Heechul SJ Ungkap Besaran Royalti yang Ia Terima dari Lagu ‘Shanghai Romance’

Kim Heechul bicara soal berapa banyak yang ia terima sebagai royalty untuk menulis lirik lagu Orange Caramel ‘Shanghai Romance’. Dalam JTBC Ssulzun yang tayang 7 November, partisipan acara ini membahas soal lagu yang menerima royalty tertinggi di tahun 2013.

75874853Kim Heechul bicara soal pengalamannya menulis lirik untuk Orange Caramel yaitu lagu ‘Shanghai Romance’ setelah menerima permintaan dari temannya, yang bekerja untuk Pledis, agensi tempat Orange Caramel bernaung.

Kim Heechul mengatakan,”Judul asli lagu itu adalah London Boy dan punya lirik seperti ‘Mari menyeberangi sungai Thames’, yang mana kuganti judulnya menjadi Shanghai Romance dan liriknya menjadi ‘Mari menyebrangi sungai Yangtze.”

Ia kemudian mengungkapkan royalty yang ia terima dari lagu tersebut. Ia mengaku,”Ketika lagu itu terkenal, aku mendapat bayaran lebih dari 3 juta won (sekitar 30juta rupiah) per bulan ketika aku sedang menjalanai wajib militer.”

 

Article credit: JTBC

Shared by mwave

Indotrans infinitize@koreanindo.net

Please take out with full credit

Advertisements

37 thoughts on “Heechul SJ Ungkap Besaran Royalti yang Ia Terima dari Lagu ‘Shanghai Romance’”

  1. Itulah knp artis SM kaya nya kalau udah debut di atas 5 tahun dan punya jadwal gila. kalau gak gitu gak kaya2. krn cuma dpt honor dari manggung, nge-MC dan lain2. jadi SM cuma mengandalkan tubuh para artisnya. padahal kalau SM membiarkan mreka mengandalkan kreatifitasnya gak perlu sampek pingsan di panggung dan gak perlu sampek jerawatan gak perlu sampek cedera artisnya tuh. selain itu kaya nya juga cepat. gw gak tau itu rumah heecul beneran apa gak yg di instagram. kyaknya standard bgt untuk seorng artis. SM kyaknya memperkaya diri sendiri. katanya mau buka stand apaa… gitu di AMRIK yah wlw brhubungan dgn kelestarian K-pop. tapi tetep aja pake keringat artisnya. semua ada kekurangan dan kelebihannya. ini hny kekurangannya saja. klw kelebihannya mungkin artisnya pada terkenal semua ya? krn sering nampang di TV.heheheh sorry ya no bash.

    1. Tidak munafik orang pengaen kaya

      tapi diibaratkan semua kesenangan, kebersamaan, dan cita cita lebih diutamakan, jangan salah pikir kalo anak SM pada gak kaya.

      sekalipun dia bukan di SM dia tetep kaya cuy

      Siwon, Suho, Jessica, Sunny sama Kyu-Min bukti nyata dia kaya, sekalipun dia pengen kaya, dia gak akan mau jadi penyanyi dan artis dia pasti jadi kayak orang tuanya.

      disini masalah penulisan lagu, SM gak ngelarang, hanya membatasi, disini SM bukanya meragukan kemampuan artisnya, cuma SM ngerasa masih ada yang lebih wow dibanding yang lain.

      Orang [pengen kaya ga jadi artis/selebriti tapi jadi pengusaha #JustMyOpini

  2. mungkin itu juga salah satu faktor jyj keluar dr sm ya. hehe .aku sering ngepump pake lagu shanghai romance. nggak nyangka kalo yang nyiptain heechul… suka bgt ma lagumu oppa. ayo kembangkan kreatifitasmu lagi.

  3. Banyak jg sih lagu+rap ciptaan member suju >> http(:)//elfahjumma(.)wordpress(.)com/2013/05/28/songs-composed-by-super-junior-members/
    lumayanlah buat beli kolor hyukjae bisa buat ganti setaun u.u

  4. pd intinya adlh seseorang gak akan jd ahli klo gak pernah ngerasain jd pemula. Gak ada expert tanpa jd beginner. Sm hal’a dgn bkin lagu. Wlwpun artis bikin lagu atw gak toh si komposer dah dikontrak&digaji sm prusahaan, yg bikin untung kan hak cipta, royalti, prestisiusnya itu.

    1. udah jadi pemula kok, buktinya setiap album selalu ada nyelip satu atu 2 lagu dari membernya

  5. taste SM emang cuma bisa dipegang YYJ atau Kenzie, jarang dari lagu mereka yg ga ngehits 🙂

    waaahh… bang ichulll kapan lamaran? uda bisa bikin duit banyak kan 😄

  6. itu mengapa heenim protes kenapa SM g kyk YG… Iya jg sih YGent aja ngasih jln buat artisnya yg berbakat nulis lirik lagu contoh GD. sedangkan SM hanya mengandalkan penulis lirik dari SM aja. padahal anak SM pada berbakat bikin lagu Khususnya di SJ. Ada donghae, Eunhyuk, Henry, Heechul jga. Royaltinya itu loh masih bisa ttp mengalir ke kantong…

    1. Kalo SM kayak YG, nanti pada PROTES lagi.. Kok niru2 taktik atau strategi marketing atau bisnis orang lain.. bla bla bla..

