How much do singers get paid on music shows?

Umumnya, para penggemar setia acara musik KPop yang spektakuler mungkin berpikir bahwa bayaran yang diterima para artis yang tampil pasti sangat besar, diluar jumlah uang yang bisa dibayangkan. Namun, pengumuman yang baru dikeluarkan oleh Asosiasi Penyanyi Nasional Korea ( Korea’s National Singer Association ) cukup diluar dugaan.

Asosiasi Penyanyi Nasional Korea baru-baru ini memilih artis penyanyi aliran lagu trot, Tae Jin Ah menjadi presiden asosiasi tersebut. Sebagai perwakilan baru asosiasi tersebut, Tae Jin Ah menyatakan, “Aku akan membuat bayaran bagi para artis untuk tampil di acara program musik lebih realistis.”

Apakah maksud pernyataan tersebut?

Rupanya artis yang tampil di acara program musik tersebut mendapat bayaran yang sangat kecil. Tidak sedikit artis yang sudah menyatakan, bahwa dengan tampil di acara-acara tersebut, mereka tidak memperoleh keuntungan, sebaliknya malah merugi.

Berdasarkan laporan yang diterima, setiap kali seorang artis tampil di panggung pertunjukan untuk sebuah acara program musik, artis tersebut akan mendapatkan bayaran sekitar $200. Tarif ini berlaku secara umum untuk ketiga stasiun televisi, MBC, SBS dan KBS. Tarif ini didasarkan pada lamanya pengalaman artis tersebut didunia musik, bukan didasarkan tingkat popularitas mereka.

Tingkatan tarif ini seperti berikut: untuk mereka yang debut kurang dari 5 tahun, lebih dari 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun, dan 40 tahun. Selisih tarif untuk artis di tingkatan tersebut adalah $100, tergantung dari tahun berapa artis/grup tersebut debut.

Juga, tarif ini tidak membedakan antara artis per-orang atau artis grup/kelompok. Bisa dibayangkan, terutama bagi artis berkelompok dengan jumlah anggota yang cukup banyak, tentu saja jumlah bayaran tersebut hampir kurang untuk dibagi-bagi ke setiap anggotanya. Sebagai contoh: seorang anggota SNSD hanya menerima sekitar $100 untuk setiap penampilan di atas panggung ( termasuk bonus yang cukup besar untuk tingkat popularitas mereka ).

Karena bayaran yang sebegitu rendah, sudah lama, banyak artis yang mengajukan protes kepada stasiun televisi tersebut. Umumnya, artis yang bernyanyi sambil menari akan menghabiskan sekitar $5,000 untuk setiap penampilannya. Biaya ini dihitung dari biaya stylists, kostum panggung dan penari latar. Walaupun mengaku merugi, buktinya tetap banyak artis yang muncul di acara program musik. Karena biar bagaimanapun, tampil di atas panggung di acara program musik televisi penting bagi promosi dan tingkat popularitas si artis sendiri.

What do you think – too low or just right?

source: allkpop

About these ads

69 thoughts on “How much do singers get paid on music shows?

  1. emang iya yah?
    pdhl gw kira pst nayaranx mahal…

    • shock banget. kok segitu ya ><
      kalo yang kemarin ktnya perform snsd 82 juta permember ama suju 54juta beda lagi ya??
      apa 82 juta mentahnya aja ya?

    • Parah juga ya..
      btw KI ko makin kesini beritanya makin dikit ya ??
      What’s wrong with KI ??
      Smells like fishy…

    • iya kesian bgt gw kira bayarannya gede

  2. Uda banting tulang,bayaran cma secuil.. Kasian yg jd artis d sana..

    • yayah .. kasian ..
      korea kayanya tempat kerja rodi deh .. hehhe
      semoga oppa.oppa ga nyerah karna bayarannya dikit yah ..
      oppa, hwaiting !

