[Intermezzo] Bagaimanakah seharusnya perlakuan terhadap sunbae dan hoobae di Korea ?

 

Apakah kalian pernah bertanya-tanya tentang hubungan antara sunbae dan hoobae, ketika kelompok penyanyi  mengeluh tentang hoobae yang tidak memperlakukan mereka dengan hormat ?

Berikut adalah penjelasan tentang  sunbae dan hoobae

Sunbae (선배, 先辈) adalah kata yang mengacu kepada orang dengan pengalaman lebih (di tempat kerja, sekolah, dll), dan hoobae (후배, 后辈) mengacu kepada orang yang masih memiliki sedikit pengalaman .

Umumnya, hoobae harus menggunakan jondaetmal (존댓말, bahasa kehormatan) untuk sunbae, yang berarti mereka harus berbicara sangat sopan dan memperlakukan mereka dengan hormat.

Hal ini mungkin agak membingungkan bagi orang-orang dari budaya Amerika, karena tidak ada hal seperti bahasa kehormatan atau mungkin sopan santun.

Di tempat kerja, ada bos, dan ada rekan kerja kalian. Di sekolah, biasanya kita memperlakukan satu sama lain sama, antara yang lebih tua dan lebih muda.

Kim Kardashian dan Justin Beiber mungkin bisa sama-sama ramah di Amerika, tetapi situasi semacam ini jarang terjadi di Korea.

Kara sudah melakukan debutnya 5 tahun sebelum beberapa kelompok pendatang baru, sehingga Kara adalah sunbae kepada kelompok-kelompok gadis muda. Sunbae diperlakukan dengan hormat, dan biasanya memiliki kekuatan sosial.

Namun, jika Kara bertemu dengan kelompok gadis hoobae yang terdiri dari berusia 30 tahun, mungkin akan menjadi agak membingungkan.

Apakah mereka yang ber usia 30 tahun harus menggunakan  menunjukkan hormat mereka untuk gadis-gadis yang berusia sekitar 10 tahun lebih muda dari mereka?

Ya. Ini mungkin tampak sedikit membingungkan, tetapi dalam industri kerja, sunbae dan ide-ide menjadi sedikit berbeda. Namun, hanya karena Kara adalah “sunbae” tidak berarti mereka tidak harus menggunakan bahasa sopan dan tidak menundukkan kepala mereka ketika mereka menyapa mereka hoobae yang berusia 30 tahun.

Ketika Kara mengatakan bahwa hoobae mereka tidak memberikan hormat kepada mereka, hal ini menjadi membingungkan bagi banyak orang.

Juga, ketika penyanyi Mose mengatakan T-ara tidak pernah menyapa mereka, hal ini juga mendapat banyak perhatian yang buruk untuk T-ara.

Mose sebelumnya menulis melalui akun twitter miliknya, “Kelompok ini salah satu gadis yang selalu ada di berita untuk masalah sikap yang aku mengetahui tentang hal itu. 

Mereka terkenal karena tidak mengatakan ‘hi’ atau menyapa. Mereka juga tidak pernah menyapa saya. Bahkan sebelum debut mereka, ketika aku melihat mereka di ruang rekaman beberapa kali …

Mengenai Seo Taiji dan Ki Kwang : Seo Taiji adalah sunbae untuk Gi Kwang, karena ia merintis industri K-Pop modern dan debutnya jauh sebelum Gi Kwang.

Tapi Gi Kwang memanggil Seo Taiji “Seo-ssi (Mr Seo)” selama acara TV. Seorang pejabat perusahaan hiburan menyatakan tentang hal ini, “Bahkan,  akan ada masalah jika kita menarik garis yang jelas antara hubungan sunbae dan  hoobae, tetapi baru-baru ini sejak kelompok idola menjadi lebih kompetitif, perbedaan itu menjadi kurang jelas dan itu adalah awal menimbulkan masalah. “

Jadi, Kapan ketika anda harus menggunakan bahasa yang lebih hormat? kalian harus menggunakan bahasa yang lebih jormat kepada orang-orang yang belum pernah bertemu sebelumnya, guru , sunbae atau hoobae (jika kalian tidak mengenal mereka secara pribadi),dan umumnya setiap orang yang lebih tua dari Anda.

 

Bahasa yang lebih hormat memiliki kata-kata mereka sendiri , tetapi biasanya menggunakana “-yo” atau “-hasaeyo” setelah kalimat kerja. Misalnya, “Annyeong” bersifat informal, tetapi “annyeonghasaeyo”  merupakan yang lebih formal.

jika ingin memanggil sunbae, maka harus menambah kalimat, “-sunbae-NIM” .
Fans Amerika mungkin dapat mengatakan “Netizens yang sangat tidak masuk akal dan bodoh, tetapi ini mereupakan situasi yang jauh lebih serius dari sekedar “misaddressing” .

