[Full Report] 20110604 – KIMCHI [Korean Idols Music Concert Hosted in Indonesia] 2011

4 Juni 2011, gelaran KIMCHI mencatat sejarah tersendiri dalam hati pecinta Kpop di Indonesia. Menampilkan 5 artis Korea dalam satu acara di Istora Senayan dan mampu menyedot ribuan fans untuk hadir dan berjuang sedari pagi hari.

KIMCHI yang menghadirkan The Boss, X5, Girls Day, Park Jung Min dan Super Junior berlangsung sekitar 2 jam. Tiap artis mendapat dukungan dari fans yang didominasi oleh fans Super Junior ini. KI yang menonton dari media pit melihat antusiasme dan sportivitas yang tinggi dari semua fans yang hadir. Setiap artis mendapat dukungan penuh dari fans yang memadati arena. KI mencoba untuk menceritakan kembali acara KIMCHI semalam dengan sedetail-detailnya.. Semoga bisa mengobati kekecewaan fans yang belum berkesempatan hadir dan bisa mengingatkan kembali memori indah yang terekam oleh teman-teman yang bisa hadir. Terima kasih untuk Wproduction selaku promotor yang telah menyelenggarakan acara KIMCHI 2011 ini. Semoga tahun depan acara ini bisa diadakan kembali yaa ^^

Sesuai jadwal, acara dimulai jam 6 sore. Gate dibuka dari jam 4 sore. Namun KI yang berada di lokasi dari jam 2, sudah melihat antrian masuk gate yang panjang sekali. Tak hanya itu, banyak fans yang mengerubungi jalan masuk ke area parkir VIP, berusaha mendapat kesempatan melihat para artis yang memasuki arena konser.  Beberapa kali mobil polisi dan gegana melalui jalan itu, membuat para fans panik dan merapat untuk melihat lebih dekat siapa artis yang datang. Meski cuaca panas, tidak menyurutkan semangat fans yang menanti sambil menyanyikan beberapa hits dari artis idolanya. Sejauh mata memandang, warna biru ELF mendominasi tapi warna hijau Triple S juga cukup menarik mata.

Masuk ke venue, KI mendapat posisi di media pit, tepat di depan tribun 1, belakang audio control dan monitoring system. Area tribun 2 penuh sesak, tribun 1 dan VIP terisi hampir penuh dan area festival pun terlihat sesak namun situasi cukup kondusif.

Acara dimulai. MC malam itu adalah Edric dan seorang MC dari Korea yang kalau KI tidak salah dengar, bernama DJ Young –maaf kalau salah >.< selain itu juga ada Ms. Ayu selaku translator. Duo MC ini memanaskan suasana , memancing reaksi penonton dengan meneriakan setiap artis yang akan tampil malam itu. Teriakan fans membahana di arena, sukses bikin pengang 😀

Video pembuka diputar, unik dan dinamis, itu aja sudah buat semua menjerit. Bagaimana dengan aslinya?

The Boss membuka acara dengan lagu debut mereka ”Admiring Boy” (동경소년). Tampil dengan pakaian nuansa biru dan celana putih, The Boss tampil memukau. Menyusul lagu berikutnya kemudian diselingin sesi bincang-bincang. Mereka memperkenalkan diri satu persatu dan Karam masih jadi member yang dapat teriakan terkencang.

Admiring Boy

Shining World

The Boss membawakan lagu hits mereka di Korea seperti ‘News Boys’, dan ‘Purpose’. Sayangnya KI tidak merekam momen ketika The Boss melakukan dance dengan pelvisnya, yang buat semua fans menjerit! Usai mengucapkan salam perpisahan, The Boss pun menampilkan lagu ”Stumble Stumble” yang langsung disambut riuh fans.

Stumble Stumble

Penampilan The Boss malam itu memukau dengan suara mereka yang stabil dan dance yang ”smooth”.  Total 5 lagu yang mereka bawakan. Mungkin banyak yang tidak terlalu mengenal mereka karena The Boss lebih sering promosi di jepang, tapi KI yakin banyak penonton malam itu yang jadi fans baru The Boss karena suara dan penampilan mereka yang bagus ^^

Berikutnya giliran X5. Junior-nya The Boss ini mengundang sorakan penonton untuk tinggi mereka yang di atas rata-rata. Tampil dengan setelan jas putih-putih, mereka membawakan lagu ”Fantasy” dari album debut mereka, Xenos. Slow motion dance yang mereka tampilkan unik banget.

Awalnya KI mengira mereka lipsync karena ga ada yang megang mic, ternyata ketika disorot dari dekat mereka menggunakan wireless mic. Sesi bincang-bincang semakin seru ketika mereka mengucapkan ”Aku cinta fans Indonesia”. Thanks to Edric yang ngajarin mereka langsung di stage. Lagu berikutnya juga dari album Xenos dan ditutup dengan lagu debut mereka ” “Don’t Put On An Act”.

Banyak penonton yang familiar dengan lagu ini karena X5 sendiri masih promosi lagu ini di Korea. Jadi yang suka nonton Mubank di KBS World pasti tahu gerakan dari lagu ini. Kejutan lain datang dari sang Leader, Ghun yang melepas kancing kemeja putihnya.

Melihat abs-nya, jeritan fan girl pun tidak tertahankan. Gerakan seksi mereka juga memancing reaksi panas dari penonton. Thanks Ghun, tapi lain kali bilang-bilang ya kalau mau buka baju, jadi KI bisa siap-siap tisu, takut mimisan. Hehehe

Girls Day tampil setelah X5. Giliran Edric dan fan boy yang senang ^^ Lagu pertama ialah ”Nothing Last Forever” yang energik dan menampilkan kekuatan vokal Minah yang menyanyikan nada tinggi dan panjang. Ketika sesi bincang-bincang, Edric juga menggoda Girls Day yang tampil menggemaskan dengan kostum panggung mereka.

Twinkle-Twinkle

Lagu berikutnya ialah ”Twinkle Twinkle” yang ceria dan dinamis. Koreografi yang lucu dan simple ini pun diikuti dengan mudah oleh fans, terutama yang berada di barisan festival. KI yang berada di media pit pun tak kalah semangat. Hehe. Lagu terakhir ialah “How do I Look (나 어때) “.

Kemudian Park Jung Min menghentak dengan lagu debut solonya “Not Alone”. Triple S pun semakin kencang berteriak. Park Jung Min menyiapkan penampilan spesial dan membawa serta penari-penarinya. Disusul dengan ”Do You Know” yang lembut, penonton pun terbuai dengan suara merdunya.

Not Alone

Do You Know

Sesi bincang-bincang berlangsung kocak. Park Jung Min unjuk kebolehan bahasa Indonesia dengan bilang ”Selamat malam” ” terima kasih” dan “Saya sangat senang bertemu kalian”. Edric pun bercanda dan melontarkan tanya bagaimana perasaan Park Jung Min ketemu Edric yang sangat mirip kayak kembaran sama dia. Tentu saja pertanyaan Edric ini dapet sorakan penonton. Lebih kocak lagi ketika Park Jung Min bales bercanda dengan bilang ia kaget dan ga nyangka bisa ketemu orang yang semirip itu dengannya. Makinlah Edric bangga dan ngaku-ngaku kembaran Jung Min. Hehe. Tak hanya itu, Jung Min juga suka menirukan kata-kata yang diucapkan Edric.  Memang deh, Park Jung Min rajanya fan service. Dia tidak berhenti tersenyum dan benar-benar terlihat menikmati semua jeritan fans yang memanggil-manggil namanya.

Everyday is Christmas

Lagu berikutnya ialah ”everyday is Christmas”, masih dari album debut solonya. Di lagu ballad yang manis ini ia berjalan ke arah penonton dan bahkan mengambil sesuatu dari Triple S di barisan depan, tampak seperti bendera atau hadiah warna hijau dan agak besar. Dia pun terlihat mengitari panggung dan menyapa fans yang berada di barisan depan dan samping. Penutupnya ialah lagu “Go Go” yang diiringi penari latar. Ada adegan memeluk penari perempuan dan ya… lagi-lagi jeritan penonton menguasai arena.

Go Go

Penampilan terakhir yang paling ditunggu-tunggu.Super Junior yang baru sampai di Jakarta sore hari dan tampil malam hari, tidak menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Video permintaan maaf Siwon yang tidak bisa hadir menjadi pembuka penampilan Super Junior yang membawakan total 6 lagu. Dalam kegelapan sebelum intro Bonamana menghentak, sorakan ELF yang memegang hand banner 5jib sudah terdengar. Ketika Super Junior benar-benar tampil, rasa-rasanya Istora Senayan mau rubuh. Lagu Bonamana disusul dengan No Other yang manis.

Sesuai dengan ketentuan dari promotor dan manajemen Super Junior, untuk 4 lagu pertama yang dibawakan Super Junior, media tidak diperbolehkan merekam atau memotret. Baiklah, gagal merekam, KI pun menikmati 4 lagu awal sebagai fan girl dan ikut menyerukan lagu-lagu Super Junior.Tapi jangan kuatir karena banyak teman lain yang merekam, jadi berikut fancam-nya ^^

Bonamana

No Other

Di lagu No other, Leeteuk menyerukan ”Assalamualaikum” yang tentunya sempat buat fans kaget. Dalam sesi bincang-bincang pertama, ia pun menyerukan kembali sapaan itu yang sontak dibalas ”Walaikumsalam”sama fans. Tiap member pun memperkenalkan namanya masing-masing dan teriakan fans menyertai.

