BTS Menangis Haru di Penghujung Tur “Love Yourself: Speak Yourself”

by

BTS dan para penggemar, ARMY, menyampaikan perpisahan untuk era “Love Yourself” di konser penutup tur dunia mereka.

Pada 29 Oktober, BTS tampil di hari ketiga sekaligus terakhir untuk konser “Love Yourself: Speak Yourself [The Final]” di Olympic Stadium, Seoul. Ini menjadi penutup untuk tur dunia “Love Yourself” yang dimulai di bulan Agustus 2018 lalu dan kemudian semakin diperluas dengan tur stadium bertajuk “Love Yourself: Speak Yourself”. Dalam tur stadium ini, mereka tampil di sejumlah tempat legendaris dunia seperti Rose Bowl dan Stadion Wembley. Konser penutup sepanjang tiga hari ini dihadiri oleh lebih dari 130.000 penggemar.

Saat memulai konser pada 29 Oktober, RM menyambut kedatang semuanya di konser final untuk tur mereka dan berjanji akan melakukan yang terbaik. V berkata, “Kami akan mengerahkan seluruh energi yang tersisa.”

Suga berkomentar, “Apa kalian ingat saat pertama kali kita bertemu tahun lalu di Olympic Stadium? Rasanya baru kemarin saat aku bilang ini semua seperti mimpi, tapi ternyata sudah satu tahun.” RM menambahkan, “Terima kasih untuk kalian semua, kami bisa menggelar konser selama satu tahun di banyak tempat berbeda.”

BTS membawakan sejumlah lagu hit mereka dan juga lagu-lagu favorit penggemar, termasuk lagu-lagu solo para member.

Dalam konser ini, J-Hope menyebut bahwa ini adalah konser ke-62 mereka dalam tur ini. “Sangat mengagumkan,” katanya. Ia kemudian meminta para member untuk menyebutkan penampilan-penampilan solo yang mengena di hati mereka.

Jungkook memilih Jimin dengan “Serendipity”, sementara Jin berkata, “Aku masih ingat saat pertama kali Suga menampilkan ‘Seesaw’ tahun lalu.” Jimin berkata, “Menurutku semua lagu para member sangat berharga. Kita akan terus bersenang-senang hingga akhir, kan?”

Jungkook menggoda bahwa ini adalah saatnya J-Hope membawakan lagu “Chicken Noodle Soup”, dan meski terkejut namun J-Hope tetap dapat menunjukkan koreografi dengan sempurna.

Saat menutup konser, para member tampak emosional dan beberapa bahkan sempat menangis. V berkata kepada penggemar, “Kalian sudah bekerja keras sambil mendukung kami di tur. Kalian bisa bilang kalau tur ini pendek atau panjang. Kami juga melihat banyak ARMY saat berkeliling dunia dan ternyata tidak ada yang lebih cantik dari ARMY. Aku mencintai kalian.”

J-Hope berkata, “Sekarang kami adalah artis yang berhasil mengisi Olympic Stadium selama tiga hari. Aku merasa kami mendapatkan banyak cinta. Ini adalah konser terakhir. Aku ingat selalu merasa sedih dan ingin berakhir saat kami berada di momen terakhir, tapi sepertinya kali ini tidak terasa seperti itu. Aku banyak merasakan dan banyak belajar.”

Jimin berkomentar, “Semoga hari ini kalian tidak sedih. Daripada sedih, aku sendiri penasaran dan tidak sabar untuk melihat apa yang kami lakukan dan bagaimana kami bersenang-senang di konser selanjutnya. Karena itu, kami akan mempersiapkannya dengan cepat.” Jungkook membagi bahwa ia juga tidak sabat melihat apa yang akan merea lakukan selanjutnya dan berkata, “Untuk mengganti semua energi yang kalian berikan untuk kami, kami akan membalasnya dengan lebih banyak upgrade di album dan konsep selanjutnya.”

Suga berkata, “Kalau ada awal, pasti selalu ada akhir. Jika ada akhir maka akan ada awal lainnya. Sepertinya konser seperti ini adalah awal baru lainnya.”

Jin berbagi bahwa ia merasa sedih saat menyanyikan lagu solo “Epiphany” karena ia memikirkan bahwa ini adalah terakhir kalinya ia melakukannya. “Itulah mengapa aku sangat menghayati saat menyanyi, tapi kemudin di akhir saat aku ada di sana melihat kalian semua, aku tersenyum sedikit,” jelasnya. “Aku pikir ‘Ada sesuatu yang berakhir’ dan ‘Aku tidak ingin melakukannya lagi’, dan perasaanku campur aduk karena itu adalah sesuatu yang baik dan juga sedih. Dan sangat membuatku terkejut saat ‘Mic Drop’ tadi ketika kami menyampaikan perpisahan.”

RM berkata, “Aku ingin memberikan tepuk tangan kepada BTS dan ARMY yang sudah bertahan dalam dua setengah tahun agar bisa mencintai diri mereka sendiri.” Ia menyatakan bahwa meskipun tur “Love Yourself: Speak Yourself” telah berakhir, namun jalan dan petualangan untuk mencari cinta dalam diri sendiri masih belum berakhir. Ia menangis dan berkata, “Aku harap ada sesuatu yang lebih baik dari kata ‘cinta’, tapi aku sangat mencintai kalian. Selanjutnya aku akan terus mencintai kalian.”

Penggemar juga berterima kasih untuk BTS dan merayakan momen ini, dengan memuncaki lima besar trending topik dunia Twitter.

https://twitter.com/vantends/status/1189172840794226688

Source: soompi

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *