[Intermezzo] Alternatif Oleh-Oleh dari Korea Selatan

by

Hi Haebaragi!

Rubrik Intermezzo kali ini akan membahas alternatif oleh-oleh dari Korea Selatan. Selain oleh-oleh makanan seperti kimchi dan rumput laut, atau oleh-oleh standar seperti gantungan kunci atau magnet kulkas, berikut KI rekomendasikan pilihan oleh-oleh dari Korea Selatan yang unik dan tentunya terjangkau!

  1. Makanan: Honey Butter Chip – tteokpokki crackers

Mencari oleh-oleh makanan khas Korea itu memang susah-susah gampang. Kalian bisa pergi ke minimarket atau supermarket terdekat untuk mencari camilan unik dari Korea.

chanyeol Salah satunya ialah ‘Honey Butter Chip’. Camilan ini sempat populer tahun lalu, dimana sangat sulit untuk mendapatkannya dan banyak artis yang ‘memamerkan’ foto saat makan keripik kentang rasa madu dan mentega ini. KI sempat merasakan sendiri camilan ini, rasanya cukup enak dengan paduan manis dan gurih mentega, cocok untuk oleh-oleh. Kalian bisa beli camilan ini di supermarket besar, harga satuannya sekitar 1500-3000 won (tergantung ukuran).

honey butter chipAda camilan lain yang cukup unik, yaitu tteokpokki crackers yang rasanya pedas dan gurih. Camilan ini juga menjadi produk paling banyak dibeli sebagai oleh-oleh. Harganya sekitar 900-2000 won (tergantung ukuran).

27247_620x

 

2. Minuman: Hershey’s Chocolate Drink – Soju Buah

Susu pisang atau milkis mungkin masih menjadi pilihan oleh-oleh tapi sekarang produk tersebut sudah bisa didapatkan di berbagai swalayan di Jakarta (atau online shop), jadi pilihan oleh-oleh untuk kategori minuman jatuh pada minuman coklat dari Hershey’s dan soju rasa buah yang sedang jadi tren di Korea akhir-akhir ini.

hershey'schoco drink

Hershey’s chocolate drink memiliki berbagai varian rasa, dengan kenikmatan coklat Hershey yang sudah terkenal maka rasa minuman ini tak perlu diragukan lagi enaknya. Minuman serupa juga dirilis di Singapura dan Malaysia, namun versi susu kedelai. Di Korea, minuman ini bisa dibeli di minimarket dengan harga satuannya sekitar 1.000 won.

soju

Soju, minuman beralkohol khas Korea ini sedang naik daun kembali dengan dirilisnya beragam varian rasa buah. Tak hanya rasa buah, beberapa produsen besar pun meluncurkan varian soda dengan kadar alkohol yang lebih rendah untuk menarik konsumen perempuan. Soju rasa buah kini juga hadir dalam kemasan plastik sehingga mudah dibawa. Harga satuannya 1500-4000 won (tergantung ukuran).

 

3. Kosmetik: Masker muka – hand cream

 

Korea Selatan memang dikenal dengan produk kosmetiknya. Dengan kualitas yang bagus dan harga terjangkau, kamu bisa membeli produk kosmetik sebagai oleh-oleh. Tapi karena tingkat kecocokan produk dengan kulit orang itu berbeda, sebaiknya kamu membeli kosmetik yang bisa digunakan oleh semua orang misalnya masker muka dan hand cream. Hampir semua brand kosmetik menjual masker muka dan hand cream dengan beragam varian dan harga terjangkau. Kamu juga bisa mendapatkan gratis sampel setiap mampir ke toko kosmetik di Myeongdong atau Hongdae. Selain di kedua tempat tersebut, kamu juga bisa membeli masker dan hand cream murah di supermarket loh. Harga satuan masker sekitar 500-1000 won sedangkan hand cream sekitar 2000-5000 won.

Brand popular yaitu Nature Repulic, Innisfree, Etude House, Beyond, Tony Moly.

 

4. Pakaian: Hanbok murah – kaos kaki lucu

hanbok_1

Di Korea Selatan, kamu bisa memakai hanbok gratis di ‘tourist center’ yang ada di Myeongdong atau menyewa hanbok dan berfoto studio. Namun jika ingin membeli hanbok sebagai oleh-oleh, tentu harganya cukup mahal. Tips dari KI, pergilah ke pasar Namdaemun atau kunjungi flea market yang digelar tiap akhir pekan di Gwanghwamun Square. Ada booth penjual hanbok bekas namun berkualitas seharga 15.000 – 25.000 won per pasangnya.

kaos kaki

Kaos kaki lucu juga menjadi alternatif oleh-oleh yang menarik. Dari gambar kartun hingga artis idola seperti EXO maupun si kembar tiga Daehan, Minguk, Manse pun ada. Harganya murah, hanya 1.000 – 2.000 won per pasang dan kualitasnya cukup bagus. Rekomendasi KI, belilah kaos kaki ini di Hongdae.

Dari stasiun Hongdae exit 9 belok ke kiri, sampailah di toko kaos kaki ini.

 

5. Merchandise Kpop

sum-market

Belum lengkap rasanya ke Korea tanpa beli oleh-oleh berupa merchandise Kpop. Penggemar artis SM Entertainment seperti Super Junior, SNSD, EXO dkk, kalian bisa langsung ke SUM Market di SMArtium, COEX (stasiun Samsoeng) untuk membeli aneka ragam merchandise. Penggemar artis dari Cube Ent seperti BTOB dan 4Minute juga bisa langsung ke Cube Cafe untuk membeli merchandise mereka.

kpop-cdsJika ingin membeli album dan merchandise Kpop dengan harga terjangkau, kalian bisa pergi ke stasiun Myeongdong exit 5-6, lurus saja (jangan naik ke atas) di sebelah kiri ada kios kecil yang menjual album Kpop baru maupun lama dan aneka merchandise tidak resmi dari beragam artis.

 

Demikian beberapa alternatif oleh-oleh yang bisa dijadikan pilihan lain untuk kalian yang akan liburan ke Korea Selatan. Adakah oleh-oleh lain yang ingin kalian rekomendasikan bagi teman lainnya?

Yuk share di kolom komentar sehingga alternatif oleh-olehnya juga semakin banyak ^^

 

 

 

foto: dari pelbagai sumber

Loading…

6 thoughts on “[Intermezzo] Alternatif Oleh-Oleh dari Korea Selatan

    1. taun kemaren itu 1 won sekitar 11-12 rupiah..
      gatau kalo sekarang.. yah sekitaran segitu lah pokoknya mah πŸ™‚

  1. pengen sih. Cuma ragu antara halal atau nggak. Belum lama ini aku nemu olshop indo yg jual Honey butter chips di situ bilangnya makanan ini non-halal, harga satunya 65rb-an..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *