Tentang Budaya Restoran ‘BBQ Korea’ yang Perlu Diketahui

by

Jika mengunjungi Seoul, mencoba restoran BBQ Korea adalah salah satu hal yang jangan sampai dilewatkan.

Korea adalah tempat terbaik untuk pecinta kuliner, karena ada banyak restoran yang menyajikan hidangan lezat di Korea. BBQ Korea tidak hanya berarti daging sapi. Biasanya ada babi, ayam, bebek, atau bahkan makanan laut.

Berikut 3 jenis BBQ Korea yang paling populer:

Hanu
Hanu berarti daging sapi Korea, dan ini adalah salah satu daging yang paling langka dan mahal di dunia. Mencoba Hanu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dalam hal kelembutan dan rasa, sehingga menjadi salah satu hidangan yang wajib untuk dicoba.

Dwaeji Galbi (Non Halal)
Iga babi adalah potongan standar yang digunakan untuk BBQ tradisional Korea. Iga yang direndam dalam campuran Gochogang pedas atau kecap manis, yang biasanya diperkaya dengan rasa bawang putih, jahe, dan anggur beras. Di restoran BBQ Korea, iga dipanggang secara tradisional dan disajikan dengan daun perilla atau daun selada. Seluruh makanan biasanya disertai dengan saus yang disebut ssamjang, sayuran segar dan lauk pendamping lainnya.

Samgyeobsal dan Moksal (Non Halal)
Samgyeobsal terkenal dengan rasanya yang berair dan menu BBQ paling terjangkau di Korea. Jenis daging ini adalah pilihan utama bagi orang Korea dan turis asing. Jika tidak menyukai rasa Samgyeobsal dengan bagian berlemak, maka dapat memilih Moksal. Tekstur Moksal lebih tebal dengan rasa yang berlimpah.

Bagaimana cara menikmati BBQ Korea?

Ketika memesan daging di restoran, bisa mendapatkan semua jenis lauk (Banchan), yaitu sayuran, tauge, telur kukus, dan acar secara gratis. Bahkan pengunjung dapat meminta pemilik restoran untuk menambah lauk sesuka hati.

Cara Memasak
Di banyak restoran BBQ Korea, pelayan akan menyediakan panggangan untuk di atas meja. Pelayan akan menyalakan api dan memasakkan daging. Jika pelayan tidak memasakkan daging, maka dapat melakukannya sendiri dengan menggunakan gunting dapur dan penjepit daging.

Selain itu, orang Korea tidak hanya menikmati daging, tetapi juga hidangan lain seperti bawang putih, jamur, kentang, bawang, dan kimchi.

Membungkus (Ssam)
Cara Korea menikmati BBQ adalah membungkus daging dengan sayuran. Caranya, bungkus daging dengan sayuran (selada) di tambah dengan jamur, bawang, serta beberapa lauk dan Ssamjang. Cara membungkus daging seperti ini disebut sebagai Ssam.

Setelah menikmati BBQ Korea, biasanya akan ada beberapa hidangan lainnya, seperti mie pedas (Bibim Naengmyeon), mie dingin (Naengmyeon), nasi (bibimbap), nasi goreng (bokkeumbap) dan sup panas (Jjigae).

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published.