Bagaimana Perbandingan EXO dengan Grup Senior TVXQ dan SJ?

20130518_exo_xoxo

Dua tahun setelah debut, grup idola EXO tengah berada dalam masa kemajuan mereka yang terus-menerus.

Pada 9 Desember, bersamaan dengan perilisan mini album “Miracles in December” dan title track Christmas Day”, EXO berhasil mengambil alih semua daftar musik utama. Bahkan sebelum tanggal resmi mini album mereka diedarkan tiba, angka pemesanan telah mencapai sekitar 400.000.

Dengan kemajuan yang pesat inilah, EXO, yang awalnya mendapet label “grup rookie tahun kedua”, dengan cepat menjadi salah satu “grup K-Pop Paling Terkemuka”. Kantor berita Daily Sports baru-baru ini membuat peringkat ’10 besar mereka yang berpengaruh di jagad K-Pop’, dipilih oleh orang-orang berpengaruh dan berpengalaman di industri. EXO meraih tempat kelima, di bawah SM Entertainment (pertama), YG Entertainment, Melon, dan G-Dragon. EXO menjadi penyanyi/grup berpengaruh kedua setelah G-Dragon.

November lalu, di ajang “2013 Mnet Asian Music Awards” yang diadakan di Hong Kong, EXO dianugerahi penghargaan “Album of the Year”, penghargaan terbesar malam itu. Dan awal bulan ini, mereka juga dipilih sebagai “Best Group” di 2013 Chinese Music Billboard Newcomers Awards.

Menurut Ilgan Sports, seberapa besar kekuatan EXO bila dibandingkan senior mereka TVXQ dan Super Junior?

>Pertama-tama, apakah popularitas EXO mengalahkan popularitas seniornya?

Salah satu cara mengetahui kekuatan fans suatu grup ialah melalui penjualan album, dan dengan penuh hormat, EXO pastinya melewati tingkat kepopuleran senior mereka. Album teranyar mereka, “Miracles in December”, mendapat angka pemesanan sekitar 400.000 kopi.

Bila angka ini digabungkan dengan album mereka sebelumnya “XOXO” (termasuk edisi repackage), penjualan album EXO mencapai 1,3 juta kopi. Angka ini tentu meninggalkan kedua grup seniornya dengan perbedaan yang mencolok. 1 juta kopi. Terlebih lagi, dengan angka penjualan yang bombastis, empat album EXO tahun ini mampu menembus 10 besar daftar musik Gaon. EXO mencapai semua itu di tengah-tengah resesi penjualan album, mengalahkan penjualan “Mirotic” milik TVXQ yang laku 300.000 kopi. 300.000 kopi merupakan rekor yang awalnya orang-orang pikir tidak bisa dikalahkan, tapi EXO dapat mematahkannya. Membuktikan kalau semua orang salah.

Yang lebih mengagetkan adalah rating musik EXO, yang selalu menjadi kelemahan untuk seniornya, ternyata tinggi. Lagu mereka “Christmas Day” dan “First Snow” saat ini menempati posisi pertama di daftar musik berbeda, dan satu lagu lain berada hampir di posisi puncak. Ada pandangan bahwa idola pria didikan SM memiliki selera musik yang cenderung berbeda dengan fans Korea mereka, tapi sekali lagi EXO mampu mematahkan pandangan tersebut.

Jika ada satu hal yang memisahkan EXO dengan seniornya, hal itu ialah penampilan mereka panggung mereka. TVXQ memiliki kekuatan nomer satu dalam penjualan tiket di Jepang, Super Junior mempunyai penyebaran fans paling luas di seluruh penjuru dunia, dan EXO memiliki kekuatan penampilan panggung yang mengagumkan.

Seorang perwakilan resmi dari sebuah agency pertunjukkan menuturkan, “Hanya dengan melihat dari skala global fandom mereka, dan popularitas mereka di Cina, EXO telah menjadi grup papan atas. Karena mereka baru menghasilkan satu album sejauh ini, jumlah konser mereka sedikit terbatas, tapi segera setelah album kedua mereka keluar, mereka akan mampu menggelar tur dunia.”