Teukie, Hee, Yesung, Shindong, dan Sungmin mengenakan nuansa hitam sedangkan yang lain dengan nuansa putih dan biru. Eunhyuk mengenakan topi, Donghae dengan kaca mata hitam. Kemudian Zhoumi dan Henry pun tampil di stage. Henry pun bicara dengan bahasa Inggris yang fasih. Intinya mereka senang bisa mengunjungi Indonesia untuk pertama kalinya.

Kocaknya lagi, Teukie bicara banyak dalam bahasa Indonesia, misalnya ’saya suka Indonesia gadis’. Mungkin maksudnya saya suka gadis indonesia, tapi karena dia pakai google translate, jadi ngaco,, hehe, tapi KI melihat banget usaha Teukie bicara bahasa Indonesia ketika KI mergokin Teukie nyontek tulisan yang ada di telapak tangan kirinya itu. Nice try, leader ^^

Kemudian Super Junior M tampil dengan Perfection. Seinget KI, lagu ini belum banyak dinyanyikan live di luar Korea dan Taiwan, jadi bergembiralah ELF Indonesia karena mereka tampil sangat energik untuk lagu ini. Meski liriknya bahasa Cina, bukan hambatan bagi fans untuk bernyanyi bersama. Disusul dengan Super Girl . tidak disangka, lagu berikutnya adalah Rokkugo oleh Suju T.

Perfection

Super Girl

Rokkugo – Sungmin Focus

Tak perlu KI cerita lagi bagaimana respon fans. Apalagi Super Junior berkali-kali mengitari panggung dan nyamperin fans. Teukie pun duduk di tengah panggung, berhadapan langsung dengan fans di kelas festival. Sukses bikin iri ^^

Kemudian sesi bincang-bincang lagi dan kini media sudah boleh merekam dan memotret. Jadi KI bisa merekam momen ketika Yesung dan Teukie aktif banget sebagai MC sesi ini. Eunhyuk pun bilang ’sayang’ lalu pamer bahasa inggrisnya dengan bilang ”You’re gorgeous” tapi terus narsis dengan bilang ”I’m gorgeous”. Dan dibalas sama Yesung ” you are gollum”…

Ketika itu, Shindong mengambil sesuatu dari fans yang berada di festival dan kemudian mengalungkannya ke Kyu yang berada di sampingnya. Sepertinya itu medali emas. Teukie pun menanyakan perasaan Kyuhyun yang dijawab dengan malu-malu oleh sang magnae.

Sebelum menampilkan lagu terakhir, Hee sempat menyatakan harapannya untuk bisa konser di indonesia, Yess,hope for SS4 guys ^^  Lagu penutup, tentu saja “Sorry Sorry”. Semua nyanyi bareng, joget bareng dan tentunya teriak bareng…

Selesai tampil, Super Junior masuk dan fans pun mulai teriak ‘we want more’. Kemudian lagu Heal the world terdengar dan sekelompok paduan suara anak tampil. Duo MC pun tampil untuk menutup acara.

Terakhir duo MC memanggil masing-masing performer untuk naik ke panggung untuk terakhir kalinya. Dimulai dari The Boss, X5, Girls Day, Park Jung Min kemudian Super Junior. Selama lagu Heal The World itu, semua artis melambai-lambaikan tangannya dan juga berdiri di samping anak-anak.

Lucunya ketika artis lain mulai turun panggung, member Super Junior malah mengitari panggung dan melambai-lambai ke berbagai penjuru kepada fans.

Kocaknya lagi, ketika para member Super Junior turun panggung lagu Heal The World berakhir, Teukie ketinggalan di stage karena ia masih menyalami anak-anak paduan suara. Teukie pun beberapa kali membungkuk pada fans dan sempat bingung lewat mana, dan seperti yang terlihat di fancam, ia pun berlari ke belakang panggung.. hehe.

Usai konser,masih banyak fans yang duduk dan ada pula yang selonjoran di area festival. Tak sedikit yang berfoto-foto di venue. KI melihat kelelahan yang ada di wajah mereka, namun tersamarkan dengan kebahagiaan dari senyum tawa mereka.

