*updated* John Yoon’s Shout Out Regarding Junsu’s Twitter Controversies

Setelah adanya tweet ambigu dari Junsu, yang mengakibatkan kontroversi seputar arti dari tweet itu, John Yoon pun angkat bicara. Sebelumnya diberitakan bahwa tweet Shindong dan tulisan Sungmin di cyworld juga ditujukan pada Junsu untuk melindungi Yunho & Changmin. Hal yang belum dipastikan kebenarannya ini, telah membuat sedikit perbedaan pendapat di kalangan Cassiopeia dan ELF.

John Yoon, yang lebih dikenal dengan sebutan Mr. Egg, menulis di akun facebooknya. Menjelaskan tentang arti dari tweet Junsu tersebut.

Awalnya,  ia memposting lirik lagu “Fallen Leaves”  :

Fallin Leaves by Kim Junsu

바람이 분다 the wind is blowing

노을이지고 a glowing of the sky

운명이 우릴 fate has us

멀게만 해도even if it’s a distance away

시간 흐르고 the time passes

지나간 자리 길다 the spaces that passes by is long

사랑인가봐 it seems to be love

그리움인가봐 it seems to be longing

네 미소가 your smile

내 안에 물든다 has captivated me

꽃이 진 후에 after the flowers have fallen

우리는 다시 시작 we will start all over again

낙엽 위를 걸으면 if we walk on the fallen leaves

함께만 있자며 while we’re together

내마음 삼킨 그대 the lady who took my heart

영원을 약속할게 I promise eternally

눈이 부시게 shimmering to the eyes

아름다운 꿈에 in the beautiful dream

시련이 다가오나봐 seems like an ordeal has come

어둠이 가고 gone the darkness

새벽이 오면 come the morning

어느새 그기억에 머문다 remain in the memory unaware

오직 널 향한 always towards you

내마음 이슬에 맺힌다 my heart fills with tears

낙엽 위를 걸으면 if we walk on the fallen leaves

함께만 있자며 while we’re together

내마음 삼킨 그대 the lady who took my heart

영원을 약속할게 I promise eternally

눈이 부시게 shimmering to the eyes

아름다운 꿈에 in the beautiful dream

시련이 다가오나봐 seems like an ordeal has come

같은하늘아래서 under the same sky

같은꿈을꾸는 we dream of the same dream

빛의 별들의 향연 the brightness of the star’s lights’

그 축제에 내 몸을 실어 this occassion captivated me

언젠가 다시 부를 노래 a song that will be sang someday

그날이 찾아오겠지 that day will come for sure

사랑한다 말할게 i will say I love you

온몸을 다해서 with all my heart-felt feelings

옛순간의 떨림을 the fear of the past

영원히간직할게 i will cherish it eternally

현실에 가려 going towards the reality

널볼수없어도 even if I can’t see you

다시널 찾을테니까 I will come back for you

사랑인가봐 seems like it’s love

그리움인가봐 seems like it’s longing

네 미소가 your smile

내 안에 물든다 has captivated me

꽃이 진후에 우리는 after the flowers have fallen, we~

다시 시작 start over again

다시 시작 start over again

다시 시작 start over again

Kemudian di bagian komen, ia menjelaskan :

“Ini adalah perasaan Junsu bukan untuk gadis yang ia cintai. Tapi ini ditulis untuk fans (Cassiopeia) dan member lainnya (Homin). Inilah mengapa ia sangat hancur dengan lirik KYHD. Jadi tolong jangan mem-bashing Junsu. Dia adalah malaikat manis dari surga… Dia hanya layak mendapatkan cinta dan dukungan kita. Mari terus berada di sisinya sehingga ia bisa berdiridi atas panggung untuk menyanyikan lagu ini untuk kita lagi, dengan senyum LEBAR dan kegembiraan di hatinya. Kami mencintaimu, Junsu! Kami akan terus di sisimu, apapun yang terjadi… Karena kami tahu siapa kamu sebenarnya.. kami mengenal hatimu… kami tahu karaktermu… ia yang kami cintai ..dan tidak akan ada yang bisa merubahnya..


Lirik ini, “빛의 별들의 향연 the brightness of the star’s lights” merujuk pada  Cassiopeia… bintang di langit… Cassiopeia bersinar dengan terang… tapi dimana terangnya sekarang? Ia tertahan oleh adanya kebencian dan perselisihan. Tolong biarkan terang itu bersinar cerah kembali. Tolonglah, bangga menjadi bintang di langit. Tolong tunjukkan tak hanya pada JYJ atau Homin, tapi pada seluruh dunia.. bahwa Cassie adalah fanclub yang bisa dibanggakan. Cassie menunjukkan cinta dan bukan kebencian. Cassies memaafkan dan tidak menunjuk/menyalahkan yang lain. Cassie selalu berdiri bersama mereka. karena cinta tidak pernah berubah.

Suatu hari aku bersama dengan Junsu. Ia berbagi sebuah lagu ciptaannya denganku di mobil. Lagu itu masih belum selesai dan kami mendengarkannya lewat handphone. Lagu itu masih berupa musik (melodi) dan belum ada liriknya. Aku bertanya kemana liriknya… ia tersenyum dan mulai berbagi liriknya denganku. Dia mulai bicara tentang kebanyakan orang akan menginterpretasikan lagu ini sebagai cinta antara lelaki dan perempuan. Tetapi ia bilang, tujuannya tertulis, bahwa lagu ini adalah tentang dia (JYJ) dan fans (Cassie). Dia juga bilang lagu ini tertuju pada Homin. Ia sangat menantikan untuk bisa berdiri di panggung yang sama dengan mereka, suatu hari nanti. Sampai kini, ia hanya akan menunggu dan mencintai. Dua tweet terakhir Junsu setelah semua ini terjadi adalah lirik dari lagu ini. Dia sangat emosional hari itu, memikirkan hari-hari ketika berlima sebagai DBSK.

Bisakah kau bayangkan ? Orang-orang telah salah paham padanya dan menuduhnya pembohong atau pengkhianat. Junsu tidak bersalah. kalian bisa melihat dan merasakan lewat lagu ini. Ingat, lagu ini ditulis SEBELUM keributan ini terjadi. Tolong, jangan menambah atau menyebarkan kebencian. Cassie tetap harus bersatu. Cassie harus kuat untuk mereka. Jangan melakukan sesuatu yang bisa membuat apa yang dibangun selama 7 tahun, hancur dalam semalam.


Biasanya aku tidak berbagi pengalaman pribadi dengan mereka (VXQ), tapi aku tidak tahan lagi melihat orang sebaik itu tercoreng dan dipandang negatif karena adanya pernyataan yang salah. Lirik lagu ini mencerminkan hati Junsu. Ia sangat menghargai semua kenangan berlima dan dengan jutaan Cassie. Itulah mengapa, sangat mengejutkan bagi Junsu ketika ia mendengar lirik lagu KYHD dan artis lain menyerang JYJ dan menyebut mereka “pengkhianat” dan “tidak tahu terima kasih”. Itulah mengapa, tweet terakhir Junsu mengutip lagu ini. .. karena di dalam hatinya, Ia masih menantikan hari dimana mereka akan bersatu kembali. Sangat mengejutkan ketika lirik bisa menyampaikan sesuatu yang sangat kejam. Aku tidak bisa membayangkan bagaimana perasaan Junsu!! Dia adalah orang yang sangat baik, sabar dan penuh pertimbangan….  baginya untuk menuliskan itu.. dia pasti telah sangat terpojok di tepi jurang…. Ia pasti merasa dunianya hancur. Aku akan terus mendukung Junsu apapun yang terjadi. .Aku tidak merasa ia melakukan kesalahan dalam menyampaikan itu.. Aku tidak merasa Junsu perlu meminta maaf untuk apapun! Ingat… waktu akan membuktikan yang benar. Kebenaran akan mengalahkan segalanya. Seperti Kitab Suci mengatakan, kebenaran akan membebaskan mereka. Marilah kita selalu mendukung mereka.


credit: John Yoon FB
shared by: sharingyoochun.net

no bashing.

no war.

respect each other ^^

 

ps. Untuk yang masih bingung sama kasus ini, author coba simpulkan ya.

Awalnya kan lagu KYHD dirilis, tapi belum ada official staetment dari Homin soal lirik ini, adanya yang dari SMEnt. Saat itu (mungkin) Junsu merasa sedih denger liriknya, jadi dia nge-tweet lirik lagu Fallen leaves (yang ditulis jauh sebelumnya) sebagai ungkapan perasaannya yg masih mengharapkan TVXQ berlima lagi. Tapi beberapa orang (dan media) mengasumsikan bahwa tweet itu untuk menyindir Yunho (karena ada kata “Hyung”). Kemudian artis-artis SM (Boa, Shindong, Sungmin hingga TRAX) nulis tweet/cyworld ambigu juga, yang diasumsikan beberapa kalangan dan media, sebagai respon dari tweet-nya Junsu ini. Akibatnya Junsu di bash sama fans mereka itu. Belum lagi adanya perbedaan pendapat antara ELF sama Cassie. Soalnya kalau bener Shindong sama Sungmin ‘menyindir’ JYJ, berarti mereka juga ‘menyindir’ Hangeng kan? Jadi sebenarnya apa maksud semua tweet ambigu itu?

Nah kemudian penjelasan datang dari John Yoo. Identitas dia masih samar, sejauh ini, yang author tahu, John Yoo ini adalah ‘orang penting’ dan dekat dengan JYJ pas JYJ showcase di Amerika. Dia dipercaya juga sama fanbase internasional DBSK seperti onetvxqforum, dbsknights dkk. Penjelasan ini ditujukan bukan buat nunjukin dia bela siapa atau nyalahin siapa. Dia mau Cassiopeia tetep satu dan mendukung mereka berlima.

Baru kemudian keluar statement dari Homin mengenai arti lagu ini. Jadi semoga Cassiopeia tidak terpecah belah ya. Semoga ga ada fanwar lagi. Tetep percaya sama DBSK dan Super Junior ya. Kalau kita terpengaruh sama hal seperti itu, berarti rencana SM untuk memecah belah fans jadi berhasil.