Perwakilan dari SM berkata, “Memulai tahun ini dengan lagu populer ‘Wolf’ dan ‘Growl’, kami hampir mendekati angka penjualan 1 juta kopi untuk album pertama EXO. Tahun ini benar-benar spesial, dengan popularitas yang sungguh hebat baik di dalam negeri dan luar negeri. Mereka pantas menyandang status ‘raja album’.”

>Apa yang menjadi penyebab utama popularitas EXO menurut para ahli?

EXO merupakan produk sempurna yang dihasilkan setelah banyak percobaan oleh SM. Mereka melampaui level dari idola rata-rata dan perencanaan yang luar biasa dari SM-lah yang membawa mereka menuju fandom yang kuat.

Komposer Park Hyun Joong mengatakan, “Setiap artis SM memiliki ciri khas masing-masing, tapi pada kasus EXO, mereka seolah dilahirkan untuk menciptakan musik yang populer. Lagu mereka ‘Growl’ dibuat oleh Shin Hyuk, yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Justin Bieber dan beberapa komposer bertaraf internasional lainnya. Para membernya sendiri juga istimewa dalam menyanyi dan menyuguhkan penampilan. Mereka berkembang ke level yang melampaui idola pada umumnya.”

Kim Tae Kyu, seorang pengkritisi musik, juga berbicara mengenai popularitas EXO, “Ruang untuk sebuah grup idola dimana fokus utamanya ialah memuaskan fans remaja cukup lama kosong. Kita membutuhkan sebuah grup yang bisa meneruskan jejak Seo Taiji, H.O.T, TVXQ, dan Big Bang, dan saat ini EXO telah mengisi ruang kosong tersebut. Sistem manajemen fandom SM juga telah banyak berkembang. Sekarang, mereka telah dengan ahli merencanakan pasar untuk remaja.”

Bagaimana menurut kalian, Haebaragi? Apakah EXO sudah mampu disandingkan dengan grup idola yang lebih senior seperti TVXQ, Super Junior, dan Big Bang?

Source : soompi

Indotrans : lilulalelo@koreanindo.net

Advertisements

407 thoughts on “Bagaimana Perbandingan EXO dengan Grup Senior TVXQ dan SJ?”

  1. dan juga jika dilihat kenapa exo (junior) dari tvxq dan suju terkenal ,, menurut saya itu semua tidak lepas dari kerja keras para penyebar hallyu wave terutama suju,, jika kita telisik lagi ingat gak kejadian SS4 INA dan waktu kemarin di SS5 London,,, senior mereka yang memperkenalkan adik mereka,, jd tolong jangan seakan akan berita ini seperti ingin menyudutkan ,, jelas mereka beda walaupun masih dalam 1 agensi,, sepertinya cukup itu saja argumen dari saya 😉

  2. Tidak! karena menurutku kepopuleran EXO saat ini g terlepas dari pengaruh senior2nya mereka penggerak hallyu wave keberbagai belahan dunia… g usah ngebanding2in mereka,

    1. tapi kan nggak semua bisa beli di zaman teknologi seperti sekarang sekarang siapa sih yg mau repot repot ngurus beli album mahal mahal ribet ribet sedangkan bisa download di internet gampang cepet gratis lagi -_-
      hitungannya EXO udah bisa nunjukin kemampuannya bersaing di kegiatan ilegal gini karena dalam waktu satu tahun mereka bisa jual lebih dr 1 juta copy tolong dong jangan nge-judge gitu walalupun EXO hadir disaat K-Pop udah mendunia mereka juga berjuang biar tetep unggul di tengah persaingan ketat. jadi jangan nge-judge sembarangan. aku tahu EXO belum bisa dibandingin sama SuJu TVXQ atau Big Bang dimana mereka grup grup veteran yg berjuang untuk memperkenalkan K-Pop di dunia. tapi jangan ngeremehin dan nge-jelek-jelek-in EXO kayak gitu. semua grup punya ciri khas nya masing masing

