Melihat Sejarah Korea Utara dan Korea Selatan Dengan Kereta DMZ

by

Zona Demiliterisasi (DMZ) mereka zona batas bebas-senjata antara Korea Utara dan Korea Selatan. Kawasan ini didirikan pada 27 Juli 1953 ketika Perjanjian Gencatan Senjata ditandatangani selama Perang Korea, dan mencakup bentangan daratan seluas 2 km.

Lalu bagaimana cara untuk mengunjungi DMZ?

Karena tempat ini terletak di luar Garis Kontrol Sipil, sehingga DMZ tidak terbuka bagi wisatawan perorangan.

Agar dapat menikmati DMZ dengan nyaman, maka wisatawan dapat mendaftar paket perjalanan seperti DMZ Peace Train, yang dioperasikan oleh KORAIL.

Area DMZ (Panmunjeom) hanya terbuka untuk pengunjung yang bepergian melalui agen tur yang telah disetujui. Kemudian yang terpenting, pengunjung diharuskan untuk membawa kartu identitas resmi atau paspor ketika ingin mengunjungi tempat ini.

DMZ Peace Train merupakan kereta wisata yang dioperasikan oleh KORAIL yang berangkat dari Seoul dan menuju DMZ. Kereta berjalan dalam tiga bagian, yang terdiri dari Dorasan Security Tour, Yeoncheon Dreaming Tour, dan Cheorwon Security Tour. Setiap paket wisata terdiri dari perjalanan bolak-balik untuk tur satu hari.

Tempat apa saja yang dapat dikunjungi di DMZ?

1. Stasiun Dorasan

Stasiun Dorasan adalah salah satu stasiun kereta paling utara di Jalur Gyeongui, yang menghubungkan Seoul ke Sinuiju. Stasiun ini dikunjungi oleh Presiden Korea Kim Daejung dan Presiden Amerika George H.W Bush sebelumnya. Stasiun ini telah menjadi simbol upaya untuk Korea bersatu .

2. Dorasan Peace Park

Dorasan Peace Park adalah taman ekologis yang menampilkan sebuah kolam berbentuk semenanjung Korea dengan jalan setapak di sekitarnya. Aula pameran taman ini memberikan penjelasan singkat tentang sejarah Stasiun Dorasan dan menyajikan informasi dan materi tentang ekologi DMZ.

3. Observatorium Dora

Observatorium Dora adalah observatorium paling utara di bagian barat DMZ. Ditempat ini, pengunjung dapat melihat melalui teropong yang menawarkan pemandangan kota Gaeseong, Gunung Songaksan, dan Patung Kim Il-sung di Korea Utara.

Area di luar observatorium berada dalam komando pos militer, jadi fotografi dilarang di area ini. Selain itu, observatorium terletak di dalam Garis Kontrol Sipil, sehingga pengunjung harus bergabung dengan Tur Keamanan Dorasan untuk dapat berkunjung.

4. Terowongan Ketiga

Ditemukan pada tahun 1978, Terowongan Infiltrasi Ketiga digali oleh tentara Utara untuk memata-matai rekan dibagian Selatan. Terowongan ini panjangnya 1.635 meter, dengan tinggi dan lebar 2 meter. Diperkirakan bahwa lebih dari 30.000 tentara akan dapat melewati terowongan hanya dalam satu jam.

Tempat ini menjadi daya tarik wisatawan, termasuk dengan ruang video DMZ, toko-toko suvenir dan masih anyak lagi.

Informasi lebih lanjut untuk tur DMZ, bisa di lihat di bawah ini ya :

  • – Paju-si Culture & Tourism: tour.paju.go.kr (Korean, other languages supported by online translator)
    – Gyeonggi-do DMZ: dmz.gg.go.kr (Korean, English, Japanese, Chinese, Vietnamese)
  • 1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Korean, English, Japanese, Chinese, Russian, Vietnamese, Thai, Malay)

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published.