Song Kang Ho Catatkan Sejarah Usai Raih Penghargaan Best Actor di Cannes Film Festival

by

Song Kang Ho mencatatkan sejarah di perfilman Korea dalam ajang Cannes Film Festival!

Pada 28 Mei waktu setempat, Cannes Film Festival ke-75 mengumumkan pemenang tahun ini.

Song Kang Ho berhasil membawa pulang penghargaan Best Actor lewat film “Broker”. Ini menjadikan ia sebagai aktor pria Korea pertama yang memenangkan penghargaan akting di festival film dunia. (Jeon Do Yeon menjadi aktor Korea pertama yang mendapatkan penghargaan akting di tahun 2007, saat memenangkan penghargaan Best Actress lewat akting penuh emosi di “Secret Sunshine”—yang secara kebetulan juga menampilkan Song Kang Ho.)

Perlu dicatat, Song Kang Ho juga merupakan salah satu bintang di film “Parasite”, yang menjadi film Korea pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi Palme d’Or—penghargaan tertinggi di Cannes Film Festival—pada tahun 2019. Tahun lalu, ia juga mencatatkan sejarah sebagai aktor pria Korea pertama yang didapuk menjadi juri di Cannes Film Festival ke-74.

Sementara itu, Park Chan Wook meraih penghargaan Best Director untuk filmnya “Decision to Leave”. Ini menjadikan dirinya sebagai sutradara asal Korea kedua sepanjang sejarah Cannes yang memenangkan penghargaan ini. (Sutradara Korea pertama yang memenangkan Best Director di Cannes Film Festival adalah Im Kwon Taek, yang membawa pulang penghargaan ini 20 tahun lalu untuk film “Chihwaseon”.)

Meskipun ini menjadi kali pertama bagi Park Chan Wook memenangkan penghargaan Best Director, dua film hasil karyanya pernah memenangkan penghargaan di Cannes: film ikonik “Oldboy” yang memenangkan Grand Prix di Cannes Film Festival tahun 2003, sementara film “Thirst” memenangkan Jury Prize di tahun 2009.

Dibintangi oleh Park Hae Il dan Tang Wei, “Decision to Leave” adalah film misteri romantis tentang seorang detektif yang menginvestigasi sebuah kasus pembunuhan dan menaruh curiga terhadap istri korban, namun juga menaruh hati kepadanya.

Selamat kepada Song Kang Ho dan Park Chan Wook!

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published.