Ingat aja, perbaikan kontrak SM pada artisnya dikarenakan tuntutan Cassiopeia melalui FTC. Jadi author yakin sebenarnya artis SM ngerti kondisi JYJ dan ga mau memperkeruh suasana, makanya ada rumor kalau tweet/cyworld mereka itu disuruh sama SMEnt.

Jadi.. author cuma mau ngajak semua pembaca untuk percaya sama idola kita, menghargai fandom lain dan ga usah terpengaruh sama berita-berita yang belum jelas. terlebih lagi, gak bashing orang lain ^^

 

always keep the faith.

prom15e to 13elieve.


Advertisements

26 thoughts on “*updated* John Yoon’s Shout Out Regarding Junsu’s Twitter Controversies”

  1. sejak awal gue emang ga ngerti musti bela yang mana. tapi emang junsu itu kan sepertinya paling sensitif dari pada yang lain. pas pertama kali aja u-know kasi thanks to message aja gue udah rada ga sreg gara2 gue ngeliat di situ ada penyindiran secara halus homin ke jyj. tapi gue yakin kebanyakan pasti ga berasa. tapi ya udah lah. emang fav couple gue junsu x yunho. jadi ga bisa mihak. hahaha

  2. saran: besok2 kalo bkn lagu jgn mengandung unsur kontroversial,,, udah tau bis kena masalah lha kok malah ngeluarin lagu kek keep ur head down,,,, otomatis banyak yg salah paham termasuk junsu juga,,,,
    trus sungmin ma shindong juga memperkeruh suasana, kenapa si g langsung aja di sms si junsunya (masa g punya no hpnya), malah komen di minihompy lha kan (palagi kata2nya juga menyinggung (sama jug si junsu juga kata2x menyinggung)) jd tambah masalah lain dan orang lain (fans) jadi berpikiran yg kagak2 antara hub junsu-homin,,,,,

    g tau ya knapa pada g mikir apa ya tu manajemen itu, dulu da without you-nya 2pm, skarang tvxq jg,,,, dah tau bis ada masalah, eh malah bikin lagu yang sarat kontroversi,,,,, apa emang sengaja ya bikin suasana kek gini supaya lagunya laku?! *silakan tanya sendiri ke sm*

  3. ok… ok … ok
    I will support JYJ and HoMin be TVXQ with 5 member…
    PLEASE… COMEBACK
    I miss You GUYS….
    AKTF… Forever…. and Always….

  4. ALWAYS KEEP THE FAITH ajalah sekaran mah
    ~U-know Yunho ~ Max Changmin ~ Hero Jaejoong ~ Micky Yoochun ~ Xiah Junsu~

  5. ” dia adalah malaikat manis dari surga .. ” woah~ oppa kauu malaikat ku tetaplah tersenyumm … * klo kata d’Masiv Jangan Menyerah ! [ no comment tentang masalah itu, yg penting oppa baik-baik saja disana ] 😀 fhighting !

  6. Gag usah bingung belain sapa-sapa…
    they’re still one no matter what…

    Gue sendiri ELF dan Cassie tapi gue jujur kurang suka dengan apa yang dikatakan sama oppadeul dari SuJu… Tapi mau diapapain lagi… Manusia punya sisi yang akan mereka bela begitupun dengan kedua personel SuJu…

    Jangan pernah membagi diri menjadi kubu JYJ dan HoMin…. Cassie tetap mencintai mereka BERLIMA bukan JYJ atau HoMin…. Usia kita udah 7 tahun chingudeul,, maslah seperti ini tidak akan membuat kita hancur tapi akan membuat tegar dan berkata dengan tegas ” We Are Proud as Cassiopeia”

    Slalu taruh dalam hati kalian ” Always Keep The Faith” karena kata-kata ini kalo diresapin akan buat kalian menangis… DBSK mengajarkan kita untuk mencintai tanpa pamrih dan bermimpi….

    Tidak ada JYJ dan tidak ada HoMin…..!!!!
    Yang ada JunSu, YooChun, JaeJoong, ChangMin, YunHo gag peduli apapun namanya….

    Always Keep The Faith……

    Sekali lagi

    Always Keep The Faith

  7. gw sihh emang feeling, shindong oppa sm sungmin oppa itu dsuruh sm SMent nulis kya gtu di twitter sm cy.. SMent kn pinter memanipulasi.. cihh!!

  8. Kok orang ini seolah2 mengatakan lirik lagu yunho changmin ditujukan untuk junsu?udah jelas2 yunho membantahnya..

  9. aq msie g ngrti knpa kq lgu nie d bashing??
    ato twitx junsu d bashing….
    apanya yg slah?? prasaan nie bner2 nunjukin lok
    junsu syang bgt ma HOMIN….
    trus knpa ada bashing?? aq msie bngung

  10. SEDIH T,T. tauuu tuhh, orang2 yang ngebashing junsu.. fans baru kali jadi labil gituu.. huhuhu… my angel junsu please be strong ;))

    iam ( cassiopeia) always beside you

Comments are closed.