    • tp setauku memang kalo artis tampil di tv… pasti bayaran nya rendah soalnya itu udah ter masuk promosi buat mereka…. nah kalo off air yang gak pake tv tv gitu mereka baru isa pasang harga mahal…. soalnya kan mereka gak bisa promosi secara luas… setau aku sih… gitu…

      • ooo.. tnyata bener y..
        salah satu contohny itu sy liat d WGM Kangin-Yoonji. kangin itu ky g pny uang sama sekali.
        awalny agak heran, ” masa sih artis terkenal gt g pny duit?”

        hoho.. tnyt ini salah satu sebabny

  3. aduh…ksihan nya onnie and oppa…hem…snsd aja 9 orang rugi. Aplagi suju…huff…oppa, malang nian nasib mu, tp demi profesi kalian rela kyak gt, wlu rugi. Hwaiting! !

  4. aduh kasian………. gimana suju yang anggotanya bejibun ?? ah ta apalah masih banyak job lain oppa hwaiting !!

  5. kalo diitung2 emang keliatan kecil, tapi buat artis/penyanyi jadi dikenal masyarakat secara tampil di tv yang diliat orang banyak. dampaknya bisa gila2an dan justru menguntungkan mereka jika berhasil memikat orang.
    mereka bisa menutup kerugian saat tampil di tv dengan CF yang mereka bintangi.

  6. kasian yg isi grupnya banyakan ato grup yg baru debut..*gelo!dkit banget duitnya!
    padahal buat mempertahankan popularitas juga ga gampang tapi kok blm dihargain dgn baik!
    padahal acara musik yg isinya artis2 bagus juga ikut naikin rating stasiun TV itu sndiri..
    sgaknya baik acara musik di stasiun TV maupun artisnya dapet keuntungan yg setara..

  7. BIGBANG style nya it glamour baju + aksesoris yg slalu Limited!!

  8. BIGBANG style nya it glamour baju + aksesoris yg slalu Limited!! Tombok modal klo byarany cm segitu

  9. kasian yg member na banyak..
    dah cape2 nyanyi ‘n dance bayaran na dkit..

  10. huah.. ada y aturn ky gt?? ksian yg memberny bnyk y? ky SNSD sm Suju.
    cb lo di Indonesia ky gt, jd gmn y??

  11. pantesan banyak artis yg nyari job laennya kaya jd MC, bintang film ato yg lainnya dah!!!!
    tp salut sama mereka, emang bukan cuma sebagai promosi tp mereka jg menghargai fansnya hehehe…

  12. yaampun… padahal mereka nge-entertain banyak orang sampe mimisan tapi cuma dibayar segitu?? tapi… kalo dipikir2 lagi, emang entertainment di indonesia, bayarannya lebih mahal dari gaji atlit?? katanya kan kalau di luar negri atlit itu yang bayaran paling gede.tapi yaaa… ga semurah itu juga kali. mereka kan harus menghidupi diri senndiri juga. tapi kalau banyak side jobnya… kayaknya lumayan membantu juga deh. hehe

  13. aduuhh kasian bget .. snsd cma 9 personil kalo super junior 13 .. mana cukup ..apalagi nnt mau kluar 20 star yang personilnya lbh bnyak dri suju … yaitu 20 orang … mungkin mreka dpt bayaran dri album … kan bisa jadi .. album super junior dan snsd kan laris maniss … :D

  14. itu banyak okkeh ??!!! kalkulasinya emang mereka rugi secara itungan kek gitu.. tapi klo usia kek taemin, krystal yang harusnya msi sekolah dia stidaknya dapet 3 juta/ minggu= 12 juta sebulan, blon lagi pas mereka konser, fanmeet, blon lagi sales album mereka yang melimpah, apalagi yang ada tambahan jadi model kek sulli, ato iklan spao blah blah, yang sponsor bayar lagi + kado2 dari fans.. gue rasa itu cukup besar seharusnya.. pemalas atau serakah sii.. lagi itu stylist pasti dari managementnya lah.. klo emang gitu pastinya semua artis korea bakal mundur dan jadi PNS

