Perjalanan Panjang dan Sulit Bagi ‘Rookie’ untuk Tampil di Salah Satu Program Musik

57974

Program musik biasanya dimulai dengan berbagai ‘rookie’ (pendatang baru) untuk memulai acara mereka. Sering kali, orang yang menonton hanya diam dan menunggu bagian akhir. Musik mereka juga terdengar sama dan penampilan juga tidak berbeda dari grup idola berikutnya yang tampil.

Namun, kenyataannya adalah bahwa grup ‘rookie’ yang akan tampil di atas panggung untuk pertama kali, mengalami proses yang sangat panjang dan sulit. Untuk program musik, mereka tidak membiarkan sembarang orang dapat membawakan album mereka di atas panggung.

Grup dan manajer mereka harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan satu daftar di acara musik.

Setiap hari Senin jam 10 pagi manajer dari grup ‘rookie’ akan berkumpul di sekitar coffee shop di depan gedung KBS. Orang yang menunggu bervariasi dari CEO, direksi dan manajer. Mereka semua menunggu kesempatan untuk bertemu dengan produser KBS “Music Bank”.

Namun, karena produser selalu sibuk dengan berbagai pertemuan dan semacamnya, manajer menunggu sekitar 3 jam untuk bertemu dengan mereka. Bahkan kemungkinan mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan mereka. CEO agensi bahkan menunjukkan sopan santun, meskipun artis mereka sudah ada dalam daftar.

Untuk agensi yang memiliki beberapa artis yang menjadi topik hangat, mereka memberikan beberapa peluang untuk artis junior dan pendatang baru. Untuk agensi seperti ini, mereka bisa memiliki peluang lebih mudah, karena  hubungan yang telah dibangun melalui artis senior mereka.

Masalahnya adalah untuk agensi yang lebih kecil di mana mereka tidak memiliki cukup hubungan dari artis senior yang berada di bisnis hiburan. Untuk agensi seperti ini, kadang-kadang mereka harus membayar uang agar artis mereka dapat tampil di atas panggung. Jenis kesepakatan untuk artis tampil di atas panggung telah menjadi sangat populer sehingga saat ini sebagian besar agensi merekrut ‘Iklan manajer’ untuk melakukan transaksi ini.

Pada hari Selasa, daftar resmi untuk “Music Bank” akan dirilis dan semua agensi menunggu dengan cemas dari ponsel mereka untuk jawaban. Jika menerima panggilan, artis mereka akan tampil di program musik, tetapi jika tidak, maka usaha mereka telah berakhir.

Manajer bekerja keras untuk mendapatkan tempat di setidaknya satu dari 4 program musik utama yaitu: “M! Countdown” ,”Music Bank”,   “Music Core”, dan  “Inkigayo”

Setiap minggu hampir sama untuk semua program. Manajer bekerja keras dan menunggu kesempatan untuk berbicara dengan salah satu produser untuk mendapatkan tempat di acara musik tersebut.

Ini tidak selalu mudah bagi agensi yang lebih besar. agensi yang lebih besar harus bersaing untuk tempat yang mereka inginkan untuk tampil dan berapa lama mereka bisa mendapatkan tempat untuk comeback dan masih banyak lagi.

Meskipun sulit bagi agensi untuk memastikan artis mereka bisa tampil di atas panggung, para produser dan staf di program musik juga mengalami dilema.

Tim produksi terkadang harus memotong penampilan artis tersebut menjadi lebih singkat untuk menambahkan penampilan tambahan atau artis yang tampil dengan dua lagu. Mereka juga stres harus menolak grup tertentu karena mereka tidak memiliki durasi yang cukup

Terlepas dari siapa yang berdiri di atas panggung, kita harus ingat bahwa setiap salah satu grup yang tampil telah melakukan kerja keras dan upaya.

 

 

Source : Kpopstarz

indotrans : kidihae@koreanindo.net

Advertisements

46 thoughts on “Perjalanan Panjang dan Sulit Bagi ‘Rookie’ untuk Tampil di Salah Satu Program Musik”

  1. gue mau ngefans ama manajer-nya BAP ahh… oppa manajer, kamu uda berjasa banyak buat idola saya *peluk*

    gue ga kaget masalah begini. semoga semua kerja keras mereka terbayarkan. amin 😀

    1. aku juga bersyukur hehehe
      kan TS itu agensi yang gak besar yah, >.< perjuangan asli tuh manajer hehehe….
      gila bener deh supaya tampil di program musik…

      1. Setuju ma ching..
        Bangga ma manager Tsent….semoga dengan ada ny bap,secret n untouchable ,nnt junior ny bisa debut dengan mudah dan sukses….amien….

    2. Iya,manager BAP mmg hebat,dan juga staf2 TS Ent yg lain.jd ingat manager Kang…hehehe
      Mmg diantara rookie yg debut tahun kemarin,cm BAP yg nyantol dihati ane..

