“Jeonbokjuk”, Hidangan Bubur Abalon Menyehatkan Khas Pulau Jeju

by

Bubur yang dibuat dengan abalon (Jeonbokjuk – 전복) merupakan salah satu hidangan paling ikonik di pulau Jeju. Jeonbokjuk memiliki rasa asin dan gurih, dengan potongan abalon yang tebal.

Jeonbokjuk ala Jeju dibuat hanya dengan nasi dan abalon. Sehingga bubur ini memiliki cita rasa khas dari abalon, selain itu juga menggunakan organ dalam (visera), sehingga memiliki warna yang sedikit kehijauan. Campuran dari organ dalam abalon tidak terlihat begitu menggugah selera, tetapi benar-benar memperkaya rasa dari bubur.

Warna bubur tergantung pada jumlah dan ukuran abalon yang digunakan.

Abalon dianggap sebagai bahan berkualitas tinggi dalam masakan Korea dan pada jaman dahulu sering disajikan sebagai hadiah kepada raja Korea. Jeonbokjuk dikenal tidak hanya lezat, tetapi juga sebagai suplemen nutrisi dan bantuan pencernaan, terutama untuk pasien yang sakit atau orang lanjut usia.

Myeongjin Jeonbok adalah salah satu restoran abalon paling populer di pulau Jeju. Abalon secara tradisional dipanen oleh haenyeo, ‘putri duyung’ Jeju – penyelam wanita yang turun ke kedalaman hingga 15 meter untuk mengumpulkan makanan lezat seperti gurita, bulu babi, tiram, kerang, dan abalon.

Restoran Myeongjin Jeonbok hanya memiliki empat hidangan, nasi abalon, abalon panggang, bubur abalon, dan abalon mentah, sehingga bahan-bahan yang digunakan oleh restoran ini untuk keempat hidangan dijamin segar dan lezat.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published.