  3. Eyy masih jauh keless.. masa udh mau disandingin sama senior mereka. gimana jg jgn cuma nilai dari data kualitatifnya aja! EXO sukses kyak gini juga salah satunya karna debut dibawah agensi besar dan dijaman meledaknya korean wave -__-
    Hell, gimana juga senior mereka terbaik dijamannya, udh punya tempat terkhusus dihati para fansnya yg tak tergantikan. seenggaknya harus lihat 3tahun lagi perkembangan EXO kyak gimana, xixi

  4. sejauh ini aku akuin emang fofularitas EXO emang menanjak pesat banget…tapi untuk disandingkan atau disama ratakan dengan senior senior mereka (TVXQ&SUJU) saya rasa belum…#mianhe fans EXO…

    istilahnya TVXQ&SUJU udah makan asam garam dunia hiburan korea…mungkin 4-5 thn ke depan baru kita boleh membandingkan EXO sama senior2nya…he..he…

    1. gw maah mo group baru bmunculan n blomba2 jual album jual popularitas….hati gw tetep lurus2 ajah ke db5k…mo dulu mo sekarang i love you guys…coz i am cassie…the one eternelly…ga terasa 10th…maaf maaf promosi banggain diri#pamiiitparengsedoyo

      1. 1000 jempol duat mulya unn…
        fans harusnya kayak gtu…loyal…!!
        adanya artis karna adanya fans…
        yang susah itu mendapatkan fans yang loyal..meskipun berbagai masalah menerpa idol fans selalu berada di sisi idol..
        gak hanya ngefans saat jaya dan pergi saat tak berjaya…#salah tempat curhat unn…balik ke rumah yuch ah unn…diusir tetangga ntar…lagian tu suster udah lama nungguin…buat nangkep mulya unn…
        #kabur duluan..

  5. Oh tidak!!
    Jangan pernah banding-bandingkan satu dengan yang lain. Mereka punya potensi sendiri-sendiri.
    Gak terima banget dikayak gini.

  6. first of all, i’m an elf tapi aku respect exo dan bb/gb lain. tapi ngeluarin pendapat ga salah kan ya.
    jadi gaheran ditahun kedua mereka udah sukses kan k-wave udah mendunia berkat hallyu stars jadi orang-orang gampang tau apalagi exo dari agensi terkenal. coba exo dilahirin pas jaman tvxq atau sj pasti ngerasain susahnya perjuangan tvxq sama sj dan gak langsung sukses dalam 2 tahun. menurut pribadi, walaupun penjualan exo di atas sj atau hallyu idols lainnya tetep aja exo belum bisa dikasih predikat “mengalahkan” hallyu stars. toh hallyu stars yang kerja keras biar k-wave makin mendunia jadinya rookie groups saat ini gampang terkenal.

      1. nah kan. sekarang yang pada belum debut aja udah terkenal ga kaya pas beberapa tahun lalu apalagi trainee SM.

        aku ga bilang rookie groups itu terkenalnya instan. mereka ada kerja keras tapi juga dapet profit berkan bantuan dari hasil kerja keras pendahulunya apalagi sj yang gencar banget promosiin junior mereka

    1. setuju banget ma kmu chingu, coba klo exo dilahirin pas k-wave bom populer seperti saat dbsk muncul, bisa ga mereka menyebarkan virus(?) k-wave yg blom seterkenal sekarang? dan lagi stiap bb/gb itu jaya pada masanya. bener g tu?

    2. setuju setuju setuju… salah satu faktor kuat yang bikin exo meledak ini karena kesuksesan grup terdahulu dalam mengenalkan hallyu ke seluruh dunia.
      sudah menyamai bahkan melebihi? hmmm… perlu dipikir ulang… jangan cuma diliat dari banyaknya album terjual. heuh, bahkan para pengamat ahli di korea meliatnya cuma dari aspek penjualan album, gimana orang awamnya??
      sorry no bash,

    3. Stuju bgt chingu!!!
      exo bsa dgn cpat mndpat popularitas emg karna vrus K-wave udh mnyebar dmna2. dn mnurutku yg bkin K-pop dkenal dunia tuh adlah artis2 dlu mcem TVXQ. mrekalh yg ngnalin Kpop k dunia.
      aku akui klo exo pnya kmampuan vocal yg ckup bagus, dtmbah tmpang mreka yg udh lngsung smpurna bgtu debut. tpi klo dbilang mnglahkn TVXQ sma Suju sih msih blm bsa dblang gtu.
      lgian, krena vrus K-wave yg udh mkin terkenal, artis2 bru lbih cpet tenarnya.

