Anti Korea Meluas, Stasiun TV Jepang Mulai Mengurangi Penayangan Drama Korea

Menurut beberapa media Jepang seperti Sankei Sports pada tanggal 8 September, presiden dari BS Nihon TV, sebuah saluran kabel populer di Jepang, mengumumkan pada 7 September saat konferensi periodik perusahaan tersebut, bahwa stasiun mereka akan menghentikan penayangan drama Korea di masa mendatang.

BS Nihon TV saat ini menayangkan 4 drama Korea, yang tayang weekdays (Senin-Jumat) dan hari Minggu.

Seorang pejabat dari stasiun itu mengatakan tentang masalah ini, “Penonton telah mengeluh bahwa terlalu banyak drama Korea. Kami akan melihat ke depannya dan mencoba untuk menyeimbangkannya. Jika kalian menanyakan apa tindakan yang kami akan ambil, aku percaya kami akan mengambil cara yaitu mengurangi jumlah (tayangan) drama Korea.

Pejabat itu menambahkan, namun, drama Korea yang telah dijadwalkan untuk bulan Oktober tidak akan dibatalkan (penayangannya).

Sentimen anti Korea telah meluas di Jepang karena penampilan artis-artis Korea untuk Dokdo, selain itu juga karena kunjungan Presiden Lee Myung Bak ke Dokdo dan tuntutannya tentang permintaan maaf dari Kekaisaran Jepang. Politikus bahkan telah meminta boikot untuk Hallyu.

Bahkan Fuji TV dan NHK, yang selalu lebih ‘ramah’ terhadap konten-konten Korea, telah mengungkap bahwa mereka rela untuk memotong acara-acara Korea, mengindikasikan bahwa ini akan menjadi lebih sulit untuk melihat drama-drama Korea dan penyanyi-penyanyi K-Pop di Jepang.

BS Nihon TV sebelumnya telah menunda penayangan A Man Called God, yang dibintangi Song Il Gook, setelah aktor tersebut berpartisipasi di project Dokdo pada 15 Agustus. Drama Taiwan aktris Goo Hye Sun My Perfect Darling, juga ditunda dengan alasan ‘waktu tayang’.

Credits: Enewsworld
Shared by: lollichocho @ Koreanindo

TAKE OUT WITH FULL CREDITS~!!!

About these ads

20 thoughts on “Anti Korea Meluas, Stasiun TV Jepang Mulai Mengurangi Penayangan Drama Korea

      • Park Ha Ra says:

        hah ? maksudnya? :3
        ga ngerti nih..
        aku cuma sayang aja kalo king2hearts yg udh dijadwalin tayang, jd nya ke-cut gegara ini :D
        no bashing, no pressing kekeke

      • mmmpeb says:

        haha maksudnya emang kenapa kalo dramanya dipotong? apa kamu tinggal di jepang sehingga kemungkinan kamu ga bisa nonton di tv? gitu xD

      • @park ha ra kalo king to hearts ga jadi tayang juga ga akan ngefek buat kamu, toh ga jadi tayang d jepang bkn d indo. Kcuali klo kamu pnggemar king2hearts. Dan pgn film itu mnyebar :)

  1. mudah 2 an pengurangan bukan berarti dihilangkan sama sekali.. mudah 2 an masih ada 1-2 drama atau 1-2 penyanyi kpop yg bisa nongol di jepang..yg fanbase nya kuat

  2. Tp, emang jarak Dokdo lebih dekat ke korea daripada ke jepang, klu mmg jepang bener2 mau nyari ribut mending ributlah dengan Rusia yang sudah mengambil empat pulau di sebelah utara Hokkaido… *justmyopini* ga ikutan ah negara sendiri aja belom bener -___-

    • just sharing ya cingu, setau gw kalo kepemilikan pulau tuh gak dilihat dari jauh deket si pulau itu tapi dilihat dari garis pantainya. penarikan panjang negara kepulauan ma daratan tuh beda. biasanya negara kepulauan bisa narik lebih panjang ke tengah laut di banding negara daratan.

  3. hellopinky says:

    wah gara2 perebutan pulau dokdo jadi pada anti korea, termasuk artis2nya dicekal gak boleh tampil disana huhu kasian .
    ya jepang dan korea kan negara tetangga paling akrab, karena ada masalah ini jadi menegang .
    semoga cepet baikan ya :)

  4. bagussonja says:

    di indonesia tuh juga banyak kan tapi gak segini banget !
    The hater in indonesia just talking and commenting w/out thinking!

    • lollichocho says:

      Iya, itu emang film Taiwan, tapi kan yang main Goo Hye Sun.
      Berhubung mereka lagi anti korea, walaupun cuma aktris korea doang yg ikut disitu dan itu adalah drama taiwan, tetep aja kena imbasnya…

  5. @HanJinhyo… buktinya walau INA-MLY udah ada konflik mulai dari sipadan ligitan, klaim kebudayaan (reog, batik, dll), sampe kasus terorisme… tetep aja banyak artis Malaysia yang masih maen film ato sinetron di Indonesia… (contohnya Ashraf Sinclair sm Miller),, artis Indonesia yang manggung ato konser di Malaysia juga ga sedikit,,, yang aku tau Rossa…

    Hmmm… G tau ini positif ato negatif,,, tapi kayaknya kalo INA-MLY ga mencampuradukan antara politik dan entertainment…

    Atau mungkin bisa aja karena entertainer MLY yang kerja di Indonesia ataupun sebaliknya ga dominan… artinya ga banyak,, Kalo entertainer Korea yang kerja di Jepang kan dominan dan bahkan mungkin sampai merebut perhatian masy Jepang lebih dari artis2 lokal sendiri…

  6. stauku ini karna, artis2 korea ikut dukung tgg dokko N ad jga yg ikut komen2 gitu… pdhl mreka jga tampil N konser di jepang, seolah2 gak pernah ikut2an ttg dokko. jd kyak bermuka 2 gitu mnurut orang jpan. nah, kalo di indo… artis2 yg suka wira-wiri indo-malay memilih diam/ cr amanlah dgan bilang gak ikut campur… mangkanya gak ad boikot sgala….

Comments are closed.