, tegasnya, ini tidak terjadi di lingkungan kerja yang normal. Ini mirip dengan mengatakan bahwa perusahaan tidak membayar karyawan karena tidak ada keuntungan dan kegagalan perusahaan manajemen disebabkan oleh artisnya.
Memprediksi sifat pasar hiburan relatif sulit. Bahkan dengan semua persyaratan untuk menjadi hit, kesempatan untuk menjadi besar sangat tipis meskipun kesempatan untuk sukses sangat tidak terduga.
Salah satu wakil agensi menyatakan, “Di masa lalu, ada kasus bahwa biaya produksi dan biaya acara dihitung secara terpisah. Artisnya dibayar ketika biaya produksi melampaui BEP danbiaya acara dibagi antara artis dan agensi. Namun, sebagian besar perusahaan yang mengambil pendekatan ini berakibat pada kegagalan. Tidak mungkin bagi perusahaan untuk beroperasi secara normal dan selamat di bisnis ini jika BEP tidak terlampaui”
Di Korea, SM Entertaiment bertanggung jawab penuh dalam biaya produksi, dan JYP Entertaiment juga menangani biaya dari produksi album dan juga seluruh biaya produksi. Ini mungkin karena kedua perusahaan mempunyai artis yang membawa banyak dana untuk mendukung artis lain. SM Entertaiment menyatakan, “Biaya seorang trainee untuk debut dan menyiapkan album dibiayai oleh keuntungan yang dibuat oleh artis lain.” Dalam kasis tersebut, para artis dari kedua agensi, mulai mendapat penghasilan segera setelah mereka debut. Tentu saja, distribusi pendapatan disesuaikan dengan kontrak artis tersebut.
Source: Allkpop
Transindo: imnyez@koreanindo

Loading…

0 thoughts on “Sistem keuntungan distribusi di dunia K-Pop memberikan waktu yang berat bagi para idola?

  1. ………
    iyasih biaasanya kalo udah balik modal alias biaya biaya buat mendebutkan artis udah dilunasi sama si artis , baru si artis bisa hidup makmur.
    gue jadi berspekulasi siapa grup yg diwawancara
    tapi sumpah masih ga ngerti.
    grup A.. masa secret..? tpi secret udah ada album 1 .
    tapi kenapa gue mikirnya Girls day? -_____-
    grup B .. ah asli clueless ..
    serah deh ..

    1. intinya kalo mau debut harus dari agensi yang banya uang dong ya ? biat kalian punya talenta ato apalah yg penting harus punya sukses tuh debut

  2. Wahhhhhhhhh
    kyknya ngeri bgt mau jd idola.
    mrka keliatan happy tp mungkin hatinya terbebani ini itu
    berattttttttttttttttttttt bgt perjuangan jd idol
    blm terkenal dpt uang Susah hutang sana sini blm lagi rebutan popularitas Antar member kl dah terkenal hrs jaga image sempurna salah dikit karir bsa hancur
    eaaaaaaaa kepala jd puyeng baca beginian
    tp kl ada usaha Dan pantang menyerah pasti dpt memetik hasil yg baik

  3. Kesian juga ya udah susah payah tapi belom bisa dapet duit aturan mah tetep dikasih tapi gajinya dipotong gitu,, jangan ga dikasih sama sekali-_-

  4. sprtinya ini penderitaan group dr agensi kecil. jd bruntunglah org2 yg terpilih di agensi besar.
    agensi2 kecil harus bersusah payah balik modal dlu biar keuangan.y stabil, bru mreka bayar artis.y

    1. RT kasian artis2 dr agency kecil..gimana mreka mau bayar hutang ke agencynya..,mau terkenal aja pasti susahnya minta ampun..,beda sma artis2 dr agency besar..mereka pasti ga perlu waktu lama utk bayar hutang…baru debut udh terkenal bgtttt dn lAngsung kebanjiran job,.

