Selain Subway, Keliling Korea Dengan Menggunakan Bus Juga Asik dan Mudah Loh!

by

Meskipun Korea, dan terutama Seoul, memiliki jaringan kereta bawah tanah (subway), namun Korea masih memiliki moda transportasi lainnya seperti Bus.

Namun, masih banyak wisatawan yang merasa bahwa sistem bus di Korea lebih rumit. Di Seoul, bus dibagi menjadi kelompok warna berdasarkan rutenya. Bus hijau adalah bus yang menempuh rute yang hanya mengakses sejumlah lingkungan tertentu di satu bagian kota.

Bus biru, di sisi lain, memiliki jalur hampir dari satu sisi kota ke yang lain. Lalu ada bus merah yang pergi ke luar Seoul dan ke daerah sekitarnya seperti Ilsan, Bundang dan Yongin. Ada bus lain di daerah Seoul, tetapi ketiganya adalah yang utama.

Tidak seperti banyak negara lain, bus di Korea tidak memiliki jadwal operasi yang tetap. Namun, biasanya datang setiap 10 hingga 15 menit, tergantung pada rute dan tingkat lalu lintas. Namun tidak usah khawatir untuk mengetahui kapan bus datang, karena banyak halte akan memiliki tanda yang memberitahu berapa menit kemudian bus berikutnya akan tiba.

Ada juga aplikasi, KakaoBus dimana pengguna dapat memeriksa waktu kedatangan bus berikutnya serta rutenya. Di KakaoBus, pengguna juga dapat melihat bus mana saja yang berhenti di setiap halte.

Tidak sulit untuk menentukan bus atau naik bus mana untuk sampai ke tujuan. Dengan aplikasi Naver Map, pengguna cukup memasukkan lokasi awal serta tujuan yang diinginkan, dan itu Naver Map akan memberikan arahan yang disarankan, biasanya pilihan moda transportasi kereta bawah tanah (subway) dan bus.

Seoul Express Bus Terminal merupakan terminal bus utama yang terletak di Seocho-gu dan mengoperasikan rute ke kota-kota di dekat jalur Gyeongbu.

Sebagian besar kota-kota di Korea dapat diakses dengan bus ekspres dari Seoul. Ada beberapa terminal di seluruh Seoul, seperti East Seoul Terminal di Gangbyeon dan Express Bus Terminal. Pembelian tiket bus antar kota dapat dibeli secara online atau langsung di loket tiket di terminal. Dibandingkan dengan Seoul dan Busan, banyak kota di Korea menggunakan bus sebagai transportasi umum.

Sekarang sudah tahu kan, kalau Korea tidak hanya memiliki jaringan transportasi kereta bawah tanah (subway) saja, namun juga memiliki jaringan bus yang dapat membawa kamu berkeliling menjelajahi Korea.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published.