Ini adalah tanda hormat, Jika Tidak mengikuti salah satu sunbae / hoobae dengan aturan kehormatan  makan akan dianggap sebagai perilaku yang sangat kasar, dan tidak memberikan hormat kepada orang yang lebih tua, maka seseorang tersebut akan dipecat dari pekerjaan, atau penghinaan publik dan tentu saja, nama yang buruk.

Korea dan negara Asia lainnya umumnya memiliki aturan: “Semakin tua , maka seseorang itu harus lebih dihormati” (hal ini mungkin juga berlaku di Indonesia)

 

 

Source : soompi || indotrans : kidihae@koreanindo

About these ads

30 thoughts on “[Intermezzo] Bagaimanakah seharusnya perlakuan terhadap sunbae dan hoobae di Korea ?

  1. ini perbedaan asia dengan barat. Jadi inget deh waktu tvxq kambek semua pada hormat ama mereka. Padahal umur mereka dibilang muda, tapi memang pengalaman musik mereka lebih. Menurut gue sih, kalau kita di suatu daerah jadi kita harus ikuti aturannya. So itulah yg namanya etika.

    • Ina_MVP says:

      setuju, kapan ya?
      miris lihat kebanyakan selebritas indonesia tidak sopan. misal sekarang saja kalau lihat acara lawakan2 kebanyakan leluconnya kasar sering main fisik, bukan kekuatan kata2 (Banyolannya). merindukan adanya pelawak seperti Bunyamin S.

      sopan santun inilah salah satu sebab, saya suka artis2 korea.

  2. caesar says:

    iya c di indo jg kyk gitu budayanya…tp kyaknya masyarakat skrg sdah gk trlalu pduli sm hal2 kyk gituan.. salut buat yg masih bs ngejaga budaya sopan santun di asia…daebak

    • weepuss says:

      biasanya di daerah jawa kyk jogja sm solo gitu chingu. mereka msh menjunjung tinggi sopan santun sm org tua/senior~

  3. Gals says:

    Indonesia budayanya jg bgus kok, pda sopan2, tanya z turis2 yg prnh dtng k indo,mreka blng indonesian tu baik2,
    Proud to be asian n indonesian,

  4. wah bener bener keren deh Korea, sopan santun sangat di junjung tinggi :)
    Ngga salah deh cinta gila aku sama korea, artis & aktornya, makanan & wisata nya^^

    Beda sama negeriku Indonesia, disini justru kata kata kasar malah dibuat banyolan, di Korea aja tanpa harus pake kata kasar tetep bisa ngelucu ngelawak, kenapa negara kita ngga bisa kayak gitu ya? -_-

  5. yoe jae says:

    sbgai warga asia yg baik dan asia terkenal dengan budaya menjunjung tinggi akan sopan santun,
    mari kita galakkan sopan santun sbgai identitas bangsa asia…….

  6. emang itu budaya mereka,, dan bukan berarti mereka itu gila hormat…. mereka cuma ingin saling menghormati :D
    miris emg kalo liat di indonesia yang orang tua pada di toyor2 seenaknya, di siram pake tepung :(

  7. Choi deean says:

    Budaya sunda juga kyk gtu tuh,ada tatacara,dan bhsa yg beda2 buat orang yg lbh tua,seumuran,dan lbh muda
    (krn aq sundanese,jd sunda yg dipake cntoh)

    Indonesia harusnya bs lebih dari korea..karna selain qta negara timur,qta juga negara yg beragama..

    Tapi semakin modern,adat dan budaya mulai luntur dr bangsa kita..miris liatnya

    • a_dae says:

      di minang juga,,
      kalo di sana ada kata mandaki, namurun, malereng dan mandata… (bahasa padng)
      buat yg tua, kecil, dan sebaya….

  8. Wooni3_girL says:

    yupp..
    setuju sm catetan admin, Indonesia masih menjaga budaya ketimuran itu.
    dan smoga trus brlanjut, tata krama, sopan-santun, harus ditegakkan dimanapun berada.

  9. wah,,,memang seharusnya sopan santun itu di terapkan..ku bangga jadi orang asia,yg tahu arti kata dari sopan santun,,,kalau budaya barat g trlalu suka coz kebalikan dari budya asia,apalagi kalau jadi orang jawa,lebih ribet lagi mah…sopan santunnya….

    gumawo java’s people,(g nyambung…:)…)gumawo..asia’s people..

  10. SETUJU!!!!!! author ^_^

    mungkin juga krn emang culture budaya di negara asia ciri khasnya begitu (menghormati yang lebih senior), tapi jgn kaget juga dgn culture yang beda dari negara lain yang ga’ sama kaya kita di indonesia n negara lain di asia……………..bagi saya pribadi culture shock yang terjadi krn perbedaan itu menjadi suatu anugerah betapa Luasnya dunia ini yang bisa kita jelajah dan betapa MAHA AGUNG NYA TUHAN YANG MENCIPTAKAN berbagai macam keindahan di dunia ini ^_^

    uhuyyyyyyyyyyyy

Comments are closed.