Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 resmi ditutup pada 25 Februari dalam sebuah upacara penutupan yang tak terlupakan. Bukan hanya menampilkan teknologi mutakhir seperti drone yang membentuk Suhorang, maskot resmi Olimpiade tahun ini, namun juga sejumlah nama besar di K-pop.

CL tampil berkarisma dan tangguh membawakan “The Baddest Female” dan lagu milik 2NE1 “I Am the Best”. Para penonton ikut bernyanyi bersama di bagian chorus lagu “I Am the Best” dan sang penyanyi mampu tampil memukau.
CL melakukan debut sebagai member 2NE1 di tahun 2009 dan melejit dengan lagu “Fire”, “Lonely”, “Go Away”, dan “I Am the Best”. Grup ini kemudian memutuskan untuk bubar di tahun 2016, dan kini CL lebih fokus dalam karier bermusik solo di Amerika Serikat. Ia merilis single solo pertama “Hello Bitches” di tahun 2015 dan album “Lifted” di tahun 2016.



Kai menjadi pembuka penampilan EXO, membawakan sebuah dance yang diiringi oleh instrumen yang menggabungkan bunyi alat musik kkwaenggwari (gong tradisional Korea) dan ketukan drum elektrik. Para member EXO lainnya kemudian menyusul dan membawakan “Growl” dan “Power”. Seisi stadion ikut menari bersama mengikuti lagu yang enerjik.



EXO debut di tahun 2012 dan telah meroket menjadi salah satu grup K-pop papan atas. Mereka telah merilis sejumlah lagu populer seperti “Growl”, “Overdose”, “Love Me Right”, dan “Ko Ko Bop”. EXO juga pernah tampil di sejumlah acara internasional mewakili negara mereka, sehingga mereka mendapatkan julukan “Nation’s Pick”, sementara member Baekhyun juga membawakan lagu kebangsaan di pembukaan International Olympic Committee ke-132 beberapa saat yang lalu.


Honey Lee tampil sebagai kejutan dengan membawakan ChoonAengMoo, tarian tradisional Korea yang ia bawakan secara solo.
Agensi menjelaskan bahwa Honey Lee, yang memiliki gelar S2 dalam musik tradisional Korea dari Seoul National University, pada bulan Oktober 2017 diminta untuk tampil dalam penutupan. Ia memiliki waktu tiga bulan untuk mempersiapkan penampilannya. Honey Lee menyatakan, “Dengan penuh syukur aku menyetujui untuk tampil di upacara penutupan dan berkesempatan untuk menunjukkan kecantikan Korea kepada dunia.”

Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 digelar pada 9 hingga 25 Februari di PyeongChang, Provinsi Gangwon. Rangkaian Olimpiade selanjutnya akan disusul oleh Paralympics yang akan digelar pada 9 hingga 18 Maret mendatang.
Source: soompi
Indotrans: anisrina