Jungkook BTS Ungkap Kekaguman Terhadap ARMY dan Perubahan Selama 10 Tahun Terakhir

by

Dalam wawancara dan pemotretan terbaru dengan majalah Vogue Korea, Jungkook membahas perjalanan dan pertumbuhannya sebagai anggota BTS.

Menghiasi sampul majalah edisi bulan Januari 2022, ketujuh member BTS melakukan wawancara secara terpisah.

Jungkook memulai dengan membahas bagaimana dirinya melindungi pandangan dunianya. Public figure biasanya mengalami banyak pengaruh yang berbeda, membuat mereka sulit untuk memperkuat pandangan dunia mereka sendiri. Hal tersebut juga berlaku untuk mereka yang harus membentuk diri sejak usia muda demi mencapai tujuan tertentu. Namun, Jungkook berbeda. Aktivitasnya di luar BTS menunjukkan bahwa dirinya memiliki ide yang sangat jelas tentang apa yang ingin ia lakukan.

Sang idol menjelaskan, “Aku tak pernah memutuskan, ‘Aku harus menjalani hidup seperti ini,’ tapi jelas bahwa aku ingin menjalnai hidup berdasarkan apa yang aku inginkan. Bahkan jika ada kehidupan lagi setelah ini, aku tidak akan bisa mengingatnya, dan ini satu-satunya hidup yang diberikan kepadaku saat ini. Selain itu, hidup ini singkat. Tentu saja, aku seharusnya tidak melakukan sesuatu yang menurut semua orang salah, tetapi di ranah keragaman, aku ingin menjalani hidup dengan caraku. Aku menetapkan pemikiran ini sejak awal.”

Pewawancara berkata, “Mereka bilang hidup itu singkat, tapi seni itu abadi. Apa arti abadi bagimu?” Jungkook menjawab, “Bahkan jika yang aku kerjakan adalah seni, apakah itu hal yang paling penting? Bukankah hidup itu sendiri lebih penting? Waktu yang aku jalani tetap utuh bagiku. Itulah mengapa hidup ini terbatas dan abadi.”

Jungkook dikenal dengan bakatnya di berbagai bidang selain musik, seperti seni, fotografi, dan mengedit video. Beberapa penggemar berharap ia dapat menunjukkan talentanya lebih banyak, dan ia menjawab dengan rendah hati, “Itu hanya beberapa minatku. Aku tidak perlu mempraktikkan semuanya.”

Ia kemudian membagi, “Aku punya pemikiran yang realistis dan idealis, dan keduanya selalu ada berdampingan. Sebelumnya aku serakah dan melakukan apa yang ingin aku lakukan tanpa terlalu memikirkannya. Namun, seperti kehidupan dan hubungan manusia, pikiranmu berubah. Belakangan ini, aku lebih realistis. Apa yang perlu aku lakukan lebih penting dari apa yang ingin aku lakukan.”

Selain itu, Jungkook tak ingin menunjukkan hasil karyanya sebelum ia sendiri merasa puas. Ia menjelaskan, “Tidak akan pernah sempurna. Tapi setidaknya aku tidak ingin menunjukkan kepada orang-orang apa yang membuatku tidak puas. Akan ada hari ketika aku akan bekerja keras dan menunjukkannya kepada publik. Saat ini, aku tidak punya waktu luang untuk fokus menyelesaikannya.”

Bersama BTS, hidup Jungkook berubah drastis. Di tahun 2014, BTS mengundang orang secara acak untuk menyaksikan konser mereka secara gratis di LA. Itu adalah bagian dari sebuah acara televisi, tapi mereka benar-benar berlarian di jalanan dan membagikan brosur. Sekarang di tahun 2021, tiket untuk konser mereka SoFi Stadium, LA terjual habis hanya dalam waktu beberapa menit.