    4. Betul (y) … SJ skrng pnya nama krn usaha mereka slma bertahun” dr sgla hal yg hrs mereka lewati … Suju ,TVXQ ,big bang msh pemengang ‘The King of Hallyu Wave ‘ … Boa msh bisa d’sbt ‘The Queen of Hallyu Wave’… krn usaha mereka bb and gb yg skrng lbh mudah sukses…

    5. dan yang perlu di ingat,, terutama di INA dulu ada yg tau exo gak kalo gak SJ sendiri yang bawa mereka pas SS4,, jd itu semua gak jauh dari apa yang senior mereka lakukan buat mereka

    6. nah setujuuu!! debut dijaman berita bisa didapat dengan mudah lewat internet..didukung penuh sama manajemen raksasa, apalagi kalo akhirnya gak sukses..
      Tapi untuk bilang mereka bisa setara dengan senior yang mulai dari NOL.. Perjalalanannya masih jauh.

  7. Nah setiap grup itu punya ciri khas masing2 dan please jgn banding2in.. buat gw suju ttep juara.. oke emg skrg exo lg di masa2nya..suju jg pernah ngerasain itu dan bahkan smpe skrg popularitas suju msh jaya2nya.. elf kesebar dimana2.. hihihi *no bash

    1. Betul (y) … Suju emang lg gk pnya album baru tp Suju lg fokusin tour dunia smbl nunggu leader mereka balik dr wamil… bukti’a aku udah jrng bahkan gk prnh denger mereka dateng k’acara musik korea plng member suju jd MC… Suju keren dgn kelebihan’a, EXO keren dgn kelebihan’a~~~

      1. masing2 punya tempat sendiri di hati fans2nya.. mau mereka sejelek apapun yg namanya fans pasti ngedukung.. tp untuk waktu 2 tahun kayaknya belum bisa disebut sama kayak seniornya yg bisa kayak skrg ini karena PERJUANGAN tiada tar.. gak instan.. apalagi dulu internet gak kayak skrg.. gadget dimana2 jdnya semua org bisa dgn gampang tau yg lg booming.. hebatnya SUJU yaitu walau gak ngeluarin album maupun kombek tp fans mereka bertambah..penyebar hallyu wave yg rendah hati yg masih care sama juniornya.. walau sering disakitin dihina2 mereka gak peduli dan hebatnya ELF selalu ada sama suju…aduuhhh jd kangen ahjusshi 😦

  8. dan lagi…..jangan pernah ngebandingin satu grup dengan grup lain…KARENA MEREKA ITU BEDA!

    ini sebenernya yang sering mancing fans yang kurang dewasa untuk fanwar….

    semua grup punya masanya sendiri….suatu grup bukan diliat bagaimana saat ini tapi bagaimana grup itu di ingat & dikenang

    setiap grup punya kelebihan dan kekurangan masing-masing

    1. Gak bisa dibandingin sih kalo menurutku , karena tiap BB itu punya jurus atau formula yg berbeda .

      kalo boleh kasih gambaran dikit

      – TVXQ : suara emas mereka

      kalo denger nama TVXQ yang aku ingat pertama adalah suara keren para membernya.

      – SUJU : personality membernya

      yang bikin aku suka Suju itu karena kepribadian tiap membernya yang unik-unik .

      – BigBang : Kreatifitas dalam mengolah musik

      – EXO : Wajah mempesona mereka

      secara jujur aku belum ngeh sama lagu2nya EXO.suka sih ,cuma berasa ada yg kurang aja kalo cuma dengerin lagunya tanpa liat MVnya . karena plusnya mereka ada di wajah para membernya sih menurutku .

      jadi selama EXO belum bisa ngalahin suaranya TVXQ , personality Suju dan kreatifitasnya Bigbang menurutku EXO masih belum bisa disejajarin sama seniornya walaupun penjualan album dah melampaui seniornya.