      Gimana kalo emang mnrt SM lagu2 YYJ/Kenzie itu lebih menjual atau mereka ga mau membebani artisnya mengingat jadwal mrk yg penuh ? Gini yah, coba pikirin dari sisi sang artis.. Jadwal mrk udah numpuk menggunung, ditambah lagi dibebani bikin lagu sendiri? Beda sama GD, kegiatan dia diluar Musik bisa dibilang sedikit dibanding artis2 SM.. GD itu punya minat, bakat, kesempatan dan waktu buat hal itu..

      Dan lagi filosofi masing2 perusahaan itu berbeda.. Toh dikit2 ada juga yg mulai nulis lirik, bahkan bikin lagu dan lirik secara keseluruhan..

      1. kalo menurut aku itu justru akan memudahkan sang artis,,,artis yang bawaain lagu mereka sendiri pasti punya feel tersendiri..dan orang lain pun pasti punya pandangan yang ‘lebih’ sama artis yang bikin music mereka sendiri dan yang terpenting kebanggan tersendiri buat mereka…

        selama mereka artis/ penyanyikan yang pasti harusnya mereka disibukan dengan kegiatan “kepenyanyian” mereka dong!!

      2. setuju sm lu cing, kagak kebayang tar YGstan pada ngebash SM habis2an, org kagak niru aja sering disindir2 dikit, apalagi kalo sm kejadian kaya itu, hadehh bisa2 SMstan sm YGstan fanwar mulu.
        kasian idolnya, capekk ga ada wkt istirahat

      3. bener banget Anak SM tuh ibaratnya 1minggu pasti keliling, ntah pemotretan, konser, cf bla blabla. kalo disuruh nulis mah ibaratnya nambahin capek, terkecuali kalo emang lg waktu senggan gak papa, lagian kalonlagunya di pake sekarang dan gak terlalu WOW bukanya malah jadi beban.

        mending ibaratnya lagu di pertimbangkan,kalo udah bener bener bagus kan bisa buat masa depan, kalo gak di selipin di album grub, siapa tau bisa buat solo atau kalo udah pensiun dr grubnya bisa dipake /dijual hhehe itu pendapatku sih

      4. @nyonyakimsyasya : SM itu udah jelas ching.. mereka mendebutkan Idol sebagai “entertainer” bukan cuma seorang musisi atau penyanyi ( karena ga munafik. bbrp dari mereka ga masuk kualifikasi penyanyi ).. That’s SM.. Bahkan mnrt gw bbrp juga lebih fokus ke kegiatan diluar menyanyi ketimbang penyanyi meskipun gelar mereka tetep grup idola.. 😀

        Mungkin emang di title song tiap album masih kurang lagu ciptaan sendiri, tapi udah mulai kok.. Walaupun masih jauh dibanding YGnya GD..

        Mungkin kalo diliat dari penghasilan emang jauh sih, entertainer sama producer/composer..

        Susah sih kalo ngebandingin sama GD.. Gw aja salut bukan main sama lagu2nya dia.. Jenius untuk ukuran penyanyi yg baru debut 7 tahun.. 😀

    2. SM gak ngelarang artisnya bikin lagu kok! Buktinya banyak kok yg nyiptain lagu sendiri,.. sj,shinee, prnah bkin lagu mreka sndri, snsd jg (walaupun cmn bagian lirik) !! Tp mngkin hasilnya blm terlalu bagus, krn kayaknya blm ada yg d jadiin lagu utama(??). Tp ttp d masukin k album kan?

      bkn brarti tdk mmberikan kesempatan dong!! Mngkn LSM ahjussi jg tdk mau trlalu membebani artisnya! Tau sndiri kan gmna padatnya jadwal artis SM,. Beda sma YG yg terkesan lbih santai! SM kan serakh job!!

      Lagian nanti kalo artis SM rame2 pda bkin lagu sndri, nnti d bilangnya serakah lagi!!,.. nyanyi iya, iklan, modeling, drama, film, mc, variety show, produser(shindong), pengusaha, dancer!! Kalo komposer mreka jg! Mnti dunia hiburan korea d kuasa mrka dong? Hahaha,.

      Kalo setuju mah sma LSM appa! Untuk skrng Biarkan artisnya menyanyi dan bersenang2 d panggung! Kalo mau jd komposer profesional nnti aja kalo sdah tdk laku!! Hehe ,.. tp kalo cmn sbagai selingan boleh lah,skalian ngelatih diri bt bekal hari tua!! (Lirik oppadeul sj)

Comments are closed.