    2. iyaaa
      keinget ceritanya hongki ftisland .
      di oh my school dia cerita kalo gaji dia itu dipotong buat bayar utang ke perusahaan
      gbs bayangin .. kalo udah dari perusahaan kecil , grup nya ga terkenal , perusahaannya bangkrut T.T

    1. iya terus SNSD juga dulu debut dari keuntungan sunbae2nya kaya DBSK, SuJu, BoA dan mereka (BoA, DBSK, SuJu) juga debut dari keuntungan sunbae yang lain kaya H.O.T, Shinhwa, S.E.S dll, nantinya juga EXO akan memberikan keuntungannya untuk debut hoobaenya, begitu seterusnya…

    2. maka dari itu suho bilang klo exo harus menang penghargaan best rookie krn klo tidak menang malu ama sunbaenya

      1. iya juga yaa..
        soalnya boygroup sblm generasi EXO, SHInee, kan waktu debut lgsg hits gitu.
        semangat buat rookie yg satu ini. ^^

  5. sedikit gak ngerti ._.
    jadi intinya, agensi tuh g ngeluarin uang sedikit pun buat artis biar terkenal??? eeemmm gtu gak ya? =..=

    1. maksudnya, si artis membayar atau mengganti seluruh biaya yg telah dikeluarkan perusahaan untuk debut mereka, mulai dari awal mereka training sampai awal2 debut mereka dimana seluruh biaya training, produksi album, dan biaya promosinya masih pakai duit perusahaan dan tampil2 secara reguler di program tv waktu masih jadi rookie atau masih jadi anak bawang (karena perusahaannya yg membayar ke stasiun tv supaya artisnya dimasukin ke suatu acara atau dibikinin program sendiri), ini yg dimaksud break event poin alias BEP alias titik impas, sebelum biaya yg dikeluarkan perusahaan buat si artis sama dengan biaya yg dihasilkan si artis buat perusahaan, BEP alias titik impas belum tercapai, jadi si artis belum bisa menikmati hasil kerja kerasnya dengan senang, alias bayarannya masih sedikit. nah, setelah BEP alias titik impas ini tercapai, baru si artis bisa dapat bayaran yang semestinya
      eh, aku jelasin panjang lebar gini jadi ingat dosenku deh -_- yah, intinya sih perusahaan ngeluarin duit buat artisnya pas awal2, tapi si artis harus mengganti dulu duit yg dikeluarin pas awal2 itu, baru si artis bisa menikmati hasil kerjanya dengan bayaran yg semestinya, yeah, semacam ‘balas budi’ atau ‘bayar utang’ gitu

  6. Ya gak snsd aja lah -__- artis label SM laen nya juga
    Setau gw di SM training dr A -Z di bayar oleh SM ampe uang skolah aja di byrn, traine gak ngeluarin uang sedikit pun,tp pas debut jd artis 70-80% byrn per perfome msuk ke kntong SM sisanya buat si artis ,trus klo kya mcam cf individual or group 70% msk ke kntong artis nya sisanya ke SM,tp mnrt gw kalo si artis bener” kerja keras bgt pasti dpt hasil yg maksimal kok.

    1. ga gitu… di sm kalo buat album, kalo album itu kejual 500.000 copy mereka baru bisa dapet 5% dr penghasilan album. terus kalo radio sm perform di mubank, mucore dll dll itu ga masuk ke kntg artis sama sekali karena itu termasuk promosi…
      terus buat cf ato drama 70% itu belom dipotong sm biaya2 lain.
      coba cari aja deh kontrak dbsk sama SM yg udah kebongkar… tp skrg kontrak di SM udah sdkt lbh baik karena JYJ 🙂 hehe

      1. setauaku 70% tu pendapatan db di jepang minus biaya koreo,stage, dsb sedangakan kalo mrk tampil d tv korea buat di variety show mereka gak dibayar.

    2. sapa bilang traine di sm gak bayar??? jaejoong aja pernah bilang kalau dia pernah ngejual darah (donor darah trus dibayar) supaya bisa bayar uang traine.

