Fans Marah Kepada Ray Cho Karena Mendaur Ulang Lagu ‘Wasurenaide’ Tanpa Persetujuan Jaejoong

“Redundant” dinyanyikan oleh seorang penyanyi China, Ray Cho, yang rencananya akan dirilis pada 18 Juli besok, telah menyebar di internet. Setelah mendengar lagu tersebut, fans menjadi marah karena lagu tersebut adalah lagu remake (daur ulang) dari lagu TVXQ, “Wasurenaide”.

Penyanyi asli “Wasurenaide” adalah TVXQ dan merupakan lagu yang ada di dalam album Jepang ke 4 mereka, “The Secret Code”. JYJ’s Jaejoong yang menulis lirik dan juga mengambil bagian dalam menciptakan musik untuk lagu tersebut. Fans marah karena lagu tersebut di remake tanpa persetujuan dari Jaejoong dimana hal tersebut adalah pelanggaran atas hak cipta.

Untuk menanggapi kontroversi ini, Ray Cho telah menulis sebuah pernyataan melalui Weibo nya untuk meminta maaf dan pengertian. Dia juga menulis bahwa perilisan lagu tersebut akan ditunda sampai adanya persetujuan dari Jaejoong. Berikut ini adalah pernyataan yang ditulis Ray Cho:

Hai semuanya, Aku adalah Zuo Qi Bo. Tolong beri Aku kesempatan untuk mengklarifikasi semua masalah ini.

Mengenai bocornya lagu “Redundant” di internet dan menyebabkan ketidaksenangan fans TVXQ karena mendaur ulang lagu Jepang “Wasurenaide” yang ditulis dan diciptakan oleh penyanyi Korea Kim Jae Joong, Aku sangat minta maaf.

Aku tahu bahwa lagu tersebut membawa banyak cerita dan kenangan dan kepercayaan bahwa Aku akan bergabung dengan keluar besar kalian, karena Aku sama dengan kalian semua, menyukai Kim Jae Joong, menyukai talenta dan cokalnya. Kim Jae Joong juga adalah idola dan panutan ku. Oleh karena itu, kami akan akan menyelesaikan masalah untuk lagu “Redundant” ini, dan kami akan mencoba untuk melakukan kesepakatan dengan Kim Jae Joong sendiri. Cassiopeia, silakan menrasa nyaman/tenang dulu! Lagu ini akan ditunda dan tidak akan dirilis atau dinyanyikan sampai kesepakatan terjadi.

Selain itu, berkaitan dengan “Redundant”
Composed by: Kim Jaejoong
Remake Lyrics by: Zuo Qi Bo/Wei Su
OT: Wasureinaide
Kejadian ini adalah sesuatu yang tidak Aku bayangkan dan merupakan kurangnya perhatian/pertimbangan terhadap perasaan fans TVXQ. Aku ingin meminta maaf sekali lagi!!! Semoga Aku bisa menerima maaf dari kalian!!!

Di sisi lain, kejadian ini tidak ada sangkut pautnya dengan Tian Yu Media, Avex Music (Avex China), dan SM Entertainment, ini bukan penjualan lagu Jaejoong oleh Avex, seperti yang dikatakan orang-orang.

Aku harap semuanya bisa mengerti. Tolong jangan menyalahkan perusahaan yang tidak terkait, kalian bisa menyalahkanku atas segalanya. Karena Aku memilih untuk menyanyikan lagu ini sehingga Aku yang seharusnya bertanggungjawab. Kami akan menjamin hak-hak pencipta dan menghargai hak ciptanya! Aku sangat menyesal karena menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah! Aku tidak berpikir panjang saat melakukan ini! Mohon maaf!

Terima kasih! Semoga semuanya bisa memberiku sebuah kesempatan lagi! Tolong jangan lanjutkan masalah ini lagi!

Berikut ini adalah lagu “Redundant” yang dinyanyikan Ray Cho…

“Wasurenaide” yang dinyanyika oleh TVXQ

Meski Ray Cho bekerja dengan Avex China dan Jaejoong di bawah Avex Jepang saat lagu ini dirilis, apakah Avex bisa mengklaim pekerjaan (lagu) Jaejoong sebagai milik Avex dan membolehkan Ray untuk menyanyikannya masih dipertanyakan. Menurut Japanese Society for Rights of Authors, Composers and Publishers (JASRAC), Jaejoong dengan jelas dinyatakan sebagai pemilik lagu untuk “lirik” dan “musik”.

DO NOT BASHING! RESPECT EACH OTHER!

Source: sukissmin, sharingyoochun, JASRAC, and s3adolphin
via Koreaboo

-she for koreanindo
TAKE OUT WITH FULL CREDIT

Advertisements

27 thoughts on “Fans Marah Kepada Ray Cho Karena Mendaur Ulang Lagu ‘Wasurenaide’ Tanpa Persetujuan Jaejoong”

  1. Iya udahlah yang penting Ray Cho udah minta ma’af!!!Kim Jeojeong orangnya baik hati kok pasti dia juga ma’afin ray cho,walaupun gue juga sebel ama orang yg suka jiplak karya orang lain,apalagi yg nulis lagunya TVXQ!!!!Kim Jeojeong tabah yah and Fighting!!!!!