Keluar venue, banyak fans yang sudah mengerubungi jalan keluar dari area parkir VIP, berharap melihat idola mereka keluar dari venue, langsung menuju bandara. Mengingat penerbangan mereka ke Korea adalah malam itu juga. Jeritan mengiringi setiap mobil yang keluar, meski tidak jelas itu siapa karena kaca mobil dan mini van itu gelap semua.

Overall, konser KIMCHI selama 2 jam itu berlangsung memuaskan dan cukup mengobati hati fans yang merindukan penampilan artis Kpop secara langsung. Meskipun mengantri dan menunggu lama, semua kelelahan terbayar sudah dengan penampilan para artis yang maksimal.

Thanks to Wproduction, The Boss, X5, Girls Day, Park Jung Min and SuperJunior.

Hope to see you soon ^^

pics: kidihae&mellymilley @koreanindo, @sundaymandarin

vid: sabrinadewi89, 22Shazz, clairblacksmile24 via forsujuindo , mlsdhx29 via xfivestar , fluffernutter286, karinecarine, youlahaha3

Please take out with full credit

ps. Dear Haebaragi, KI ga bisa ngedit masalah audio di video yang kami rekam kemarin. Daripada kalian pengang nonton video fancam itu, jadi kami masukkan fancam dari teman-teman lainnya yang kualitasnya lebih bagus. Big thanks buat semua pemilik video yang kami link ya ^^

 

Cek juga Liputan Lengkap Konferensi Pers KIMCHI  dari KoreanIndo.

Advertisements

88 thoughts on “[Full Report] 20110604 – KIMCHI [Korean Idols Music Concert Hosted in Indonesia] 2011”

  1. laporannya lengkap bgt :’) jd keinget lagi acara semalem,, suara sampe abis gara2 ga berhenti teriak.. Makasih KI udah ngingetin lagi memori indah itu dengan lengkap ^^

  2. Jeongmal noemu noemu gomawo…kyaaaaaa….\(≥ ▼ ≤)/
    (˘⌣˘)ε˘`) ….мuüɑcннн… °♥ ♥ °

  3. AIGOOO!!!!!
    Duh jadi pengen + nangis ga bsia nnton KIMCHI..
    Tp setelah baca report nya jd ga gtu sedih lagi,krn bisa ngebayangin gmn suasana disana kmrn malam…
    Super Junior oppa,,,please SS4 @ Indonesia… ok….
    We promise will see u a concert… WE so Promise….
    we really wait for you…

  4. aiiiiiisssssssssshhhhhhhhhhhh enk yah yg nntn ksna
    nntn insertpun ketinggalan 2 kali
    lucunya lg edric blng mirip jungmin oppa yg sem[et bkin aku ngakak
    dan oppa bales ternyata ada org yg mirip dgnku
    hahahahahahahaha
    lucunya lg teukie oppa blng dlm bhs indonesia perlahan2 dgn saya suka indonesia gadis pdhl saya suka gadis indonesia
    dan aku kagetnya dy blng assalamualaikum
    hahahahahahahaha
    aku jg pengen SS4 ada di indonesia slalu
    btw author mvnya jgn diapus
    krn aku mo liat senin tgl 13 juni soalnya mo ujian

  5. aiiiiiisssssssssshhhhhhhhhhhh enk yah yg nntn ksna
    nntn insertpun ketinggalan 2 kali
    lucunya lg edric blng mirip jungmin oppa yg sem[et bkin aku ngakak
    dan oppa bales ternyata ada org yg mirip dgnku
    hahahahahahahaha
    lucunya lg teukie oppa blng dlm bhs indonesia perlahan2 dgn saya suka indonesia gadis pdhl saya suka gadis indonesia
    dan aku kagetnya dy blng assalamualaikum
    hahahahahahahaha

  6. admin pas jungmin bincang2 g direkam kah?pgen liat pas dblg mirip2an ma si edric.hehehe 😀
    btw bagus nie reportna.makasih y.. 🙂

  7. DJ Young itu pembawa acara let’s speak korean di Arirang…
    pengen share aja kesan2 nntn kimchi… kemaren malem itu fun banget, fans2 tertib dan kompak (apalagi pas nyayi “saengil chukha hamnida” buat wookie), dari awal lampu dimatiin sampe acara selesai fans2 pada ga capek teriak hehehe… masih berasa sisa konser semalam 😀
    thanks all artists, WProd n Mandiri

  8. Akhirnya keluar juga laporan lengkapnya. Ga kebayang gimana serunya, pasti KI juga semangat banget nontonnya. Untung ga lupa ngeliput…hehehe. Gomawo ya dah share…jadi kita2 yg belum sempat ikutan bakal nabung duit….^^ v

Comments are closed.