      1. setuju banget sm sweetsulli..
        kl udh lewat lima taun mgkn br bisa disejajarin..
        tunjukin ap yg mereka bisa dulu lah kl sekarang..
        baru tar keliatan kuatnya dimana..

      2. Setuju (y) … walaupun EXO sekarang d’sebut ‘raja album’ gk masalah… setiap bb n gb pnya kelebihan masing” … suju (y) walaupun album’a gk ‘selaris’ EXO tp suju pnya personality yg baik, walaupun member’a udah gk ‘semuda’ EXO tp bukti’a Suju msh memiliki penyebaran fans plng luas dan suju udah buktiin lwt negara” yg udah mereka kunjungin sampe SS5 … aku gk lg bandingin or ngejelekin EXO, jujur aku jg suka lagu mereka trus Sehun Kris Suho tp menurut aku sbg ELF mrk pnya perbedaan yg bisa bwt mrka jd populer sprt skrng 🙂 …

    2. Ok siapapun yang bikin artikel ini pastinya ngebias dan mau menunjukkan kepopuleran exo dengan membanding2kannya dengan para senior.XD
      Pertama , mirotic TIDAK terjual 300.000 kopi, fakta yg benar adalah 600.857 kopi. dan album sales itu HANYA dihitung dipenjualan korea, padahal ada japan ama chinese version nya juga, sementara exo = korea+chinese+rep+growl ver2
      4 album lawan 1 ohohoho sangat adil pemirsahh~~~~

      baca artikel ini dalam b.inggris lebih mengesalkan lagi : TVXQ has the number one ticket power in Japan, Super Junior has the widest distribution of fans in the world, and EXO has amazing performance power.

      Exo has amazing performance power,? as in lypsinc?compared to tvxq permorances? lololol
      so funny! biggest jokes evahhhhhh~~~~

      ada yang tersinggung? mian hanya mengekspresikan pendapat tapi semua kata2 saya adalah FAKTA

      1. @ gital…aku juga berpikir sama kayak kumu..perasaan album mirotic penjualan ya lebih dari segitu…
        Mungkin yang di maksud 300rbu copy disana 300rbu copy penjualan di minggu pertama!! Mhon di koreksi kalo salah…

      2. Kyaknya mbak deh yg tersinggung sma artikel ini.. Aku sih seneng, soalnya artikel ini AMAZING..
        Oh, jadi bukan 300.000 ya mbak? yah, terjual 10 juta kopi pun, sepeser pun mbak gak dapet kan? yaudah lah, gak usah pake heboh segala mbak, calm down ._.
        apa yg salah dari lypsinc mbak? kyak idola mbak gak pernah lypsinc aja.. mungkin buat mbak ‘amazing performance power’ cocok disandang sama TVXQ, tapi jangan maksain pendapat sendiri dong mbak, orang lain gak setuju biarin aja, jgn buat komen kyak gini..
        mungkin vokal TVXQ emang bagus dan gak perlu diragukan lagi, tapi mbak pernah mikir nggak kenapa bisa begitu? mereka cuma ada lima *dulu* otomatis, biar vokalnya kuat, SM milih orgnya yg bener2 bisa nyanyi, sementara exo ada 12 orang, klo semua punya vokal kyak yunho, kenapa exo gak dibuat grup ballad aja sekalian? exo punya vokal line, dance line, rap line mbak ku sayang… makanya (menurutku) mereka cocok menyandang gelar ‘amazing performance power’ karena keseimbangan antara vokal, dance, sama rap itu.
        mungkin bagi mbak exo has amazing peformance power itu cuma sekedar biggest jokes, oke gapapa, karna bagiku komen mbak ini juga gak lebih dari sekedar bullshit…
        Oh, FAKTA ya mbak? kok mbak taunya FAKTA yg jelek2 aja ya klo ttg exo? Mbak nge-stalk exo ya? ih, jangan hianatin TVXQ dong mbak, fans macam apa sih mbak ini? u,u klo mbak nge-stalk ttg exo gini, mbak tuh keliatannya kayak two face gtu, hehe..