  2. perasaan bukannya c penyanyi ini itu jiplak wasurenaide tanpa seizin oppa JJ kan ya?? jadi katanya ga ada hubungannya sama avex,, kmren juga di cassiopeia indonesia lagi heboh masalah ini..

  3. aiggooo,,,
    kykx DBSK dan JYJ oppa gak pernah jauh dr masalah ya??

    oppa, FIGHTING,!!!

  4. ya iy lha marah…..cb kalo dia ad di posisi2 jaejoong…psti dia skit hati….
    kami aj fans na marah…..ap lg jj ma DBSK…mgkn mrka ga mmperlihatkan kmarahan mreka….tp psti hati mreka sakit bgt….kan tw sndiri kalo mreka lg byk msalh…..DBSK pisah aj sakit na bukan maen….di tambah si SM lha..ini lah..itu lah…
    aadduhhh…berat bgt perjuangan jd cassie…tp harus ttap sabar…karna oppadeul ud bs kasih cntoh yg baik untk para cassie….
    AKTF<3

  5. Naturally, there are cases like this. TVXQ songs are created equal average JYJ (3 former personnel TVXQ). dah definitely good and very very nice.

  6. pantes aja JJ oppa tgl 17 Juli malem update status di twitter tentang lagu wasurenaide itu..eehh baru baca artikel ini ternyata ini penyebabnya…
    gak terima juga sihh aku…

  7. Ya, wlopun u minta jgn mnyalahkan AVEX tetep aja AV*X punya andil kslhan disini.. emngnya pas u nge-remake ini lagu & udh msuk ke album yg tinggal 1 hr rilis, AV*X sama skali ga tau? klo dipikir-pikir rasanya itu sih ga mgkn yaa..

    Kita (Cassie)si seneng aja klo ada yg mau nge-ramake lagu Tohoshinki tp dgn cara yg bner bukan dgn diem” & tnpa seizin yg punya..
    Smoga mslh ini cpt slesai dahh..

  8. walah kok spertinya ingin mndompleng popularitas yah, pstinya kan yg gtau jd tau nma dya,pdhal w ga pnah dger nih org gra2 bwa2 nma jaejoong oppa jd tau deh, aplg TVXQ boyband yg mmiliki pngemar pling bnyak ddunia,,hahai mau ngtop instant kyanya ckckck.. mw berkreasi byar brprestasi yg kreatif dong bang enak bgt lo make hasil krja kras orang..

  9. Emang udh hukum alam, setiap org yg copas pasti belakangnya ngaku2 ‘saya fansnya itu…’
    yah… Aq hanya minta jgn sakiti JYJ lagi khususnya JJ! Sudah cukup mereka diboikot di negaranya sendiri, jgn tambah luka mereka dg ngejiblak karya mereka. Kalian yg nge-copy benar2 gak menghormati mereka. Klo emang punya niat remake, jgn lagunya udh mw rilis bru minta izin, harus dari sebelum mw nulis remake-nya dong. Itu tandanya, emang nyari perkara.

  10. gw ga ngerti persyaratan perijinan tentang ini (hak cipta)
    tapi emang sebelum ijin boleh lagunya direkam terlebih dahulu bru minta ijin ??
    itu kn sama aja kayak lw dateng kerumah org baru kenal tiba2 nyelosor ke dapurnya ngambil makanan pas udh sampai perut trus kepergok baru berniat minta ijin.
    bner ga saya ??

    para Cassie pngen yg terbaik aja supaya karya oppadeul tidak dsalah gunakan
    semua karya org lain yg original juga tentunya

    Apalagi ini salah satu lagu favorite saya~

    Terima kasih

  11. What? Jangan mnylahkn perusahaan? Keliatan bgt klo dy nglindungi avex..hedeh,,semua srba sandiwara..no useless reason (⌣́_⌣̀)

  12. kayaknya gak mesti ributlah … yg punya lagu aja gak ribut … —___—
    semoga kedua pihak make jalan damai..

  13. sialan kali jd org..!!!! apa2an tuh..!!!! klo pun kw mengidolakan jj tp gk gne caranya..!!!! dasar..!!! gk kan q maafkan kw..!!!! apanya ke mengidolakan jj,nyatanya kw gk menghargainya sama sekali,,!!! aq gak kan maafkan kw sama sekali,,!! gk kan pernah,sebagai seorang cassiopeia aq gk kan pernah maafin kw,dan q yakin gk kan laku single copas mu tuh..!!! q doain kw gk diterima di belantika musikkk
    *marah45*

  14. jelas aja fans marah. Jangankan fans, mungkin TVXQ juga lebih marah.
    Sebelum bertindak, minta restu dulu sama yang punyanya. Jangan asal melenceng aja.

Comments are closed.