BTS Umumkan Hiatus dari Aktivitas Grup dan Cerita Tentang Kekhawatiran Mereka

by

BTS mengumumkan mereka akan melakukan hiatus dari aktivitas grup untuk dapat lebih fokus dalam karier solo mereka.

Pada 14 Juni, BTS menutup rangkaian BTS Festa 2022—perayaan tahunan untuk ulang tahun debut—dengan merilis sebuah video. Dalam video ini, mereka makan bersama dan memberikan pengumuman penting tentang masa depan mereka.

Setelah menikmati minuman dan mengobrol bersama, Suga membuka percakapan dengan berkata, “Jadi sekarang kita telah memasuki musim-musim sepi,” yang di video ini diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi “We’re going into a hiatus now (Sekarang kita akan hiatus).”

“Haruskah kita berbicara tentang alasan kita tidak melakukan FESTA (tahun ini) dan mengapa kita tidak membuat banyak konten baru?” lanjut Suga. “Kita harus berbicara tentang arah yang kita ambil.”

RM kemudian berbagi tentang perjuangan dalam identitas BTS selama beberapa tahun terakhir, “Hingga ‘ON’ dan ‘Dynamite’, aku merasa grup BTS berada di tanganku. Tetapi setelah ‘Butter’ dan ‘Permission to Dance’, aku tidak yakin kami ini grup apa.”

Ia melanjutkan dengan berbicara tentang betapa sibuknya kehidupan seorang idol, dengan mengatakan, “Tidak ada waktu bagiku untuk tumbuh. Bukan hanya dalam hal keterampilan, tetapi sebagai manusia. Aku orang yang sangat berbeda dari diriku 10 tahun yang lalu, dan aku perlu waktu untuk berpikir dan menjadi diri sendiri, sehingga pikiran itu bisa matang menjadi sesuatu yang unik milikku.”

“Tapi setelah menghabiskan 10 tahun terakhir sebagai BTS, sambil menjalankan jadwal sibuk bersama, aku tidak bisa dewasa,” lanjut RM. “Tidak ada waktu bagiku untuk berpikir. Aku harus tahu orang seperti apa aku, grup BTS seperti apa, mengapa aku di sini, apa arti anggota lain bagiku, dan jalan yang harus kami ambil di masa depan; Aku perlu mengingat hal-hal ini saat melakukan wawancara dan menulis lirik. Tapi mulai dari titik tertentu, aku belum yakin kami ini grup seperti apa.”

Jimin mengamati, “Menurutku kami baru saja mulai berpikir tentang artis seperti apa yang kami masing-masing ingin diingat oleh penggemar. Aku pikir itu sebabnya kami mengalami masa sulit sekarang, karena kami telah memasuki fase hanya mencoba menemukan identitas kami sekarang.”

Suga menambahkan bahwa karena ia sangat lelah baru-baru ini, ia berjuang untuk menemukan inspirasi dalam hal penulisan lagu. “Yang paling sulit adalah menulis lirik,” katanya. “Aku tidak bisa memikirkan apa pun untuk dikatakan. Aku harus menulis tentang hal-hal yang secara pribadi aku rasakan dan ingin aku katakan, tetapi aku merasa seperti sedang memaksakan sesuatu sekarang… dan itu sangat sulit.”

RM menegaskan bahwa ia merasa perlu waktu untuk fokus sepenuhnya pada musik solo, menjelaskan, “Dulu, aku lumayan dapat menyeimbangkan mengerjakan musikku sendiri dengan aktivitas grup kami, tetapi sekarang aku tidak dapat melakukannya pada waktu yang bersamaan. Aku tidak bisa melakukan aktivitas grup dan kemudian hanya menekan tombol dan mengubah segalanya untuk fokus pada pekerjaanku sendiri. Aku menyadari bahwa aku benar-benar membutuhkan waktu sendiri.”

V mengingat kembali, “J-Hope mengatakan ini sebelumnya kepadaku: ‘Kami semua dapat benar-benar fokus pada aktivitas solo untuk saat ini, dan kemudian ketika kami kembali bersama sebagai sebuah grup, sinergi itu tidak akan seperti milik orang lain. Ini akan lebih baik dari sebelumnya.” Jimin menimpali, “Sejujurnya, J-Hope banyak membicarakan hal semacam ini.”

Jin juga membagi, “Melakukan aktivitas grup begitu lama—seperti yang kalian sebutkan sebelumnya, aku mulai merasa seperti mesin. Aku memiliki hobiku sendiri dan hal-hal yang ingin aku lakukan sendiri.”

RM menimpali, “Ketika orang mendengar nama grup kami, mereka berkata, ‘Oh wow, BTS’. Tapi sejujurnya, orang tidak benar-benar tahu siapa masing-masing anggotanya. Karena kami adalah penyanyi, menurutku itu akan sangat berdampak bagi kami untuk menunjukkan (siapa kami) melalui musik dan penampilan kami. Jadi mulai sekarang, kami akan merilis album (solo) alih-alih mixtape.”

J-Hope kemudian menambahkan, “Aku sudah mengatakan ini banyak kepada member lain, tapi menurutku kita perlu meluangkan waktu terpisah untuk belajar bagaimana berkumpul lagi. Aku pikir waktu ini sangat penting, jadi aku harap kalian tidak melihat ini hanya dari sisi negatif.”

Suga menekankan, “Bukan berarti kami bubar.”

Pekan lalu, BTS melakukan comeback dengan album antologi “Proof” dan lagu utama “Yet to Come (The Most Beautiful Moment)”. Sebelum hiatus dari aktivitas grup, mereka akan membawakan lagu baru di program musik pekan ini.

Saksikan video lengkap diskusi BTS berikut ini:

 

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published.