    • PS : sekalipun mereka dalem grup, ttep aja gede buat anak sekolah yang harusnya blon kerja bayangin aja 12 juta :5 = 2,4 juta seorang.klo mereka rasa gajiny kecil mereka ga ungkin ngambil jurusan kuliah “arts”, acting, music,dll

      • y kan beda ta kak coll…
        jgn sm’in ky kristal m taemin kak…mrka mang msh kecil…
        tp sm kakak2ny yg udh kuliah ato kerja??
        tetep aj kecil ta kak…

        $100 tiap perform, $5000 kerugianny…bd jauh kan kak??
        mslh album ato kado dr fans jgn diitung kak..
        jg mslh model kan blm tentu per org bkl d twr’in jd modelny…
        beda lg…
        y klo albumny laku bgt,,klo g kak??
        sm aj lbh rugi kan??

        klo mslh kuliah sie,,q mang g tau…

      • intinya klo mereka emang merasa gitu pasti mereka milih jadi pegawai, oke lah kerugian mereka segitu tapi pastinya sales album mereka lebih gede + tambahan lain kek SPAO, modelling, MC + konser di luar kalian ini baru bandingin satu kegiatan aja..

  15. bgitulah jadi artis di korea. Heran aja ama Korea…katanya negara maju tapi kok ya blum meratifikasi peraturan kayak gitu. Itu kan melanggar hak asasi!

  16. hah?ga percaya.aduh walopun dpt keuntungan ketenaran,mnurut q te2p aj itu kecil.band di indo aj,d undang ke acara2 musik bs dpt 10jt.

    100$ itu kan kurang dr 1juta kan? OMG!

  17. Aq pikir mlh mereka g dibayar karna acra musik ky gt emang buat kepentingan promosi album mrk..

  18. wwwwaaadduuuhhh!!!!!!
    sangat shock bgt skali bbeeuuuuddd!!!>_<

    ms bd ny jjjjjaaaaaaauuuuuuuhhhhhhh bgt dr uang bt performny mreka….
    y kasian unnie am oppa ny….
    q kr it GB ato BB nya korea it kaya bgt,,,
    trnyt d ksh gaji dikit bgt…
    kok jg ad diskriminasi sie??
    mrka kan udh perform yg bgs, gajiny jg bnyk dongg…
    jgn d beda'in mnrt debut mereka…
    y plng g 1 org dpt gaji rata smua,jgn mnrt grupny…

    programny yg pas-pasan duitny,,
    ato mang mrka yg pelit ngasih duitny???

    answer me,,please…^^

  19. Kalo gw bilang sih wajarlah dibayar segitu, soalnya sebenernya artis yang butuh tampil di MB,MC,Inki,Mnet. Soalnya biar mereka bisa promosi lagu sekaligus fanservis kepada fansnya. Bayangkan kalo misalnya music bank yg nampilin 30 artis sekali acara, trus 1 group dibayar $5.000, X 30 artis, belum lagi ngeset panggung sama sound sistem, yang ada mah malah bangkrut tuh acara, berhubung dikorea artisnya banyak, kayaknya mrk gak rugi juga kalo artis besar gak mau tampil, masih banyak artis yg lebih butuh stage buat promosi. Justru artis dan kita (fans) yg rugi karena gak bisa ngeliat artis kita tampil.