  2. ya ampuun susah jg ya
    dan yg paling kasian tu managernya
    artisnya mah tinggal nunggu kpn manggung
    nah yg ribet managernya mondar mandir sana sini
    dan beruntung tuch yg ada di agensi besar…

  3. ternyata susah juga ya …
    sebelumnya gak pernah berpikir betapa sulit nya para rookie, padahal sebelum debut mereka udah sangat bekerja keras, setelah debut juga harus kerja keras lagi …
    dan kasian juga manager/CEO/Direksi nya 😦

  4. ssering kali orang menonton hanya menunggu bagian akhir acara” haah termasuk gw nih,!!!!!!!!!!!!!! comebanck cukup di satu program musik saja >>>>>>>>> ♠ Inkigayo ever

  5. MIRIS gw liat keadaan ‘ROOKIE’ yah sabar sajalah
    kalau masuk di YGE atau JYPE mungkin nasib mereka sedikit berbeda

  6. wah itu sih bener2 berat apalagi musti nunggu begitu lamanya kalau dapet gak apa2 tapi kalau enggak musti ngulang lagi kesana kemari…kalau ada tuh Haters yg bil krn agensi spt SM ada duit jadi bisa lolosin artis2nya sebenernya enggak juga loh…karena kalau kita baca lebih jelas lagi itu bukan urusan duit tapi kesempatan yg ada…itu yg lebih penting drpd duit…kalaupun lo ada duit tapi gak ada kesempatan maka artis lo gak bakal ada diatas panggung acara2 tersebut.Berpikirlah dulu kalau mau ngatain org itu dan baca resapi maksudnya itu apa,udah ngerti baru dah komentar…Jangan samain Korsel itu sama Indonesia yg kalau ada duit baru bisa masuk…krn org sini cmn mentingin duit aja makanya spt itu.
    Baca dulu makanya jangan asal jeplak doang ” Ini tidak selalu mudah bagi agensi yang lebih besar. agensi yang lebih besar harus bersaing untuk tempat yang mereka inginkan untuk tampil dan berapa lama mereka bisa mendapatkan tempat untuk comeback dan masih banyak lagi”.

  7. coba klu di korea program musiknya bisa ditayangkan secara stripping,
    pastinya smua penyanyi bisa dpt jatah tampil ,,,

    1. Gak juga. Rookie JYP yang debut tahun kemaren kayak duonya Park Jimin, 15& n JJ Project gak terlalu sukses juga. Malah mereka kalah dari rookie yang berasal dari agensi yang gak terlalu gede macem BAP, VIXX, NU’EST, dll. Gak tau kenapa rookie JYP yang debut tahun kemaren koq kayak kurang sukses yah. Tapi ane doain juga deh mereka comeback n bisa sukses di tahun ini. Amin. 😀

  8. “Untuk agensi yang memiliki beberapa artis yang menjadi topik hangat, mereka memberikan beberapa peluang untuk artis junior dan pendatang baru. Untuk agensi seperti ini, mereka bisa memiliki peluang lebih mudah, karena hubungan yang telah dibangun melalui artis senior mereka.”
    Beruntung nya EXO! hihi 😀

  9. Miris banget nih kata-kata di artikel ini. Gue baru tau kalo para rookie itu susah banget kalo mo tampil di 4 music program yang udah besar kayak mucore, mubank, M Countdown, n inkigayo. Tapi kalo misalnya gak bisa tampil di 4 music program besar itu, coba aje tampil di music program yang lebih kecil macem MBC Show Champion n Simply Kpop di Arirang. 😀

    1. Setuju. Simply kpop-nya arirang banyak rookie trs gue suka karena panggung sama tempat duduk fans-nya deket :3 hehe walaupun fans-nya pas nonton gak sehebring penonton 3 acara besar itu…

      Gue jadi gaenak soalnya tiap ntn music bank gue suka skip penampilan rookies yg ga begitu menarik di mata gue, abis sama-sama aja konsepnya .___. Mulai besok nonton mereka deh. Ternyata perjuangannya buat tampil aja susah bgt .____.

      1. Wakakak, bener gan. Kalo di 4 acara musik besar itu mah penontonnya berisik banget. Wakakak. XD

        Emang bener gan, Simply Kpop itu tempat yang paling pas buat para rookie. Tapi kadang aneh aje koq idol grup yang udah senior itu gak pernah ada yang tampil disitu yak? -_-

        Hahaha, sama gan. Gue paling nonton rookie yang konsepnya beda n berhasil menraik perhatian gue macem VIXX, GLAM, dll. Tapi rookie selain itu gue males ngeliatnya. Eh, ternyata gue baru tau kalo perjuangan mereka buat tampil di 4 acara musik besar itu susah banget. Jadi berasa gak enak juga nih gue. -_-

  10. Ternyata susah juga ya…
    Seperti ney udah lama ato akhir2 ney aja coz k pop lage booming2nya???
    Harus bersyukur tuh yg bisa tampil sebulan penuh di 4 acara musik besar perminggunya.
    Sebenernya bosen juga sebulan yg tampil itu2 terus…mungkin kalo di mix tiap minggunya ma GB/BB baru+beda oke juga)))tapi ney berhubungan ma rating juga sih, so gak bisa semudah tu juga nampilin banyak GB/BB baru @,@
    Kalo dileat2 juga 4 acara musik besar tu juga tumpuan acara2 music laennya,,,kalo GB/BB baru muncul di sana , acara music laennya juga pasti ngekut mao nampilin GB/BB tu.

Comments are closed.