Gaon Tak Anggap USB “Kwon Ji Yong” Sebagai Album, G-Dragon Beri Respon

Sebelumnya, Korea Music Content Industry Association memberikan pernyataan terkait album baru G-Dragon, yang akan dirilis offline dalam bentuk USB, bahwa album tersebut secara teknis tidak dapat disebut sebagai sebuah “album”. G-Dragon merespon hal ini melalui Instagram.

난 문제가 아냐 문제의 답이에요🎵

A post shared by 권지용 (@xxxibgdrgn) on

Ia berkata, “Apa masalahnya?

“Apakah, jika seseorang yang tidak kau kenal memutuskan bahwa karya seorang artis ‘adalah sebuah album’ atau ‘bukan sebuah album’? Ini adalah lagu-lagu yang dapat aku ungkapkan kepada dunia setelah memikirkannya dalam waktu yang lama.

“Setiap kali aku dapat memegang album baru yang masih berada di plastik, rasanya seperti mimpi. ([Entah berupa] LP, kaset, CD, file USB, atau lainnya). Bukan itu intinya.

“Yang terpenting bukanlah kemasan luar atau desain yang menarik, tetapi musik, yang dapat didengarkan oleh siapa saja, di mana saja, di mana suaraku telah direkam: lagu-laguku.

“Melalui telingamu, matamu, tanganmu, mulutmu. Supaya terus diingat di dalam hati, tak berubah seiring berjalannya waktu.

“Lagu, meski bisa saja hanya singkat, dapat tertulis di hidup kita.

“Melodi dan lirik yang bagus adalah segalanya. Yang lainnya tidak penting.”

Berikut pernyataan dari Korea Music Content Industry – yang mengoperasikan Gaon – yang menyebut bahwa USB “Kwon Ji Yong” bukanlah sebuah “album”:

Berdasarkan hukum yang berlaku saat ini, sebuah “album” adalah “sebuah obyek fisik yang berisi musik.” Awalnya, karena sebuah USB – sama seperti LP, kaset, atau CD – adalah sebuah obyek yang dapat menyimpan musik, Korea Music Content Industry tadinya hendak menyetujui bahwa USB G-Dragon juga dapat disebut sebagai sebuah album.

Namun, USB “Kwon Ji Yong” berisi sebuah tautan menuju sebuah situs, di mana pengguna dapat memasukkan kode yang terdapat dalam kotak album untuk dapat mengunduh album serta video klip. Karena secara teknis tidak ada musik dalam USB tersebut, Korea Music Content Industry menganggap USB tersebut sebagai alat untuk mengunduh musik, bukan sebagai album itu sendiri. Organisasi tersebut menganggap sesuatu seperti ini sebagai ‘kino album’, tipe album baru yang membuat pengguna dapat mengunduh album, video klip, pemotretan, dan lainnya melalui ponsel pintar maupun aplikasi di computer. Korea Music Content Industry tak mengkategorikan ‘kino album’ sebagai sebuah “album”.

Hasilnya, “Kwon Ji Yong” tidak dapat disertakan dalam chart penjualan album Gaon, yang akan berimbas untuk peringkat dalam SBS “Inkigayo” dan MBC “Show! Music Core”.

Sementara itu, terdapat penentang yang mengklaim bahwa membeli USB sama saja seperti membeli sebuah album, sehingga USB tersebut masih dapat dianggap sebagai sebuah sarana untuk menyimpan musik.

Source: soompi

Indotrans: anisrina

Advertisements

One thought on “Gaon Tak Anggap USB “Kwon Ji Yong” Sebagai Album, G-Dragon Beri Respon”

Comments are closed.