      1. bener2 kata chingu Marianayg diatas…gara2 adanya gugatan 3 member DBSK itu kontrak2 artis SM jd lebih membaik..bahkan mereka skrng jg dikasih saham2 untuk “mengikat” mereka…DBSK senasib sama Shinhwa.kalo DBSK harus menjual album Mirotic sebanyak 500.000 copy baru dpt keuntungan 5% dan kalo Shinhwa harus menjual 400.000 copy album Wild Eyes baru bs dpt keuntungan 5% juga..plusssssss itu prasyarat yg harus dipenuhi agar Andy si Magnae bisa kembali lg ke Shinhwa setelah satu tahun ga beraktivitas bersama Shinhwa *sumpahh kejam banget kan,,memperbudak orang banget*
        bener lagi tuh kata @alfanika jaeejoong jg prnh cerita di come over JYJ kenapa dia sangat sayang ke 8 noona nya dan sering bantu mereka..krn pas awal2 mau ikut training kata jaejoong noona-noona nya itu pada patungan buat ngebiayain mereka
        itu kalo kasus dr SM
        kalo kasus dr JYP,Seulong pernah cerita di strong heart kalo nyokapnya smp harus membagi penghasilan kerjanya utk membiayai dy training awal2 di JYP
        Kwoniiee jg pernah cerita ttg kaya gni waktu di acara Win-Win pas di jd special MC krn guest nya Beast..dan Beast jg cerita kok *apalagi mereka dr agensi yg beda2 jd ceritanya lebih variatif*
        intinya sih kalo awal2 mau jd trainee,untuk pendaftaran dan biaya awal mereka bayar sendiri..nahh kalo trainee tsb udah tersaring lagi dan jadi yg terpilih baru deh perusahaan nanggung biaya mrk..kt Kwonie selama periode itu baru mereka udah ga bayar lagi..kalo misalnya gagal debut dan dipulangkan mereka ga akan bayar uang pengganti selama di trainee..tp kalo mereka berhasil debut ya mereka hrs mengganti uang selama di trainee itu..bhkan merujuk cerita Beast,,klo membernya solo,,mereka bakal dikenakan potongan yg beda lg.ibaratnya kaya subsidi silang buat member yg job nya ga sebanyak member yg lain..contoh di Beast itu ada Gikwang dgn aktifitas maen drama n jd MC, Doojoon jg maen drama dan Hyunseung dengan duet Trouble Makernya

  7. grup yg di debutin harus kerja keras supaya bisa mmbayar uang yg dipake buat debut oleh agensi mrk,,,nyiapin debut dan album g murah,,mknya kalo sukses berarti mrk uda balik modal ke agensi dan bsa dikatakan kaya…artis debut biasanya hasil dr uang senior2nya yg uda sukses

  8. Kehidupan idola itu memang menyenangkan tp jg mengerikan -.-
    itulah susahnya jadi idola ==’
    beruntunglah grup idola yg sudah sukses skrg ^^ alhamdulilah..

  9. Q pikir enak jdi idol,udah terkenal+banyak fans+dapet duit banyak….
    Ternyata……
    Gak bisa ngebayangin,yang trainee lebih dari 5 tahun gmn???bisa” bru 5 tahun setelah debut baru bisa ngerasain hasilnya….
    Enakan jadi artis kale yaaa,gak perlu bayar pelatihan,dancer,etc….
    Tapi JYP pengeluaran agak berkurang ney cos jarang pakek dancer saat live perform,,YG ney yang paling banyak….^,^
    Kalo dilihat sih,agensi kecil kebanyakan ngambil tranee dari agensi besar so mungkin gak lama pelatihannya langsung debut.Ney salah satu cara ngurangi pengeluaran perusahannya juga kan???Jarang agensi” kecil melakukan pelatihan bertahun”…Yang agensi besar ney pelatihannya paling lama,utangpun semakin menumpuk…

  10. grup B cluenya : top idol grup yg di taun 2011 meliris sampe 3 album –> hwkwk gw bs nebak siapa grup yg dimaksud..
    tp yg grup A msh tanda tanya…

  11. Susah juga yah jadi idol..
    Aku kira kalo idol manggung comeback/debut stage itu dibayar ma stasiun tv nya..ternyata bayar sendiri..
    Kalo mau enak sih emang jadi idol yg didebutin ma big 3 agency itu..
    Tapi kalo jadi trainee di SM nggak tahu debutnya kapan..kalo di JYP harus pinter..kalo di UG gmn yah? Hmm..penasaran..