    Tapi tenang aja, artis gak bakal miskin kok, itung aja kalo $100 X 4hari X 4 minggu, udah $1600, belum lagi kalo tampil di variety, CF, honor penjualan album, jumpa fans, dan konser (snsd aja 1X konser 1 org dpt 80jt) belum lagi biaya hidup idol ditanggung perusahaan. Jadi cukup tajir lah.. (Kalo ngga, mah mana mau org berlomba2 jadi artis, rela latihan bertahun2 kalo ntar ujung2nya miskin)

    • tp mas carlos..
      klo yg udah lama sih ga msalah mreka te2p kaya!
      byangin yg baru debut tp blm sukses2 amat..
      kan te2p tekor manajemenna..
      ga smw yg debut bsa lgsg dterima msyarakat,.itu pmasukan byk k agensina juga..
      kyk SNSD dbyar sgtu sih kecil mas, bdingkan ma gaweanna yg seabrek blm msti latian2..
      ajang promosi jg msti seimbanglah mas..TV jg klo rating naik kan dpet pmasukan byk dri iklan..
      kykna dsni lbih ke menghargai artis dlam tampil d sebuah acara musik..jdi perwakilan asosiasi Tae Jin Ah itu bkoar2..

      • iya ya…
        gilaaa… SNSD ja termasuk SANGAAAAATTTT KURANG..
        apa lg suju yg ber-13???
        klo skrg pun mreka cma tampil 10 tetep dibilang minim kan???
        dan klo ga salah denger” bakal da artis bru yg namanya 20star itu ya??? yg ber-13 ja nyeri duitny6a stengah mampus, apa lg yg ber-20.. naujubilaaaaahhh…

      • bukan begitu maksud gw, tolong jangan salah sangka dulu… untuk acara MB,MC,Inki,Mnet, wajar dibayar segitu karena memang format acaranya mereka memfasilitasi artis buat promosiin lagu mereka (jadi justru kayak artis itu YANG MENGIKLANKAN/MEMPROMOSIKAN LAGU MEREKA DI ACARA TERSEBUT (jadi terbalik, BUKAN ARTIS YANG DIUNDANG UNTUK MEMPROMOSIKAN ACARA MB,MC,INKI,MNET) biar lagu mereka bisa disiarin ke seluruh korea dan bahkan manca negara). kalo diindonesia, program TV buat promosi artis kayak dahsyat, inbox, dll, justru artisnya yang bayar. (bisa sekitar 2-5juta per 1 lagu).jadi dikorea masih lebih mending karena mereka dibayar.

        Artis indonesia dapet 10juta sekali manggung karena acaranya “off air” dan mereka jadi bintang tamu BUAT MEMPROMOSIIN ACARA TERSEBUT. Kalo artis korea sekali showcase yang off air mah bisa ratusan juta, apalagi konser, bisa milyaran (om adrie subuono aja belum berani ngundang Suju ke Indonesia karena biayanya mahal bgt dan gak sanggup bayar, fyi : setiap member SNSD dan Suju aja sekali manggung bisa dapet honor sekitar Rp 82juta. (ada kok artikelnya di KI beberapa waktu lalu.

        btw.. kalo emang jadi artis korea bayarannya sekecil itu, kenapa sih.. org2 korea rela berlomba2 jadi artis, di training keras selama bertahun2 kalo ujung2nya jadi artis itu tetep miskin juga.

    • gue setuju nih sama carlos. gak mungkin artis korea sebegitu loyalnya (apalagi yang udah punya popularitas tinggi) bisa miskin :) apalagi mereka di training sebegitu lama dan matang sampe bener2 siap untuk bersaing sama artis2 yang lain. walaupun katakanlah bayaran mereka kecil, tapi pasti sudah di hitung dan segala sesuatunya sudah di perhitungkan oleh pihak acara

  20. Fyi : artis emang kalo tampil di MB,MC,Inki,mnet dibayar dikit (krn kebutuhan promosi), tapi kalo mrk ngadain showcase ditempat lain, jadi bintang tamu di festival, acara music, dll, bayarannya cukup gede loh, apalagi kalo konser. Bayarannya wah.. Tuh, (buktinya aja adrie subuono belum berani manggil suju ke Ind. Karena bayarannya kemahalan)

Comments are closed.