Jungkook mengungkapkan ketidakpercayaan tentang perubahan besar tersebut, berkata, “Aku selalu penasaran tentang alasan orang-orang mencintai kami dan bersemangat tentang kami. Aku selalu memikirkan bagaimana aku bisa mencapai titik ini. Pertama, aku bertemu dengan para member yang hebat! Kedua, kami memiliki seorang CEO yang sangat mencintai musik. Selain kedua alasan itu, mungkin karena sinergi antara lagu-lagu BTS, lirik, pesan, pertunjukan, dan penampilan di publik menarik lebih banyak dan banyak lagi penggemar. Namun, aku tidak bisa menerima situasi belakangan ini. Sepertinya karena kami tidak bisa bertemu langsung dengan penonton. Sebanyak yang aku tidak percaya, aku harus bekerja lebih keras.”

Jungkook juga mengungkap kekaguman terhadap ARMY (nama fandom mereka), yang telah menerapkan pesan positif dari BTS ke dalam tindakan. Beberapa tindakan terpuji dari ARMY antara lain proyek lingkungan untuk menghidupkan kembali hutan hujan dan paus, serta penggalangan dana untuk kelompok rentan, seperti pengungsi dan komunitas LGBTQ.

Jungkook berkomentar bahwa dirinya kagum sekaligus tertarik dengan ARMY. Ia berkata, “Aku hanya seseorang yang sangat suka bernyanyi dan menari, tapi ARMY mendapatkan banyak hal hebat untuk kami. Aku bersyukur atas dukungan mereka, tetapi mereka juga telah melakukan banyak hal hebat. Mereka memulai aktivitas ini semua untuk mendukung BTS, tapi rasanya terharu melihat mereka senang melakukan hal-hal terpuji seperti ini dan bahagia karena mereka. Aku sendiri merasa terinspirasi oleh mereka.”

Ia memikirkan bagaimana cara membalas para ARMY tapi selama beberapa waktu tidak bisa mendapatkan jawaban. Ia berkata, “Sepertinya tidak ada hal spesial yang bisa aku lakukan. Aku sampai pada kesimpulan bahwa melakukan pekerjaanku dengan baik, seperti yang aku lakukan selama ini, adalah hal yang bisa aku lakukan untuk ARMY.”

Jungkook debut di usia remaja 15 tahun, dan ia merasakan beragam pengalaman yang membantunya untuk tumbuh dan dewasa seperti saat ini. Para member pernah berkata kepadanya, “Senang rasanya kau tidak berubah sama sekali.”

Saat ditanya perubahan apa yang paling besar dan masih tetap sama selama satu dekade terakhir, member termuda BTS menjawab bahwa menurutnya semua berubah kecuali satu hal. Ia menjelaskan, “Sama seperti saat aku masih kecil, aku masih berhati hangat dan mempercayai orang dengan baik. Aku memberikan semuanya kepada orang yang aku cinta sampai mereka mematahkan hatiku. Para member tahu ini. Terkadang, aku khawatir sesuatu akan terjadi, tapi untungnya, aku punya para member untuk bersandar. Tapi jika aku terlalu bersandar kepada mereka, rasanya aku seperti bersembunyi di balik mereka, jadi aku membutuhkan keseimbangan.”

Terakhir, Jungkook berbicara tentang dekade mendatang. Dalam lagu hit BTS, “Permission to Dance”, ada lirik yang berbunyi, “We don’t need to worry. ‘Cause when we fall, we know how to land. (Kita tidak perlu khawatir. Karena saat kita terjatuh, kita tahu cara mendarat.)” Saat ditanya bagaimana cara mendarat, ia berkomentar, “Tentu ada banyak orang yang lebih hebat dariku, dan saat aku menua dan waktu berlalu, aku tidak punya pilihan lain selain turun. Tapi aku tidak berpikir tentang mendarat. Aku punya banyak hal yang ingin aku lakukan. Aku ingin memperluas teritori dan mendaki lebih tinggi.”

Wawacara lengkap bersama Jungkook terdapat di majalah Vogue Korea edisi bulan Januari 2022.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published.