      3. @ nyonyakim : ni original translatenya: EXO achieved all of this even in the midst of an album recession, beating out TVXQ’s “Mirotic” with 300,000 albums sold. The 300,000 was a record that no one thought could be beat, but EXO proved everyone wrong.

        kayaknya biasanya gak mungkin cuman seminggu kejual 300.000 copy deh ._. salah info kali yang nulis artikelnya. cek aja artikel ini disoompi ada komen yang nunjukin data sebenarnya. jadi KALO MEMANG BENAR akan sangat memalukan kalo yg nulis artikel ini bilang penjualan album exo melampaui tvxq. karena mirotic: 600.000, growl(dan segala rep-nya:500.000
        belum terlampaui dong ya? aahhh tapi saya juga belum yakin, ada yang punya infonya,mungkin?

      4. @baconyeojachingu menurut kamu artikel ini amazing kan karena ini artikel yg memuja exo chingu 😀 coba deh rasain kalo exo yg dibandingin kyk gini pasti kamu bakal protes. cek aja di soompi, banyak banget yg protes dengan alasan yg logis disitu.

        ahh mian aku salah nulis disitu, maksud aku mau bilang biggest jokes ever buat artikel ini yg bilang exo udah melampau sj tvxq (padahal kan belum) gitu loh maksudnya . saya gak pernah bilang idola saya gak lypsinc, tapi kan gak sesering exo dan maaf saya kebawa emosi lihat ada komen yg bilang performance exo lbh dari tvxq (di soompi) :))

        saya tidak nge-stalk exo loh, bagaian mana yg bilang saya ngestalk exo? kalo cmn pengetahuan lypsinc gak lypsinc dan masalah album sales mah seorang kpopers wajar mengetahuinya

      5. ouh ya..saya nebak 300rbu di minggu pertama itu karna dlu pernah baca dimana gtu,,klo pnjualan growl exo emng mengalahkan pnjuala mirotic di minggu pertama,,,#haduh..saya juga gak yakin…

        mian..mian..ya…

      6. @aulia: entah. kayaknya di artikel itu gak disebutin 300.000 adalah jumlah pre-order deh.
        yg bikin gak fair ya yang dihitung di penjualan mirotic hanya korean ver-nya. ementara growl mempunyai 4 versi : korean+chinese+rep+growl ver 2 (CMIIW?)
        saya pengen tau jika penjualan mirotic digabung dgn japan dan chinese vernya 😦 tapi susah nyari hasilnya di google

      7. @gital 4 album lawan 1,,, tunggu dulu, kalo gitu TVXQ yg katanya korea trus jepang + cina nya belum dihitung itu apa gk jdi 3 ya mba? ”sementara exo = korea+chinese+rep+growl ver2 (4)” kalo aku tulis TVXQ=korea+cina+jepang+rep(klo ada) jadi nya 4 juga dong? Atau aku yg salahh? Haha maaf deh nggak ngikutin TVXQ soalnya :3

      8. @gital tambah deh soal lypsinc, exo emang pernah lypsinc aku aja ngakuin ko apalagi yg D.O lupa kalo dia lagi lypsinc aissshh #bakar kyungsoo wkwk, tpi semua artis pernah kalee lypsinc mba #ehmmm kecuali TVXQ sihh kayanya, slmat ya yunho oppa n changmin oppa fans mu sangat memperhatikan kalian ternyata

      9. yes I THINK LIPSINC ~ aku denger waktu itu ya lipsinc kao dbsk emang gila mereka lagu keras ngebeat slow mereka nyanyi gak lipsinc tapi kalo exo engga deh untuk lagu yang keras mereka lipsinc cuma lagu yang agak slow juga kadang kadang lipsinc

    3. yahh karena gue bkn pengkritisi musik, menurut gue mereka semua punya kelebihan masing2. Musik mereka juga berbeda. EXO lagu2nya keren, beda ama rookie yg lain, ga heran liat kesuksesan mereka.

Comments are closed.