  12. Apalagi agensi butuh balik modal karena banyaknya pengeluaran agensi utk anak didiknya.Mulai dari pembiayaan trainee segi skill grup idola seperti vokal+dance+koreaografi, dll yg di asah di dorm dan asrama khusus.Kemudian,pembiayaan trainee perbaikan dari segi fisik seperti wajah+bentuk tubuh,dll yg di asah oleh para dokter bedah yg terpilih dan terpercaya dlm reparasi estetika tubuh.Maka,otomatis keuntungan dari grup idola terlebih dahulu mengalir ke agensi sebagai pengganti thdp modal yg tlah dikeluarkan agensi sebelumnya saat idola grup belum debut.
    🙂

  13. Setiap agensi butuh balik modal karena banyaknya pengeluaran agensi utk anak didiknya.Mulai dari pembiayaan trainee segi skill grup idola seperti vokal+dance+koreaografi, dll yg di asah di dorm dan asrama khusus.Kemudian,pembiayaan trainee perbaikan dari segi fisik seperti wajah+bentuk tubuh,dll yg di asah oleh para dokter bedah yg terpilih dan terpercaya dlm reparasi estetika tubuh.Maka,otomatis keuntungan dari grup idola terlebih dahulu mengalir ke agensi.
    🙂

  14. Setiap agensi kejar setoran dari anak didiknya untuk balik modal dari banyaknya pengeluaran yg agensi lakukan utk anak didiknya.Mulai dari pembiayaan trainee segi skill grup idola seperti vokal+dance+koreaografi, dll yg di asah di dorm dan asrama khusus.Kemudian,pembiayaan trainee perbaikan dari segi fisik seperti wajah+bentuk tubuh,dll yg di asah oleh para dokter bedah yg terpilih dan terpercaya dlm reparasi estetika tubuh.Maka,otomatis keuntungan dari grup idola terlebih dahulu mengalir ke agensi.
    🙂

  15. Berani bisnis, brarti brani ngutang…Beberapa idol angkatan pertama rata2 pake duit pinjam ato biasanya agensi menawarkan org lain utk investasi di artis tersebut, nah yg angkatan berikutnya kena kebagian hasilnya walaupun cuma sekedar modal, setidaknya agensi gk perlu minjem duit. Sekarang tinggal pinter2 tim marketing dan manajemenya yg muterin sambil melihat peluang, mau itu “Big Three” ato yg kecil2. Kaya bos SM yg muterin di properti ato JYP yg buka restoran, mudah2an agensi skrg sadar utk memperhatikan si artis dan gk cuma sekedar “good bussines” buat agensi, supaya gk terulang kejadian seperti beberapa artis angkatan pertama yg gk tahan di jadi’in “sapi perah” akhirnya putus kontrak.
    Subjektif sih, tp menurut gue dari semua agensi SM punya tim yg paling bagus sekarang. Suatu saat gue pengen punya agensi di Indonesia, supaya bisa bikin artis2 berkualitas gk kaya skrg yg cuma bisa bikin gue tepok jidat!!! hahahaa… 😀

  16. Wuduh kalo lum mencapai BEP, lum bisa dapat gaji nih ceritanya? pantes aja ada artis yg kerja jor2an. tapikan biasanya dalam satu grup da yg kerja terus ada yg biasa aja, apa bisa barengan tuh. kan kasihan. iya juga sih kalo yg paling enak ya yg udah dari agensi besar, jadinya biaya produksinya dari keuntungan artisnya sendiri.

  17. ada positif-negatifnya juga sih.
    bagusnya idol baru (misal EXO) untuk agensi besar ga parah2 bgt utangnya karna ada perputaran uang dr sunbae mereka (SHINee, SNSD, Suju), sbg modal idol baru untuk debut.
    negatifnya penghasilan sunbae mereka, akan jatuh jadi sangat kecil karena potongan agensi yg sangat banyak.
    Walaupun sebenarnya senior yg sebelumnya lagi(tvxq, BoA) pun melakukan itu untuk ngedukung yg udah jadi sunbae sekarang. kalo gini caranya manajemen dr agensi harus pinter2 muter duit profit mereka. atau main di investasi lain lagi untuk modal.
    pasti rumit dan berat banget yaa ..

  18. kalo kayak suzy miss A udah bisa balik modal belum ya? kan dia cuma butuh waktu kurang lebih 6 bulan untuk terkenal, apa lagi udah kayak sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *