Huruf Hangul….

karena gw baca bagian page “Yuks Belajar Hangul” yang udah kadaluarsa, gw pun aga berminat memberikan sedikit tentang Hangul, yang dasar banget, dan mnrt gw, klo udah bisa yang dibawah ini, maka jalan udah mudah…

jadi nya gw ga akan kasi kosakata dulu, karena mnrt gw ithu sama sekali ga penting. nah di Hangul ithu ada huruf vokal dan konsonan. Vokal terdiri dari a , i , u , e , o klo Indonesia, klo Korea, ada 10 buah. Nah klo konsonan korea ada 14 buah. ini baru vokal dan konsonan tunggal, belum ke vokal dan konsonan rangkap.(klo ga salah gw y, uehehehe)

Ini dia daftar nya:

Vokal:

ㅏ (a)    ㅓ (eo)   ㅗ (o)

ㅜ (u)   ㅡ (eu)   ㅣ (i)

ㅐ (ae)    ㅔ (e)  ㅑ (ya)

ㅕ (yo)    ㅛ (y0)

ㅒ(yae)    ㅖ(ye)    ㅠ (yu)

Konsonan:

ㅂ(p, b)          ㅈ(c, j)     ㄷ(t,d)

ㄱ(k,g)            ㅅ(s)        ㅁ(m)

ㄴ(n)              ㅇ(kosong, ng)       ㄹ(l,r)

ㅎ(h)              ㅋ(kh)                       ㅌ(th)

ㅊ(ch)          ㅍ(ph)

Tambahan:

ㅃ (pp)
ㄸ (tt)
ㄲ (kk)
ㅆ (ss)

nah diatas ini, termasuk konsonan juga, dan di bagian vokal ada tambahan lain, cuma malas gw nulis nya, tp yang diatas ini, udah cukup sebagai dasar.jadi tinggal nulis dan baca gampang klo udah hafal huruf-huruf diatas, masalah mengartikan, cari kamus aja, hohohoh..

sebenernya ada bnyk yg blg, bahasa korea, jepang dan cina ithu ga bisa belajar sendiri, ga spt bahasa inggris yang gampang bisa belajar sendiri, tp ada juga yang bilang dan berpengalaman belajar sendiri, bahkan korea dan jepang nya udah sampe level 3. mau pilih belajar sendiri atau diajarin terserah kalian, cuma masalah nya spt nya pengucapan huruf ga bakal bisa belajar sendiri, harus ada native yang harus melafalkan, ya mungkin bisa dengerin orang korea ngomong atau nonton drama.

contoh: Super Junior, orang korea bilang nya Suphe – Junio yang terdiri dari huruf:

슈퍼주니어 =ㅅ +ㅠ +ㅍ +ㅓ +ㅈ +ㅜ +ㄴ +ㅣ+ㅇ +ㅓ

bisa dilihat diatas adalah huruf o, jadi yang nama nya huruf vokal, ga bisa berdiri sendiri, maka nya dibantu sama konsonan ㅇ.

contoh lain:이승현 (Lee Seung Hyun: nama asli Seungri), berhubung lee dibaca orang korea ee(baca: i) maka disusun oleh huruf i yang iniㅣ, nah karena vokal ga bisa berdiri sendiri, maka nya dibantu sama ㅇ(baca: ieung). selebih nya sama, gabungkan saja huruf s dengan eu+ng dan h + yu + n.

cara menulis ya spt diatas, Konsonan Vokal Konsonan Vokal, Konsonan Vokal, Konsonan Vokal(dibawah vokal ada konsonan), dan Vokal Konsonan.

dah!! segitu aja dulu yee, capek neh..

gmn, gampang kan??

About these ads

58 thoughts on “Huruf Hangul….

  1. EverLasting Cassie says:

    hwuaaa kq menurutQ agag susah y? hhe,,,*suka pura” bego emang-_-
    pake hp yg muncul kotak” doank,, *dueeenkk,,emang ni hp canggih
    oppa,,,ajari Q yaaah *tarik” baju wonnie

  2. mrsMONK says:

    menurut gw si japan n korea gampang dipelajarin ndiri alias otodidak. tp syaratna kita jga haruz nglatih kuping dengerin pelafalan yg bener.
    kalo mandarin nyerah de blajar ndiri. wajib pake tutor tuh. soalna rumit beud.

    di toko buku or gramed kan banyak tuh buku blajar mandiri bhasa korea. tnyta hangeul tuh paling simple diantara japan or mandarin ^^

    • roch says:

      yupz btul btul btul…
      walaupun q nyoba belajar aksara jepang tp ga apal”.. kayak e low hangul lbi gampang deh…
      low mandarin susah,, dah huruf na ruwed, lafalnya jg ribeud…

  3. missABCD says:

    kalo baca hangul siy gw bisa
    gw bljar baca hangul sendiri
    gk ad yang bantuin ..

    sbenernya gmpang2 ajh klo maw baca tulisan korea
    cuz lebih mudah d ingt dr pda jepang yg bnyak kanjiny ..

  4. cantika says:

    onnie… mo nanya ini bedanya 2 huruf ini apa yah?

    ㅕ (yo) ㅛ (y0)

    cara pengucapannya gimana?
    terimakasih :D

  5. Awalnya Q kira belajar hangul ntu susah,

    Pertama,
    Q ga tau kudu belajar ke sapa…
    Kedua,
    Q uda estimated kalo bahasa korea, apalagi hangulna, pasti susah.

    Tapi,
    Tapi,
    Tapi apaaa?

    Ternyataaa,
    Gak sesusah yang dibayangin,
    Asal…
    Punya niat,
    Ada buku pegangan…
    Ga usa beli,
    Pinjem juga boleh.
    Terus setelah dibaca,
    catet yang penting.
    Jadi cepet apal de..

    Hwaiting~
    ^^v

  6. Choi Si'Na a.k.a Mrs.Siwon says:

    Hm..bljar bhasa emng gmpang” sush,,

    pnya native atw tuker bhasa ma yg seumuran seru tuwh!!Walo’pun cma online,,

    emng pda dsar’ny enakan sndiri dlu bljar hruf mah..Ntar pas conversation dll. baru dah d’bimbing..

    Duwh..pngen cpet” bisa lncar hanguk mal deeh..
    Tp tetp za yg nma’ny bljar hrus step by step,kalu skaligus mah puyeng dah..

    HWAITING~!! ^^v

  7. Yongwonhi says:

    pemula nie…
    pengen nanya : beda’a ㅕ (yo) ini ma ㅛ (y0) ini apa??? koq sama2 yo???? *ya bentuk’a udah pasti beda*

  8. sharee^o^ says:

    ㅕ (yo) ini ma ㅛ (y0) bedanya itu dari penulisan.. umumnya ㅕditulis yeo sedangkan ㅛ ditulis yo. dibacanya sm2 yo, bedanya kliatan klo udh masuk ke dalam kata / kalimat

  9. olipayoe says:

    wah asik asik…ada blog yang bahas tentang hangeul….lumayan buat nambah”in pengetahuanku tentang hangeul, tapi tolong dong jangan hangeul nya ajah…plus hanguk munbob (grammar-nya) sekalian,,,coz aku ada yang gak ngerti meskipun udah diajarin ma dosenku tp tetep ajah ada yg kurang ngerti…please yakh…kasih penjelasan tentang hanguk munbob-nya….gomawo ^.^

  10. Rio says:

    @Cantika: Huruf 여 (yeo) dan 요 (yo) jelas berbeda. baik dalam penulisan maupun pengucapan..
    saat mengucapkan “yeo” (여), mulut kita terbuka lebih lebar daripada “yo” (요). Untuk prakteknya, guru Korea gw ngajarin begini caranya: masukkan 2 jari (tumpuk ke atas) ke dalam mulut, lalu ucapkan “yeo”. Sedangkan kalo mengucapkan “yo” itu masukkan 1 jari saja ke mulut, lalu ucapkan “yo”. sekarang, coba masukkan 3 jari (ditumpuk keatas).. kalo itu: cara membaca “ya” (야). nah, sekarang keliatan kan, bedanya: antara “yeo”, “yo”, dengan “ya”.. :)
    jangan lupa cuci tangan yang bersih sebelum dan sesudahnya.. :mrgreen:

    yeo: seperti membaca: huruf “o” pada kata: “kosong”
    yo: seperti membaca huruf “o” pada kata: “toko

  11. Rio says:

    jadi, saat mengucapkan huruf “yeo” itu, mulut kita tidak selebar saat mengucapkan “ya”, tapi tidak juga sekecil seperti saat mengucapkan “yo”.. dia berada di antara “ya” dan “yo” gitu lah… Di dalam bahasa Indonesia memang ga ada sih, makanya agak sulit menerangkannya. tapi cara membaca seperti ini dikenal dalam Bahasa Jawa. Kalo bisa bahasa Jawa, huruf ini persis sama seperti membaca kata “Jawa” dalam bahasa Jawa.. Huruf “a” dalam Bahasa Jawa kadang-kadang dibaca agak-agak mendekati “o” gitu kan..
    Contohnya “Jawa” = “저워”, “Surabaya” = 수러버여.. begitulah kira-kira.. :)

  12. Wah, Rio 선배 udah ngeluarin elmunya… Manut2, dengerin aje deh… Hahaha…

    Hangul Korea emang keliatan gampang, tapi kalo kamu mau belajar lebih lanjut, beuh! dahsyat susyehnyaaa.. Blom lagi kalo udah nyangkut ke susunan kesopanan, ngomong sama ortu beda, seonsaengnim beda, ke temen beda, ke orang yg baru dikenal beda. Ummm… ma’nyoss deh pokoknya. Ahahahaha…

    Kata guru gw, bahasa Korea itu kayak puzzle, dibongkar pasang gitu. Hohoho…. Jadi, kalo kamu suka main puzzle, kemungkinan besar akan suka juga belajar bahasa Korea.

    Yang sampe sekarang gw masih sulit bedain pengucapannya tuh yang 왜, 웨, 외… kekeke…

  13. englha says:

    trnyta lmayan ssah jg y kLo u nulis hangul,

    Tp hrus bsa kLo ingn pegi k korea..
    Hwaiting,

  14. kga ngerti
    nanti aja 9w bljr bhs korea nya klo udah kerja
    bhs yg harus nya 9w kuasain aja masih cetek
    tp thx ya an

  15. Rio says:

    @maianra: wah, gw dibilang seonbe.. jadi enak.. hahahaha..
    jangan sedih, susunan kesopanan kayak gitu di bahasa jawa juga ada loh.. kalo dalam bahasa jawa disebut dengan “unggah-ungguh”.. hahaha.. “unggah-ungguh” jawa jauh lebih kompleks dari bahasa korea. tapi menurut gw justru di situ seninya berbahasa korea.. :)

    untuk yang 왜 (wae), 웨 (we) itu perbedaannya serupa yeo dan yo juga sih..
    saat membaca wae (왜), posisi mulut terbuka lebih lebar dari we (웨). coba katakan: “wewe gombel”. nah, saat membaca huruf “e” di kata “wewe” itu pake 웨, sedangkan saat membaca huruf “e” di kata “gombel”, itu baru pakai ㅐ.. kalo ditulis pake hangul jadi begini: 웨웨 곰밸. hahahahaha..

    dua macam huruf e:
    ㅔ : dibaca seperti pada kata “tempe”
    ㅐ : dibaca seperti pada kata “robek”

  16. onnie,
    mw tanya nii. .
    klo mw nulis “mweo” gmn?

    terus bisa gag sih ngetik hangul pake keyboard english?

    thankz bgt iah!
    ^_^

Comments are closed.