Fakta-fakta Tradisi Hari Libur Terbesar di Korea, ‘Chuseok’

by

Chuseok, Hari Thanksgiving Korea, adalah salah satu hari libur terbesar dan terpenting di Korea. Anggota keluarga dari dekat dan jauh berkumpul untuk berbagi makanan dan cerita serta berterima kasih kepada leluhur mereka.

Pada tahun 2021, hari Chuseok jatuh pada 21 September. Karena hari sebelum dan sesudahnya juga merupakan bagian dari hari libur, periode liburan tahun ini adalah dari 18 September hingga 22 September, termasuk akhir pekan.

Banyak orang Korea mengunjungi kampung halaman mereka untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Chuseok adalah salah satu dari tiga hari libur utama Korea, bersama dengan Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) dan Dano (hari ke-5 bulan lunar ke-5). Chuseok juga disebut sebagai hangawi.

Han berarti “besar” dan gawi berarti “bulan ke-8 atau musim gugur.” Menurut kalender lunar, bulan panen, bulan purnama terbesar tahun ini, muncul pada hari ke-15 bulan kedelapan.

Di pagi hari Chuseok, anggota keluarga berkumpul di rumah kepala keluarga untuk mengadakan upacara peringatan yang disebut charye untuk menghormati leluhur mereka. Charye formal diadakan dua kali setahun: di Seollal dan Chuseok.

Selama charye Chuseok, beras yang baru dipanen, alkohol, dan songpyeon (kue beras setengah bulan) disiapkan sebagai persembahan kepada leluhur keluarga. Setelah menghormati leluhur, anggota keluarga duduk bersama di meja untuk menikmati makanan lezat.

Tradisi Chuseok lainnya adalah seongmyo, atau kunjungan ke makam leluhur. Seongmyo merupakan tradisi lama yang masih dilakukan untuk menunjukkan rasa hormat dan penghargaan kepada leluhur keluarga.

Selama seongmyo, anggota keluarga membuang rumput liar yang tumbuh di sekitar makam dan memberikan penghormatan kepada mendiang dengan upacara peringatan sederhana.

Berbagai makanan disiapkan selama Chuseok untuk merayakan panen berlimpah tahun ini, dan salah satu makanan paling penting yang mewakili Chuseok adalah songpyeon.

Songpyeon dibuat dari tepung beras, kemudian diisi dengan biji wijen, kacang merah, chestnut, atau bahan-bahan bergizi lainnya. Selama proses pengukusan, kue beras dilapisi dengan jarum pinus untuk menambahkan aroma pinus.

Merupakan tradisi lama bagi seluruh keluarga untuk membuat songpyeon bersama pada malam Chuseok. Sebuah anekdot Korea kuno mengatakan bahwa orang yang membuat songpyeon yang berbentuk indah akan memiliki bayi yang cantik.

Makanan Chuseok penting lainnya termasuk minuman tradisional dan jeon (pancake Korea). Jeon dibuat dengan cara mengiris ikan, daging, dan sayuran, lalu menggorengnya sebentar dalam adonan tepung dan telur.

Apakah ada yang pernah merasakan pengalaman Chuseok di Korea?

 

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published.